Apa Arti Emoticon :9, :v, :3, dan XOXO?

Kamu sering mendapatkan emoticon :9, :v, :3, dan XOXO tapi tidak tahu apa artinya? Emoticon ini merupakan representasi dari mimic pada wajah. Terdapat banyak emoticon dengan arti yang berbeda-beda.

Di era digital ini, komunikasi semakin mudah dari hari ke hari. Jika dulu hanya bisa menelpon, berkirim teks melalui fax atau bahkan menggunakan pager yang hanya dimiliki sebagian orang saja, kini hampir semua orang sudah memiliki smartphone pribadi.

Bentuk komunikasi yang semula hanya melalui panggilan suara, kini semakin beragam dengan adanya pesan teks hingga panggilan video.

Fitur pesan teks ini sudah digunakan oleh banyak orang karena cukup sederhana, singkat, padat, cepat dan cukup jelas. Di sisi lain fitur pesan teks ini cenderung tidak mengganggu suasana sekitar pengirim maupun penerima karena tidak menimbulkan kegaduhan.

Namun, kendalanya terkadang kita mendapatkan emoticon dalam pesan teks yang terkadang dalam bentuk tulisan yang tidak kita mengerti dan tidak jarang juga disalah artikan. Nah berikut ini RuangLaptop akan membagikan penjelasan arti dari emoticon :9, :v, :3, dan XOXO.


Arti Emoticon :3

Arti Emoticon :3

Emoticon :3 awal mula kemunculannya yaitu dari aplikasi perpesanan milik Facebook. Kombinasi antara angka tiga dan tanda titik dua ini biasanya digunakan untuk mengomentari obrolan yang bersifat candaan, sarkastis, maupun mengatakan sesuatu yang pintar.

Ada juga yang menggunakan emoticon ini untuk mengungkapkan sesuatu hal yang memalukan, serta terkesan seperti wajah innocence.

Arti yang sebenarnya dari emotikon ini yaitu menggambarkan neko smile emoticon atau wajah kucing tersenyum seperti yang sering muncul dalam berbagai anime. Emot ini cukup akrab dijumpai bagi para penggemar kartun asal Jepang. Meski begitu, pemaknaan terhadap emoticon ini juga masih beragam.

Baca juga: Cara membuat stiker di WhatsApp


Arti Emoticon :9

Arti Emoticon :9

Emoticon :9 yang merupakan kombinasi dari tanda titik dua dan angka Sembilan ini sering muncul jika membahas tentang makanan. Emoticon ini mengisyaratkan lidah yang menjilat bibir bagian atas. Arti dari emoticon ini lebih menjurus ke kenikmatan yang dirasakan dari makanan.


Arti Emoticon :v

Arti Emoticon :v

Ini adalah salah satu emoticon lain yang khas dijumpai di aplikasi Facebook juga. Kombinasi antara titik dua dengan huruf “v” ini mengisyaratkan bentuk wajah yang menyerupai pacman. Hal ini disebabkan karena saat menggunakan aplikasi perpesanan milik Facebook dan pengguna mengetikkan :v tersebut, maka yang muncul berupa kepala Pacman.

Arti sebenarnya dari emoticon ini memang sulit untuk dijelaskan. Namun, sebagian orang menilai bahwa emoticon ini berarti ungkapan kelucuan, kekonyolan yang terkadang cenderung mengejek. Ada pula yang mengartikan emoticon ini sebagai duck face.

Baca juga: Cara membuat stiker di LINE


Arti Emoticon XOXO

XOXO

Emoticon kombinasi huruf X dan O ini dapat diartikan sebagai Hug and Kiss. Isyarat Peluk dan Cium ini muncul dari huruf X yang terlihat seperti orang yang sedang berciuman bibir ><. Sedangkan untuk huruf O sendiri seperti simbol peluk yang mana tangan dari kedua orang saling berangkulan jika dilihat dari atas.

Emoticon XOXO ini seringkali digunakan pada obrolan perpesanan di daerah Rusia kepada orang-orang tersayang, sahabat, maupun keluarga.

Nah itulah tadi arti dari emoticon :3, :9, :v dan XOXO. Meski begitu, emoticon-emoticon tersebut tidak memiliki maksud yang pasti dan pakem untuk diterapkan. Masing-masing emoticon masih bisa digunakan sesuai dengan konteks pembicaraan.

Paling tidak sekarang kamu sudah mulai memahami apa saja maksud dari emoticon emoticon yang berupa text seperti ini dan bagaimana penggunaannya kan?

4 2 votes
Article Rating

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments