13 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC

Mengedit foto memang kegiatan yang gampang-gampang susah. Gak cuma itu saja, kamu memerlukan skill serta kreatifitas tanpa batas untuk menghasilkan foto yang keren dan artistik.

Karenanya, kamu memerlukan aplikasi edit foto dengan fitur mumpuni untuk membantu kamu belajar cara mengedit foto yang baik dan benar.

Nah, buat kamu yang sedang mendalami ilmu mengedit foto, kebetulan banget nih. Setelah merilis artikel seputar aplikasi edit foto Android, kali ini kami juga akan memberikan ulasan rinci tentang aplikasi edit foto di PC dan laptop.

Penasaran? Yuk langsung aja dicek ulasannya di bawah ini!


1. Adobe Photoshop

Aplikasi pertama yang akan kami bahas yaitu Adobe Photoshop. Well, siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi yang satu ini? Kalau bicara Adobe, biasanya orang kenal dengan dua produk, yaitu Premiere Pro untuk edit video, dan Photoshop untuk edit foto.

Aplikasi paling populer ini sebenarnya berbayar, tapi ada beberapa oknum yang melakukan pembajakan untuk mendapatkan versi gratisannya, sebuah tindakan yang tidak terpuji dan pantas dihukum.

Adobe Photoshop awalnya memiliki seri CS dan sekarang berkembang menjadi seri CC, semakin kesini Adobe Photoshop punya fitur yang lebih lengkap dan up-to-date. Tools-nya pun sangat beragam dan multifungsi, cocok untuk kamu yang baru belajar mengedit foto, hingga kamu yang sudah belasan tahun bermain di industri kreatif.

Aplikasi ini juga bersifat multi-platform yang berarti bisa digunakan di banyak sistem operasi seperti Windows maupun Mac OS. Info menarik, semua gambar di ruanglaptop.com kami edit menggunakan Photoshop.

Cek juga: 17 pilihan aplikasi edit video di PC


2. GIMP

Kamu membutuhkan aplikasi edit foto yang punya kemampuan setara dengan Adobe Photoshop? Pakai GIMP.

Aplikasi yang bersifat open-source ini memiliki fitur yang tak kalah dari Photoshop. GIMP juga kami rekomendasikan untuk kamu yang mau menjadi fotografer atau desainer handal.

Tak hanya itu saja, aplikasi GIMP bisa kamu gunakan untuk membuat logo dan lain sebagainya. Jangan khawatir, GIMP merupakan aplikasi edit foto yang gratis termasuk ke tool sampai ke semua fiturnya tidak dipungut biaya sepeserpun.

Aplikasi ini pun bisa diinstall di berbagai sistem operasi dan tentu saja sangat mudah untuk digunakan.

Cek juga: Pilihan Aplikasi Perekam Layar HP


3. Paintshop Pro

Paintshop Pro merupakan aplikasi yang digadang-gadang mampu menyaingi Photoshop. Mengapa demikian? Hal ini sebenarnya wajar terjadi karena walaupun berbayar, Paintshop Pro menawarkan harga yang jauh lebih murah namun dengan fitur yang sama lengkapnya seperti Photoshop.

Aplikasi yang telah di beli oleh Corel ini memang memiliki tool super lengkap dan banyak digunakan oleh fotografer professional. Gak perlu takut ribet, Paintshop Pro juga cukup mudah untuk digunakan oleh pemula seperti kamu.

Nah kalau kamu prefer ngedit foto secara online supaya gak makan memori, bisa gunakan pilihan situs edit foto online yang sudah pernah kami coba.


4. PhotoScape

Kalau kamu ingin melakukan pengeditan sederhana, PhotoScape merupakan aplikasi yang patut kamu coba.

Sebenarnya aplikasi ini memang sangat pas digunakan oleh orang yang baru belajar mengedit foto. Selain karena tampilannya yang sederhana, PhotoScape juga mudah digunakan.

PhotoScape bisa membantu kamu untuk membuat kolase foto, menambahkan frame unik, membuat GIF dan masih banyak lagi.


5. Adobe Lightroom

Jika dengan melihat harga Adobe Photoshop membuat jiwa kemiskinan kamu meronta-ronta, sebaiknya gunakan saja aplikasi edit foto bernama Adobe Lightroom ini.

Ya walaupun sama-sama dibuat oleh Adobe, Lightroom memiliki harga yang lebih murah dengan fitur tak kalah lengkap dari Photoshop.

Aplikasi yang awalnya dibuat untuk katalog ini juga memiliki tampilan yang sederhana namun tetap elegan. Sebenarnya gak beda jauh dengan Photoshop.

Adobe Lightroom pun semakin berkembang. Terbukti dengan kemunculan versi keempatnya yang begitu up-to-date dan sangat bagus.


6. GIMPShop

Yup, aplikasi GIMPShop merupakan aplikasi pengembangan dari GIMP yang dikhususkan untuk kamu yang menggunakan sistem operasi Linux.

Aplikasi yang memiliki tampilan mirip seperti Photoshop ini, memang punya fitur yang tak kalah keren dengan aplikasi edit foto lainnya.

Usut punya usut, GIMPShop mempunyai fitur yang ‘lebih oke’ ketimbang aplikasi pengembangnya yaitu GIMP.


7. CorelDraw Graphics Suite

Kalau kamu salah satu orang yang mau fokus belajar membuat vector, CorelDraw Graphics Suite adalah aplikasi edit foto yang paling kami rekomendasikan.

CorelDraw Graphics Suite memiliki tampilan unik serta fitur dan tool yang disediakan juga sangat mudah digunakan.

Tak hanya bisa dipakai untuk membuat vector, aplikasi ini juga cocok digunakan oleh kamu yang mau membuat undangan, brosur dan lain sebagainya.

Walaupun aplikasi ini berbayar, aplikasi ini sangat ‘worth to buy’ dan sudah pasti gak akan mengecewakan kok.


8. Artweaver

Kalau kamu menyukai seni lukis, Artweaver adalah aplikasi yang patut kamu install.

Tak hanya itu saja, Artweaver juga bisa kamu gunakan untuk membuat sketsa. Aplikasi ini dapat membantu kamu menghasilkan foto yang artistik juga menarik.

Kamu juga bisa mengubah foto menjadi lukisan hanya dengan sekali klik. Artweaver juga terdiri dari 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Tentu saja kamu tak perlu sedih lagi karena ada versi gratisannya.


9. Pictures ToExe 9

Aplikasi bernama Pictures ToExe 9 ini memiliki berbagai macam fitur dan tool yang variatif dan tentu saja gratis.

Tak jauh beda dengan aplikasi berbayar, Pictures ToExe 9 memungkinkan kamu untuk bisa mengedit foto sedemikian rupa seperti memanipulasi warna, mengatur kecerahan hingga rasio foto sesuai keinginan.

Aplikasi yang berukuran hanya sekitar 3MB ini, mempunyai tool kurva yang begitu fungsional. Kerennya lagi, Pictures ToExe 9 juga bisa digunakan untuk membuat ilustrasi lho.


10. Firealpaca

Aplikasi bernama Firealpaca ini memang memiliki tampilan yang mirip dengan Microsoft Paint dan sangat cocok digunakan untuk kamu yang baru belajar mengedit foto.

Walaupun tampilannya tak jauh beda dengan MS.Paint, Firealpaca punya fitur yang lebih beragam dan gratis.


11. Photo Pos Pro

Untuk kamu yang pengen pakai Adobe Photoshop namun keadaan isi dompet sedang dalam masa kritis, kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto lain yang bernama Photo Pos Pro.

Photo Pos Pro memiliki fitur lengkap yang tak jauh berbeda dengan Photoshop. Aplikasi canggih ini juga dilengkapi berbagai macam tool penting seperti Rich Text, Special Effect, Graphics, Precision Repairs and Editing dan masih banyak lagi.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan Photo Pos Pro alias gratis.

Sangat cocok untuk kamu yang lagi low-budget tapi pengen belajar cara edit foto yang bagus.


12. Affinity Photo

Mau aplikasi edit foto super detil untuk hasil foto ciamik dan sempurna? Pakai aja aplikasi Affinity Photo ini di PC atau laptop kamu!

Affinity Photo memiliki beragam fitur unggulan seperti 360-degree Image, Tone Mapping hingga Full HDR Merge.

Tak perlu cemas dan merasa kesulitan ketika menggunakan aplikasi ini karena Affinity Photo mempunyai tool familiar yang sangat mudah digunakan.


13. Vintager 2

Untuk kamu yang menyukai foto ‘artsy’ ala ala zaman dulu atau vintage, Vintager 2 merupakan aplikasi yang cocok untuk kamu.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur unik seperti efek bokeh, ganti warna dan masih banyak lagi. Vintager 2 dapat membantu kamu untuk menghasilkan foto klasik yang menarik.

Itu dia berbagai aplikasi edit foto yang bisa kamu pakai untuk membuat foto yang unik serta memiliki nilai estetika yang tinggi. Kira-kira aplikasi apa yang akan kamu coba? Yuk share jawabannya pada kolom komentar di bawah ini.

Ashya Ravika

Kreator konten profesional dengan banyak pengalaman di perusahaan digital seperti Tokopedia, Kompas, Asmaraku, dan Hijup.

guest
3 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Aldo
Aldo
1 tahun yang lalu

izin copy gambarnya kak. terima kasih.

wawan
wawan
3 bulan yang lalu

mudah2n membantu

3
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x