13 Aplikasi Terbaik Edit Audio dan Lagu di PC

Beberapa dekade yang lalu, pengeditan audio adalah kegiatan kompleks yang melibatkan banyak sistem dan peralatan yang lengkap. Pengeditan audio juga mahal harganya, hal tersebut dikarenakan peralatan dan tenaga kerja yang masih terbatas.

Berbeda dengan zaman sekarang. Untuk membuat podcast, memotong suatu audio dari rekaman tertentu, hingga menambahkan efek ke soundtrack video, kamu hanya membutuhkan software khusus untuk mengedit audio.

Software pengeditan audio mampu menghasilkan file suara berkualitas tinggi yang sangat cocok digunakan guna keperluan pribadi atau profesional.

Memang tak ada software sempurna yang mencakup semua fitur dalam satu aplikasi. Tetapi, kamu tetap bisa melakukan pengeditan basic dengan settingan penuh yang memadai.

Nah, untuk kamu yang ingin melakukan pengeditan audio dengan cara yang mudah dan cepat, gunakan saja aplikasi editor audio terbaik yang akan kami ulas dengan lengkap di bawah ini. Yuk, langsung saja disimak!


1. Adobe Audition CC

Nama Adobe memang telah melanglang buana di dunia pengeditan. Tapi, apakah kamu tau kalau ternyata Adobe juga membuat software untuk pengeditan audio? Betul banget, aplikasi tersebut bernama Adobe Audition CC.

Software ini telah disambut hangat oleh semua kalangan semenjak peluncurannya pada tahun 2018. Adobe Audition CC menawarkan serangkaian fitur menarik untuk editor audio yang multifungsi.

Adobe Audition CC tidak hanya dirancang untuk membuat lagu, tapi juga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas rekaman dan mix&match lagu.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat menyempurnakan konten audio apapun. Entah itu menambahkan efek audio lain ke suara yang tadinya membosankan, sampai mengatur nada pada lagu hanya melalui PC saja!

Adobe memang mengutamakan kemudahan pada setiap aplikasi yang mereka buat, salah satunya ya Adobe Audition CC ini. Adobe Audition CC dilengkapi dengan tampilan interface yang terlihat sangat interaktif dan user-friendly.

Adobe Audition CC merupakan aplikasi berbayar yang lengkap dan bisa digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi macOS dan Windows. Walaupun begitu, kamu tetap bisa menikmati versi gratisnya yang memang tidak selengkap versi berbayar.

Secara keseluruhan, Adobe Audition CC begitu sangat mengesankan dengan toolset yang komprehensif dan bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam pengeditan audio.

Baca: 19 Aplikasi Edit Video Terbaik di PC dan Laptop


2. Audacity

Software yang sebentar lagi akan merayakan ulang tahunnya yang ke-20 ini memang banyak dikenal sebagai salah satu aplikasi editor audio gratis yang terbaik.

Walaupun memiliki tampilan yang agak sulit dimengerti dan dinavigasikan, kamu bisa meluangkan waktu sebentar untuk mempelajari cara menggunakan aplikasi ini sebelum fokus menggunakannya untuk pengeditan audio.

Audacity merupakan aplikasi open-source yang bisa digunakan untuk perangkat macOS, Linux, dan Windows. Audacity juga telah diinstall oleh banyak kalangan. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga rutin mengalami perkembangan dan fitur yang selalu diperbarui agar tetap jadi aplikasi andalan para editor audio.

Tak hanya itu saja, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan Gsnap untuk menambahkan efek autotune ke suara yang sudah kamu buat.

Dengan Audacity, kamu dapat melakukan pengeditan audio seperti merekam suara yang lebih jernih, menambahkan efek, hingga membuat podcast yang bisa langsung segera dipost ke platform yang kamu miliki.

Audacity juga memudahkanmu dengan banyaknya perpustakaan suara dan plugins keren yang lengkap. Bukan cuma itu, aplikasi ini turut mensupport file dalam berbagai macam format.


3. Ocenaudio

Jika kamu berpikir Audacity memiliki tampilan interface yang kurang enak diliat, cobalah aplikasi bernama Ocenaudio ini.

Ocenaudio merupakan aplikasi pengeditan audio gratis yang sangat lengkap dan mudah digunakan.

Tak seperti Audacity yang memang agak sedikit tidak user-friendly dan kolot, Ocenaudio seperti membawa angin segar dengan menampilkan editor audio yang terlihat begitu enteng yang terasa bersih dan penuh warna.

Aplikasi editor audio yang satu ini mampu digunakan untuk perangkat Windows, Linux, dan macOS sekalipun!

Dibandingkan dengan aplikasi pengeditan audio lainnya yang seringkali memaksamu untuk memodifikasi file audio asli secara destruktif, Ocenaudio menghadirkan kemampuan yang memungkinkanmu untuk melihat pratinjau efek secara langsung.

Dengan Ocenaudio, kamu dapat menyesuaikan parameter pengeditan. Jadi, ketika kamu mengubah sedikit saja audio dengan efek yang tersedia, kamu langsung bisa mendengar perbedaannya.

Kerennya lagi, di Ocenaudio kamu dapat mengedit audio yang tersimpan di Cloud maupun PC-mu.

Jika kamu memilih Ocenaudio sebagai aplikasi untuk mengedit audiomu, kamu perlu menghafal shortcut keyboard yang bisa memudahkanmu ketika menggunakan aplikasi yang satu ini.

Tak hanya itu saja, Ocenaudio juga bisa digunakan untuk melakukan pengeditan suara yang mudah maupun sulit, tergantung seberapa mahir kamu mengotak-atiknya.

Semakin sering dirimu menggunakan aplikasi ini, semakin jago pula nantinya kamu dalam bidang pengeditan audio.

Baca: 12 Pilihan Aplikasi Perekam Layar PC


4. Ashampoo Music Studio 

Ashampoo Music Studio merupakan aplikasi pengeditan audio yang hanya bisa digunakan untuk Windows dan menjadi pilihan bagus untukmu yang perlu memodifikasi file suara dengan cara yang mudah.

Hal ini bisa terjadi karena Ashampoo Music Studio memang dirancang khusus untuk pemula, jadi wajar saja kalau aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

Tak hanya itu saja, Ashampoo Music Studio memiliki tampilan interface yang sangat enak dilihat dengan preview window berbentuk gelombang besar yang mampu menghabiskan sebagian besar desktop PC-mu.

Aplikasi pengeditan audio yang satu ini dilengkapi dengan fungsi utama khusus pengeditan seperti memotong atau menambahkan audio yang akan langsung ditampilkan pada bagian bawah grafik audiomu.

Sayangnya, Ashampoo Music Studio hanya bisa digunakan untuk pengeditan audio sederhana karena tidak memiliki fitur multi-track yang cukup memadai.

Namun, jangan kecewa dulu. Dengan Ashampoo Music Studio, kamu tetap bisa melakukan banyak pengeditan yang sangat membantu seperti metadata file audio, mengonversi berbagai macam format audio, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga dapat menyempurnakan berbagai macam file audio dengan efek dan settingan basic yang lengkap. Selain itu, Ashampoo Music Studio juga akan memudahkanmu dengan pilihan layout yang penuh warna dan terlihat sangat menyenangkan untuk digunakan.


5. Acoustica Standard Edition

Acoustica Standard Edition adalah salah satu software yang juga dirancang khusus untuk memudahkanmu melakukan pengeditan audio secara profesional.

Acoustica Standard Edition dilengkapi dengan tampilan interface yang sangat user-friendly dan sangat tidak rumit untuk digunakan. Jadi, aplikasi ini sangat bisa digunakan oleh semua kalangan.

Di dalam Acoustica Standard Edition, kamu bisa melihat menu dan panel yang dipenuhi oleh tombol yang akan sering kamu pakai ketika menggunakan software ini.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur volume, efek, dan bagian lain untuk melengkapi audio karyamu sendiri agar jadi semakin bagus dan enak didengar.

Dengan Acoustica Standard Edition, kamu bisa melihat analisis FFT (Fast Fourier Transform) dengan sangat jelas. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menggunakan berbagai macam tools untuk merestorasi audio.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini bisa membantumu untuk menghilangkan background dari file audio tertentu serta memperbaiki kualitas konten jadi lebih baik lagi.

Keuntungan lain jika kamu menggunakan aplikasi ini adalah bisa dipakai untuk pengeditan audio multitrack yang artinya kamu dapat mencampur berbagai macam audio secara real-time, menambahkan beragam efek yang diperlukan, serta memanjangkan klip audio langsung dari timeline.

Software ini juga turut mendukung beraneka ragam format audio seperti WAV, MP3, MP4, OGG, FLAC, dan WMA. Bukan cuma itu, Acoustica Standard Edition juga bisa digunakan untuk file dengan format video.

Intinya, Acoustica Standard Edition merupakan tools yang sangat bermanfaat dan mudah digunakan untuk pengeditan sederhana sampai sulit sekalipun.

Baca: 9 Rekomendasi Situs Edit Foto Online (2020)


6. Audiotool

Audiotool adalah platform online gratis yang memungkinkanmu untuk membuat dan meluncurkan sendiri trek audiomu.

Tidak seperti yang lainnya, Audiotool bukanlah sebuah aplikasi. Jadi, kamu tak perlu menginstall apapun di perangkatmu. Agar bisa menggunakan platform ini, kamu hanya perlu mengaksesnya lewat Chrome dan tak bisa diakses di browser yang lain.

Dengan Audiotool, kamu bisa merekam suara selama 30 detik untuk kemudian dicampur dengan instrumen digital yang sudah tersedia di dalam plaftorm tersebut.

Kamu dapat memodifikasi trek audio dengan menambahkan filter dari beragam pilihan efek yang berbeda. Tak hanya itu saja, Audiotool memungkinkanmu untuk mengontrol perkembangan audio yang sedang kamu edit secara langsung.

Tampilan software ini unik dan sangat mudah digunakan, cocok untuk orang yang mungkin saja baru belajar mengedit suara.


7. Hindenburg Journalist

Hindenburg Journalist adalah editor audio yang bisa melakukan pengeditan pada berbagai macam trek alias multitrack. Software ini dirancang untuk para produser audio, podcaster, dan jurnalis. 

Sesuai dengan namanya, Hindenburg Journalist memang diperuntukkan bagi jurnalis radio yang berfokus menghasilkan kualitas audio agar bisa didengarkan oleh semua kalangan. 

Walaupun memiliki tampilan yang tak jauh berbeda dengan editor audio yang lain, Hindenburg Journalist merupakan editor audio yang didesain dengan sistem khusus bagi para podcaster agar bisa menyambungkan cerita dan menyempurnakannya sebaik mungkin.

Dengan Hindenburg Journalist, kamu tak hanya bisa bisa merekam suara dan melakukan interview dalam satu waktu. Tapi, kamu juga bisa mengatur material apa yang ingin kamu kurangi atau tambahkan di rekaman suara yang sudah kamu buat. 

Bosan dengan cara podcast yang itu-itu saja? Tenang, di Hindenburg Journalist, kamu bisa menambahkan suara dan musik apapun ke dalam trek audiomu. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat mengedit audio dengan fitur yang cukup lengkap dan beragam.

Setelah selesai melakukan pengeditan dan meng-organize material yang ada di dalam rekamanmu, kamu bisa langsung mempublish hasilnya di Soundcloud atau Libsyn.

Baca juga: Apa itu spotify family?


8. Amadeus Pro

Ingin menggunakan editor audio yang kuat dan kaya akan fitur? Pakai saja Amadeus Pro!

Amadeus Pro merupakan software pengeditan yang lengkap dan mendukung berbagai macam format dari mulai MP3, Ogg Vorbis, AAC, Apple Lossless, Wave, AIFF, dan masih banyak lagi.

Software ini bisa dibilang mampu melakukan pengeditan multitrack yang artinya dapat menyatukan beberapa klip audio dengan cara yang sangat mudah. Selain itu, kamu bisa melakukan beberapa pengeditan trek audio secara real-time tanpa takut khawatir kualitasnya akan menurut atau bahkan rusak.

Dengan Amadeus Pro, kamu bisa mengkonversi beragam format file dan mengubahnya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa menerapkan efek suara apapun dengan urutan yang jelas dan diatur sedemikian rupa sampai kamu menemukan ritme yang kamu suka.

Tak hanya itu saja, Amadeus Pro memiliki fitur denoising yang dapat membantu kamu menghilangkan desisan atau suara mengganggu pada rekaman kaset lama yang kamu punya. Bukan cuma bisa menghilangkan gangguan suara pada rekaman kaset saja, kamu juga bisa membuang segala gangguan pada jenis suara apapun.

Software yang satu ini juga sangat mudah digunakan, kamu bisa mendapatkan audio impian hanya dengan pengeditan sederhana.

Sayangnya, software ini hanya bisa digunakan pada perangkat dengan sistem operasi macOS saja.


9. WaveLab Elements

WaveLab merupakan salah satu editor audio digital dan aplikasi perekaman terbaik untuk Windows dan macOS. Aplikasi ini dibuat oleh developer bernama Steinberg pada tahun 1995 dan diprogram oleh programmer Philippe Goutier.

Selain bisa digunakan untuk merekam audio, WaveLab juga dapat dipakai untuk pengeditan hampir berbagai macam suara. WaveLab dilengkapi spektrum editor dan beragam pengaturan display dan editing tools.

Dengan WaveLab, kamu dapat menyalurkan kreatifitas mengedit suara sambil memantau pengeditan secara real-time. Tak hanya itu saja, kamu bisa memperbaiki suara yang rusak dengan fitur ‘Audio Inpainting’.

WaveLab juga bisa digunakan untuk perangkat macOS maupun Windows.


10. Fission

Untuk user Mac, nama Fission mungkin sudah tak asing lagi. Ya, Fission merupakan aplikasi bawaan dari Mac yang bisa digunakan untuk editor audio.

Kalau kamu salah satu user Mac dan pernah tidak sengaja membuka aplikasi yang satu ini, kamu akan menyadari bahwa Fission memiliki tampilan yang tak jauh berbeda ddengan OS desktop Apple.

Walaupun tidak dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti aplikasi yang lain, Fission tetap bisa digunakan untuk melakukan pengeditan audio yang sederhana seperti menerapkan fade, menormalkan suara, atau menambahkan efek tertentu.

Tak hanya itu saja, Fission juga mampu mengkonversi file dari satu format ke format lainnya.


11. TwistedWave Online

Aplikasi editor audio cenderung gampang lemot dan kecepatan internet begitu berpengaruh untuk kinerja pengeditanmu. Untuk mencegah hal tersebut terulang kembali, kamu bisa menggunakan platform berbasis cloud bernama TwistedWave Online.

Kamu dapat menggunakan TwistedWave Online untuk membuat rekaman dan mengedit file audio yang sebelumnya sudah dimiliki.

Bukan cuma menyediakan fitur pengeditan audio sederhana saja, TwistedWave Online akan membantumu menghasilkan suara yang sempurna. Platform ini dapat di akses melalui browser apapun yang ada di perangkatmu.


12. Wavosaur

Wavosaur adalah software keren dan gratis untuk pengeditan audio yang hanya tersedia untuk Windows. Dengan software ini, kamu bisa menikmati lengkapnya fitur pengeditan suara untuk menghasilkan trek luar biasa.

Wavosaur mampu menganalisis hasil rekamanmu serta melakukan konversi ke berbagai macam format. Wavosaur juga akan membantumu menguasai teknik pengeditan audio dengan sangat mudah dan cepat karena tampilan interface-nya yang terbilang cukup user-friendly.

Editor audio freeware yang satu ini dapat berfungsi pada Windows 98, Windows XP, dan Windows Vista.


13. SOUND FORGE Audio Studio 12

SOUND FORGE Audio Studio 12 merupakan editor audio lengkap dengan harga terjangkau yang hanya tersedia untuk Windows. Eits, tapi jangan khawatir. Untuk kamu pengguna Mac, kamu bisa menggunakan SOUND FORGE Pro yang sama-sama memiliki fitur pengeditan serba lengkap namun dengan harga yang agak sedikit mahal.

Dengan SOUND FORGE Audio Studio 12, kamu dapat melakukan pengeditan suara serta mengekspor hasil audio ke berbagai macam format.

Video Integration adalah salah satu kelebihan yang patut kamu pertimbangkan untuk memilih software ini sebagai pengeditan audio yang akan kamu pakai dalam jangka panjang.

Nah, itu dia beberapa software atau platform rekomendasi dari kami yang bisa kamu gunakan untuk pengeditan suara agar bisa menghasilkan audio sempurna yang kamu inginkan. Kalau malas menggunakan PC, banyak juga aplikasi edit suara untuk handphone yang telah kami ulas di artikel lain.

Paham cara menggunakannya? Kesulitan? Lontarkan pertanyaan di kolom komentar!

0 0 vote
Article Rating

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments