Apa itu Dark Web? Amankah Dicoba?

Kamu tau nama Dark Web? Apakah artinya adalah website gelap atau website rahasia? Seberapa jauh kamu mengetahui Dark Web?

Bukan hal yang tabu saat ini jika kita mendengar kata tersebut, banyak pengguna cyber yang malah kepo dengan hal-hal menjurus pada Dark Web. Tapi apakah Dark Web aman digunakan untuk kita yang memang mengakses beberapa website setiap harinya? Ayo kita cari tahu lebih dalam!

Saat ini, banyak sekali situs internet yang dapat dengan mudah ita jumpai dan kita akses secara online, tapi taukah kamu jika internet sendiri memiliki beberapa tingkatan? Situs internet yang kita sering jumpai pada google atau website tertentu permukaan paling atas dari sebuah internet.

Para pakar mengatakan bahwa tingkatan dalam internet sama halnya dengan nelayan yang sedang menyaring ikan di laut lepas. Jaring ikan hanya mengenai permukaan laut saja, itu pun sudah mampu menangkap sebagian besar ikan yang mereka butuhkan, namun mereka lupa dengan dasar laut yang menyimpan berbagai macam ikan yang belum mereka ketahui bahkan mereka lihat sebelumnya.

Sama halnya dengan internet, kita hanya mengakses sebagian besar permukaan internet saja dan banyak sekali informasi yang sangat kita butuhkan di dapat dengan mudah. Tapi, kita tidak sadar bahwa internet memiliki area terdalam yang jarang di akses oleh orang awam dan menyimpan berbagai informasi yang jarang diketahui pengguna internet.

Sudut terdalam yang berada setelah Surface Web adalah Deep Web, lalu menuju ke dasar lagi kita dapat menemukan Dark Web, yang mana pada beberapa situs Dark Web banyak informasi yang memang sengaja disembunyikan. Lalu, untuk apa saja Dark Web digunakan? Dark Web bisa digunakan baik untuk tujuan yang legal seperti yang dilakukan para pemerintahan. Adapun tujuan yang illegal yang digunakan untuk menyembunyikam kegiatan kriminal atau kegiatan jahat lainnya.

Contoh penggunaan Dark Web yang sempat ramai adalah pasar online gelap yang diberi nama The Silk Road, situs tersebut menjual beberapa barang selundupan, pelayanan illegal hingga jual beli drugs. Para penjual barang illegal ini berlokasi di 10 negara yang tersebar di seluruh dunia dan sukses menarik minat 100.000 pembeli.

Perdagangan illegal tersebut dapat meraup kurang lebih 1,2 miliar US Dolar untuk penjualan dikurun waktu 2011 hingga 2013. Namun, pada akhirnya aksi penjualan barang illegal ini terkuak oleh agen federal.

Beberapa Tingkatan Internet Yang Harus Kita Ketahui

tingkatan dark web

Pada tahun 2005, pengguna internet mencapai 1 milliar pengguna di seluruh dunia. Bertambah lagi di tahun berikutnya 2010 dengan jumlah 2 milliar pengguna lalu pada Juli 2016 terdapat hampir 46% masyarakat di dunia menggunakan internet di kesehariannya. Walaupun ada data yang sangat jelas tentang jumlah pengguna internet di setiap tahunnya, namun untuk pengguna Deep Weeb dan khususnya Dark Web data penggunanya kurang jelas.

Banyak orang yang menganggap kalau internet dan web adalah satu-satunya hal yang ditemukan dalam dunia cyber, tapi itu kurang tepat. Sebaliknya, web merupakan salah satu bagian dari internet yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan informasi.

Ada beberapa tingkatan internet yang beberapa tingkatannya bahkan tidak bisa diakses melalui mesin pencarian biasa seperti google. Diperlukannya beberapa software khusus untuk mengaksesnya, dikarenakan hampir semua situs bersifat tersembunyi dan sengaja dirahasiakan. Apa saja tingkatan internet yang harus kita tau?

1. Surface Web

kutanam

Disini adalah permukaan internet yang sangat sering kita akses. Seperti sekarang, kamu sedang membaca artikel ini berartibkamu sedang berada di Surface Web! Sama halnya dnegan kamu yang setiap hari membuka akun media sosial, mengirim berbagai macam pesan lewat chat atau email, belanja lewat online shop yang ada di market place, menonton youtube, membaca nove online hingga membaca artikel ini di Ruanglaptop. Itu semua kamu lakukan di Surface Web.

Tapi tahukah kamu? Ternyata luas dan banyaknya website yang kita akses setiap hari yang berada pada naungan Surface web hanya mencakup 4% dari keseluruhan internet!

2. Deep Web

sso itb login

Adakah cloud di gadgetmu? Atau kamu mencoba menyimpan semua berkas pentingmu di dalam aplikasi cloud? Selamat, kamu baru saja memasuki dunia Deep Web! Pada tingkatan ini internet hanya mengumpulkan file audio, video dan gambar yang bersifat pribadi dan sensitif. Deep Web tidak bisa diakses mengginakan mesin pencarian seperti google, dan akan sulit menemukan file yang kamu simpan di dalam sana. Beberapa pakar menyatakan bahwa 96% dari keseluruhan internet terdiri dari Deep Web.

Kesulitan dalam mengakses Deep Web bisa dikaitkan dengan barbagai alasan misalnya, konten pada situs tertentu telah dimiliki oleh seseorang yang hanya mengizinkan beberapa pengguna yang ia izinkan saja, bisa jadi konten tersebut komersial yang hanya bisa diakses oleh pengguna yang sudah membayar, atau bisa jadi juga isinya berisi data pribadi yang sudah dilindungi oleh beberapa lembaga.

3. Dark Web

silk road

6% dari keseluruhan internet adalah Dark Web. Hanya sedikit penjelasan tentang Dark Web yang akan kamu ketahui. Namun, beberapa warning tegas yang dilontarkan beberapa pakar internet cukup membuatmu penasaran bukan? Mengapa Dark Web sangat dilarang untuk dikunjungi? Mengutip dari beberapa artikel yang ada, Dark Web merupakan tingkatan terdalam dari internet yang mana sebagian besar dari situsnya dijalankan untuk melakukan hal-hal yang illegal.

Apakah kamu pernah menonton beberapa video di youtube yang me-review beberapa barang yang mereka beli di Dark Web? Kalau pernah, barang-barang random yang mereka dapatkan sangat aneh dan terkesan creepy, bukan? Dalam Dark Web memungkinkan adanya penjualan hal-hal aneh menyeramkan, senjata illegal, amunisi, drugs bahkan perdagangan manusia yang semuanya adalah illegal dan berbagai aktivitas kajahatan.

Mesin pencarian seperti google sudah umum digunakan untuk berselancar di Surface Web. Namun, bagaimana dengan Dark Web? Masih hal yang tabu untuk diketahui tentang bagaimana pengguna Dark Web mengakses situs-situs yang ada didalamnya, yang pasti sangat tidak mungkin mencari situs Dark Web dengan menggunakan mesin pencarian google.

Beberapa pengguna Deep Web menggunakan mesin pencarian yang jarang sekali kita ketahui seperti ‘hidden wiki’ yang serupa dengan wikipedia, Ahmia hingga Grams yang mana kita bisa menemukan beberapa tempat para pengguna membeli drugs, senjata, uang palsu hingga barang selundupan lainnya.  Lalu, bagaimana pengguna Dark Web masuk kedalam situs yang sulit dilacak? Biasanya para pengguna Dark Web akan mencari situs yang mereka butuhkan dengan bantuan Reddit, DarkNetMakets, DeepWeb atau Tor.

Apakah Dark Web adalah Anonymous? Dark Web menggunakan banyak alat canggih dan berbagai cara untuk menjamin keamanan penggunanya juga menganonimkan segala aktivitasnya. Semakin berkembangnya inovasi dari teknologi, para peneliti dan pakar keamanan terus mengembangkan cara untuk mengidentifikasi para pengguna Dark Web. Salah satu dari suksesnya pendidentifikasian anonim Dark Web adalah pada tahun 2011, Operasi DarkNet berhasil menghancurkan situs web hosting yang disebut Freedom Hostest yang ternyata dipergunakan untuk menampung 40 lebih situs pornografi anak dengan jumlah 100GB data.

Melihat beberapa contoh dan gambaran dari situs-situs Dark Web yang ada di dunia, apakah kamu berniat untuk mengetahui Dark Web lebih lanjut? Atau tetap berada di zona aman Surface Web?

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
3 Comments
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
3
0
Ikut berkomentarx
()
x