Apa itu Youtube Go?

Untuk kamu yang memiliki masalah denga kuota dan kecepatan internet, sekarang Youtube sudah merilis aplikasi Youtube Go yang bekerja dengan sangat efektif di lokasi yang jaringan internetnya tidak terlalu bagus.

Secara umum aplikasi ini tidak memiliki perbedaan dengan aplikasi Youtube yang biasa kamu gunakan, sama sama berfungsi untuk streaming video. Hanya saja perbedaannya adalah pada penggunaan data, Youtube Go dilengkapi dengan berbagai fitur supaya pemakaian data bisa lebih irit dan hemat.

Tujuannya tidak lain supaya video dapat berjalan pada kondisi internet yang tidak terlalu bagus. Untuk melihat apa saja fitur menarik pada aplikasi ini kamu bisa simak ulasan RuangLaptop dibawah ini.


Fitur Utama Youtube Go

Fitur Utama Youtube Go

Hal yang menarik pada Youtube Go adalah kamu bisa melihat preview videonya terlebih dahulu dalam bentuk slideshow. Sehingga kamu memiliki gambaran mengenai video tersebut dan dapat mempertimbangkan apakah kamu akan menonton video tersebut atau tidak.

Sering kan kamu menonton video yang ternyata tidak sesuai dengan yang kamu cari? Nah dengan fitur ini kamu tidak akan mengalami hal tersebut.

Selain itu ukuran video yang akan ditonton juga akan terlihat, cukup bagus untuk mempertimbangkan akan menonton sekarang atau nanti menunggu koneksi yang lebih baik.

Menggunakan Youtube Go kamu juga bisa mendownload video yang ada, ini sangat efektif untuk membuat kalian menggunakan data internet satu kali saja. Tapi sebelumnya perhatikan ruang penyimpanan kamu ya, jangan sampai saat kamu kehabisan ruang penyimpanan.

Kalau ingin menghemat data, kamu bisa kok mendownload video dengan ukuran terkecil, namun kamu harus paham kalau ukuran sebuah video berbanding lurus dengan resolusi gambar. Jadi kamu tinggal menyesuaikan saja ukuran video yang ingin kamu nikmati. Oke banget kan fitur yang dimiliki aplikasi ini.

Nah sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi dengan koneksi internet kamu yang tidak bagus karena areanya tidak tercover sinyal dengan baik. Youtube Go sangat membantu kamu dalam menonton berbagai video dengan data yang jauh lebih sedikit


Perbedaan Youtube dan Youtube Go

Perbedaan Youtube dan Youtube Go

Secara umum memang tidak terlalu banyak perbedaan antara keduanya, namun kalau diperhatikan secara mendetail dari fitur fitur yang ada kamu akan melihat sedikit perbedaan disana. Apa saja perbedaanya? Mari kita ulas secara lengkap dan detail

  1. Fitur Upload, fitur ini tidak akan kamu temui di Youtube Go. Fitur ini hanya ada pada Youtube, karena pada Youtube Go tidak mendukung fitur Youtube Studio.
  2. Fitur Download, dalam Youtube Go kamu hanya bisa download berdasarkan Basic Quality dan Standard Quality yang sudah ditentukan berapa jumlah datanya. Namun dalam Youtube kamu bisa memilih berbagai kualitas mulai dari Low 144p, Medium 360p, HD 720p hingga Full HD 1080p.
  3. Fitur Share, dalam Youtube Go kamu hanya bisa berbagai link ke sesama pengguna saja. Namun dalam Youtube kamu bisa berbagi link dengan lebih luas lagi mulai dari menyalin link hingga share ke berbagai media sosial.
  4. Fitur Playlist, kamu tidak akan menemukan fitur ini dalam Youtube Go. Sementara dalam Youtube kamu bisa menyusun playlist untuk kamu dengarkan atau tonton setiap saat.
  5. Fitur Multitasking, kamu hanya bisa menonton video saja di Youtube Go. Sementara di Youtube kamu bisa melakukan minimize ke video yang kamu tonton sementara kamu browsing hal lainnya di Youtube.
  6. Fitur Like & Comment, fitur ini dihilangkan dari Youtube Go. Untuk dapat bersosialisasi dengan pengguna lain kamu bisa melakukannya di Youtube.

Kelebihan dan Kekurangan Youtube Go

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Youtube Go yang perlu kamu tahu sebagai pertimbangan.

Kelebihan:

  1. Tak makan tempat, seperti yang kita tahu bahwa aplikasi ini hanya menggunakan sekitar 66MB kapasitas ponsel kalian. Jadi, aplikasi ini tidak terlalu makan tempat.
  2. Hemat kuota, aplikasi ini juga memungkinkan kalian untuk menyimpan atau memainkan video sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Fitur ini tentunya membuat kuota kalian irit.
  3. Share video mudah, aplikasi ini juga memungkinkan kamu berbagi video yang telah kalian download lebih mudah. Kalian tinggal klik menu share di bagian atas, kemudian send.
  4. Kompatibel OS rendah, sebagai informasi, aplikasi ini bahkan bisa kamu pasang di handphone dengan OS 4.2.1 Jelly Bean.

Kekurangan:

  1. Kualitas gambar, buat kalian yang pernah mencoba memainkan sebah video lewat aplikasi ini dalam ukuran yang kecil. Kalian akan terganggu dengan kualitas videonya.
    Memang, ukuran yang kalian pilih kecil agar bisa menghemat kuota, tapi gambar yang dihasilkan benar-benar buruk. Kalian akan disajikan dengan kualitas gambar yang pecah-pecah dan tak begitu jelas.
  2. No coment, aplikasi ini tentu saja memiliki fitur yang berbeda dari Youtube versi biasa. Salah satu yang paling mencolok adalah tidak kolom komentar di Youtube Go ini.
    Jadi, buat kalian yang ingin komen terkait videonya, ada baiknya kalian gunakan Youtube versi biasa.
  3. Tak bisa klik profil, saat membuka video dan kemudian kamu hendak mengunjungi profil atau kumpulan video lainnya dari channel tersebut, kamu nggak bisa mengaksesnya lewat aplikasi ini. Jadi, kalau kamu mau cari video lainnya kamu bisa mengunjunginya videonya dengan search satu-satu.

Nah itulah tadi penjelasan seputar Youtube Go dan perbedaanya dengan Youtube yang biasa digunakan. Ada kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan. Namun kalau kamu tinggal di lokasi dengan koneksi jaringan yang tidak terlalu bagus dan ingin menonton video maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan kamu. Semoga membantu ya!

4 1 vote
Article Rating

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments