Apakah Processor Laptop Bisa Diganti?

Apakah processor laptop bisa diganti? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh pengguna laptop. Processor merupakan salah satu bagian dari laptop atau disebut dengan CPU yang akan memproses semua kegiatan. Penggantian processor dapat saja dilakukan jika sesuai dengan syarat dan ketentuannya.

Sekarang ini jenis processor semakin beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget, tetapi jika ingin memilih dan mengganti processor, kamu harus sesuaikan dengan keperluannya.

Baca: Cara overclock laptop


Penggantian Processor Laptop

Jika ingin menganti processor laptop tidak bisa sembarangan langsung diganti. Alih-alih ingin memperoleh hasil yang optimal malah bisa jadi membuat laptop rusak. Lalu, apakah processor di laptop bisa diganti? Jawabannya adalah, processor ada yang bisa diganti tetapi juga ada yang tidak.

Kuncinya adalah pada socket dan pemasangan processor. Jika socketnya sama, maka processor laptop dapat diganti. Begitu pula dengan processor yang tidak dipasang permanen, barulah dapat dilakukan penggantian processor.

Memang untuk penggantian dan pemasangan processor tidak mudah karena juga harus mengubah hardware serta motherboard agar dapat mendukung. Apabila tidak bisa melakukan sendiri dapat menyerahkan pada ahlinya.

Tetapi processor yang sudah terpasang secara permanen di laptop tidak dapat diganti. Jika dipaksa maka dapat menyebabkan kerusakan. Apabila ada pertanyaan apakah processor laptop bisa diganti maka jawabannya tidak bisa, apabila processor permanen dan socket tidak cocok.

Pada processor laptop yang permanen tetapi dipaksa untuk diganti maka dapat terjadi kerusakan terutama pada CPU. Meskipun misalnya processor dapat dipasang dapat terjadi kemungkinan tidak dapat dijalankan.


Jenis Processor

Ada dua jenis processor yang direkomendasikan dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan processor juga dapat disesuaikan dengan budget. Umumnya processor yang direkomendasikan adalah processor Intel dan processor AMD.

1. Processor Intel

prosesor intel

Processor Intel biasanya dipakai untuk aktifitas setiap hari pada pemakaian jangka panjang hingga melampaui batas. Kelebihan dari processor ini yaitu lebih tahan panas, kekuatan tinggi dan memberikan kenyamanan pada penggunanya. Sesuai dengan kelebihannya, tentu saja processor Intel harganya lebih mahal.

2. Processor AMD

prosesor amd

Jenis processor ini cocok untuk pengguna yang suka bermain game dan ingin tampilan grafis lebih halus. Jika penggunaan laptop hanya sesekali saja dan tidak terlalu sering maka dapat memilih processor jenis AMD ini.

Tetapi sayangnya ada kelemahan jika memilih processor ini yaitu lebih cepat panas. Jadi jika ingin memiliki penampilan yang baik harus mau memberikan tegangan tinggi.


Cara Upgrade Processor

Jika ada pertanyaan, apakah processor pada laptop bisa diganti maka dapat dijawab bahwa ada yang dapat diganti dan ada yang tidak dapat diganti. Sebenarnya untuk meningkatkan performa kinerja laptop tidak harus langsung mengganti bagian processor tetapi dapat dicoba upgrade dulu. Upgrade ini dapat dilakukan pada processor yang ditanam secara permanen.

Berikut cara upgrade processor:

  1. Lakukan pemeriksaan penggunaan socket pada laptop. Caranya dengan membuka cassing dan melepaskan heat sink atau pendingin pada laptop. Jika ingin yang lebih mudah dapat melakukan browing dari situs resminya.
  2. Mencari processor yang tepat.Cari processor yang tepat untuk melakukan upgrade. Pastikan mempunyai kualitas terbaik dan sesuai dengan socket. Beli di toko komputer yang terpercaya.
  3. Melakukan update BIOS. BIOS harus diupdate agar perangkat dapat terbaca karena fungsi BIOS sebagai penyimpan informasi dari perangkat keras. Update BIOS ini juga dapat mempengaruhi kinerjanya lebih optimal.
  4. Membersihkan socket. Socket sering menjadi kotor oleh debu-debu yang menempel. Membersihkan debu dapat ditiup pelan memakai alat khusus atau menggunakan kuas. Lakukan dengan lembut.
  5. Mempersiapkan thermal paste. Thermal paste ini sangat berguna pada saat proses pendinginan. Thermal paste juga berfungsi sebagai batas antara heat sick dan processor agar pendinginan merata.
  6. Mengganti processor. Untuk mengganti processorm, harus dibuka dulu casingnya kemudian processor yang telah menempel diambil. Barulah processor baru dimasukkan dan dikunci pada socket. Setelahnya, casing dipasang kembali dengan benar. Pada saat proses ini harus hati-hati dan jika tidak memungkinkan melakukan sendiri, harus diserahkan pada ahlinya.
  7. Melakukan install pada sistem operasi. Proses install ini bertujuan agar sistem dapat mendeteksi perangkat baru yang masuk sehingga sistem akan berjalan dengan optimal. Proses install ini tidak harus dilakukan karena beberapa jenis sistem operasi yang baru sudah bisa beradaptasi dengan perangkat keras baru.

Processor laptop memegang peranan yang sangat penting dalam pengoperasian sistem. Jadi, apakah processor laptop bisa diganti? Jawabannya adalah bisa, asal sesuai dengan socket dan tidak terpasang secara permanen. Penggantian processor ini dapat meningkatkan performa kinerja sistem sehingga akan berjalan secara optimal.

Yang harus diingat adalah bahwa penggantian processor harus hati-hati dan hanya dilakukan oleh orang yang ahli. Sesuaikan processor dengan kebutuhan dan budget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *