12 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik di Android

Ketika membahas soal DJ atau Disk Jockey, pikiran kita akan secara otomatis membayangkan perangkat DJ super besar dengan banyak alat dan fungsi seperti yang biasa kamu liat di film-film. Tapi, pernahkah kamu membayangkan bagaimana caranya memasukkan semua perangkat DJ super besar tadi ke dalam smartphone?

Daripada harus mengeluarkan biaya mahal serta menghabiskan banyak waktu dengan menggunakan cara tradisional, kamu dapat menghasilkan musik hanya dengan mengetuk layar smartphone. Ada beberapa rekomendasi aplikasi DJ terbaik untuk Android yang harus kamu coba.

Jangan sangka dan berpikir bahwa aplikasi tersebut akan menghasilkan kualitas musik yang buruk. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan cara yang lebih sederhana dalam belajar remix musik, terutama bagi kamu yang masih pemula. Penasaran? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!

Sebelum Nge-DJ, Baca Dulu : Cara Download Lagu dari Youtube


1. Edjing Mix

Pilihan pertama aplikasi DJ terbaik untuk Android yang tidak boleh dilewatkan begitu saja adalah Edjing Mix.

Edjing Mix terdiri dari dua versi, gratis dan berbayar. Jika kamu mau menggunakan lebih banyak fitur, tentu kamu perlu pakai versi premiumnya. Beda lagi kalau kamu kurang budget dan sudah merasa cukup dengan versi gratisnya, tetap lumayan buat nambah ilmu belajar jadi DJ.

Selain menghadirkan fitur-fitur dasar, kamu juga akan melihat lebih banyak kelebihan pada aplikasi yang satu ini.

Fitur unggulan dari Edjing Mix yang menjadi favorit adalah koneksi langsung dengan Deezer (aplikasi musik) yang memiliki perpustakaan musik hingga 16 sampel. Kamu bisa menggunakan sampel ini untuk menyinkronkan dua trek musik sekaligus. Selain itu, kamu juga dapat mengakses SoundCloud dari Edjing Mix.

Edjing Mix juga punya tools turn-table dan crossfader serta fitur upload musik buatanmu secara langsung dari aplikasi ini.

Baca Juga : Cara Langganan Spotify Premium dengan Pulsa


2. Music Maker Jam

Salah satu aplikasi DJ terbaik untuk Android yang bisa kamu dapatkan di Play Store adalah Music Maker JAM. Berkat kualitasnya, aplikasi ini berhasil ditempatkan di bagian atas dalam daftar populer yang paling banyak di-download.

Music Maker JAM memiliki fungsi hampir serupa dengan set DJ pada umumnya. Ia tidak kalah dengan aplikasi DJ di PC, dengan aplikasi ini kamu dapat membuat ketukan, rekaman suara, menambahkan efek, dan ada banyak pilihan suara tambahan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Meskipun kamu bisa menggunakan versi gratisnya, kamu akan mendapatkan lebih banyak fitur mutakhir dengan membeli versi premiumnya (berbayar).

Keuntungan lain dari Music Maker JAM adalah aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk DJ saja, kamu juga dapat merekam komposisi asli-mu sendiri dengan sangat mudah dan cepat.


3. Cross DJ

Gak jauh berbeda dengan Music Maker JAM, Cross DJ turut menempati posisi teratas dalam daftar aplikasi DJ terbaik untuk Android.

Cross DJ adalah aplikasi yang akurat dalam mendeteksi BPM (Beats Per Minute). Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur keren seperti sinkronisasi trek dan beat editing grid. Tak hanya itu saja, Cross DJ dilengkapi dengan lima level pitch bending (4, 8, 16, 32, dan 100%).

Aplikasi ini berbayar. Kamu bisa mendapatkan fitur yang lebih lengkap dengan pembelian di aplikasi. Track sampel, mixer otomatis, dan mixer eksternal support adalah beberapa fitur yang harus kamu beli sebelum bisa digunakan.

Dengan membeli fitur yang kamu inginkan, kamu akan secara otomatis menyingkirkan iklan yang mengganggu serta dapat mengakses lebih banyak fitur.

Cross DJ memang menjadi aplikasi yang solid untuk membantumu dalam mengejar passion menjadi seorang DJ terkenal.


4. Djay 2

Sebenarnya, pada awalnya Djay 2 dibuat untuk pengguna iOS. Tetapi karena aplikasi ini semakin populer, developer membuat versi Android-nya. Benar saja, tidak perlu waktu lama untuk membuat aplikasi ini populer pada dua jenis sistem operasi smartphone.

Alasan utama dari kepopularitasannya adalah karena integrasi langsung dengan Spotify. Berkat hal ini, kamu akan memiliki banyak pilihan lagu untuk di-remix.

Djay 2 juga hadir dengan fungsi DJ dasar seperti auto-remix, efek, replay, campuran pitch, titik isyarat, dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin menghasilkan musik keren ala Steve Aoki atau Alan Walker, Djay 2 adalah aplikasi yang tepat untuk kamu gunakan.


5. DiscDJ 3D Music Player

Dengan lebih dari 5 juta download, DiscDj 3D Music Player layak kami masukkan dalam daftar aplikasi DJ terbaik untuk Android. Banyak yang menyukai aplikasi ini karena berhasil meminimalisir pengaturan DJ yang luar biasa ribet ke dalam satu perangkat portabel dengan fitur lengkap.

Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu membawa set DJ berat, tetapi hanya perlu satu smartphone dan kamu sudah siap untuk membuat musik DJ terbaik kapan saja dan di mana saja.

DiscDj 3D Music Player memudahkanmu untuk mengimpor file suara dan mencampurkannya dengan interface dan tools bawaan lengkap di satu aplikasi. Meskipun dilengkapi dengan interface yang cukup sulit untuk dipelajari oleh seorang pemula sepertimu, seiring berjalannya waktu, kamu pasti dapat menguasai aplikasi ini kok.


6. DJ Party Mixer

Pilihan aplikasi DJ terbaik untuk Android yang harus kamu pertimbangkan untuk dicoba jika kamu mau menjadi DJ profesional adalah Party Mixer.

Dengan Party Mixer, kamu dapat mempelajari pengetahuan tentang DJ dari nol dan mulai mengoperasikan aplikasi ini semudah mungkin.

Party Mixer adalah aplikasi yang sangat ramah untuk pengguna baru. Karena itu, siapa pun dengan berbagai latar belakang apa pun dapat mencoba membuat musik dengan aplikasi ini. Fitur populer yang dapat kamu coba di aplikasi ini seperti crossfade, perubahan nada, perubahan tempo, dan bahkan menambahkan beberapa efek suara.


7. DJ Mix Pads 2

DJ Mix Pads 2 harus ada dalam daftar aplikasi DJ terbaik untuk Android ini karena kenyamanannya. Hal tersebut terjadi karena siapa pun bisa menggunakan aplikasi ini dan mencoba mencampur beberapa suara sebagai satu musik yang pas. Dengan demikian, anak kecil yang awalnya hanya coba-coba dan penasaran pun bisa jadi DJ kelas dunia dengan DJ Mix Pads 2.

Bahkan jika kamu tidak memiliki dasar musik sama sekali, kamu masih bisa bersenang-senang dan menciptakan hal-hal baru dengan aplikasi ini.

Entah kamu akan mulai dengan membuat suara baru atau mengambil jalan pintas dengan mencampurkan beberapa suara jadi satu, DJ Mix Pads 2 sangat cocok untuk kegiatan tersebut. Karena tujuan aplikasi adalah untuk penggunaan amatir, cari tahu cara terbaik untuk membuat beberapa suara dan kembangkan kemampuanmu!


8. DJ Studio 5

Jika kamu mencari aplikasi DJ dengan fitur-fitur yang lengkap, maka kamu bisa mencoba DJ Studio 5. Sama seperti aplikasi yang lain, DJ Studio 5 memiliki dua versi, yaitu gratis dan berbayar.

Kalau pakai versi gratis, fitur yang digunakan tentunya sangat terbatas. Sedangkan jika kamu menggunakan versi berbayar, kamu akan terbebas dari watermark. Untuknya fiturnya sendiri, kamu akan mendapatkan beragam efek suara, 10 sampel, rekaman campuran langsung, equalizer, dan banyak lagi.

Uniknya, aplikasi ini terintegrasi langsung dengan Spotify. Kalau kamu menginginkan kinerja yang lebih kuat, kamu juga dapat menginstall pengontrol hardware untuk bekerja sama dengan aplikasi ini.


9. WeDJ

Aplikasi yang dikembangkan oleh Pioneer DJ ini dibangun dengan fitur peralatan DJ standar yang cukup membantu. WeDJ akan menghasilkan pengalaman DJ terbaik untukmu yang masih dalam tahap belajar.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat memutar dan me-remix musik yang kamu simpan di smartphone. Kemudian, dengan fitur kinerja dan tambahan FX, kamu dapat membuat musikmu sendiri.

Selain itu, ada beberapa fitur lain, seperti 2-channel, beat sync, pre-cueing, dan crossfader. Untuk memainkan trek, kamu dapat memilih antara bermain di loop atau bermain berdasarkan ketukan yang sudah kamu atur.

Eits, belum selesai. Kamu juga dapat mengotomatisasi dan merekam musikmu untuk didengarkan kembali atau di-share ke orang lain.


10. Hindi Best DJ Remix

Dari namanya saja, kita semua sudah tahu bahwa aplikasi ini berasal dari India. Tapi jangan salah paham dan menilai rendah duluan, Hindi Best DJ Remix bisa membuat dan mencampur lagu apa pun dengan sangat cepat. Belum lagi, aplikasi ini membawa variasi lagu yang gratis untuk kamu remix dan tambahkan dengan efek khusus sesuka hati.

Selain itu, faktor lain yang membuat aplikasi ini keren adalah ia berisi musik DJ buatan penggemar dengan berbagai genre yang dapat kamu pelajari. Kamu juga dapat dengan mudah menemukan musik seperti Trance, Dubstep, Remix, Techno, EDM, dan bahkan dangdut.


11. Professional Piano & DJ Mixer

Professional Piano & DJ Mixer adalah aplikasi multifungsi yang bisa mencampurkan DJ mixer virtual, Dubstep Drum Pads, dan fungsi piano sekaligus.

Aplikasi ini sudah seperti studio DJ virtual yang sangat sederhana dan mudah digunakan terutama untuk pemula. Uniknya, kamu dapat mencampur DJ mixer musik dengan suara piano, gitar, organ, saxophone, dan berbagai macam alat musik lainnya.

Professional Piano & DJ Mixer memiliki loop suara dan musik yang luar biasa dan 15 disc elektro terbaik. Kamu bisa merekam semua campuran suara dengan fitur ‘Rekam’, lalu menyimpan hasilnya di smartphone atau di kartu SD-mu.


12. Super Pads

Super Pads adalah aplikasi DJ gratis yang membuatmu dapat memainkan lagu-lagu terkenal dan menghasilkan musikmu sendiri. Aplikasi ini berfungsi seperti launchpad, tetapi ada ratusan tools yang tersedia dan mampu menghasilkan ketukan musik sesuai keinginanmu.

Kamu bisa mengimpor suara dan membuat musik sendiri layaknya DJ profesional. Dengan Super Pads, kamu dapat membuat musik dengan cara yang menyenangkan!

Nah, itu dia rekomendasi aplikasi DJ terbaik dari kami. Beberapa aplikasi DJ terbaik untuk Android pada daftar di atas tidak memerlukan pengetahuan dasar musik untuk menggunakannya. Jadi untuk kamu yang masih amatir, terus latihan dan buat musik keren hasil karyamu sendiri!

Ashya Ravika

Kreator konten profesional dengan banyak pengalaman di perusahaan digital seperti Tokopedia, Kompas, Asmaraku, dan Hijup.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x