18 Aplikasi Kompres Foto Terbaik (Smartphone dan PC)

Semakin bagus kualitas file, semakin besar juga ukurannya. Hal ini juga berlaku untuk foto. Resolusi foto amat sangat berpengaruh untuk ukuran foto yang tersimpan di perangkat kamu.

Buat kamu yang punya memori cadangan mungkin gak akan masalah dengan ukuran foto yang besar, tapi kalau gak punya, tentu saja ini bikin kamu pusing.

Gimana ya caranya tetap menyimpan foto bagus tapi tidak menghabiskan banyak memori? Sebenarnya gampang banget, kamu bisa melakukan hal ini dengan mendownload aplikasi kompres foto!

Kira-kira aplikasi kompres foto apa saja yang paling kami rekomendasikan? Yuk langsung disimak saja ulasannya di bawah ini!


1. Photo Compresss 2.0

Pengen ngecilin ukuran foto dalam waktu singkat? Pakai aja aplikasi bernama Photo Compress 2.0 ini!

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memangkas foto berukuran besar menjadi lebih kecil dengan tetap mempertahankan kualitas gambar tanpa mesti khawatir foto yang kamu kurangi ukurannya akan jadi jelek.

Selain mengompresi foto, aplikasi ini juga memiliki berbagai macam fitur pengeditan foto seperti crop, resize, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini gratis dan kamu juga tidak memerlukan komputer atau laptop dengan tambahan perangkat lunak khusus untuk kompresi gambar lagi lho.


2. Photo & Picture Resizer

Aplikasi kompres foto yang mudah digunakan dan bisa membantu kamu untuk mengurangi ukuran atau resolusi gambar ini bernama Photo & Picture Resizer.

Photo Resizer memungkinkan kamu untuk mengurangi ukuran foto dengan mudah tanpa kehilangan kualitas aslinya.

Kamu tidak perlu secara manual menyimpan gambar yang sudah diubah ukurannya, karena mereka akan secara otomatis disimpan dalam folder terpisah berjudul ‘Picture / PhotoResizer’ dan dapat diakses melalui aplikasi Galeri bawaan yang ada di smartphonemu.

Photo & Picture Resizer dapat membantu kamu untuk mengubah ukuran foto sebelum mempostingnya di Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, Reddit, Tumblr, Google+, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 8 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Smartphone


3. Reduce Photo Size

Kamu perlu aplikasi kompres foto berukuran kecil supaya bisa menghemat memori ponsel kamu? Reduce Photo Size adalah aplikasi tepat yang wajib kamu install.

Aplikasi Reduce Photo Size yang diluncurkan oleh developer bernama Shoozoo ini memang memiliki ukuran yang kecil yaitu cuma 1,8 MB aja.

Kamu bisa menyesuaikan ukuran foto yang mau kamu kompres sesuai dengan keinginan atau mengikuti default yang disediakan oleh aplikasi ini.

Gak usah cemas hasil foto jadi ngeblur atau rusak, aplikasi ini menjamin kualitas foto yang tetap bagus meskipun sudah kamu kompres.


4. Image Optimizer

Image Optimizer memungkinkan kamu untuk menghemat ruang pada smartphone dengan mengoptimalkan file fotomu.

Image Optimizer mendukung dua teknik pengoptimalan, yang pertama dengan sedikit menghilangkan kualitas foto untuk menghemat banyak ruang dan yang kedua dengan mengoptimalkan ukuran file yang sesuai tanpa merusak kualitas gambarnya.

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengompres file dengan format JPEG dan PNG.


5. Pixlr – Free Photo Editor

Aplikasi ini sebenarnya merupakan aplikasi edit foto, tapi tetap bisa kamu gunakan untuk mengkompres ukuran foto kok.

Aplikasi gratis ini memiliki banyak fitur yang tak hanya bisa untuk mengecilkan ukuran foto tapi juga bisa kamu pakai untuk mengubah hasil foto menjadi semakin ciamik.

Jangan khawatir kesulitan, aplikasi ini memiliki tampilan inter-face interaktif yang tentu saja sangat mudah untuk digunakan.

Beberapa fitur menarik yang bisa kamu coba seperti Auto Fix, Stylize, Color Splash Effect dan lain sebagainya.


6. Image Size – Photo Resizer

Aplikasi ini memudahkan kamu untuk mengurangi ukuran foto sesuai kebutuhan dengan mudah dan cepat.

Kamu dapat menentukan format output menggunakan salah satu dari empat unit pengukuran seperti pixels, milimeters, centimeter, dan inches.

Gak cuma buat kompres ukuran foto aja, aplikasi ini juga bisa kamu pakai untuk edit foto basic seperti menambahkan teks pada gambar, stiker dan masih banyak lagi.

Foto yang sudah kamu kompres akan otomatis tersimpan di galeri smartphone kamu. Pokoknya dijamin anti-ribet deh!


7. Photo Resizer HD

Photo Resizer HD adalah aplikasi sederhana dan mudah digunakan untuk mengubah ukuran gambar satu-persatu bahkan beberapa gambar sekaligus dalam satu waktu.

Dengan aplikasi ini kamu dapat mengubah ukuran atau menyusutkan ukuran foto Anda sebelum mengirimnya melalui Email atau mengunggahnya ke sosial media apa pun.

Aplikasi Photo Resizer HD tak cuma bisa kamu pakai untuk mengompres ukuran foto saja, tapi juga bisa kamu pakai untuk pengeditan sederhana seperti Rotate, Crop, Sharpen Photo dan masih banyak lagi.


8. Photo Resizer – App To Resize Image

Photo Resizer – App To Resize Image adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengubah ukuran gambar atau foto dengan cara yang sangat mudah.

Kamu dapat menggunakan salah satu aplikasi pengompres foto terbaik ini untuk mengubah ukuran gambar atau memotongnya, dan walaupun ukurannya dipangkas, kualitas gambar kamu akan tetap terjaga.

Kamu juga bisa mengubah ukuran gambar menggunakan aplikasi resizer ini sebelum mempostingnya ke sosial media yang kamu punya.

Aplikasi ini bisa kamu unduh di Play Store dan jangan khawatir masalah biaya karena Photo Resizer – App To Resize Image sepenuhnya gratis.

Baca Juga : 6 Aplikasi Kompres PDF Terbaik Khusus Smartphone


9. Adobe Photoshop Express : Photo Editor Collage Maker

Kamu bisa menuangkan kreativitas sepenuhnya saat menggunakan aplikasi bernama Adobe Photoshop Express ini.

Adobe Photoshop Express juga bisa membantu kamu untuk melakukan pengeditan foto yang cepat dan mudah alias anti-ribet.

Gak cuma dikenal sebagai aplikasi edit foto, Adobe Photoshop Express juga dapat kamu gunakan untuk mengecilkan atau mengompres ukuran foto yang kamu suka.

Photoshop Express juga menghadirkan tampilan inter-face yang dijamin bakal bikin kamu betah untuk berlama-lama menggunakan aplikasi ini.


10. Photo Resizer Pro

Photo Resizer Pro merupakan satu aplikasi yang memungkinkan kamu menghemat banyak memori dengan mengubah ukuran, mengompresi, memotong, dan bahkan mengubah format gambar sesuai keinginanmu.

Caranya gampang, kamu tinggal memilih gambar yang ingin kamu ubah ukurannya atau kamu juga bisa memilih kumpulan gambar secara bersamaan dan melakukan kompresi ukuran untuk semua gambar dalam waktu yang sama.

Photo Resizer Pro juga memiliki fitur yang lengkap. Kamu dapat memotong atau meningkatkan kualitas foto sebelum memulai proses pengompresan gambar.

Pemilihan format foto yang bisa dikompres meliputi JPEG dan PNG.

Kamu juga dapat menambah kualitas gambar secara signifikan dengan memilih nilai kompresi yang lebih rendah.


Setelah menjelaskan tentang aplikasi untuk smartphone, kali ini yuk berpindah ke aplikasi atau software untuk PC dan laptop.

1. FileMinimizer Pictures

Apakah kamu punya masalah tentang file gambar yang mengambil terlalu banyak ruang di memori perangkat, atau merasa kesulitan ketika ingin mengirim gambar berukuran besar melalui email?

Jangan khawatir, FILEminimizer Pictures dirancang untuk mengompresi dan mengoptimalkan file gambar kamu.

Dengan aplikasi ini kamu bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat, tapi tetap tidak kehilangan kualitas gambar yang kamu punya.

FILEminimizer Pictures bisa sangat membantu dengan berbagai macam fiturnya yang multifungsi. Inter-face sederhana menampilkan opsi optimalisasi gambar yang bisa kamu gunakan untuk mengompres file gambar dalam ukuran dan format apa pun.

FILEminimizer Pictures juga menawarkan hasil kompresi file gambar yang mengesankan, tanpa menyisakan ketidaknyamanan karena hasilnya yang memuaskan.

Aplikasi ini juga berukuran kecil dan menghemat memori penyimpanan pada perangkat kamu.


2. RIOT

RIOT yang merupakan singkatan dari Radical image Optimization Tool ini memang menjadi salah satu software terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengompres foto.

RIOT dapat mengoptimalkan foto kamu sehingga ukuran file bisa berkurang dengan cepat, tanpa mengurangi kualitas gambar itu sendiri.

Saat mengunggah gambar ke sosial media atau blog online yang kamu punya, penting untuk memastikan gambar dengan ukuran yang tepat, tetapi juga penting untuk menjaga kualitas gambar setinggi mungkin. Dengan RIOT kamu dapat menyelesaikan dua masalah ini dalam satu kali klik.

RIOT bekerja dengan berbagai format grafis, termasuk PSD Photoshop, dan menyimpan gambar yang dioptimalkan untuk JPG, GIF dan PNG.

Kamu dapat dengan mudah memilih level kualitas gambar untuk semua format seperti JPG, GIF dan PNG.

Kamu juga bisa memeriksa hasilnya secara real-time dan bandingkan dengan foto aslinya, hal ini bisa terjadi berkat fitur inter-face panel ganda yang disediakan

Baca Juga : 9 Aplikasi Pembuat Logo di Android 2019 (Gratis!)


3. JPEGmini

JPEGmini adalah software khusus pengoptimalan foto yang dibuat pada tahun 2011.

Software ini bisa kamu gunakan untuk mengompres ukuran file foto format JPEG dengan degradasi kualitas gambar yang hampir tidak terlihat.

Teknologi JPEGmini memiliki dua komponen utama: Yang pertama adalah detektor kualitas gambar. Cara ini meniru kualitas persepsi dari sistem visual manusia, untuk menentukan jumlah maksimum kompresi yang dapat diterapkan pada setiap foto tanpa menyebabkan blur.

Yang kedua adalah encoder JPEG yang unik, yang mengadaptasi proses penyandian JPEG ke foto asli, menciptakan representasi foto dengan ukuran kecil yang bisa jadi berada di bawah standar JPEG.

Dengan menggabungkan kedua komponen ini, JPEGmini bisa mencapai rasio kompresi ulang yang sangat tinggi hingga 5x, atau pengurangan 80% pada foto digital, tergantung pada resolusinya.

JPEGmini juga menggunakan teknologi eksklusif yang mungkin tidak tersedia pada aplikasi pada umumnya.


4. PNGGauntlet

Meningkatkan kecepatan untuk memuat suatu halaman sangat penting jika kamu memiliki atau bekerja untuk situs web.

Bahkan jika kamu bukan seorang yang begitu paham soal website, PNGGauntlet juga bisa kamu gunakan untuk mengompresi dan mengecilkan ukuran gambar PNG.

PNGGauntlet merupakan software yang dirilis oleh developer PNGOUT, sebuah program yang dibuat oleh Ken Silverman.

PNGGauntlet juga sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu membuat direktori gambar, cari dan masukkan beberapa file PNG ke jendela utama dan klik tombol optimalkan.

Setelah kamu selesai mengoptimalkan file yang kamu pilih, direktori output harus diisi dengan file yang baru.

Satu hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika menggunakan software ini adalah kecepatannya yang patut diacungi jempol.

Software PNGGauntlet ini juga mendukung pengeditan file dengan format seperti JPG dan GIF, walaupun sebenarnya PNGGauntlet berfokus dalam gambar PNG.

Keuntungan lainnya adalah tidak ada pengurangan dalam kualitas gambar setelah file dikompresi, karena software ini hanya berfungsi untuk memuat laman website menjadi lebih cepat tergantung pada opsi mana yang kamu gunakan untuk mengompres gambar.


5. Kraken Image Optimizer

Kraken Image Optimizer merupakan pengoptimal gambar dan kompresor ultra-cepat dengan algoritma terbaik di kelasnya yang perlu kamu coba gunakan.

Aplikasi ini bisa membantu kamu yang bekerja di dunia website untuk menghemat bandwidth juga ruang penyimpanan di perangkat kamu dan menghemat waktu muat situs web yang kamu punya.

Kamu harus yakin bahwa kualitas hasil gambar tidak akan terganggu walaupun kamu mengompres ukuran file sekecil mungkin.

Meskipun digunakan untuk mengurangi gambar dengan format apa pun menjadi lebih kecil dari ukuran aslinya, cara ini sebenarnya merupakan proses perubahan degradasi visual.

Selain itu, User Experience adalah faktor utama yang harus kamu pertimbangkan ketika menyangkut masalah per-website-an, terutama soal kecepatan.

Situs yang lebih cepat dimuat akan membuat pengguna website kamu lebih bahagia tanpa harus menunggu lama.

Dari peningkatan pengguna yang lebih bahagia, mereka bisa membeli lebih banyak produk yang kamu jual dan mengembangkan lebih banyak keuntungan bisnis untukmu.

Situs yang lebih cepat juga akan memberi kamu lebih banyak jalur kesuksesan dan memberi kamu lebih banyak prospek yang semuanya akan berkontribusi pada keberhasilan bisnismu.

Jika situs kamu kaya akan tampilan gambar, kamu harus ekstra waspada untuk menjaga situs tersebut agar tetap cepat dimuat. Kraken Image Optimizer akan membantu kamu dengan fitur yang mereka tawarkan.

Baca Juga : 7 Website dan Aplikasi Pembuat CV Terbaik 2019


6. TinyPNG

TinyPNG menggunakan teknik Smart Lossy Compression untuk mengurangi ukuran file PNG kamu.

Software yang secara selektif mengurangi jumlah warna dalam gambar ini, akan menghemat penyimpanan perangkat kamu.

Sebenarnya, efek pengurangan warna ini hampir tidak terlihat tetapi berhasil membuat perbedaan ukuran file yang jauh berbeda.

Kamu bisa menggunakan TinyPNG untuk mengecilkan ukuran gambar di aplikasi dan situs yang kamu punya.

Saat kamu mengunggah file PNG (Portable Network Graphics), warna-warna yang serupa pada gambar kamu akan digabungkan. Teknik ini disebut “kuantisasi”.

TinyPNG menggunakan metode pengurangan warna. Dengan mengurangi jumlah warna, file PNG 24-bit dapat dikonversi menjadi gambar berwarna yang diindeks 8-bit yang jauh lebih kecil. Tanpa harus menghapus semua metadata yang ada.

Jadi sekecil apa pun file foto sudah dikompres, kualitasnya mungkin hanya akan berkurang sedikit atau bahkan tidak terlihat sama sekali. Keren kan?


7. JPEG Optimizer

JPEG-Optimizer adalah tool online yang bisa kamu gunakan untuk mengubah ukuran dan mengompresi foto dan gambar digital kamu terutama yang mau ditampilkan di web, forum atau blog yang kamu punya.

Website ini juga memungkinkan kamu untuk mengirim gambar yang sudah dikompres melalui email. JPEG sepenuhnya gratis dan kamu tidak perlu terbebani dengan harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan JPEG Optimizer ini.


8. Compressor.io

Compressor.io merupakan website yang bisa kamu coba gunakan untuk mengurangi ukuran file foto dengan cepat dan mudah hanya dengan sekali klik saja.

Dengan menggunakan Compressor.io, kamu gak perlu khawatirr hasil foto jadi jelek atau ngeblur karena website ini menjamin pengompresan file dengan kualitas tinggi hingga 90%.

Itu dia berbagai aplikasi kompres foto terbaik rekomendasi dari kami yang mesti kamu coba. Kira-kira aplikasi apa aja nih yang mau kamu install duluan? Yuk langsung aja share jawaban kamu pada kolom komentar di bawah ini!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of