Aplikasi Desain Baju Terbaik di Smartphone dan PC

Menjadi seorang desainer pakaian memang membutuhkan keahlian khusus yang merupakan kombinasi dari pengetahuan teknis dan bakat artistik.

Membawa kegiatan mendesain ke dunia digital tentunya dapat membantu meningkatkan produktivitas. Sudah ada banyak aplikasi yang dibuat untuk kebutuhan ini, mulai dari desain sketsa datar hingga yang bisa mengatur seluruh produksi pakaian.

Jika kamu seorang mahasiswa atau bahkan seorang profesional di bidang fashion, kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi rekomendasi dari kami untuk memudahkanmu membuat desain pakaian yang keren dan sesuai dengan keinginanmu.

Hal ini berlaku juga untuk kamu yang mau belajar cara mendesain baju dan berkreasi dalam dunia fashion dengan bebas tanpa batas. Untuk itu, yuk langsung saja disimak ulasan tentang aplikasi desain baju terbaik di smartphone dan PC!


Aplikasi Desain Baju untuk Smartphone

1. Fashion Design Flat Sketch

Fashion Design Flat Sketch

Platform: Android & iOS

Jika kamu mau mendesain pakaian wanita, kamu bisa mencoba untuk install Fashion Design FlatSketch di smartphone. Aplikasi buatan Laura Paez ini cukup sederhana dan memungkinkanmu untuk membuat sketsa mode dasar dalam hitungan menit.

Aplikasi ini mencakup lebih dari 1000 gambar untuk dipilih, atau kamu dapat menggambar detail gambaranmu sendiri di sketsa datar.

Fashion Design FlatSketch pun memungkinkanmu untuk menambahkan detail kecil seperti kancing, ritsleting, dan ikat pinggang, sehingga kamu dapat berkreasi sebanyak mungkin. Gak cuma itu aja, kamu juga bisa mencetak (print) desain akhir buatanmu sendiri.

Ini adalah aplikasi yang bagus untuk para desainer, pattern maker, atau siapa pun yang menyukai fashion. Fashion Design FlatSketch juga mudah digunakan, bisa didownload gratis, dan tersedia untuk perangkat Android serta iOS.

Baca Juga : 3 Pilihan Aplikasi Wedding Android

2. Prêt à Template

Pret a template

Platform: iOS

Dengan bantuan template khusus iOS ini, kamu dapat menbuat desain dengan cara yang cepat dan efisien. Tanpa harus menghadapi masalah tambahan seperti proporsi atau skala tubuh.

Wajar saja apabila aplikasi ini mampu menyediakan berbagai macam template terbaik dalam dunia fashion, hal ini terjadi karena Prêt à Template memang dikembangkan oleh para desainer yang mengetahui dengan pasti tentang panduan simetri dan positioning yang super akurat.

3. Wardrobe Journal

Wardrobe Journal

Platform: iOS

Wardrobe Journal adalah aplikasi yang dimaksudkan untuk penggunaan pribadi oleh orang-orang yang ingin mendesain pakaiannya sendiri. Namun, ini juga bisa menjadi pilihan yang sangat berguna bagi kamu yang mau jadi desainer kostum.

Aplikasi ini dapat membantumu untuk melacak kostum, karakter, dan lainnya. Tak jauh berbeda dengan game, kamu bahkan dapat menetapkan masing-masing ‘karakter’ yang berbeda, membuat kostum mereka sendiri, dan melakukan adegan tertentu dengan cepat dan mudah.

Ini adalah aplikasi iOS yang murah dan dapat meningkatkan kemampuanmu guna menuangkan kreatifitas sambil belajar untuk tetap terorganisir.

Baca Juga : 18 Aplikasi Kompres Foto Terbaik (Smartphone dan PC)

4. Ruler

Ruler

Platform: Android

Kamu masih saja kesulitan untuk mengukur pakaian sampai menemukan ukuran yang tepat? Tenang saja, Aplikasi Ruler dapat membantumu untuk melakukan pengukuran yang tepat menggunakan penggaris virtual yang selalu tersedia hanya dengan sekali ketukan atau sentuhan layar sederhana.

Kamu akan menemukan banyak fitur berguna di aplikasi ini. Dari mulai konversi mulus ke pengukuran metrik, memberi tahumu cara mengukur pakaian yang besar, dan memungkinkanmu untuk menyalin pengukuran ke aplikasi lain. Yang terpenting, Ruler memiliki perhitungan yang sangat akurat.

Aplikasi gratis untuk Android ini bisa didownload di Google Play. Untuk pengguna iPhone, kamu bisa mendownload aplikasi yang sama dengan nama Ruler 2.

5. Pro.pose

Propose

Platform: iOS

Apa kamu ingin mengubah iPad-mu menjadi sketchbook dalam sekejap? Aplikasi Pro.pose adalah jawaban yang tepat untuk melakukannya.

Dengan Pro.pose, kamu dapat membuat sketsa mode dan papan inspirasi di mana saja. Aplikasi ini juga menawarkan alat yang hebat untuk membuat sketsa seperti pensil, pena, spidol, dan krayon.

Kelebihan lainnya yaitu kamu bahkan dapat membuat mood board atau men-share hasil desainmu untuk meminta penilaian atau pendapat dari teman terdekat.

Sebagai aplikasi iPad gratis, Pro.pose sangat bagus untuk digunakan oleh pemula dalam hal fashion. Aplikasi ini juga akan berguna sebagai alat sketsa cepat dan bisa dibawa kemana pun.

Baca Juga : 13 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC dan Laptop

6. Daily Men Fashion Style

Daily Men Fashion Style

Platform: Android & iOS

Nah, untuk kamu yang selalu ingin punya banyak inspirasi fashion pria sekaligus mendesain baju pria yang kamu suka, kamu bisa coba untuk install aplikasi Daily Men Fashion Style.

Aplikasi ini menyediakan banyak sekali referensi gambar dan tutorial mendesain pakaian pria untuk memudahkanmu membuat mode fashion apa pun.  Tak hanya itu, aplikasi buatan Pixel Technologies ini juga bisa mewujudkan fantasimu untuk membuat pakaian pria yang keren dan anti-mainstream.

7. DH Costume

DH Costume

Platform: iOS

Aplikasi ini memang dikhususkan untuk pembuatan kostum professional. Untuk kamu yang bekerja sebagai entertainer, DH Costume memiliki semua yang kamu butuhkan untuk tetap terorganisir di lokasi syuting.

DH Costume memungkinkanmu menyinkronkan adegan dengan kostum yang harus kamu gunakan, setiap perubahan, dan acara apa pun yang akan kamu datangi.

Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk iOS dan memiliki harga yang cukup mahal. Eits! Jangan sedih dulu, kamu dapat mencoba aplikasi yang sama tapi dengan fitur terbatas yang bernama DH Costume Lite sebelum memutuskan untuk membeli dan menginstall yang biasa. Keren, kan?

8. Design Clothes – Shirt Designer & Clothes Designer

Design Clothes - Shirt Designer & Clothes Designer

Platform: Android

Ini nih aplikasi yang cocok banget buat kamu yang berminat untuk membuka bisnis desain kaos.

Dengan Design Clothes – Shirt Designer & Clothes Designer, kamu bisa membuat desain kaos dengan model apa pun sesuai dengan keinginanmu.

Kerennya lagi aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mencoba berbagai jenis desain, warna serta tambahan berbagai macam template gambaran yang asik. Untungnya, Design Clothes – Shirt Designer & Clothes Designer bisa didownload secara gratis di Google Play.


Aplikasi Desain Baju untuk PC

Nah, kalau tadi kami udah membahas soal aplikasi untuk smartphone, sekarang saatnya pindah ke aplikasi desain fashion terbaik untuk PC. Kira-kira ada apa aja, ya?

1. Inkscape

Inkscape

Aplikasi ini sangat berguna untuk kamu yang mau mendesain T-shirt atau baju model apa pun. Dengan tampilan yang gak jauh berbeda sama CorelDraw, di Inkscape kamu bisa membuat grafik apa pun sekreatif mungkin.

Menariknya, Inkscape juga memungkinkanmu membuat objek desain menjadi berbagai bentuk seperti 3D, spiral, elips, dan masih banyak lagi.

Inkscape pun hadir dengan tampilan sederhana yang sangat mudah untuk digunakan, apalagi untuk pemula sepertimu.

2. Valentina

Valentina merupakan salah satu software terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mendesain baju sesuai dengan kreasimu sendiri. Selain karena open source, software ini biasa digunakan oleh banyak kalangan seperti desainer, pekerja tekstil, garmen, dan sebagainya untuk membuat model fashion yang keren.

Dengan berbagai macam fiturnya yang mudah digunakan dan tampilannya yang menarik, Valentina berhasil menghadirkan suasana mendesain pakaian yang unik dan seru.

Sofware ini memungkinkanmu untuk bisa mencocokkan warna, pola, dan gaya agar bisa menghadirkan hasil akhir sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

3. Blender

Jangan salah sangka, ini bukannya nama alat untuk bikin jus, melainkan sebuah software yang bisa kamu pakai untuk membuat desain apa pun dengan tampilan 3D. Blender bisa kamu gunakan di perangkat dengan sistem operasi Windows, Mac, atau bahkan Linux lho.

Yang spesial dari software ini adalah fitur renderingnya yang super lengkap seperti pengaturan untuk bayangan, pencahayaan, interaktivitas, efek blur, tekstur gambar, dan masih banyak lagi.

Bukan cuma itu, kamu juga bisa menggunakan Python scripting dan Parameter Editor. Dengan fitur ini, kamu akan semakin mudah menggambar berbagai macam garis dan lekukan apa pun secepat kilat.

Baca Juga : 9 Situs Khusus Edit Foto Online Terbaik (2020)

4. Tailornova

Buatlah desain tanpa batas dengan mudah dan cepat menggunakan software desain bernama Tailornova ini. Dengan fitur penyesuaian 3D yang pas dan template yang bisa dipilih sesuka hati, Tailornova dapat membantumu menjadi lebih kreatif.

Software ini berbasis web dan sangat mudah diakses kapan pun kamu mau. Kamu pasti akan sangat merasa terbantu dengan kehadiran software ini sebab Tailornova memungkinkanmu untuk membuat sketsa hanya dengan sekali ketukan.

5. Adobe Illustrator

Nama Adobe sudah pasti dikenal oleh semua orang di seluruh dunia, membuatnya bisa membangun dominasi tersendiri. Salah satu software buatan Adobe yang lain untuk membantumu menggambar sketsa atau desain fashion adalah Adobe Illustrator.

Illustrator memungkinkanmu untuk membuat sketsa dengan detail konstruksi dan gaya yang unik sehingga kamu dapat mengikuti setiap panduannya dengan baik.

Buat kamu yang masih pemula, tenang aja! Ada banyak fitur yang disediakan oleh Adobe Illustrator. Kamu dapat mengikuti kelas gratis dan webinar di Sew Heidi atau Fashion Classroom dan masih banyak lagi.

6. Sketch

Kalau dulu Adobe Illustrator selalu jadi andalan, kini Sketch menggantikan posisi tersebut dan berhasil jadi juara.

Sketch memberikanmu kesempatan untuk menggunakan software dengan interface yang intuitif serta berbagai macam plugin hebat yang mudah digunakan.

Sketch juga terus meningkatkan kemampuannya dengan menambahkan fitur-fitur keren yang fungsional. Software ini sangatlah cocok digunakan oleh para desainer muda yang mau belajar cara mendesain dengan mudah.

Baca Juga : 8 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Smartphone

7. Pantone Color Finder

Pantone dikenal sebagai pelopor warna-warna terbaru yang sedang hits. Hal ini berlaku juga pada software yang mereka luncurkan yaitu Pantone Color Finder.

Sistem inovatif Pantone mampu mencocokkan dan mengidentifikasi warna guna memudahkan para desainer menentukan warna apa yang paling pas untuk digunakan pada produk mereka.

Pantone membuatmu memahami bahwa ada cara yang lebih efisien untuk menemukan warna terbaik tanpa harus membuang banyak waktu.

Kalau kamu pengguna Google Chrome atau Firefox, ekstensi Pantone Color Finder ini dengan tambahan Color Picker dan Eye Dropper yang akan membantumu menemukan pendeteksi warna RGB.

Kamu juga bisa mengggunakan Pantone Color App di smartphone berbasis Android yang kan mengekspor warna secara langsung.

8. Pattern Design Software

Pattern Design Software adalah produk yang dibuat oleh developer bernama EFI Optitex yang memungkinkanmu untuk membuat desain mode fashion dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Dengan software ini kamu bisa merancang, mengembangkan, dan memproduksi pakaian modis dengan cara yang sangat hemat. Software ini menawarkan cara kerja desain ramah lingkungan dengan pendekatan holistik yang baik.

Pattern Design Software memiliki otomatisasi lengkap dengan tampilan yang efisien dan sederhana. EFI Optitex mengklaim software ini mampu menghemat waktumu sekitar 60% untuk memproduksi setiap desain.

Pattern Design Software mendukung sampel virtual true-to-life, memungkinkanmu hasil desain yang lebih baik. Kamu dengan cepat memvisualisasikan warna, pola, dan kain sebelum menerima hasil akhir desain.

Baca Juga : 19 Aplikasi Edit Video Terbaik di PC dan Laptop

9. SnapFashun

Sebagai software yang paling terjangkau, nyaman, dan mudah digunakan, SnapFashun dikembangkan dengan fitur-fitur mumpuni yang mungkin tidak bisa kamu pada software lainnya.

SnapFashun menawarkan ribuan template dan sketsa gratis untuk memfasilitasi desainer supaya mereka bisa mendesain dengan sebaik mungkin.

Software ini dilengkapi dengan 6 SnapLibraries berupa koleksi wanita, koleksi pria, kostum, koleksi anak-anak, koleksi handbag, dan koleksi yang sedang ada di toko pakaian. Setiap SnapLibrary tersebut bisa diambil serta mix and match sesuai dengan seleramu.

10. Edraw Max

Edraw Max adalah software yang bisa jadi jawaban untukmu yang mau membuat desain dengan cara sederhana tapi juga fleksibel. Edraw Max memiliki sampel dan pola pakaian yang tak terbatas.

Bukan cuma itu, kamu juga bisa memilih gaya dan sketsa sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

Edraw Max merupakan software berbasis vektor. Berkat kompabilitasnya yang kuat, kamu bisa menambahkan warna dan desain apa pun ke dalam vektor yang sudah kamu buat.

Itu dia beberapa aplikasi desain baju untuk smartphone dan PC yang bisa kamu coba untuk mengembangkan bakatmu sebagai seorang desainer profesional. Selamat mencoba!

0 0 vote
Article Rating

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments