17 Aplikasi Edit Video PC Terbaik (Gratis dan Berbayar)

Sebagai content creator, pastinya kamu harus mengikuti segala perubahan trend seputar media, mulai yang dulu hanya teks, grafik bitmap, fotorealistik, berbagai jenis audio hingga video yang kini jadi primadona.

Tidak bisa dipungkiri kalau mengedit video itu lebih susah dari yang kebanyakan orang kira. Bukan cuma potong sana potong sini kasih transisi dan lain-lain, seorang video creator perlu taste yang bagus, bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk calon audiens-nya.

Meski sekarang video bisa diedit sederhana di smartphone , tapi untuk pekerjaan editing yang serius kamu tetap butuh laptop atau PC. Karena seperti kami bilang diatas, editing video itu bukan cuma asal potong, pasang transisi, dan overlay audio, melainkan ada ratusan hal yang perlu dipertimbangkan dan satu-satunya platform yang sanggup adalah PC.

Berikut pilihan 17 aplikasi edit video PC terbaik yang bisa kamu pakai, mulai dari gratisan hingga berbayar!

Baca Juga: 14 aplikasi edit video terbaik di android


1. VSDC Free Video Editor

VSDC

Harga: Gratis.

VSDC Free Video Editor adalah aplikasi pengeditan Non-Linear (NLE) yang dikembangkan oleh Flash-Integro, LLC. Aplikasi ini mampu memproses video dengan resolusi tinggi termasuk video 4K UHD, 3D dan VR 360 derajat.

Untuk yang belum tahu, Non-Linear berarti kamu bisa mengedit beberapa video atau track audio, memotong-motong, dan menggabungkannya, contoh jenis ini adalah Premiere Pro, Vegas Pro, dan aplikasi edit video profesional lainnya. Di sisi lain, Linear berarti hanya untuk memproses satu video, misalnya mengubah resolusi, mengecilkan ukuran, mengubah warna, atau mengubah format.

VSDC memungkinkan kamu untuk menerapkan efek professional seperti color correction, merekam suara dan memasukannya ke dalam video, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa menyimpan file video hasil editan ke berbagai format lho. Fitur lainnya yang tak kalah keren yaitu kamu bisa langsung share hasil editan video ke berbagai sosial media seperti Facebook, Vimeo, YouTube, Instagram, dan Twitter.

Aplikasi yang pertama rilis di 2011 ini bisa kamu download di situs resminya, dan hanya tersedia untuk sistem operasi Windows.


2. Adobe Premiere Pro

PREMIEREPRO

Harga: Gratis 1 bulan, lalu 283 ribu per bulan.

Adobe adalah perusahaan software yang sudah punya banyak sekali pengalaman di dunia software desain. Kalau kamu belum tahu, Adobe Premiere (sebelum jadi Adobe Premiere Pro) sudah ada sejak 1991!

Adobe Premiere Pro mendukung pengeditan hampir semua jenis format video, dengan dukungan resolusi 4K. Semua fitur yang kamu harapkan ada pada aplikasi edit video pastinya tersedia di Adobe Premiere Pro.

Namun demikian, kalau kamu baru pertama kali menyentuh dunia editing video, kemungkinan kamu akan kesulitan mengoperasikan Premiere Pro karena begitu banyaknya fitur yang disediakan. Tapi tetap kamu sarankan kok karena toh memang kamu harus memaksakan diri untuk belajar juga.

Adobe Premiere Pro bisa kamu coba free trial dari situs resminya, atau beli lisensi penuh yang cukup mahal. Jangan sampai download versi bajakan dari Torrent karena ilegal dan mungkin mengandung malware!

Baca juga: Pilihan aplikasi edit foto PC


3. AVS Video Editor

avs

Harga: Gratis.

AVS Video Editor adalah aplikasi edit video yang diluncurkan oleh Online Media Technologies Ltd. Aplikasi ini adalah bagian dari rangkaian perangkat lunak AVS4YOU yang mencakup video, audio, pengeditan dan konversi gambar.

Yang kamu suka dari aplikasi ini adalah kemudahan pemakaiannya. Semua orang bisa menggunakan AVS Video Editor tanpa pengalaman video editing sedikitpun. Aplikasi ini intuitif dan memandu kamu di setiap tahapnya terutama di bagian-bagian yang biasanya orang kesulitan.

Aplikasi ini cocok untuk melakukan editing-editing cepat dan singkat. Saking mudahnya, kamu mungkin tidak akan butuh bantuan dari pihak AVS atau orang lain. Kalau mau coba, download AVS Video Editor dari situs resminya disini.


4. VideoStudio Pro 2021

COREL VIDEOSTUDIO

Harga: Gratis 1 bulan, lalu 1,2 juta sekali bayar.

VideoStudio adalah aplikasi edit video yang sangat intuitif dan dilengkapi banyak fitur (meski ada beberapa bug)

Dalam dunia videografi, tampaknya inovasi tak pernah berhenti mulai dari 3D, 4K, hingga VR. Kalau kamu memang serius menekuni dunia video, pastinya kamu butuh aplikasi editing yang mampu menghandle semuanya.

VideoStudio adalah satu dari sedikit aplikasi yang bisa menangani proyek VR. Software ini juga dilengkapi fitur multicam editing, time remapping, multipoint motion tracking, video masking, 4K, dan audio ducking.

VideoStudio adalah aplikasi penuh fitur dengan tampilan interface simpel, jelas, dan mudah digunakan. Download VideoStudio Pro disini.


5. CyberLink PowerDirector

CYBERLINK

Harga: Gratis (essential) atau 60 ribu per bulan (365).

Di indonesia, kami yakin tidak banyak yang menggunakan aplikasi ini. Orang Indonesia itu kalau bukan Premiere Pro, ya Vegas Pro. Tapi apa sebenarnya aplikasi yang satu ini?

PowerDirector adalah software pengeditan video dari CyberLink. Kelebihan dari software ini adalah rendering yang cepat, efek yang banyak, mampu mengedit video 360 derajat, multi-cam editing, mendukung 3D dan 4K, motion tracking dan screen recording.

Kekurangan dari PowerDirector adalah inteface yang agak rumit (gara-gara banyak pilihan), serta pencocokan warna yang kurang sreg.

Secara keseluruhan, CyberLink PowerDirector bisa digunakan oleh semua level pengguna, mulai dari pemula hingga expert. Ada dua versi yang kami rekomendasikan yaitu PowerDirector Essential (gratis) dan PowerDirecotr 365 (gratis satu bulan, selanjutnya $4.33 per bulan).

Silakan coba semua yang gratisan dari situs resminya sebelum memutuskan untuk bayar.


6. VirtualDub

VIRTUALDUB

Harga: Gratis.

Kalau kamu cari yang gratisan, VirtualDub bisa jadi teman sejati. Aplikasi Ini dirancang untuk memproses pengeditan video linier, termasuk pemfilteran dan kompresi ulang yang menggunakan format AVI sebagai format penyimpanan.

Peringatan untuk kamu, Aplikasi ini bukan untuk menggabungkan dan memotong beberapa video, melainkan cuma bisa untuk memproses satu video seperti mengecilkan ukuran, mengubah resolusi, dan merubah format.

Versi pertama dari VirtualDub dibuat untuk Windows 95, yang telah dirilis di SourceForge dan diperkenalkan pada 20 Agustus 2000.

Meski VirtualDub dirancang untuk Microsoft Windows, tetapi ia dapat juga digunakan di Linux dan Mac OS X menggunakan dukungan platform tambahan seperti Wine. Aplikasi yang memiliki tampilan sederhana ini memang sangat mudah digunakan dan tentu saja cocok buat kamu yang masih pemula.


7. Vegas Pro 18

VEGASPRO

Harga: 216 ribu per bulan.

Vegas Pro adalah aplikasi edit video yang banyak sekali digunakan oleh video kreator profesional di seluruh dunia. Penggunaannya cenderunh lebih mudah ketimbang aplikasi lain (misal Adobe Premiere Pro), sehingga kalau kamu terbilang sangat baru di dunia editing video, Vegas Pro mungkin lebih tepat.

Simplicity dianggap jadi kelebihan utama software ini ketimbang yang lain. Kamu bisa drag & drop, memotong video, menambahkan efek, dan menggunakan fitur-fitur tambahan tanpa perlu banyak pengalaman di dunia editing video.

Editor video ini dilengkapi banyak opsi untuk mengedit gambar, video, bahkan hingga efek suara, dengan kemampuan membuat dan menggabungkan banyak timeline didalam program.

Beberapa fitur menarik yang ada di program ini adalah color rendering effect (misal untuk green screen), fitur untuk menambahkan animasi, hingga fitur membuat subtitle yang mudah tanpa perlu pakai notepad lagi seperti jaman dulu.


8. Windows Movie Maker

MOVIEMAKER

Harga: Gratis.

Windows Movie Maker pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000 sebagai Windows Live Movie Maker, dan resmi dirilis sebagai Windows Movie Maker tahun 2012.

Mungkin kamu kenal aplikasi ini sebagai bawaan atau default editor video untuk pengguna Windows jaman dulu. Kalau dibandingkan dengan aplikasi canggih lain seperti Premiere Pro atau Vegas Pro, tentu fiturnya kalah jauh. Tapi kalau cuma untuk edit-edit simpel saja aplikasi ini sudah sangat cukup, apalagi tampilan interface-nya tergolong sangat mudah digunakan.

Aplikasi ini cocok digunakan untuk sekedar edit dan menggabungkan video hasil download dari youtube, facebook, vimeo, atau lainnya.


9. Camtasia

CAMTASIA

Harga: Gratis 1 bulan, lalu 3,6 juta sekali bayar.

Camtasia (sebelumnya bernama Camtasia Studio) adalah rangkaian software pengedit video yang dibuat dan diluncurkan oleh TechSmith.

Aplikasi ini cocok digunakan untuk membuat tutorial dan presentasi video langsung melalui screencast, atau melalui plug-in rekaman langsung ke Microsoft PowerPoint. Aplikasi yang diluncurkan pada 28 Oktober 2002 ini bisa digunakan di Windows maupun macOS.

Camtasia memiliki beberapa fitur utama, misalnya Camtasia Recorder yang merupakan tool yang memisahkan audio dan video di layar yang sama, fitur dubbing pada proses pengeditan video, dan berbagai efek menarik lainnya.

Masuk ke situs resmi Camtasia untuk coba free trial atau langsung beli versi berbayar.


10. Avidemux Video Editor

AVIDEMUX

Harga: Gratis.

Avidemux adalah program pengeditan video gratis dengan sistem open-source. Aplikasi yang rilis pada 21 Maret 2019 ini menyediakan berbagai macam fitur dan efek canggih.

Avidemux mampu mengedit video non-linear, menerapkan efek visual alias “filter”, dan menyimpan video yang sudah diedit ke dalam berbagai format seperti AVI, MP4, Matroska dan banyak lainnya.

Dengan menggunakan Avidemux, kamu bisa memasukkan audio apapun kedalam video yang mau kamu edit menggunakan fitur multiplexing atau ‘muxing’.

Avidemux bisa digunakan di PC dengan sistem operasi Windows, OS X, Linux dan BSD (Berkeley Software Distribution).


11. Pinnacle Studio

PINNACLE studio

Harga: 792 ribu sekali bayar.

Pinnacle Studio adalah program pengeditan video yang awalnya dikembangkan oleh Pinnacle Systems, tapi sudah diakuisisi oleh Avid dan kemudian oleh Corel pada Juli 2012.

Versi terbarunya yaitu Pinnacle Studio 22.0 memiliki banyak fitur mumpuni yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video sederhana maupun professional.

Dengan tampilan interaktif, Pinnacle Studio menawarkan fitur screen recording dan cocok banget digunakan oleh kamu yang pengen menjadi Youtuber khusus game dengan penghasilan ratusan juta perbulan.

Aplikasi satu ini juga memiliki lebih dari 1000 efek dan bisa digunakan di PC Windows maupun MacOS.


12. iMovie

IMOVIE

Harga: Gratis

iMovie adalah aplikasi perangkat lunak pengeditan video yang dibuat oleh Apple Inc. Aplikasi ini khusus digunakan untuk Mac dan iOS (iPhone, iPad, iPad Mini dan iPod Touch).

iMovie awalnya dirilis pada tahun 1999 untuk MacOS 8. Aplikasi ini dapat mengimpor file video dan foto dari hard drive. Dari sana, kamu bisa mengedit foto dan klip video serta menambahkan judul, tema, musik, dan efek, termasuk koreksi warna dan transisi seperti fade dan slide. iMovie juga tersedia sebagai aplikasi untuk iPhone.

iMovie bisa menjernihkan suara didalam video dengan mengurangi kebisingan latar belakang.


13. Lightworks

LIGHTWORKS

Harga: Gratis, berbayar untuk versi Pro.

Lightworks adalah sistem pengeditan non-linear profesional (NLE) untuk mengedit video dalam berbagai format, termasuk resolusi 2K dan 4K.

Aplikasi yang dibuat pada tahun 1989 ini memiliki banyak fitur penting khusus pengeditan video seperti efek real-time, second monitor output dan advanced multicam editing. Gak cuma itu aja, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menyimpan file video berkualitas tinggi dalam berbagai macam format.

Lightworks juga memungkinkan kamu untuk mengeksport video ke Vimeo atau Youtube lho. Aplikasi ini bisa kamu download dari situs resminya, dan tersedia untuk Windows, Linux dan OS X.


14. OpenShot Video Editor

OPENSHOT

Harga: Gratis.

OpenShot Video Editor adalah pengedit video gratis dan open-source untuk PC atau laptop dengan sistem operasi FreeBSD, Linux, macOS, dan Windows.

Aplikasi ini dibuat  pada Agustus 2008 oleh Jonathan Thomas, dengan tujuan menyediakan edit video yang stabil, gratis, dan ramah untuk digunakan.

OpenShot Video Editor memiliki banyak fitur penting yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video yang keren seperti slow motion, menambahkan teks atau gambar pada video dan lain sebagainya.


15. Kdenlive

KDENLIVE

Harga: Gratis.

Kdenlive adalah software pengeditan video gratis yang berbasis open-source. Proyek ini dimulai oleh Jason Wood pada tahun 2002, dan sekarang dikelola oleh tim developer bernama KDE.

Kdenlive memiliki pengeditan multi-track dan mendukung jumlah video dan audio track yang tidak terbatas.

Aplikasi ini juga punya kemampuan untuk menambahkan efek dan transisi khusus seperti opsi untuk blue-screen, distorsi, rotasi video, tools untuk menambahkan warna, fitur blur, dan lain-lain.

Versi terbarunya yang rilis 22 April 2019 memiliki fitur edit audio seperti penyesuaian volume, filter pemerataan suara, hingga gema.


16. Shotcut Video Editor

SHOTCUT

Harga: Gratis.

Software yang dikembangkan oleh Meltytech, LLC ini memiliki banyak fitur unggulan yang tak kalah menarik dengan aplikasi edit video lain.

Aplikasi berbasis open-source ini mendukung format video, audio, dan gambar melalui FFmpeg. Shotcut menggunakan timeline untuk mengedit video non-linear dari beberapa trek yang terdiri dari berbagai format file.

Shotcut Video Editor juga dilengkapi dengan fitur color grading tools, auto-rotate, wipe transitions dan efek reverse untuk menambah nilai estetika ke video yang sedang kamu edit.

Aplikasi ini bisa kamu pakai di Windows, macOs atau Linux.


17. Blender

BLENDER

Harga: Gratis.

Blender adalah software open-source gratis untuk edit video dan pembuatan grafik 3D.

Aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, seni, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan video game.

Aplikasi yang dirilis pada tahun 1998 ini memang telah banyak digunakan oleh pembuat film professional untuk menghasilkan video yang bagus dan menarik. Gak cuma itu aja, Blender juga bisa kamu pakai untuk membuat kartun atau animasi lho. Aplikasi ini tersedia untuk PC dengan sistem operasi Windows, macOS dan Linux.

Gimana nih? Tertarik mencoba salah satu aplikasi diatas untuk mengedit video dan menguploadnya ke Youtube biar jadi Youtuber terkenal? Yuk share aplikasi edit video apa aja yang biasanya anda gunakan!

Lihat:

Ashya Ravika

Kreator konten profesional dengan banyak pengalaman di perusahaan digital seperti Tokopedia, Kompas, Asmaraku, dan Hijup.

guest
4 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Maria
Maria
1 tahun yang lalu

Akhirnya nemu rekomendasi app buat edit video biar jd yutuber jg. Makasyih bgt infonya sgt bermanfaat.

Ferdian Prihadi
Ferdian Prihadi
1 bulan yang lalu

‘Jangan sampe donlot bajakan dari T’ ya min wkwk

Aldo
Aldo
18 hari yang lalu

Terimakasih informasinya saya mau adobe premiere pro

4
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x