6 Video Game Terbaik Sepanjang Masa

Menentukan game-game terbaik sepanjang masa tidaklah mudah. Dimulai dari Snake di ponsel nokia milik bapak anda, sampai Watch Dogs yang membuat anda merasa menjadi seorang hacker. Perkembangan industri game sudah berkembang sangat jauh dengan grafik yang sangat realistis (Uncharted 4, Battlefield 1) serta engine game yang sangat presisi (Grand Theft Auto V)

Harus kita akui memang beberapa tahun belakangan, hampir semua developer game-game terlaris berfokus pada perkembangan secara teknis atau grafis. Sayangnya, dari segi cerita dan gameplay nya sendiri justru terkadang menjadi membosankan atau itu itu saja. Sudah agak lama kita kehilangan sesuatu yang “beda”.

Untuk itu, pada artikel kali ini, RuangLaptop akan memberikan list berisi 6 video game terbaik sepanjang masa. Bukan hanya dilihat dari satu segi seperti grafis atau storyline, melainkan experience secara keseluruhan yang akan dirasakan oleh gamer setelah menyelesaikannya.

Mulai dari #6 :


6. Harvest Moon: Back to Nature

Tidak mungkin anda tidak mengenal game ini jika anda lahir tahun 90 an. Game ini tentu merupakan salah satu game paling populer di PS1. Harvest Moon: Back to Nature melibatkan anda dalam kegiatan sehari hari bercocok tanam, mengurus peternakan, berinteraksi dengan warga setempat dan masih banyak lagi.

Game ini membawa anda ke kebun warisan kakek anda yang sudah lama tidak terawat. Anda diberi waktu tiga tahun oleh walikota untuk mengembalikan kebun ke kondisi produktif, serta menjalin hubungan sosial yang baik dengan penduduk setempat.

Kedua target ini saling berhubungan, karena warga akan memberikan anda berbagai macam bantuan untuk anda jika anda memiliki hubungan baik dengan mereka (memberikan barang yang ia suka saat ulangtahun, dll).

Back to Nature memiliki hubungan antar karakter yang sangat menyenangkan. Ini semua karena setiap karakter didalam game memiliki hubungan sosial satu sama lain, dan hubungan itu dipengaruhi oleh bagaimana anda bersikap ke mereka, atau apa yang anda lakukan di tempat lain yang mempengaruhi mood mereka.

Bukan hanya berkebun atau bersosialisasi, di game ini juga terdapat benda langka dan kejutan yang sangat banyak, bahkan cukup sulit untuk didapatkan semuanya jika anda tidak punya buku panduannya.

Anda bisa memancing ikan legendaris jika punya alat dan bahan yang tepat, anda bisa membeli benih langka dari seseorang jika tahu kapan dan dimana untuk menemuinya, anda bisa meng-upgrade rumah, memiliki istri dan anak, dan masih sangat banyak lagi.

Musim di game ini berperan sangat besar, ia menentukan jenis tanaman yang bisa anda tanam, perilaku warga setempat, event di kota, dan kejadian-kejadian random lainnya. Misalnya, di musim dingin seringkali akan ada angin ribut sehingga seluruh warga (dan anda) tidak bisa keluar rumah, ia juga bisa merusak rumah kaca yang sudah anda bangun susah payah.

Semua di game ini sangat dinamis dan sangat hidup, anda akan lupa bahwa anda sedang bermain video game karena semuanya saling berhubungan. Tidak ada satu kegiatan atau interaksi sosial yang tidak mempengaruhi jalan cerita. Tidak bisa dipungkiri ini adalah salah satu video game terbaik yang pernah ada (tentu saja versi kami).


5. Call of Duty: World at War

Tidak lengkap rasanya jika tidak ada game FPS bertema perang di list game terbaik. Sebelum franchise ini dicaci maki karena trailer Call of Duty: Infinite Warfare yang menghadirkan (lagi-lagi) perang dengan robot atau apapun logam-logam itu, Call of Duty pernah merilis game yang sangat bagus, yaitu World at War.

Game ini sampai sekarang masih merupakan game terakhir dari franchise Call of Duty yang mengusung tema perang dunia II.

Jauh dari Call of Duty yang kita tahu sekarang, game ini tidak menghadirkan senjata-senjata laser nonsense dan robot gigantisme terbang. Game ini klasik, indah, dan menegangkan secara bersamaan. Setting nya yang dipasang dibeberapa momen bersejarah era Nazi itu membuat atmosfirnya semakin intens.

Ketika memainkan game ini, anda seolah akan merasakan kerasnya situasi dikala itu. Gameplay yang mulus dan senjata yang seadanya ala perang dunia II menambah keseruan bermain game ini.

Di game ini, anda akan memainkan beberapa prajurit dari negara yang berbeda beda. Lokasi yang beragam, mulai dari pantai dan rerumputan di Jepang, sampai kota besar yang hancur berantakan di Rusia atau Jerman membuat anda tidak akan bosan memainkannya. Semua setting levelnya juga dirancang dengan baik dan realistis.


4. Assassin’s Creed IV: Black Flag

Apa jadinya kalau misi tersembunyi seorang assassin digabung dengan liarnya kehidupan dan petualangan bajak laut? Assassin’s Creed IV: Black Flag adalah seri Assassin’s Creed yang paling menonjol dan unik dari seri lainya.

Di Black Flag, anda akan memerankan seorang bajak laut bernama Edward Kenway, yang ternyata juga adalah keturunan assassin. Anda akan mengarungi kerasnya lautan bersama kru kapal anda, mengunjungi tempat-tempat baru, serta menyelesaikan misi misi yang sangat beragam.

Yang membuat game ini menarik dari segi gameplay adalah, anda tidak dipaksa melakukan misi dengan cara membosankan ala assassin, melainkan anda dapat melakukannya dengan gaya bajak laut. Anda bebas menyelesaikan misi bagaimanapun caranya, kebebasan ada di tangan anda.

Anda dapat membajak kapal orang lain bersama kru kapal anda (ini sangat seru), mengeksplor banyak sekali pulau-pulau indah, dan menyelam ke rongsokan kapal dilaut untuk mencari benda berharga.

Ketika memainkan game ini, seringkali anda akan lupa memainkan misi utama karena terlena berlayar mengarungi lautan dan mendatangi pulau pulau eksotis. Dimana selama perjalanan anda akan menemukan banyak kapal musuh, yang tentu saja akan anda serang.

Menyerang dan membajak kapal orang lain dimulai dengan menabrakkan atau menembak kapal itu, lalu setelah ia menerima cukup banyak damage, anda dan kru kapal anda dapat beramai-ramai menyerbu dek atas mereka, seperti yang sering anda lihat di Pirates of the Caribbean atau film bajak laut lainnya.

Cerita dari game ini juga unik, si pemeran utama bukan orang membosankan yang tunduk pada tatakrama dan etika seorang assassin, melainkan ia bertingkah layaknya bajak laut yang diam-diam juga menyelesaikan tugasnya sebagai assassin.

Jika anda penggemar game petualangan, action, dan free roam, game yang sangat laris ini wajib anda mainkan.


3. Tomba 2

Gamer awal 2000 an pasti tahu game ini. Tomba 2 adalah salah satu game terlaris di PS1, dan bercerita tentang Tomba, seorang anak hutan yang mencari temannya Tabby yang hilang, Namun untuk menemukannya, Tomba bersama temannya Zippo harus melewati banyak rintangan yang sangat beragam, serta menemukan banyak hal-hal baru selama progres.

Anda akan memulai Game Adventure RPG ini dengan hanya sedikit pengetahuan, skill, dan inventory. Namun seiring progres, anda akan banyak berinteraksi dengan karakter lain dan mendapatkan informasi baru atau item baru. Informasi atau item ini bukan hanya sebagai ‘pelengkap’ untuk membuat game lebih ribet, tapi benar benar berpengaruh terhadap kelanjutan cerita.

Hal yang membuat game ini menjadi video game terbaik di PS1 adalah karena cerita dan gameplaynya yang sangat variatif. Selama memainkannya, anda akan disuguhkan dengan hal hal yang selalu menarik penasaran anda, awal sampai tamat.

Baca juga : 60 Game PC Terbaik Sepanjang Sejarah


2. Grand Theft Auto V

Mungkin ini judul game yang anda tunggu-tunggu. Tentu saja semua orang tahu seri Grand Theft Auto, yang lebih dikenal dikalangan ibu-ibu sebagai “game perusak mental anak”. GTA sudah melegenda sejak dulu, hampir semua serinya bagus dan memorable, tapi aspek yang membuat GTA V lebih baik dari GTA yang lain adalah… semuanya.

Ya, semua aspek di GTA V bisa dibilang lebih baik dari seri GTA sebelumnya. Grafik, gameplay, atmosfir dan setting, dan hal kecil lainnya. Meskipun tidak sedikit gamer yang menganggap GTA San Andreas memiliki storyline yang lebih baik, tapi tidak menghalangi GTA V untuk menjadi game terbaik di franchise-nya.

Di Grand Theft Auto V, anda akan dapat memainkan tidak hanya 1 tokoh protagonis, namun 3. Masing masing dari mereka memiliki karakter, sifat, dan skill yang berbeda beda, tapi ini tentu tidak akan membuat anda kebingungan, karena justru membuat GTA V menjadi lebih ramai dan menyenangkan.

Misi yang ditawarkan di GTA V juga beragam, tidak akan membuat anda bosan, terlebih lagi settingnya yang ditempatkan di Los Angeles fiksional memberi banyak side mission ala hollywood. Anda akan tertarik untuk mengeksplor, mencari tahu dan menyelesaikan misi-misi di kota hollywood ini.

Apabila anda berniat untuk membeli game ini, anda juga akan disuguhkan dengan GTA V Online yang tidak kalah seru. Anda akan menyelesaikan misi bersama orang-orang lain, mengumpulkan kekayaan, kemudian mulai membeli apartemen, mobil baru, sampai memiliki kapal pesiar sendiri.


1. Life is Strange

Tidak banyak gamer Indonesia yang sudah memainkan game ini, atau bahkan tahu mengenai game ini. Pada game ini, anda akan berperan sebagai Max Caulfield, seorang siswi sma yang baru kembali ke kota asalnya Arcadia Bay, setelah meninggalkan kota tersebut dan sahabat semasa kecilnya, Chloe Price selama 5 tahun.

Game yang berkisah seputar kehidupan Max dan time travel ini menggunakan 3rd person view dan berfokus pada alur ceritanya, dimana anda akan diberi kebebasan untuk menentukan sendiri jalan ceritanya dengan pilihan-pilihan yang ada.

Yang membuat game ini pantas menjadi menjadi no.1 di list game terbaik sepanjang masa ini adalah keterlibatan emosional yang akan anda alami selama memainkannya (dan setelah menyelesaikannya). Semua itu didukung oleh cerita yang ‘nagih’, voice acting yang luar biasa, dan setting/atmosfir yang sangat indah.

Jika anda berencana untuk memainkannya, beberapa tip dari kami antara lain: jangan terburu-buru (ini bukan GTA), jangan banyak distraksi (berisik / main ramai-ramai bersama teman), dan tentu saja, anda harus enjoy.

Bonus: Music video soundtrack dalam game

Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4.5 based on 2 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *