19 Aplikasi Edit Video Terbaik di PC dan Laptop

Setelah sebelumnya sudah mengulas tentang aplikasi edit foto khusus PC, kali ini kami akan memberikan informasi penting lainnya soal aplikasi edit video terbaik yang bisa anda pakai di PC atau laptop.

Aplikasi edit video ini sangat cocok digunakan oleh anda yang ingin membuat video menjadi semenarik mungkin atau bercita-cita pengen jadi Youtuber terkenal seperti Reza Arap atau Atta Halilintar.

Ingin tau aplikasi edit video terbaik apa saja yang kami rekomendasikan? Yuk langsung saja disimak ulasannya di bawah ini! 


1. Sony Vegas Pro 17

Vegas Pro 17

Aplikasi edit video pertama yang bisa anda coba adalah Sony Vegas Pro 17. Vegas Pro (biasa ditulis VEGAS Pro) adalah software khusus pengeditan video untuk pengeditan non-linear (NLE) yang awalnya diterbitkan oleh Sonic Foundry, kemudian oleh Sony Creative Software, dan sekarang dimiliki oleh Magix.

Sony Vegas Pro 17 bisa menampilkan video multitrack real-time dan pengeditan audio pada trek yang tidak terbatas. Software ini bisa anda beli dari situs resminya.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengkombinasikan beberapa video dengan resolusi tinggi, tambahan efek yang kompleks, dukungan audio 24-bit / 192 kHz, dukungan efek plug-in VST dan DirectX, dan efek suara dari surround Dolby Digital .

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu men-drag video ke dalam aplikasi lalu mereka akan otomatis terbagi ke dua kolom berbeda. Satu khusus edit video dan satunya lagi audio. Perangkat lunak ini bisa digunakan pada sistem operasi Windows.

Baca Juga :


2. Adobe Premiere Pro

Buat anda yang pengen aplikasi edit video professional, anda bisa mencoba Adobe Premiere Pro yang merupakan aplikasi pengeditan video berbasis waktu yang dikembangkan oleh Adobe Systems dan diterbitkan sebagai bagian dari program lisensi Adobe Creative Cloud.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, Adobe Premiere Pro merupakan penerus dari Adobe Premiere (pertama kali diluncurkan pada tahun 1991).

Adobe Premiere Pro mendukung pengeditan video resolusi tinggi hingga resolusi 10.240 × 8.192, efek 32-bit warna per saluran, baik dalam RGB dan YUV.

Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengimpor dan mengekspor format video di luar yang didukung oleh QuickTime atau DirectShow.

Adobe Premiere Pro juga mendukung beragam format file video dan audio serta codec pada MacOS dan Windows. Software resminya bisa anda beli disini.


3. AVS Video Editor

AVS Video Editor adalah aplikasi untuk pengeditan video yang diluncurkan oleh Online Media Technologies Ltd. Ini adalah bagian dari rangkaian perangkat lunak AVS4YOU yang mencakup video, audio, pengeditan dan konversi gambar.

Aplikasi ini menawarkan kesempatan buat anda untuk membuat dan mengedit video dengan beragam efek video dan audio serta berbagai macam teks atau transisi.

AVS Video Editor juga bisa menyimpan hasil edit video anda ke banyak format file lho. Gak cuma itu aja, dengan aplikasi ini anda bisa langsung share video yang sudah anda edit diberbagai platform sosial media seperti Facebook, YouTube, Flickr, dan masih banyak lagi.

Jangan takut kesulitan, aplikasi AVS Video Editor ini memiliki inter-face yang anti ribet dan menjamin kemudahan bagi anda yang baru belajar untuk mengedit video.

Baca Juga: Berapa Penghasilan Youtuber Sebenarnya?


4. Corel VideoStudio Pro 2019

Aplikasi edit video lainnya yang bisa anda coba adalah VideoStudio Pro 2019 dari Corel. Aplikasi yang dulunya bernama Corel Video Studio dan Ulead Video Studio ini merupakan paket perangkat lunak pengeditan video untuk Microsoft Windows.

VideoStudio Pro 2019 memiliki banyak fitur basic seperti pengeditan video yang berorientasi pada waktu, efek transisi seperti 3D, fitur overlay yang bisa anda gunakan untuk menambahkan animasi atau teks pada video dan masih banyak lagi.

VideoStudio Pro 2019 dapat mengubah kecepatan pemutaran video, membalikkannya, dan memodifikasi efek warna dan saturasi.

Aplikasi ini juga menyediakan alat yang memungkinkan anda untuk memotong, memutar, dan membagi trek video yang sudah diedit dalam berbagai format. Anda bisa coba gratis software ini dari situs resminya.


5. CyberLink PowerDirector 365

CyberLink PowerDirector 365

Di indonesia, kami yakin tidak banyak yang menggunakan aplikasi ini. Orang Indonesia itu kalau bukan Premiere Pro, ya Vegas Pro. Tapi apa sebenarnya aplikasi yang satu ini?

PowerDirector 365 adalah software pengeditan video dari CyberLink. Kelebihan dari software ini adalah rendering yang cepat, efek yang banyak, mampu mengedit video 360 derajat, multi-cam editing, mendukung 3D dan 4K, motion tracking dan screen recording.

Kekurangan dari PowerDirector 365 adalah inteface yang agak rumit (gara-gara banyak pilihan), serta pencocokan warna yang kurang sreg.

Secara keseluruhan, PowerDirector 365 adalah program edit video PC yang tercepat paling lengkap untuk pengguna level casual.


6. VirtualDub

VirtualDub adalah aplikasi edit video open-source yang gratis khusus untuk Microsoft Windows yang diluncurkan oleh developer bernama Avery Lee.

Aplikasi Ini dirancang untuk memproses pengeditan video linier, termasuk pemfilteran dan kompresi ulang yang menggunakan format AVI untuk menyimpan video yang diedit.

Versi pertama dari VirtualDub, dibuat untuk Windows 95, yang telah dirilis di SourceForge dan diperkenalkan pada 20 Agustus 2000.

VirtualDub dirancang untuk Microsoft Windows tetapi dapat berjalan di Linux dan Mac OS X menggunakan dukungan platform tambahan seperti Wine.

Aplikasi yang memiliki tampilan sederhana ini memang sangat mudah digunakan dan tentu saja cocok buat anda yang masih pemula.


7. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker dikenal sebagai Windows Live Movie Maker yang diperkenalkan pada tahun 2000 dan resmi dirilis pada tahun 2012 adalah perangkat lunak pengeditan video yang dibuat oleh Microsoft.

Aplikasi ini adalah bagian dari rangkaian perangkat lunak dari Windows Essentials yang menawarkan kemampuan untuk membuat dan mengedit video serta mempublikasikannya di OneDrive, Facebook, Vimeo, YouTube, dan Flickr.

Aplikasi yang memiliki tampilan inter-face yang sederhana ini memang sangat mudah digunakan. Windows Movie Maker juga punya banyak fitur dasar untuk pengeditan video seperti efek teks, transisi 3D dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini memiliki kekurangan fitur yang terbatas karena memang hanya bisa digunakan untuk pengeditan video sederhana, cocok untuk sekedar mengedit video yang sudah anda download dari youtube, facebook, atau situs-situs video lainnya.


8. Cyberlink PowerDirector 17

Seperti PowerDirector 365, Cyberlink PowerDirector 17 adalah perangkat lunak pengeditan video yang dikembangkan oleh CyberLink yang berasal dari Taiwan.

Aplikasi yang dirilis pada 11 Desember 2018 ini berjalan pada Windows 7 hingga Windows 10, dengan versi 64-bit yang direkomendasikan.

Cyberlink PowerDirector 17 memungkinkan anda untuk mengedit video dengan cepat menggunakan fitur Express Video Creation. Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur menarik seperti color adjustment, 360 video editing, motion tracking dan lain sebagainya.

Cyberlink PowerDirector 17 juga bisa digunakan di PC atau laptop yang memiliki spesifikasi terbatas. Walaupun fiturnya tidak sebanyak Adobe Premiere Pro, Cyberlink PowerDirector tetap layak digunakan untuk mengedit video.


9. Camtasia

Camtasia (/ kæmˈteɪʒə /) (sebelumnya bernama Camtasia Studio) adalah rangkaian perangkat lunak pengedit video yang dibuat dan diluncurkan oleh TechSmith.

Aplikasi ini cocok digunakan untuk membuat tutorial dan presentasi video langsung melalui screencast, atau melalui plug-in rekaman langsung ke Microsoft PowerPoint.

Aplikasi yang diluncurkan pada 28 Oktober 2002 ini bisa digunakan untuk PC atau laptop dengan sistem operasi Windows atau macOS.

Camtasia memiliki 2 fitur utama yaitu Camtasia Recorder yaitu tool yang memisahkan audio dan video di layar yang sama.

Camtasia juga mendukung fitur dubbing pada proses pengeditan video dan berbagai efek menarik lainnya.


10. Avidemux Video Editor

Avidemux adalah program pengeditan video gratis dengan sistem open-source yang dirancang untuk pemrosesan dan pengeditan video.

Aplikasi yang rilis pada 21 Maret 2019 ini  tersedia dalam berbagai macam fitur dan efek pengeditan terbaru nan canggih.

Avidemux mampu mengedit video non-linear, menerapkan efek visual (disebut “Filter” oleh Avidemux) ke video, dan menyimpan video yang telah diedit ke dalam berbagai format seperti AVI, MP4, Matroska dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Avidemux, anda bisa memasukkan audio apa pun kedalam video yang mau anda edit menggunakan fitur multiplexing atau ‘muxing’.

Avidemux bisa digunakan untuk PC atau laptop dengan sistem operasi Windows, OS X, Linux dan BSD (Berkeley Software Distribution).


11. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio adalah program pengeditan video yang awalnya dikembangkan oleh Pinnacle Systems, tapi sudah diakuisisi oleh Avid dan kemudian oleh Corel pada Juli 2012.

Aplikasi yang telah secara resmi merilis versi terbaru yaitu Pinnacle Studio 22.0 pada 14 Agustus 2018 ini memang memiliki banyak fitur mumpuni yang bisa anda gunakan untuk mengedit video sederhana maupun professional.

Dengan tampilan interaktif, Pinnacle Studio menawarkan fitur screen recording dan cocok banget digunakan oleh anda yang pengen menjadi Youtuber khusus game.

Aplikasi satu ini juga memiliki lebih dari 1000 efek dan bisa digunakan untuk PC atau laptop dengan sistem operasi Windows dan iOS.


12. EffectsLab Pro

Aplikasi lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengedit video adalah EffectsLab Pro.

Aplikasi yang rilis pada 14 Juli 2008 ini memang menawarkan berbagai macam efek visual yang cocok digunakan untuk pemula seperti anda.

EffectsLab Pro memungkinkan pengguna untuk menyimpan efek menggunakan preset. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam fitur keren seperti The Particle yang biasa digunakan untuk efek partikel, seperti asap, api, ledakan, dan efek cuaca.

Fitur lainnya yang bisa anda coba adalah Laser Engine yang dirancang untuk membuat efek cahaya buatan. Fitur ini juga berguna untuk meningkatkan efek berbasis cahaya lainnya. Anda juga bisa meniru kilatan cahaya khas yang menyertai pertempuran lightsaber di film Star Wars.


13. iMovie

iMovie adalah aplikasi perangkat lunak pengeditan video yang dibuat oleh Apple Inc. Aplikasi ini khusus digunakan untuk Mac dan iOS (iPhone, iPad, iPad Mini dan iPod Touch).

iMovie awalnya dirilis pada tahun 1999 sebagai aplikasi Mac OS 8 yang dibundel dengan model konsumen Mac yang diaktifkan dengan FireWire – iMac DV.

Aplikasi ini dapat mengimpor file video dan foto dari hard drive. Dari sana, pengguna dapat mengedit foto dan klip video dan menambahkan judul, tema, musik, dan efek, termasuk koreksi warna dasar dan alat peningkatan video dan transisi seperti fade dan slide. iMovie juga tersedia sebagai aplikasi untuk iPhone.

iMovie juga dapat memanipulasi dan meningkatkan audio suatu video dengan mengurangi kebisingan latar belakang dan meningkatkan tingkat audio klip dengan suara yang lebih tenang.


14. Lightworks

Lightworks adalah sistem pengeditan non-linear profesional (NLE) untuk mengedit video dalam berbagai format, termasuk resolusi 2K dan 4K.

Aplikasi yang dibuat pada tahun 1989 ini memiliki banyak fitur penting khusus pengeditan video seperti efek real-time, second monitor output dan advanced multicam editing.

Gak cuma itu aja, aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk menyimpan file video berkualitas tinggi dalam berbagai macam format.

Lightworks juga memungkinkan anda untuk mengeksport video ke Vimeo atau Youtube lho. Aplikasi ini tersedia untuk PC atau laptop dengan sistem operasi Windows, Linux dan OS X.


15. OpenShot Video Editor

OpenShot Video Editor adalah pengedit video gratis dan open-source untuk PC atau laptop dengan sistem operasi FreeBSD, Linux, macOS, dan Windows.

Aplikasi ini dibuat  pada Agustus 2008 oleh Jonathan Thomas, dengan tujuan menyediakan edit video yang stabil, gratis, dan ramah untuk digunakan.

OpenShot Video Editor memiliki banyak fitur penting yang bisa anda gunakan untuk mengedit video yang keren seperti slow motion, menambahkan teks atau gambar pada video dan lain sebagainya.


16. Kdenlive

/ ˌKeɪdɛnˈlaɪv / adalah perangkat lunak pengeditan video gratis yang berbasis open-source. Proyek ini dimulai oleh Jason Wood pada tahun 2002, dan sekarang dikelola oleh tim developer bernama KDE.

Kdenlive memiliki pengeditan multi-track dengan timeline dan mendukung jumlah video dan audio track yang tidak terbatas.

Aplikasi ini juga punya kemampuan untuk menambahkan efek dan transisi khusus seperti opsi untuk blue-screen, distorsi, rotasi video, tools untuk menambahkan warna, fitur blur, dan lain-lain.

Aplikasi yang telah meluncurkan versi terbarunya pada 22 April 2019 ini juga memiliki fitur edit audio seperti penyesuaian volume, filter pemerataan suara, gema dan masih banyak lagi.


17. Shotcut Video Editor

Aplikasi lainnya yang bisa anda gunakan untuk pengeditan video adalah Shotcut Video Editor. Software yang dikembangkan oleh Meltytech, LLC ini memang memiliki banyak fitur unggulan yang tak kalah menarik dengan aplikasi edit video yang lainnya.

Aplikasi berbasis open-source ini memang mendukung format video, audio, dan gambar melalui FFmpeg. Shotcut menggunakan timeline untuk mengedit video non-linear dari beberapa trek yang terdiri dari berbagai format file.

Shotcut Video Editor juga dilengkapi dengan fitur color grading tools, auto-rotate, wipe transitions dam efek reverse untuk menambah nilai estetika ke dalam video yang sedang anda edit.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk anda pemilik PC atau laptop dengan sistem operasi Windows, macOs atau Linux.


18. Blender

Blender adalah software untuk edit video dan pembuatan grafik 3D yang gratis dan berbasis open-source.

Aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, seni, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan video game.

Aplikasi yang dirilis pada tahun 1998 ini memang telah banyak digunakan oleh pembuat film professional untuk menghasilkan video yang bagus dan menarik.

Gak cuma itu aja, Blender juga bisa anda pakai untuk membuat kartun atau animasi lho. Aplikasi ini juga tersedia untuk PC atau laptop dengan sistem operasi Windows, macOS dan juga Linux.


19. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor adalah aplikasi pengeditan non-linear (NLE) yang dikembangkan oleh Flash-Integro, LLC.

Aplikasi ini mampu memproses video dengan resolusi tinggi termasuk video 4K UHD, 3D dan VR 360 derajat.

VSDC memungkinkan anda untuk menerapkan efek professional seperti color correction, merekam suara dan memasukannya ke dalam video, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa menyimpan file video hasil editan ke berbagai format lho. Fitur lainnya yang tak kalah keren yaitu anda bisa langsung share hasil editan video ke berbagai sosial media seperti Facebook, Vimeo, YouTube, Instagram, dan Twitter.

Aplikasi yang dirilis pada tahun 2011 ini hanya tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Windows saja.

Gimana nih? Tertarik mencoba salah satu aplikasi diatas untuk mengedit video dan menguploadnya ke Youtube biar jadi Youtuber terkenal? Yuk share aplikasi edit video apa aja yang biasanya anda gunakan!

Lihat:

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

1
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Maria
Guest
Maria

Akhirnya nemu rekomendasi app buat edit video biar jd yutuber jg. Makasyih bgt infonya sgt bermanfaat.