Apa itu NFC Sebenarnya dan Gimana Cara Kerjanya?

Mungkin kamu masih asing dengan fitur NFC yang sering ada di smartphone.

NFC adalah singkatan dari Near-Field Communication. NFC sudah menjadi fitur utama dari smartphone kelas atas yang dijual di pasaran, mengingat kebutuhan isi ulang kartu tol seperti e-money yang harus bisa dilakukan kapan saja.

Meskipun NFC terutama digunakan untuk pembayaran layanan digital seperti Google Pay, Apple Pay, Samsung Pay, e-Money, Tapcash dan uang elektronik lainnya, NFC juga mampu melakukan hal yang bahkan tidak terpikirkan.

Karena fitur ini bekerja di background, wajar saja masih banyak yang belum paham soal fitur ini. Di artikel ini kami akan menjelaskan apa itu NFC sebenarnya, kegunaan dari NFC, dan alasan kenapa kamu harus menggunakannya.


Pengertian dari NFC

NFC adalah

NFC atau Near-Field Communication adalah seperangkat protokol komunikasi yang memungkinkan dua perangkat elektronik, salah satunya biasanya perangkat portabel seperti smartphone, untuk menjalin komunikasi dengan mendekatkan kedua perangkat dalam jarak 4 cm satu sama lain.

Fitur NFC di luar negeri sudah digunakan untuk sistem pembayaran cashless. Mirip dengan kartu kredit atau kartu elektronik lainnya, hanya saja dengan menggunakan NFC kamu bisa melakukan pembayaran seluler tanpa tambahan kartu elektronik apa pun (hanya butuh ponsel dengan NFC).


Sejarah Terciptanya NFC

Sejarah NFC

NFC bermula dari terciptanya teknologi identifikasi frekuensi radio (dikenal sebagai RFID) yang memungkinkan perangkat keras yang kompatibel untuk memasok daya dan terhubung dengan perangkat elektronik lainnya menggunakan gelombang radio. Teknologi ini awalnya digunakan untuk identifikasi, otentikasi, dan pelacakan.

Paten pertama untuk teknologi “RFID” ini diberikan kepada Charles Walton pada 17 Mei 1983. Setelah dipatenkan, RFID pertama kali digunakan dalam mainan karakter Star Wars untuk Hasbro di tahun 1997.

Paten ini awalnya dipegang oleh Andrew White dan Marc Borrett di Innovision Research and Technology (dengan nomor hak paten WO9723060). Perangkat ini memungkinkan komunikasi data antara dua unit dalam jarak dekat.

Pada 25 Maret 2002, Sony dan Philips sepakat untuk menggunakan teknologi ini dan menerapkannya ke produk yang mereka jual. Pada 8 Desember 2003, NFC disetujui sebagai standar ISO / IEC dan kemudian lolos uji standar ECMA.

Penggunaan NFC pun sekarang semakin berkembang dan digunakan di hampir disemua perangkat seperti smartphone, laptop dan banyak lainnya. Perangkat yang memiliki fitur NFC bisa bekerja di dalam 3 mode yaitu:

1. NFC Card Emulation

Memungkinkan perangkat dengan fitur NFC (seperti smartphone) untuk bertindak layaknya kartu elektronik, yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran.

2. NFC Reader/Writer

Memungkinkan perangkat yang memiliki fitur NFC untuk membaca informasi yang disimpan pada label atau poster dengan barcode didalamnya.

3. NFC Peer-to-Peer

Memungkinkan dua perangkat dengan fitur NFC untuk berkomunikasi satu sama lain untuk bertukar informasi secara ad hoc (satu arah/tujuan). Contoh paling simpelnya adalah berkirim gambar dari satu ponsel ke ponsel lain dengan cara menempelkan kedua ponsel tersebut.

Baca Juga : Kenalan Dengan Big Data, Pengertian dan Kegunaannya


Desain dari NFC

NFC adalah fitur nirkabel jarak pendek yang memiliki jangkauan jarak 10 cm atau kurang. NFC beroperasi pada 13,56 MHz dengan kecepatan mulai dari 106 kbit per detik hingga 424 kbit per detik.

NFC selalu melibatkan inisiator dan target; inisiator secara aktif menghasilkan bidang frekuensi radio yang dapat memberi daya target pasif. Hal ini memungkinkan target NFC untuk melakukan banyak kegiatan.

Komunikasi peer-to-peer NFC dapat dilakukan asalkan kedua perangkat diberi daya. Data didalam Tag NFC (yang ada didalam kartu elektronik) tidak hanya bisa dibaca, namun juga bisa ditulis. Mereka dapat dikodekan oleh pabrikan atau menggunakan spesifikasi dari Forum NFC.

Tag NFC dapat menyimpan data pribadi dengan aman seperti informasi kartu debit, kredit, data program loyalitas, PIN, kontak ponsel, dan berbagai macam informasi lainnya.

Baca Juga : 3 Cara Simpel Mengamankan Data dan Privasi di Laptop

Forum NFC mendefinisikan empat jenis tag NFC, yang memberikan kecepatan dan kemampuan komunikasi yang berbeda dalam hal konfigurasi, memori, keamanan, retensi data, dan endurance (ketahanan). Tag NFC saat ini menawarkan memori antara 96 dan 4096 byte.

Seperti halnya teknologi kartu proximity (prox card), NFC memakai teknik komunikasi jarak dekat menggunakan induksi elektromagnetik antara dua antena loop yang terletak di dalam medan dekat satu sama lain, yang secara efektif membentuk transformator udara-inti.

NFC memiliki 2 mode inisiator yaitu :

1. Pasif

Perangkat inisiator menyediakan bidang operator dan perangkat target menjawab dengan memodulasi bidang yang ada.

Dalam mode ini, perangkat target dapat menarik daya operasinya dari medan elektromagnetik yang disediakan oleh inisiator, sehingga membuat perangkat target menjadi transponder (penerima sinyal).

2. Aktif

Baik inisiator dan perangkat target berkomunikasi secara bergantian dan menghasilkan bidang mereka sendiri. Perangkat me-nonaktifkan bidang frekuensi radio saat menunggu data. Dalam mode ini, kedua perangkat biasanya memiliki suplai daya.


Cara Kerja NFC

cara kerja NFC

Tidak seperti Bluetooth, NFC tidak butuh pemasangan manual atau pencarian perangkat untuk mentransfer data. Dengan NFC, koneksi akan secara otomatis dimulai ketika kedua perangkat NFC berada dalam jarak 4cm.

Begitu berada dalam jangkauan, kedua perangkat langsung terhubung dan meminta persetujuan kepada pengguna.

Ada banyak manfaat besar apabila kamu menggunakan NFC. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan menggunakan fitur NFC.

1. Isi Ulang Uang Elektronik 

Sejak jalan tol mewajibkan penggunaan paperless money alias uang digital, masyarakat Indonesia terpaksa (atau dipaksa) menambah satu kartu tambahan didalam dompetnya. Nah keribetan satu ini ditambah lagi dengan proses cek saldo dan isi ulangnya yang perlu ke ATM, minimarket, atau bank bersangkutan.

Bersyukurlah kamu yang punya ponsel dengan NFC, karena kamu bisa cek saldo kartu uang digital sekaligus langsung isi ulang saldo menggunakan aplikasi dari setiap bank-nya.

2. Jadi Dompet Digital

Kamu hanya perlu menempatkan smartphone yang kamu punya ke jarak 4 cm dari contactless reader yang ada di toko dan membayar semua tagihan hanya dalam sekali klik.

Kamu juga gak perlu ribet cari-cari dompet atau kartu kredit, Pop-up tagihan pembayaran akan muncul dan meminta kamu untuk mengonfirmasi pembayaran.

NFC adalah satu fitur utama yang dibutuhkan e-Wallet di Indonesia untuk berkembang, mengingat pembayaran di merchant dengan menempelkan handphone jauh lebih simpel ketimbang login, input PIN, scan barcode, dan lain-lain.

3. Kemudahan dalam Berkirim File

NFC menawarkan koneksi kecepatan rendah dengan pengaturan sederhana yang dapat digunakan untuk mem-bootstrap koneksi nirkabel agar bekerja lebih cepat.

Misalnya, software Android Beam menggunakan NFC untuk pairing koneksi Bluetooth saat melakukan transfer file, dan kemudian menonaktifkan Bluetooth di kedua perangkat setelah pengiriman file selesai.

Nokia, Samsung, BlackBerry dan Sony telah menggunakan teknologi NFC untuk menghubungkan headset Bluetooth, pemutar lagu dan speaker dalam satu ketukan saja.

Ketika dua perangkat NFC yang diaktifkan berada dalam jangkauan, sebuah notifikasi akan muncul, meminta persetujuan kamu untuk “mengirimkan” konten apa pun termasuk video, informasi kontak, atau foto perangkat Android lainnya.

4. Mengamankan Perangkat

Perangkat berkemampuan NFC dapat bertindak sebagai dokumen identitas elektronik dan keycards perangkat yang kamu punya. NFC yang memiliki jarak jangka pendek dan dukungan enkripsi membuatnya lebih aman digunakan untuk melindungi file yang ada di smartphone.

5. Otomatisasi Smartphone

Smartphone yang dilengkapi NFC dapat dipasangkan dengan Tag NFC (atau stiker) yang dapat diprogram oleh aplikasi NFC. Program-program ini dapat memungkinkan perubahan pengaturan telepon, SMS, install aplikasi, dan masih banyak lagi.

Jangan khawatir, aplikasi ini tidak bergantung pada pengaturan pabrikan, kamu dapat segera mendapatkan kemudahan ini dengan menggunakan smartphone yang dilengkapi NFC dan tag NFC.

Forum NFC menerbitkan Signature Record Type Definition (RTD) 2.0 pada tahun 2015 untuk menambah integritas dan keaslian untuk Tag NFC. Spesifikasi ini memungkinkan perangkat NFC untuk memverifikasi data tag dan mengidentifikasi pembuat tag.

6. Untuk Main Game

NFC digunakan dalam beberapa video game, salah satunya adalah ‘Skylanders: Spyro’s Adventure’. Dengan NFC, kamu bisa membeli figure yang dijual di game ini dan mengkustomnya dengan personal data pada setiap figure yang ada, sehingga kamu tidak perlu ribet ada figure yang keliatan serupa.

Wii U adalah sistem pertama dari Nintendo yang menyertakan teknologi NFC di luar kotak melalui GamePad. Gak cuma itu saja, fitur ini kemudian dimasukkan ke dalam Nintendo 3DS.


Apa Bedanya NFC dan Bluetooth?

nfc vs bluetooth

NFC dan Bluetooth keduanya merupakan teknologi komunikasi jarak dekat yang tersedia di ponsel.

NFC beroperasi pada kecepatan yang lebih lambat dari Bluetooth, memiliki jangkauan yang lebih pendek, tetapi mengkonsumsi daya yang jauh lebih sedikit dan tidak memerlukan pemasangan manual (sering disebut pairing).

Dengan NFC, alih-alih melakukan konfigurasi manual untuk mengidentifikasi perangkat, koneksi antara dua perangkat NFC secara otomatis dibuat dalam waktu kurang dari 0,1 detik. Kecepatan transfer data maksimum NFC (424 kbit/second) lebih lambat daripada Bluetooth V2.1 (2.1 Mbit/second).

Konfigurasi NFC jauh lebih mudah dan cepat, namun kecepatan transfernya lebih rendah bahkan dibanding Bluetooth berenergi rendah.

Jarak kerja maksimum NFC yang kurang dari 20 cm sengaja dibuat untuk mengurangi kemungkinan intersepsi (gangguan) yang tidak diinginkan, sehingga NFC sangat cocok untuk digunakan di daerah ramai yang susah sinyal.


Perangkat yang Dilengkapi Fitur NFC

android ice cream sandwich dan iphone 6

Daftar perangkat yang dilengkapi NFC terus bertambah setiap harinya. Berikut ini beberapa perangkat yang sudah menggunakan teknologi NFC:

1. Smartphone Android 4.0 atau yang Lebih Baru

Android Beam, fitur asli untuk semua perangkat yang berjalan pada Android 4.0 atau lebih baru, memungkinkan pertukaran hampir untuk semua jenis informasi, termasuk video YouTube, halaman web, atau informasi kontak.

Kalau perangkat kamu menjalankan Android 4.4 atau yang lebih baru, maka kamu juga dapat menggunakan Google Pay.

Android Beam dapat diaktifkan dengan mengklik Settings > More. Pertama, aktifkan NFC aktif, lalu ketuk Android Beam dan aktifkan juga.

Kamu dapat menggunakan fitur ini dengan menempatkan smartphone kamu di sebelah smartphone NFC lainnya selama beberapa detik. Sebuah notifikasi akan muncul secara otomatis, menanyakan apakah kamu ingin mengirim file ke smartphone tersebut.

2. iPhone 6 dan Produk Apple Terbaru Lainnya

Untuk waktu yang sangat lama, Apple tidak merilis perangkat yang dilengkapi fitur NFC.

Namun, pihak Apple merubah haluan dan mulai memunculkan iPhone XS, XS Max, dan XR yang mendukung fitur NFC melalui aplikasi Launch Center Pro.

NFC juga ditambahkan ke jajaran iPad mulai dari iPad Pro, iPad Air 2, dan iPad Mini generasi ketiga. Tetapi perangkat ini tidak bisa berfungsi sebagai dompet digital pengganti kartu kredit.


Kekurangan dari NFC

Tidak hanya kelebihan, sesuatu juga pasti ada kekurangannya. Ini juga berlaku untuk NFC. NFC yang digadang-gadang sebagai fitur utama untuk menggantikan kartu elektronik juga memiliki berbagai macam kerugian.

Meskipun rentang NFC dibatasi hingga beberapa sentimeter, NFC katanya tidak menjamin komunikasi yang aman lho.

Pada tahun 2006, Ernst Haselsteiner dan Klemens Breitfuß menggambarkan kemungkinan kerugian dari penggunaan NFC dan penelitian soal bagaimana cara meningkatkan resistensi (ketahanan) NFC terhadap kerugian untuk membangun pengamanan tertentu.

Karena teknik ini bukan bagian dari standar ISO, NFC tidak menawarkan perlindungan terhadap penyadapan dan dapat rentan terhadap modifikasi data. Walaupun begitu, aplikasi NFC dapat menggunakan protokol kriptografi lapisan lebih tinggi misalnya SSL (Secure Socket Layer) untuk membuat saluran yang aman.

Sebenarnya, sinyal frekuensi radio untuk transfer data nirkabel dapat dilakukan dengan antenna dan tak harus pakai NFC. Untuk mencuri sinyal frekuensi radio yang ada pada NFC, oknum jahat butuh jarak yang biasanya kurang dari 10 meter.

Kerugian lainnya adalah karena cara kerja NFC yang sangat dipengaruhi oleh mode komunikasi. Perangkat pasif yang tidak menghasilkan bidang frekuensi radio sendiri jauh lebih sulit untuk didengarkan daripada perangkat aktif.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai pengertian, sejarah, desain, cara kerja, sampai pengaplikasian NFC di kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan tetap semangat!

0 0 vote
Article Rating

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments