Apa itu Aplikasi DANA Sebenarnya?

Sering dengar ‘DANA’ ? Anda bisa menemukan banyak sekali papan iklan bertuliskan DANA di restaurant atau kedai kopi favorit.

Tapi, apa sih DANA itu sebenarnya? DANA sendiri adalah singkatan dari ‘Dompet Digital Indonesia’ (aneh ya) yang menjadi layanan pembayaran digital dengan basis open-platform.

Layanan yang diperkenalkan pada 21 Maret 2018 ini dibuat oleh Vincent Henry Iswaratioso, dan bisa digunakan untuk media pembayaran tiket di berbagai platform, misalnya Tix.id, Bukalapak serta Blackberry Messenger.

Aplikasi yang telah mendapat investasi dari EMTEK ini digadang-gadang bisa mengalahkan OVO dan dompet digital lainnya. Untuk menggunakannya, Anda bisa terlebih dahulu mengisi saldo melalui top-up lewat kartu debit, kredit, transfer bank, hingga Minimarket.

Menurut Vincent, aplikasi DANA dibuat untuk memudahkan pembayaran yang selama ini tradisional menjadi modern. DANA juga akan membantu Anda untuk berkembang dalam memenuhi kebutuhan dan gaya hidup yang kini serba efisien.

Cek juga: Cara top up saldo DANA


Apa Bedanya DANA Dari yang Lain?

Di situs resminya, DANA mengklaim mempunyai banyak kelebihan ketimbang aplikasi lainnya, terutama di segi penggunaan. DANA tidak terpaku oleh satu platform saja (misal Go-Pay yang cuma untuk transaksi di Gojek), DANA bisa digunakan di banyak merchant online maupun offline.

Usut punya usut, DANA dinilai mengadopsi konsep Alipay. Alipay sendiri merupakan startup untuk pembayaran digital berbasis open-platform yang berasal dari Cina.

DANA juga banyak bekerja sama dengan restaurant atau kedai kopi kekinian yang sering Anda jumpai seperti Kopi Kenangan, Hokben, KFC, hingga Baskin Robbins. Tak hanya itu saja, DANA juga memiliki partner di Bank seperti BCA, BNI, BRI dan masih banyak lagi.

Apa untungnya menggunakan DANA? Untuk sekarang sih tentu saja cashback dan promo yang ugal-ugalan, semua berkat persaingan ketat antara Go-Pay, OVO dan DANA sehingga mereka saling beradu promo. Mulai populernya DANA dalam pembayaran digital ini membuat beberapa fintech lainnya pasang badan.


Bagaimana Cara Kerja DANA?

DANA mengembangkan fasilitas serta fitur pembayaran mereka dengan membuat metode pembayaran baru yaitu ‘Scan QR code’. Anda mungkin sering melihat mesin kotak kecil di meja kasir beberapa outlet, ini adalah mesin pemindai QR code yang bisa menyelesaikan transaksi hanya dalam hitungan detik.

Cara kerjanya pun sangat sederhana, Anda hanya perlu membuka aplikasi DANA lalu tinggal klik ‘Pay’ berlogo QR code yang ada di bagian bawah aplikasi. Tempelkan layar smartphone yang telah berisi QR code tepat di atas mesin pemindai tadi, lalu masukkan kode pin DANA Anda.

Konsep ini mirip seperti aplikasi absensi online yang sedang marak, dimana karyawan dan siswa bisa melakukan check-in dari smartphone, selama lokasi GPS dan facial recognition nya masih sesuai dengan aturan kantor.


Perizinan, Keamanan, dan #GANTIDOMPET

Bicara soal pembayaran, DANA menyadari keribetan sistem pembayaran top-up. Seringkali anda mau bayar di kasir namun tiba-tiba saldo kurang. Harus top-up dulu pun membuat antrian semakin panjang. Disinilah DANA dengan hashtag #gantidompet dan kampanye “Move on dari top-up” nya menawarkan sistem pembayaran otomatis dari kartu debit/kredit, jadi tidak perlu topup lagi.

tim dana foto

Tidak hanya untuk pembayaran non-tunai, DANA juga bisa Anda gunakan untuk beli token listrik, beli pulsa, kirim saldo sampai bayar BPJS.

Soal perizinan, DANA sudah mendapatkan izin penyelenggaraan layanan langsung dari Bank Indonesia. DANA memiliki 2 data center yang disimpan di Indonesia untuk alasan keamanan.

Aplikasi DANA menurut kami cukup ‘user-friendly’ dengan tampilan interface yang interaktif dan juga mudah digunakan. Keamanan pada aplikasi DANA juga patut diacungi jempol. Aplikasi ini menerapkan authentication canggih yang otomatis akan mengganti uang Anda jika ada transaksi yang gagal.

Sebagai tambahan, DANA juga sudah terhubung dengan DUKCAPIL (Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri) yang artinya DANA menjamin data setiap pengguna dengan baik. Kalau tertarik, Aplikasi dompet digital ini bisa Anda download di Playstore.

Bagaimana pengalaman kalian menggunakan DANA? Tinggalkan komentar dibawah!

Wajib tahu:

3.7 3 votes
Article Rating
Summary
Author Rating
1star1star1star1stargray
Aggregate Rating
3 based on 19 votes
Software Name
DANA
Operating System
Android, iOS
Software Category
e-Wallet
Price
IDR 0

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments