Apa itu OVO: Jenis Keanggotaan, Kegunaan, dan Cara Pakai

Saat ini ada banyak sekali start up yang mengembangkap aplikasi mereka masing-masing di bidang finance alias bidang keuangan. Misalnya ShopeePay, Go-Pay, Dana, hingga yang paling terkenal adalah OVO.

Ada banyak sekali orang yang menggunakan OVO di Indonesia, hal ini lantaran OVO sudah bermitra dengan banyak sekali merchant di Indonesia sehingga proses pembayaran di merchant-merchant tersebut menjadi sangat mudah.

Akan tetapi kami yakin tentu saja masih ada diantara kamu yang belum menggunakan OVO 100%, atau malah sama sekali belum pernah menggunakan OVO. Nah tapi tenang, karena kampi punya informasi seputar OVO yang paling lengkap di internet!


Apa itu OVO?

Sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya, OVO merupakan perusahaan e-wallet yang bergerak di dalam layanan pembayaran online serta transaksi non-tunai.

Secara umum OVO terbagi menjadi OVO Cash serta OVO Points, namun memang lini utama dari OVO sendiri adalah OVO Cash yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran di seluruh merchant yang telah bergabung bersama OVO.

Adapun OVO Points merupakan salah satu program loyalty rewards dimana kamu bisa mendapatkan poin tertentu setiap kali melakukan transaksi di merchant mitra OVO. Nantinya poin-poin yang terkumpul ini bisa kamu gunakan kembali sebagai alat pembayaran.

Keanggotaan OVO sendiri saat ini bisa terbagi menjadi dua jenis yakni:

  1. OVO Club dimana kamu bisa mengisi saldo OVO Cash paling banyak sebesar Rp 2.000.000,-
  2. OVO Premier dimana kamu bisa mengisi saldo OVO Cash paling banyak sebesar Rp 10.000.000,- dan memiliki beberapa keuntungan yakni bisa transfer gratis ke semua bank serta bisa melakukan transfer gratis ke sesama pengguna OVO.

Keuntungan Pakai OVO

Sama seperti start up pembayaran lainnya, tentu saja OVO juga menawarkan beberapa penawaran yang menarik apabila kamu memutuskan untuk bergabung dengan OVO.

Tentunya semua penawaran menarik ini didesain untuk membuat kamu tidak beralih ke dompet online lain. Oleh karenanya, setiap ada promo, diskon, cashback atau penawaran lain, kamu harus selalu sadar bahwa itu adalah upaya untuk membuat kamu tetap menggunakan produknya.

Kasarnya, setiap perusahaan dompet digital saling membunuh satu sama lain dengan menggelontorkan promo, untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan kompetitor. Dan sebagai pelanggan yang cerdas, kamu tidak boleh setia terhadap satu produk, melainkan harus selalu cek produk mana yang punya penawaran paling menguntungkan.

Banyak Poin – salah satu keunggulan yang bisa kamu dapatkan apabila bergabung dengan OVO adalah kamu bisa mengumpulkan poin setiap kali berbelanja dan membayar menggunakan OVO di merchant rekanan OVO.

Dari sana, sebagai loyalty rewards kamu akan bisa menggunakannya kembali sebagai salah satu metode pembayaran yang sah. Adapun nilai dari 1 OVO poin saat ini dianggap setara dengan Rp 1,- Nah, agar bisa digunakan lagi, jangan lupa untuk kamu kumpulkan sebanyak-banyaknya ya!

Adapun cara mendapatkan 1 OVO poin adalah dengan melakukan belanja dengan menggunakan OVO Cash paling sedikit Rp 10.000,- di merchant yang telah bekerja sama dengan pihak OVO. Selain itu poin dari OVO ini bisa dikumpulkan hingga 18 bulan sejak pertama kali terbit.

Nah OVO poin yang nantinya kamu dapatkan memang bisa digunakan untuk membayar hal lainnya, namun ketika kamu melakukan transaksi menggunakan OVO poin kamu tidak akan mendapatkan OVO poin dari transaksi tersebut.

Banyak Promo – berkat persaingan kuat dengan GoPay, OVO sampai sekarang masih menggelontorkan promo-promo yang memberikan keuntungan menarik. Khususnya bagi kamu yang senang berbelanja di merchant rekanan OVO.

Nah salah satu kelebihan yang satu ini memang sudah dikenal sejak dahulu loh. Bahkan OVO pernah membuat heboh karena menawarkan promo dengan nilai maksimal Rp 2.000.000,- per bulannya!

Jumlah merchant yang melimpah – selain dari berbagai  macam promo yang ditawarkan, salah satu kelebihan menarik dari OVO adalah banyaknya merchant yang telah bekerja sama dengan pihak OVO.

Bahkan tercatat sepanjang tahun 2019 yang lalu saja OVO sudah mengumpulkan lebih dari 100.000 merchant rekanan di seluruh Indonesia. Namun memang sejauh ini mereka masih terfokus di Jabodetabek, Medan, Surabaya, hingga Makassar.

Namun dari data satu tahun di 2019 saja, OVO sudah mencatatkan 1 miliar lebih transaksi dengan 115 juta perangkat yang terdaftar secara aktif di lebih dari 363 kota di seluruh Indonesia. Jadi tentu saja kamu tidak perlu meragukan jangkauan dari OVO ini.

Waktu transaksi lebih cepat – untuk yang satu ini memang sih sejujurnya adalah keuntungan dari pembayaran non tunai. Bukan hanya OVO melainkan beberapa start up lain yang serupa pun pasti menawarkan keuntungan ini.

Akan tetapi tentu pembayaran menggunakan OVO ini jauh lebih cepat dibandingkan harus melakukan pembayaran dengan menggunakan uang cash ataupun dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Kamu bisa dengan mudah melakukan pembayaran via OVO dengan cara scan barcode, scan qr code, ataupun dengan cara memasukkan nomor telepon yang ada dan terdaftar di dalam aplikasi OVO yang kamu punya.

Pengaturan keuangan lebih baik – salah satu keuntungan yang cukup menarik menurut kami adalah fitur pengelolaan keuangan yang sudah terintegrasi di dalam OVO. Nah dengan mengatur keuangan tentu saja bisa membantu kamu di dalam menabung ataupun berinvestasi.


OVO Club vs OVO Premier

ovo premier

Salah satu kelebihan OVO adalah terdapat keanggotaan premier yang tentu saja memberikan beragam keuntungan lebih kepada para penggunanya. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya ada beberapa perbedaan mendasar antara OVO club dan premier.

Intinya sih selain maksimal bisa menyetor dana hingga Rp 10.000.000,- di OVO premier, ada banyak sekali fitur lain yang menurut kami cukup bermanfaat apabila kamu melakukan aktivasi atau mendaftar ke OVO premier.

Cara daftar – adapun cara melakukan pendaftaran, atau lebih tepatnya melakukan upgrade, menjadi akun OVO premier adalah sebagai berikut ini:

  1. Bukalah aplikasi OVO yang ada di dalam ponsel yang kamu punya.
  2. Setelah itu tekan banner upgrade ke OVO premier yang terdapat di halanman Home.
    • Cara lain adalah dengan memilih menu Profile serta menekan tombol Upgrade.
    • Ikuti langkah yang ada di dalamnya.
  3. Namun secara umum kamu harus menyiapkan KTP mu ya sebagai bentuk verifikasi dari tim OVO.

Mudah bukan?

Keuntungan – tentu saja ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila kamu mendaftarkan diri menjadi anggota OVO premier. Berikut ini adalah beberaa keuntungan dari pengguna OVO premier:

  1. Kamu bisa menyimpan saldo yang jauh lebih besar, yakni mencapai Rp 10.000.000,- dengan batas transaksi satu bulan mencapai Rp 20.000.000,-
  2. Kamu bisa menikmati seluruh layanan yang ada di dalam OVO, baik layanan yang baru ada ataupun layanan yang akan ada.

Cara Menggunakan OVO

Khususnya bagi kamu yang baru pertama kali atau belum pernah menggunakan OVO sama sekali, berikut ini adalah langkah-langkah mengenai cara menggunakan OVO.

  1. Registrasi – hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja adalah dengan melakukan registrasi ataupun pendaftaran akun OVO.
    • Pertama-tama lakukanlah pengunduhan dan instalasi aplikasi OVO melalui Google Play Store ataupun Appstore yang ada di dalam ponselmu.
    • Setelah itu kamu akan diminta untuk mengisi data dasar pribadi mulai dari nama, nomor telepon, hingga alamat email yang ingin kamu gunakan.
    • Setelah itu kamu akan dikirimkan kode OTP dan gunakanlah kode tersebut untuk verifikasi data.
    • Tunggu selama beberapa saat dan akun OVO yang kamu punya akan segera teraktivasi.
  2. Menggunakan layanan OVO – nah setelah melakukan registrasi dan mengisi saldo OVO tentu saja kamu bisa memanfaatkan layanan pembayaran milik OVO.
    • Kamu bisa memanfaatkan layanan pembayaran OVO baik secara online ataupun secara offline melalui merchant yang telah bekerja sama dengan OVO.
    • Kamu juga bisa memanfaatkan layanan OVO di tempat parkir yang telah bekerja sama dengan OVO. Caranya adalah cukup dengan melakukan scan QR Code OVO dengan menggunakan ponsel yang kamu punya.
    • Kamu juga bisa melakukan berbagai pembayaran online seperti pembelian pulsa ponsel ataupun pembayaran aplikasi Grab.

Nah tapi ada satu langkah penting yang harus kamu ketahui yakni mengenai top up saldo. Berikut ini beberapa caranya (cek artikel lengkap cara top up ovo disini):

  1. Top Up dari ATM.
    • Pertama-tama kamu bisa masuk ke dalam ATM dan memasukkan kartu ATM serta pin yang kamu punya.
    • Pilih menu transfer dan pilihlah menu bank lain, masukkan Bank Nobu ataupun kode bank 503.
    • Setelah itu kamu bisa memasukkan 9 diikuti nomor ponselmu.
    • Masukkanlah nominal transfer yang kamu kehendaki dan kemudian masukkan nominal transfer yang kamu mau.
    • Lanjutkan transaksi sesuai dengan mesin ATM dan/atau bank yang kamu gunakan.
  2. Top Up dengan m-Banking
    • Pertama-tama kamu harus melakukan log in ke dalam akun m banking yang kamu miliki dan kemudian pilihlah menu transfer.
    • Pilihlah menu transfer antar bank dan kemudian pilihlah pilihan Bank Nobu.
    • Setelah itu kamu bisa memasukkan 9 diikuti nomor ponselmu.
    • Masukkanlah nominal transfer yang kamu kehendaki dan kemudian masukkan nominal transfer yang kamu mau.
    • Lanjutkan instruksi sesuai dengan layanan m banking yang kamu gunakan.
  3. Top Up dari OVO Booth
    • Pertama-tama kamu harus mengunjungi OVO Booth yang paling dekat dengan tempat tinggalmu.
    • Setelah itu kamu bisa langsung memberi tahu kasir berapa nominal saldo OVO Cash yang ingin kamu isikan ke dalam akunmu.
    • Berikan sejumlah uang tunai sesuai jumlah top up.
    • Beri tahu kasir nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftar OVO yang kamu punya.
    • Setelah itu tunggulah beberapa saat hingga akun OVO mu teraktivasi yang ditandai dengan notifikasi via SMS ataupun email yang kamu gunakan di dalam akun OVO mu.
  4. Top Up dari merchant rekanan OVO
    • Pertama-tama kamu bisa langsung datangi merchant rekanan OVO tersebut secara offline. Beberapa merchant rekanan OVO diantaranya adalah Hypermart, Maxx Coffee, Books and Beyond.
    • Setelah itu kamu bisa langsung memberi tahu kasir berapa nominal saldo OVO Cash yang ingin kamu isikan ke dalam akunmu.
    • Berikan sejumlah uang tunai sesuai jumlah top up.
    • Beri tahu kasir nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftar OVO yang kamu punya.
    • Setelah itu tunggulah beberapa saat hingga akun OVO mu teraktivasi yang ditandai dengan notifikasi via SMS ataupun email yang kamu gunakan di dalam akun OVO mu.

Itulah tadi beberapa informasi penting yang harus kamu ketahui mengenai penggunaan OVO. Menurut pengalaman subjektif kami menggunakan beberapa dompet digital (GoPay, DANA, ShopeePay, Sakuku, Jenius) OVO masih jadi dompet digital yang paling enak digunakan baik dari segi performa, kemudahan pemakaian, reliability, jangkauan merchant, dan metode top up.

Adapun beberapa hal yang belum tercakup di dalam artikel ini dan ingin kamu ketahui lebih lanjut, bisa kamu tanyakan Call Center OVO di 1500696 di hari Senin sampai Minggu pukul 07.00 hingga 23.00.

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Boleh komentar.... Bebas!x
()
x