fitur baru windows 10

Fitur baru dan share WiFi di Windows 10

Tidak hanya Windows 10 dapat disambungkan dengan smartphone, Windows 10 juga memiliki fitur share WiFi, memberikan anda beberapa opsi untuk sharing dan sinkronisasi pengaturan WiFi.

Seperti Windows 8.1, Windows 10 tidak hanya menyimpan pengaturan dan password WiFi yang telah anda gunakan. Windows 10 juga menyimpan password tersebut di akun Microsoft anda.

Ketika anda menggunakan akun Microsoft anda dari komputer lain, anda dapat tersambung dengan WiFi yang pernah anda gunakan sebelumnya (juga berlaku di Windows 10 versi ponsel saat rilis nanti).

Pengaturan dan password WiFi anda tersimpan dengan aman di akun Microsoft, dan tentu memudahkan anda karena anda tidak perlu lagi mengetik password untuk setiap WiFi yang ingin anda gunakan.


Mendapatkan password Wi-Fi

Klik kanan pada ikon WiFi di taskbar dan pilih Network and Sharing Centre, lalu klik koneksi WiFi yang tersedia. Pada kotak dialog yang muncul, klik Wireless Properties, lalu buka tab Security. Klik kotak ceklis Show Characters , dan password WiFi akan muncul sebagai teks yang bisa anda baca dan copy.

See the password for your Wi Fi connection

Anda juga bisa mendapatkan informasi yang sama pada koneksi sekarang atau jaringan lain. Caranya adalah klik kanan pada tombol Windows di taskbar dan pilih Command Prompt (Admin), lalu ketikkan:

netsh wlan show profile

Lalu akan ditampilkan nama hotspot WiFi yang sedang anda gunakan (dan mungkin hotspot WiFi lain juga, jadi pilih dengan baik). Copy kode dibawah ke kotak CMD, dan ganti “Nama Profil” dengan nama Wi-Fi yang baru anda dapatkan.

netsh wlan show profile name=”Nama Profil” key=clear

Get hold of all your details at the command prompt


Mengatur jaringan Wi-Fi

Windows akan secara otomatis tersambung ke WiFi yang pernah anda gunakan, WiFi yang anda share dengan teman anda lewat Wi-Fi Sense, dan jaringan yang sering anda gunakan (lagi, dengan WiFi Sense). Itu berarti anda akan otomatis terkoneksi ke jaringan WiFi gratis seperti di kedai kopi atau bandar udara.

Manage how Wi Fi Sense works for sharing and connecting

Sebagian besar dari kita mengkoneksi ke Wi-Fi gratis, meskipun ia tidak sepenuhnya aman – pemilik Wi-Fi dapat memonitor penggunaan anda. Apabila anda tdak ingin Windows 10 untuk melakukan koneksi otomatis ini, ganti pengaturan ‘Connect to suggested open hotspots’ (didalam Settings, Network & Internet, Wi-Fi, Manage Wi-Fi Settings) ke “OFF”.


Share koneksi Wi-Fi dengan Wi-Fi Sense

Anda bisa menyambung ke hotspot WiFi privat yang di share oleh teman anda, dan melakukan share WiFi dengan WiFi Sense melalui Facebook, Skype, Outlook.comm atau ketiga-tiganya.

Untuk share WiFi, anda tetap harus memilih untuk men-share setiap kali anda tersambung dengan sebuah koneksi, dan yang teman anda dapatkan bukanlah password yang bisa dibaca, tapi sebuah pengaturan yang memungkinkan ia untuk tersambung ke koneksi yang anda share (tanpa mengetahui passwordnya).

Jika anda ingin menghentikan koneksi otomatis ke hotspot WiFi yang pernah anda gunakan, scroll ke dasar halaman Manage WiFi Settings, pilih jaringan yanng ingin dilupakan, klik dan pilih ‘Forget’.

Kalau  anda khawatir teman anda membagi koneksi WiFi anda dengan orang lain, ingat saja bahwa orang tersebut tidak bisa online kalau tidak dekat dengan hotspot WiFi anda.

You can share a Wi Fi network with your friends when you connect or later when they need to connect

Ketika anda terkoneksi dengan hotspot Wi-Fi yang belum anda share, anda harus mengetik ulang passwordnya untuk men- share Wi-Fi tersebut; buka list didalam ‘Manage Wi-Fi Settings’ dan pilih ‘Share’. Pada dasarnya, anda mempercayakan teman anda untuk menggunakan Wi-Fi anda sewajarnya.

Summary
Author Rating
1star1star1star1stargray
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Software Name
WiFi Sense
Operating System
Windows 10
Landing Page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *