Apa itu Influencer dan Apa Saja Jenisnya?

Influencer merupakan individu yang memiliki pengaruh besar untuk masyarakat, karena menciptakan suatu karya dan influencer biasanya sangat dikenal di masyarakat.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat di Indonesia, tentu banyak istilah baru yang bermunculan dan salah satunya adalah istilah tentang influencer. Dan tidak sedikit dari mereka yang sukses dan memiliki popularitas tinggi di masyarakat. Hal ini kemudian yang membuat banyak orang yang mencoba profesi yang satu ini.

Influencer yang dimaksud bisa berupa seorang artis, konten kreator, blogger atau youtuber dan menjadi profesi yang berhubungan erat dengan sosial media dan biasanya memiliki jutaan pengikut di sosial media dan memiliki pengaruh besar di masyarakat, sehingga seringkali menjadi pusat perhatian. Pebisnis biasanya menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan usahanya, sehingga perkembangan bisnis bisa lebih cepat.

Influencer memiliki kemampuan untuk melakukan marketing atau promosi bisnis Saat ini ada beberapa jenis influencer yang berkembang di Indonesia dan semuanya memiliki banyak perbedaan.


1. Influencer Mikro

influencer mikro

Influencer mikro memiliki pengikut sosial media maksimal 10 ribu. Kelebihannya adalah memiliki keterikatan yang sangat kuat dengan para pengikutnya dana memiliki audiens yang sangat spesifik, sehingga sangat sesuai dengan niche atau topik tertentu. Influencer mikro bisa menghasilkan konten yang relevan dengan para pengikutnya.


2. Influencer Makro

influencer makro

Influencer makro memiliki jumlah pengikut diatas 100 ribu dan biasanya memiliki popularitas yang tinggi di masyarakat, meski belum setenar artis. Dengan jumlah pengikut yang berlimpah, mereka sangat potensial untuk mempromosikan bisnis. Dengan menggunakan jasa mereka, produk bisnis akan dinilai lebih eksklusif.


3. Influencer Premium

influencer premium

Influencer premium memiliki jumlah follower sangat banyak, karena bisa mencapai jutaan pengikut di sosial media. Potensi mereka untuk mempromosikan produk atau jasa sangatlah besar, karena jangkauan pemasarannya sangatlah luas. Untuk menggunakan jasa influencer premium, maka pebisnis harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar.


4. Selebgram

selebgram

Selebgram adalah seseorang yang menjadi selebriti di sosial media instagram. Selebgram bisa berasal dari masyarakat biasanya yang memiliki pengikut besar di instagram atau berasal dari seorang artis yang memanfaatkan instagram untuk promosi produk atau jasa. Instagram menjadi salah satu media sosial yang memiliki perkembangan sangat pesat dan instagram memiliki jumlah pengguna yang besar.


5. YouTuber

youtuber

YouTuber merupakan seseorang yang membuat video dan menguploadnya di youtube. Tidak hanya untuk upload video, youtube juga menjadi lahan bisnia yang sangat besar. Ketika anda ingin mempromosikan usaha dengan cepat, maka anda bisa menggunakan jasa youtuber. Dengan jumlah pengikut yang besar, maka efektivitas youtuber sangatlah tinggi.


6. Blogger

Blogger

Blogger merupakan seseorang yang mempunyai suatu blog dan mengelola blognya secara konsisten. Blog tidak hanya berguna untuk menyajikan informasi, namun blog juga bisa dipakai untuk melakukan review produk. Para pemilik bisnis bisa menggunakan jasa blogger untuk promosikan bisnisnya. Biaya menggunakan jasa blogger juga sangat terjangkau, jika dibandingkan dengan jasa selebgram atau youtuber.

Pada dasarnya influencer marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, sehingga target penjualan yang diinginkan bisa tercapai.

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Boleh komentar.... Bebas!x
()
x