6 Aksesoris HP Gaming yang Wajib Punya!

Kehadiran game smartphone pada hakikatnya bertujuan mengurangi tingkat stress sehingga membuat hari-hari lebih berwarna. Namun, apa jadinya apabila dalam memainkan game tersebut malah membuat stress karena sulitnya navigasi jika dibandingkan dengan game PC atau konsol?

Kalah terus menerus gara gara layar ‘keset’, saat ini ada beberapa aksesori yang siap menjadi solusi untuk bisa meningkatkan performa di dalam game dan dapat membawa menuju kemenangan. Berikut rekomendasinya!


1. Trigger Custom Controller

Trigger Custom Controller

Bagi kamu yang tidak mau repot ketika bermain game bergenre battle royale seperti PUBG atau Rules of Survival, aksesori ini tampaknya cocok untuk kamu miliki. Benda kecil ini bisa membantu kamu sewaktu menembak di tengah medan perang.

Hanya tinggal memasangnya di sisi atas smartphone kamu yang sesuai dengan jangkauan jari, kamu akan mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam mengejar chicken dinner di PUBG Mobile.

Baca juga: Pilihan 5 Headset Gaming Murah di 2019

Kamu bisa mengatur posisi perintah di layar smartphone dalam game. Misal kamu mau membuat jari telunjuk di tangan kanan untuk menembak dan tangan kiri untuk lompat, kamu bisa mengaturnya secara sendiri berdasarkan kenyamanan tangan.

Trigger Custom Controller ini terbilang perangkat tambahan yang paling simpel dan paling mudah untuk digunakan. Untuk itu, harga yang beredar dipasaran pun sangat terjangkau, harganya yang kurang dari 100 ribu ini menjadikan perangkat tambahan ini menjadi yang paling banyak diminati gamer.


2. Micro SD Class 10

Micro SD Class 10

Memory Card ternyata bisa mempengaruhi performa game. Tapi bagaimana?

Saat sedang main game, bisa dipastikan ada transfer data yang terjadi antara layar dengan kartu memori. Nah kalau memory card nya lambat (bukan class 10) makan bisa-bisa game nya ngelag.

Denga micro SD class 10 berkapasitas besar, kamu bisa menyimpan semua game favoritmu di dalam ponsel, serta proses transfer data pun sangat cepat.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S8


3. Gamevice GV157

Gamevice GV157

Perangkat penunjang untuk bermain game di smartphone kamu yang pertama adalah Gamevice GV157, sebuah controller gamepad tambahan premium.

Bukan hanya sekedar pelengkap atau mempermudah dalam bermain game saja, akan tetapi melalui Gamevice, hampir setiap game diadaptasi layaknya sebuah platform console handled.

Kamu cukup sambungkan perangkat Gamevice melalui saluran pengisi daya baterai pada smartphone kamu, dan perangkat ini akan otomatis menjadi controller yang super keren.

Tombol-tombol yang ada pada Gamevice hampir serupa dengan controller yang ada pada PlayStation ataupun Xbox One.

Di sebelah kiri Gamevice, ada tombol yang biasa disebut atas bawah kiri kanan. Sementara di bagian kanannya terdapat empat tombol aksi Y, X, A, B alias segitiga eks kotak bulet kalau di PS.

Tidak ketinggalan pula di masing-masing sisi kiri dan kanan terdapat tombol analog serta fungsi tambahan layaknya R1 sama seperti yang tersemat di controller PSP atau PlayStation Portable.

Baca juga: 3 headset gaming terbaik di 2019

Terdapat beberapa alasan khusus mengapa Gamevice disebut sebagai controller tambahan premium bagi smartphone. Alasan yang pertama yaitu, karena bentuknya yang futuristik dan mudah dibawa kemana saja.

Gamevice cukup ringan dan tidak perlu membutuhkan banyak ruang untuk disimpan di dalam tas kamu. Kalaupun kamu tidak sedang memakainya, Gamevice bisa dengan muat berada di saku celana yang kamu pakai.

Alasan kedua adalah soal fiturnya. Jenis controller lain biasanya membutuhkan kabel serta alat tambahan untuk membuat ponsel kamu sebagai layar ketika memainkan sebuah game. Nah si Gamevice ini tidak membutuhkan tambahan apapun. Ia bahkan bisa menyatu sebagai bagian dari ponsel.

Ketika sudah terpasang dengan baik, mungkin tampilan smartphone kamu akan sedikit menyerupai PlayStation Portable ataupun Switch.

Gamevice juga memanfaatkan port bawaan si smartphone untuk media transfer datanya, sehingga membuat waktu responnya lebih cepat ketimbang kontroler lain yang mengandalkan Bluetooth. Tingkat latency ataupun lagging yang biasa kamu temukan ketika sedang gaming dengan aksesoris tambahan pun sangat berkurang.

Meskipun gamevice menggunakan lighting port (lobang casan) yang ada di ponsel, jangan kuatir karena Gamevice menyertakan slot tambahan, sehingga kamu tidak perlu cemas tidak bisa mengisi daya baterai ketika sedang main game. Gamevice juga menyediakan lubang jack untuk headphone yang langsung tersambung ke smartphone.

Perangkat ini mendukung hampir semua game-game populer smartphone, termasuk diantaranya Minecraft, Final Fantasy VII, Grand Theft Auto: San Andreas, dan Asphalt 8 Airbone.

Gamevice juga tersedia dalam model lainnya untuk iPad serta iPad Mini. Perlu diingat, Gamevice ini tidak menyedot baterai smartphone kamu dan tidak memerlukan baterai, sehingga tidak perlu repot-repot untuk mengisi daya-nya.

Aksesori ini dibanderol dengan kisaran harga 1,3 jutaan rupiah.


4. Remax Gaming Grip 4 in 1

Remax Gaming Grip 4 in 1

Bagi kamu yang sering bermain game hingga berjam-jam dan sehingga smartphone jadi panas dan performa menurun, Remax Gaming Grip 4 in 1 bisa menjadi solusi karena perangkat tambahan ini menghadirkan cooling pad alias kipas yang berada dibagian belakang untuk membuat suhu dari smarpthone kamu tetap adem.

Dengan adanya cooling pad, kamu dapat bermain game-game terberat sekalipun seperti Mobile Legend, AOV, Rules of Survival, Clash of Clans, dan PUBG Mobile dengan nyaman tanpa perlu khawatir smartphone overheating.

Dengan bentuk yang meniru controller console, hand grip dari cooling pad ini sangat nyaman untuk digunakan. Kamu tidak perlu memusingkan ukuran, karena perangkat tambahan ini memiliki ukuran yang fleksibel sehingga cocok dengan berbagai macam jenis ukuran smartphone.

Remax Gaming Grip 4 in 1 ini juga dilengkapi dengan stand atau semacam tiang penyangga, sehingga cooling pad ini dapat berdiri tegak. Penggunaan stand ini sangat cocok untuk kamu yang gemar menonton film di smartphone.

Kemudian untuk masalah daya baterainya, coolingpad ini memiliki kapasitas baterai sebesar 2000 mAh, dan waktu pengisian dari kosong sampai penuh adalah 4 hingga 5 jam. Untuk harga, Remax Gaming Grip 4 in 1 ini dibanderol dengan harga 200 ribuan rupiah.


5. Razer Serval Gamepad

Razer Serval Gamepad

Razer memang bukan nama baru di ranah dunia gaming. Beberapa produk aksesoris gaming buatan Razer cukup diminati oleh para gamers. Selain memproduksi headset gaming, Razer juga memproduksi perangkat alat bantu yang beguna untuk membantu kamu dalam bermain game.

Setelah terlebih dahulu merilis Onza, Sabertooth dan Wildcat, Razer pun melengkapi koleksi controller gaming-nya dengan gamepad yang tidak hanya untuk mendukung aktivitas gaming di komputer, namun juga di Smartphone. Controller premium ini dipercantik dengan sentuhan warna matte dan logo khas Razer yang mendominasi bagian pinggir terluarnya.

Untuk layout tombolnya sendiri kurang lebih serupa dengan seperti yang ada pada PlayStation ataupun Xbox.

Saru kelebihan utama gamepad ini adalah tombol-tombol makro yang terdedikasi untuk keperluan media dan kontrol ponsel seperti tombol “back” dan “home”. Razer Serval hadir dengan klip penyangga smartphone yang dapat dilepas-pasang dengan mudah (seperti tongsis).

Kekurangan terbesar gamepad ini adalah ia masih harus menggunakan baterai AA untuk menjalankannya. Razer Serval Gamepad dibanderol dengan kisaran harga 1 juta rupiah.


6. IPEGA 9023 Telescopic Controller

IPEGA 9023 Telescopic Controller

Ipega 9023 Telescopic Controller mempunyai ukuran yang besar. Gamepad ini memang dikhususkan untuk tablet, jadi bagi kamu yang memiliki smartphone dengan ukuran 5 inch kebawah, sudah bisa dipastikan tidak cocok mengingat ukuran gamepadnya yang hanya mensupport tablet berukuran 5 sampai 10 inch.

Docking untuk meletakkan smartphone ada di tengah-tengah joystick, tepatnya diantara tombol arah dan ABXY. Dengan desain seperti ini kamu akan merasa seperti bermain PlayStation Portable yang berukuran Jumbo, karena posisi layar ada tepat di tengah-tengah gamepad.

Tombol-tombol yang ada pada Ipega 9023 ini lumayan nyaman digunakan, walaupun tidak senyaman controller game kelas atas lainnya. Tombol Trigger L dan R juga tersedia di bagian atas. Lubang port micro usb terletak di kiri bawah untuk proses pengecasan.

Untuk menyambungkan perangkat controller ini dengan smartphone, Ipega 9023 menyediakan koneksi melalui Bluetooth. Cara pengoneksiannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol X dan home secara bersamaan pada Ipega 9023. Setelah itu tinggal kamu pasangkan di smartphone, dan bisa dengan langsung digunakan.

Selain menjadi Controller game, Ipega 9023 juga dapat kamu gunakan sebagai remote untuk music player yang ada pada smartphone kamu. Tombol Multimedia ini terletak di bawah tombol ABXY.

Tombol yang tersedia ada 5 yaitu, play/pause, Volume up, Volume down, next dan previous. Apabila smartphone kamu bukan berbasis android, jangan panik karena selain untuk android, Ipega 9023 juga dapat digunakan di beberapa Platform lain, seperti IOS, Windows/PC dan juga Windows Mobile.

Memang controller gamepad ini bukan yang terbaik di kelasnya. Dalam urusan grip dan daya pegang, dapat diakui gamepad ini memang sangat baik. Namun, kurang nyamannya tombol-tombol dan analog membuat kualitas gamepad ini menjadi berkurang.

Jika kamu hanya sekedar mencari gamepad portable untuk menemani perangkat smartphone kamu, silahkan kamu beli gamepad ini. Namun jika yang kamu cari ialah gamepad dengan handling yang presisi maka silahkan berpikir dua kali sebelum kamu membelinya. Untuk harganya sendiri gamepad Ipega 9023 ini dibanderol dengan harga 375 ribu rupiah.

Kira-kira seperti itulah penjelasan mengenai jenis-jenis aksesori tambahan untuk smartphone dalam bermain game yang wajib kamu punya. Selamat berburu aksesoris hp gaming dan semoga sukses!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of