9 Aplikasi Al-Qur’an Terbaik di Android (GRATIS!)

Waktu memang semakin padat karena diisi oleh pekerjaan dan urusan duniawi lainnya. Ibadah yang dilakukan juga hanya sebatas salat, setiap hari pun kita semakin jauh dari Allah dan tak jarang hal ini membuat hati kita semakin tak tenang.

Jangan khawatir, sekarang Anda bisa lho mengaji kapan pun dan dimana pun berkat kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Kalau dulu Anda mesti membawa Al-Qur’an dalam bentuk buku yang berat dan tebal, sekarang Anda bisa lho tetap mengaji hanya dengan mendownload aplikasi Qu’ran di Playstore.

Mau tau aplikasi Qu’ran apa saja yang paling lengkap dan recommended? Yuk langsung saja disimak ulasannya di bawah ini!

Lihat juga: 10 Pilihan Aplikasi Alquran Digital di PC


1. Muslim Pro

Aplikasi yang dikembangkan Muslim Pro Limited yang berasal dari Singapura ini telah digunakan oleh hampir 50 juta manusia di seluruh dunia.

Tak hanya berisi Al-Qu’ran dan terjemahannya saja lho, aplikasi ini pun turut menyediakan fitur seperti pengingat salat, notifikasi adzan, kompas untuk menentukan arah kiblat dan kerennya lagi, Muslim Pro juga bisa Anda gunakan untuk melihat lokasi restoran halal dan masjid terdekat.

Baca: Cara menghilangkan iklan di ponsel Android


2. Al-Qur’an Indonesia

Aplikasi yang dibuat oleh Andi Unpam asal Tangerang ini memang tak kalah bagus dari aplikasi buatan luar negeri.

Walaupun tampilannya sederhana, Al-Qur’an Indonesia tetap terlihat sangat menarik. Aplikasi ini menyediakan Al-Qur’an lengkap dengan 30 juz dan 114 surat. Tak cuma itu, Al-Qur’an Indonesia juga hadir dalam terjemahan per-kata dalam bahasa Indonesia yang bisa di-share lewat fitur ‘berbagi ayat’.

Sama seperti Muslim Pro, Al-Qur’an Indonesia juga memiliki fitur tambahan lain seperti pengingat salat dan arah kiblat.


3. Qur’an Pro

Bagi Anda yang mau mendalami cara-cara membaca Qur’an yang tepat, Anda bisa menginstall aplikasi yang dikembangkan oleh Quanticapps Ltd asal London ini.  Yup, Qur’an Pro namanya.

Apa yang membuat aplikasi ini berbeda dari yang lain? Nah, dengan Qur’an Pro, Anda bisa mendengarkan bacaan Qu’ran yang bagus dari para pembaca Qur’an (Qori) terbaik di seluruh dunia seperti Sheikh Mishary Rashid Alafas, Sheikh Saad al Ghamdi dan juga idola anak muda saat ini yaitu Fatih Seferagic yang memiliki suara super merdu.

Aplikasi ini pun menyediakan sensasi layaknya membaca Qur’an lewat bukunya langsung. Untuk mulai mengaji, Anda bisa mengunduh surat yang Anda ingin hafalkan, lalu tinggal tunggu proses download sampai selesai deh. Al-Qur’an pun bisa dibaca secara offline dengan mudah.

Jangan cemas, Qur’an Pro juga sudah didampingi dengan fitur terjemahan dengan berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia juga.

Cek juga: 17 Aplikasi Karaoke Terbaik untuk PC dan Laptop!


4. Al-Qur’an Kemenag

Salah satu aplikasi Qur’an paling lengkap lainnya ini dibuat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia lho.

Tak hanya menyediakan Al-Qur’an lengkap dengan tafsirnya, pada aplikasi ini juga terdapat ‘asbabun nuzul’ atau kisah turunnya surat di Al-Qur’an.

Untuk Anda yang mau belajar mengaji, aplikasi Al-Qur’an Kemenag juga memiliki fitur suara murattal Al-Qur’an supaya Anda bisa menghapal ayat dengan cepat.


5. Al Quran (Tafsir per-Kata)

Kalau Anda memerlukan aplikasi Qur’an dengan fitur lengkap, Anda patut menginstall Al Quran (Tafsir per-Kata) ini.

Tak hanya berisi Qur’an, aplikasi ini juga akan sangat memudahkan Anda untuk membaca Qur’an dengan benar karena telah dilengkapi kode tajwid serta tafsir yang lengkap.

Jika Anda tipikal orang yang pelupa, Anda bisa menulis catatan mengaji pada setiap ayat yang baru saja dipelajari. Aplikasi ini juga menyediakan suara lantunan ayat suci yang dapat menenangkan jiwa.


6. Al-Qur’an Perkata dan Tafsir

Nah, aplikasi Qur’an lengkap asal Indonesia ini juga patut Anda coba. Selain dilengkapi Al-Qur’an 30 juz 144 surat, aplikasi ini juga menyediakan hadist-hadist shahih yang sudah terbukti.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mengatur settingan aplikasi supaya bisa membuat notifikasi pengingat salat 5 waktu. Sesuai dengan namanya, Al-Qur’an Perkata dan Tafsir ini juga bisa Anda gunakan untuk mencari arti dari kata yang terdapat di Al-Qur’an.


7. Qur’an for Android

Untuk Anda yang menyukai tampilan simpel, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Qur’an for Android ini untuk memudahkan penghafalan Qur’an Anda.

Dengan tema gelap-terang serta bisa diatur ke mode malam, Qur’an for Android ini cocok sekali digunakan untuk mengaji tanpa harus merusak mata Anda karena harus menatap ponsel dalam jangka waktu yang cukup lama.


8. MyQuran Al-Qur’an

Dengan tampilan yang sederhana tapi tetap terlihat elegan, aplikasi ini berhasil mendapat sertifikasi dari Kemenag dan bisa Anda install untuk mulai belajar ngaji.

MyQuran Al-Qur’an juga mudah digunakan lho. Aplikasi ini juga menyediakan fitur audio yang bisa diputar secara offline. Berita bagusnya, MyQuran Al-Qur’an juga tidak akan mengganggu ibadah Anda dengan iklan yang berseliweran.


9. Al’Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi Qur’an paling lengkap yang terakhir adalah Al’Quran Bahasa Indonesia. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendengarkan murratal Qur’an yang mendamaikan kolbu serta mengatur jadwal salat tepat di lokasi di mana Anda berada.

Fitur lainnya yang tak kalah bermanfaat adalah audio manager yang akan mempermudah penghafalan Qur’an Anda.

Demikianlah 9 pilihan aplikasi Al-Quran yang bisa anda unduh dan gunakan di smartphone android. Selamat mencoba!

1
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Dini
Guest
Dini

Mahasiswa UNAIR saat ini sudah mendesain Aplikasi al-quran yang raman bagi Disabilitas netra loh!