Apakah VPN Mengurangi Kecepatan Internet?

Apakah VPN mengurangi speed internet? Jawaban singkatnya ya. VPN memang akan memperlambat kinerja internet.

Namun demikian seberapa banyak dampaknya terhadap kecepatan internet sangat tergantung pada beragam situasi, termasuk diantaranya merek VPN yang digunakan, hingga jarak server VPN yang digunakan. Penurunan kecepatan ini pun bisa tidak berasa sama sekali, bisa juga sampai mengganggu semua kegiatan.

Berikut ini beberapa hal yang mengakibatkan kecepatan internet menurun saat menggunakan VPN.


Kenapa VPN Bisa Membuat Internet Lambat?

1. Jarak server VPN

Lokasi server sangat menentukan kecepatan internet pada perangkat Anda. Untuk memastikan internet bekerja secepat mungkin ketika menggunakan VPN, sebaiknya hubungkan dengan server yang tidak terlalu jauh dengan posisi Anda.

Aturan ini berlaku karena semakin besar jarak antara lokasi dan server, semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk transfer data.

iceland server vpn

Kenapa? Internet sebetulnya sama dengan jalan tol, semakin panjang jaraknya, semakin lama waktu yang dibutuhkan. Namun alih-alih mobil yang bergerak, di dunia internet yang bergerak adalah data dalam bentuk listrik atau cahaya, dan jalan tol nya adalah kabel ataupun udara (antar tower/satelit).

Sementara itu untuk VPN, beberapa jenis VPN secara otomatis akan terkoneksi dengan server terdekat di lokasi Anda. Namun beberapa yang lain akan cenderung memberikan opsi.

Umumnya jika server yang Anda pilih berada sangat jauh maka kecepatan internetnya akan terasa sangat lambat sehingga mudah dideteksi.

2. Tipe enkripsi yang digunakan oleh VPN

Pada umumnya, perbedaan kecepatan internet tidak akan terasa, namun jenis enkripsi yang digunakan ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar. Tergantung seberapa kuatnya enkripsi protocol VPN yang digunakan.

Pada OpenVPN Protocol, Anda akan merasakan penurunan kecepatan internet yang signifikan. Di sisi lain, PPTP adalah salah satu enkripsi tercepat VPN. Selain itu, banyak pula VPN yang menggunakan IKEv2 dan L2PT/IPSec, yang sangat tepercaya baik keamanan maupun performanya dan tidak mengurangi kecepatan internet terlalu banyak.

3. Pembatasan bandwidth

Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan perbedaan kecepatan internet adalah ISP atau penyedia layanan internet yang Anda gunakan. (Telkom, Indosat, Biznet, etc)

Selain itu, perangkat router ternyata juga memberikan dampak yang cukup besar terhadap kecepatan internet. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memperhatikan jenis ISP maupun router yang Anda gunakan.

Kalau ISP anda membatasi bandwidth, dan penggunaan sudah melewati, tentu kecepatan akan dikurangi. Dengan kualitas server yang baik maka proses enkripsi dan trafik web seharusnya juga tetap berjalan dengan cepat dan lancar.

4. Interferensi atau gangguan firewall

Biasanya, firewall tidak akan mempengaruhi kecepatan VPN. Namun demikian, pada situasi tertentu firewall dapat mengganggu trafik VPN ataupun performa CPU. Oleh karena itu, secara tidak langsung prosesor yang digunakan juga bisa mempengaruhi kecepatan VPN. Akibat kemampuan CPU dalam memproses enkripsi dan dekripsi.

Oleh sebab itu, menggunakan perangkat dengan prosesor yang mumpuni juga disarankan untuk mencegah penurunan kecepatan internet.

5. Pengaturan jaringan

Memperbaiki koneksi internet dengan cara mengganti router menjadi jaringan kabel LAN juga dapat meningkatkan kecepatan internet. Hal ini bisa disebabkan karena jaringan kabel tak mengalami banyak gangguan layaknya WiFi.

6. Algoritma routing VPN

Router provider VPN yang terhubung dengan berbagai server dan menyalurkan data internet juga dapat mempengaruhi kecepatan internet.

Setelah mengetahui penyebab atau gangguan yang mengakibatkan penurunan kecepatan internet, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menambah atau memperbaiki kecepatan internet yang menurun.

Baca juga: Cara Nonton Netflix Lewat VPN


Cara Mengatasi Penurunan Speed Internet Akibat VPN

1. Ganti server VPN

Memilih server yang secara geografis dekat dengan lokasi Anda normalnya dapat menambah performa kecepatan internet. Anda dapat mengubah opsi lokasi VPN secara manual, atau jika kesulitan dapat menghubungi penyedia VPN yang Anda gunakan.

Beberapa lokasi server VPN yang kami rekomendasikan adalah singapura dan malaysia. Masalahnya, tak semua penyedia VPN memberikan opsi penggantian lokasi server. Beberapa penyedia VPN bahkan cuma punya satu lokasi server.

2. Ganti provider VPN

vpnhub

Saat ini tersedia beragam jenis dan brand VPN yang menawarkan berbagai keunggulan masing-masing. Untuk memperoleh kecepatan internet yang baik, pastikan software VPN yang digunakan terkoneksi dengan server pada nomor port tertentu dan memiliki kualitas yang baik.

Anda dapat melakukan survei atau riset terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan VPN tertentu. Secara umum, semakin mahal harga VPN, semakin cepat pula koneksinya. Jadi kalau anda masih pakai VPN murah, apalagi VPN lokal, jangan berharap banyak.

3. Ganti jaringan internet

Beberapa ISP benci dengan VPN karena mereka tidak bisa melacak penggunaan internet anda. Karena inilah beberapa ISP sengaja memperlambat kecepatan internet kamu kalau terdeteksi memakai VPN.

Cara mengatasinya adalah mengganti jaringan, bisa dengan ganti WiFi, ganti provider internet di HP, pindah lokasi cafe, dan lain lain.

4. Gunakan koneksi kabel

Koneksi menggunakan Wi-Fi juga bisa menjadi dalang pelambatan kecepatan internet. Oleh karena itu mencoba mengganti koneksi dengan jaringan kabel bisa dicoba sebagai salah satu cara memperbaiki kecepatan internet.

Hal yang mengakibatkan penurunan kecepatan internet adalah kecepatan yang disediakan oleh ISP, dan perangkat yang Anda gunakan. Oleh karena itu, memastikan seluruh kelengkapan internet berfungsi dengan optimal sangat penting untuk menjaga performa.

5. Restart modem dan router

Perangkat modem atau router yang telah bekerja terlalu lama bisa menyebabkan kecepatan internet menurun. Oleh karena itu restart perangkat modem atau router bisa dicoba dilakukan untuk meningkatkan kecepatan internet.

6. Restart perangkat

Seiring waktu, beberapa perangkat dapat ‘merasakan kelelahan’ karena bekerja terlalu keras akibat kekurangan memori ataupun sumber daya. Oleh karena itu dengan restart perangkat diharapkan juga dapat membantu memperbaiki kecepatan internet.

7. Meng-install update perangkat terbaru

Memeriksa pembaruan terbaru pada perangkat juga diperlukan karena pada umumnya di pembaruan tersebut memuat beragam perbaikan. Yang secara umum meningkatkan performa perangkat sehingga diharapkan juga mampu menambah kualitas internet.

8. Mengganti perangkat

Beberapa perangkat kemungkinan tidak sanggup menghadirkan kecepatan tingkat tinggi karena enkripsi yang terlalu berat pada VPN.

Perangkat-perangkat tersebut termasuk router, NAS, perangkat mobile hingga komputer. Oleh karena itu, memilih perangkat berteknologi terbaru juga bisa dijadikan opsi memperbaiki kecepatan internet.

0 0 vote
Article Rating

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments