20 Aplikasi Edit Tulisan di Foto untuk Android

Content is King! Barangkali adagium tersebut memang benar, apalagi di era dimana eksistensi diri bisa dengan ‘mudah’ diumbar-umbar di media sosial seperti sekarang ini. Coba saja tengok betapa banyak konten-konten menarik di luaran sana yang bisa kamu temukan sekarang.

Mulai dari konten-konten gambar, konten video, konten musik, konten tulisan, hingga konten typography alias tulisan-tulisan nan cantik yang seringkali dipadukan dengan foto-foto artistik, atau malah menjadi satu karya unik tersendiri.

Beberapa tahun lalu, membuat tulisan artistic semacam ini hanya bisa dikerjakan oleh orang-orang seni yang memiliki background di bidang itu. Tapi percaya atau tidak, saat ini sudah banyak lho aplikasi edit tulisan Android yang bisa kamu unduh, supaya kamu bisa membuat typography mu sendiri!


#1 PixelLab

Aplikasi yang paling terkenal di dalam dunia typography barangkali adalah Pixel Lab. Aplikasi ini memungkinkan kamu, yang bahkan sama sekali tidak memiliki latar belakang di dunia desain untuk membuat karya typography yang menarik untuk di-post.

Beberapa fitur yang menurut kami menarik untuk kamu coba adalah fitur teks tiga dimensi yang bisa kamu tempelkan di foto yang kamu punya, lebih dari 100 jenis efek, warna, dan huruf, serta ratusan stiker yang bisa kamu tambahkan.

Selain itu salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kemampuannya di dalam menghapus latar belakang pada foto, kemampuan import dan export gambar, serta fitur menggambar bebas yang memungkinkanmu membuat kontenmu semakin menarik.


#2 Fonty

Salah satu aplikasi yang barangkali bisa membuat banyak editor gerah, karena boleh dibilang aplikasi ini membuat orang yang sama sekali mungkin tidak pernah membuka aplikasi paint di komputer sekalipun, membuat konten yang menarik.

Fonty memungkinkan kamu membuat konten typography dengan font yang nyaris tidak terbatas, dan kamu pun diberikan kebebasan untuk membuat kustomisasi dan personalisasi sehingga konten yang kamu buat menjadi sangat unik.

Beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh Fonty misalnya fitur auto-save, preview, export font, visual guides, banyaknya brushes untuk membuat tulisan cantikmu sendiri, serta salah satu fitur ungulannya yakni kustomisasi font yang sudah ada.


#3 Phonto

Sekilas kalau dilihat memang navigasi dan tampilan dari aplikasi Phonto membuat kita teringat pada Canva, yang juga merupakan salah satu aplikasi desain yang sangat mudah digunakan bahkan oleh orang-orang yang tidak memiliki kemampuan desain sekalipun.

Nah kelebihan Phonto dibandingkan dengan beberapa aplikasi edit tulisan lainnya di dalam daftar yang kami buat ini adalah tampilan dan navigasinya yang sangat user friendly, alias cocok bagi kamu yang memang tidak mau repot.

Akan tetapi memang dari segi fitur tidak selengkap aplikasi lainnya. Yang jelas kalau kamu ingin kepraktisan dan kemudahan bisa memilih Phonto sebagai salah satu pilihan, toh fitur yang terbatas ini menurut kami sudah lebih dari cukup untuk sekadar membuat konten yang cantik.


#4 Textgram

Dari namanya saja, aplikasi ini bisa ditebak memiliki ‘keterkaitan’ dengan Instagram. Yah setidaknya dari segi user interface dan navigasi yang dimiliki. Sedikit banyak mirip Instagram, dengan layout yang menyerupai Photoshop Express di Android.

Salah satu aplikasi edit tulisan yang cukup kami rekomendasikan karena memiliki fitur yang cukup lengkap, dan kemungkinan kustomisasi yang juga cukup tinggi. Sehingga selain mudah, kamu tetap bisa membuat konten yang unik dan cukup berbeda dengan konten lainnya.

Selain dari fitur edit teks (tentunya), aplikasi Textgram juga menyediakan beberapa fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh beberapa aplikasi edit tulisan lainnya seperti fitur filter foto, fitur frame foto, serta stiker.


#5 Pic Lab

Kalau beberapa aplikasi yang telah kami sebutkan di atas merupakan aplikasi khusus untuk melakukan edit tulisan, berbeda dengan Pic Lab yang sejatinya merupakan aplikasi untuk edit photo selayaknya Photoshop Express.

Akan tetapi kami cukup merekomendasikan kamu yang ingin belajar edit tulisan untuk menggunakan aplikasi ini. Karena diantara aplikasi edit foto lainnya, Pic Lab memiliki fitur edit tulisan yang relatif lebih lengkap dan tentu lebih keren.

Nah karena dasarnya merupakan aplikasi edit foto, tentu saja fitur-fitur yang bisa dinikmati kebanyakan adalah fitur untuk mengedit foto. Adapun tulisan yang bisa ditambahkan menurut kami, tidak bisa dikustomisasi terlalu banyak.


#6 Typography Master

Typography Master merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak direkomendasikan oleh para desainer serta banyak pembuat typography. Aplikasi ini pun kami cukup rekomendasikan terutama bagi kamu yang ingin mulai belajar ilmu typography.

Beberapa fitur yang menurut kami cukup diunggulkan di dalam aplikasi ini adalah navigasi yang relatif mudah, user interface yang juga sangat mudah, serta beberapa fitur untuk melakukan edit foto. Fitur edit foto sendiri merupakan ‘hadiah’ yang berharga di dalam aplikasi edit tlisan macam ini.

Lebih jauh lagi di dalam aplikasi ini pun kamu bisa membuat banyak desain dengan sekreatif mungkin, dengan tawaran lebih dari 200 huruf bawaan yang menurut kami cukup menarik dan bisa kamu kreasikan satu sama lain. Belum lagi preset filter yang ada di dalam aplikasi ini, wah-wah sudah lebih dari cukup deh!


#7 Font Studio

Serupa dengan Phonto dan Textgram, aplikasi Font Studio merupakan salah satu aplikasi edit tulisan yang paling populer di Android. Dengan aplikasi ini kamu bisa menciptakan beragam konten tulisan yang pastinya sedap dipandang mata.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Font Studio misalnya adalah lebih dari 200 jenis tulisan yang menarik, navigasi editing tulisan yang sangat mudah, ribuan background warna polos hingga pattern yang lebih dari cukup, serta fitur stiker.

Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan editing foto karena memang developernya menambahkan fitur bawaan tersebut. Terakhir Font Studio pun memiliki fitur posting langsung ke beberapa media sosial yang kamu punya.


#8 Quick

Meski nama Quick di Indonesia tidak sepopuler beberapa aplikasi yang telah kami sebutkan sebelumnya, kenyataannya Quick merupakan salah satu pionir aplikasi untuk edit tulisan yang cukup kesohor loh di Android.

Barangkali aplikasi ini tidak terlalu terkenal karena memang sejak awal di-branding sebagai salah satu aplikasi untuk profesional. Bukan rahasia lagi kalau Quick banyak digunakan oleh pro users untuk saling share, membeli, dan menjual desain mereka.

Kelebihan dari aplikasi yang satu ini tentu saja kemungkinan kustomisasi yang sangat luas, dengan koleksi huruf dan style yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya. Selain itu meski banyak digunakan oleh pro users, navigasinya pun masih lebih mudah kok dibandingkan dengan harus melakukan editing di laptop dan komputer.


#9 Text On Picture

Dibuat oleh developer Button Software, aplikasi edit tulisan ini cukup mendapatkan popularitas untuk beberapa alasan. Alasan pertama adalah karena tampilannya yang cenderung simpel sehingga mudah untuk digunakan oleh para user pemula.

Selain itu aplikasi ini juga sudah menyediakan berbagai macam font dengan berbagai style yang siap digunakan dan dituliskan apa saja, untuk kemudian kamu tempelkan ke atas foto apa saja yang kamu punya sebelumnya.

Bila masih belum familiar juga, bahkan aplikasi ini menawarkan beberapa tulisan default yang bisa kamu gunakan. Khususnya bila kamu ingin membuat berbagai ucapan, seperti ucapan ulang tahun, ungkapan kasih sayang, ungkapan maaf, dan sebagainya.


#10 Fontee

Salah satu aplikasi serupa Phonto dan Fonty dimana kamu diberikan kebebasan untuk menuliskan beragam typography alias tulisan cantik di atas gambar dan foto yang telah kamu punya sebelumnya.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah ia menawarkan hingga ribuan jenis huruf yang bisa kamu kombinasikan. Saat ini Fontee bahkan mengklaim dirinya sebagai salah satu aplikasi typography paling top yang tersedia di pasaran Android.

Selain itu Fontee juga menawarkan berbagai macam preset template, dengan lebih dari 200 filter foto, dan tentu menurut kami termasuk sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk membuat social media banners dan post. Yah cocok lah, bahkan digunakan untuk kamu yang ingin membuat postingan promosi bisnismu di media sosial.


#11 Text Over Photo

Aplikasi ini kami masukkan ke dalam daftar aplikasi edit tulisan Android terbaik karena penggunaannya yang cukup mudah. Barangkali aplikasi ini serupa dengan Text On Picture yang telah kami bahas sebelumnya.

Nah aplikasi ini pun boleh dibilang sangat mudah untuk digunakan, serta salah satu kelebihannya adalah menyediakan banyak sekali pilihan foto gratis yang bisa kamu gunakan. Tema nya pun sangat beragam dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya.

Dari foto-foto yang sangat banyak tersebut pun, kamu masih diberikan kebebasan untuk membuat kolase foto sehingga banyak foto bisa kamu muat sekaligus di dalam satu konten. Untuk alasan itulah kemudian aplikasi ini masuk di dalam daftar ini.


#12 Overlay

Berbeda dengan aplikasi tempel tulisan ke foto, Overlay lebih cocok bila disandingkan dengan Phonto dan Fonty. Karena aplikasi ini tergolong sebagai salah satu aplikasi yang memungkinkan banyak kustomisasi dan membutuhkan kreativitas.

Nah karena itulah dengan menggunakan aplikasi ini, kamu sebagai user bisa sekreatif mungkin untuk membuat konten yang tentu saja bisa sangat banyak. Disamping menggunakan typography yang sudah disediakan secara gratis di dalam aplikasi ini.

Beberapa keunggulan dari Overlay adalah stiker yang sangat banyak, fitur-fitur edit yang melimpah, fitur blend yang bisa digunakan untuk membuat efek double exposure, hingga fitur yang memungkinkan gambarmu seolah-olah dibuat dengan DSLR!


#13 PicsArt

Aplikasi ini sejatinya merupakan aplikasi edit foto yang juga cukup termahsyur. Selain memungkinkan penggunanya untuk berkarya secara bebas, aplikasi ini menawarkan tampilan yang simpel serta navigasi yang sangat mudah.

Sehingga dahulu aplikasi ini seringkali digunakan oleh orang-orang yang ingin simpel namun mendapatkan hasil yang sempurna, alih-alih menggunakan photoshop yang tentu saja mengharuskan para usernya belajar sedikit demi sedikit.

Nah tapi aplikasi ini pun sekarang banyak sekali digunakan untuk membuat typography, mengedit tulisan, serta menempelkan tulisan-tulisan cantik tersebut ke atas foto yang telah kamu miliki sebelumnya. Sehingga kami pun merekomendasikan aplikasi ini untuk kamu gunakan juga.


#14 Photo Editor by Aviary

Sama seperti PicsArt, aplikasi ini pada dasarnya adalah aplikasi edit foto yang sering ‘disalahgunakan’ untuk membuat edit tulisan dan menambahkan berbagai macam typography yang cantik di konten gambar.

Kalau dibilang populer, tentu saja aplikasi ini tidak sepopuler PicsArt. Namun kami tetap memasukkan aplikasi ini ke dalam daftar edit tulisan terbaik ini karena memang aplikasi ini memiliki fitur-fitur top yang ‘bukan maen’.

Nah beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh aplikasi ini misalnya fitur cosmetic tools yang bisa memperbaiki red eye, menghilangkan noda mengganggu pada wajah, hingga membuat gigimu tampak putih seperti di bleaching.


#15 Font Style Candy

Aplikasi ini sebenarnya bagus, karena tidak berat sebelah antara aplikasi untuk edit foto atau aplikasi untuk edit tulisan. Alih-alih aplikasi ini justru bertahan di tengah-tengah sebagai aplikasi edit tulisan sekaligus foto yang unik.

Kamu bisa membuat foto, dokumen, dan bahkan notes menjadi jauh lebih menarik dengan menggunakan aplikasi ini. Sayangnya jumlah font yang ditawarkan aplikasi ini masih terbatas, tidak sampai ratusan dengan template yang baru berjumlah beberapa puluh saja.

Beberapa reviewer menganggap aplikasi ini cocok digunakan oleh kamu yang senang membuat komik, karena memiliki beberapa fitur yang bisa membantu. Nah untuk alasan itulah kami memasukkan aplikasi Font Style Candy ke dalam daftar ini.


#16 Pixlr

Sama seperti Pics Art dan Aviary, aplikasi ini sejatinya juga merupakan aplikasi olah gambar yang cukup populer. Tampilannya simpel, namun memiliki navigasi yang sedikit lebih rumit di atas Pics Art.

Meski demikian kami tetap memasukkan aplikasi Pixlr ke dalam daftar yang kami buat ini karena menurut kami aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur edit foto yang sangat lengkap sehingga bagus untuk membuat konten.

Salah satu fitur yang ada di dalam aplikasi ini tentu saja adalah fitur edit tulisan, serta fitur untuk menambahkan berbagai typography ke dalam foto yang kamu punya, belum lagi pilihan untuk mengedit foto tersebut dengan berbagai efek bawaan yang ada.


#17 Fontmania

Salah satu aliran yang cukup populer di dalam typography adalah aliran vivid typography. Yah sebenarnya bukan aliran sih, tapi kebanyakan vivid typography menonjolkan tulisan-tulisan yang cenderung ceria dengan warna-warna cerah dan terang.

Nah kepopulerannya semakin meningkat berkat adanya fontmania yang menawarkan berbagai template tulisan yang cenderung cerah dan membawa kesan bahagia. Aplikasi ini pun menawarkan banyak sekali pilihan font.

Lebih jauh lagi aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam fitur untuk melakukan edit foto yang sangat mudah untuk bisa kamu gunakan. Untuk itulah kami merekomendasikan aplikasi ini di dalam daftar aplikasi edit tulisan terbaik.


#18 Over

Pernahkah kamu melihat foto artistik dengan tulisan-tulisan yang menempel di depannya, ala-ala majalah yang menggugah matamu. Teknik semacam ini bisa dibilang, digabungkan dengan teknik copywriting yang bisa menarik minat pembeli.

Salah satu aplikasi yang cukup kami rekomendasikan bagi kamu yang ingin membuat foto-foto produk dan desain iklan semacam ini adalah Over. Meski belum cukup populer, tapi kamu boleh mencoba mengunduh aplikasi ini loh.

Toh memang dari awal developer aplikasi ini sengaja membuat Over sebagai salah satu tools untuk membuat marketing campaign. Mulai dari logo, flyer, hingga poster dan banner. Kesimpulannya, aplikasi ini cocok digunakan bagi kamu yang ingin membuat kampanye produk yang kamu jual.

Eits, jangan lupa ya belajar teknik copywriting agar kampanye iklanmu menjadi semakin menarik!


#19 Notegraphy

Salah satu aplikasi yang cukup direkomendasikan bagi kamu yang cukup aktif di media sosial adalah Notegraphy. Karena aplikasi ini memungkinkan kamu melakukan sharing notes yang keren, unik, berbeda, dan tentu saja menarik.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membuat konten berisi typography dengan pesan-pesan pendek yang mencyentuh, hingga membuat tulisan panjang yang bisa dibaca oleh banyak orang.

Nah selain itu kamu juga bisa saling sharing dengan user Notegraphy lainnya sehingga bisa menambah perbendaharaan desainmu. Tapi jangan khawatir, karena aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan sharing di media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter kok.


#20 Salt

Mirip dengan Pics Art, aplikasi ini pada dasarnya merupakan aplikasi edit foto yang cukup populer. Kelebihan dari aplikasi ini adalah user interface nya yang sangat mudah sehingga bisa dinavigasikan oleh orang-orang yang bahkan tidak familiar dengan dunia edit foto.

Selain itu aplikasi ini juga memang secara khusus dibuat untuk para pemilik bisnis pemula yang ingin membuat branding mereka sendiri, mulai dari menambahkan logo, serta membuat kampanye iklan produk mereka sendiri.

Sama seperti Over, kami cukup merekomendasikan aplikasi ini khususnya bagi kamu pemilik bisnis yang ingin membuat berbagai macam kampanye produkmu sendiri.

0 0 vote
Article Rating

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments