6 Aplikasi Kompres PDF Terbaik Khusus Smartphone

Kamu pasti udah gak asing lagi dengan PDF. Dokumen PDF memang sangat diperlukan mengingat banyaknya pekerjaan dan tugas yang bisa terbantu kalau kamu menggunakannya.

Karena kualitasnya yang bagus, tak heran dokumen PDF memiliki ukuran yang cukup besar. Berbeda dengan Word yang mungkin hanya menghabiskan puluhan kb.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui ‘life-hack’ untuk mengecilkan alias mengompres ukuran PDF supaya ruang penyimpanan perangkat kamu tidak cepat habis.

Mau tau aplikasi kompres PDF terbaik apa saja yang ada di dalam daftar rekomendasi kami? Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Cek juga: Aplikasi kompres PDF di PC dan laptop


1. iLovePDF

Aplikasi untuk mengompres ukuran PDF yang pertama bernama iLovePDF. Walaupun aplikasi ini berbayar atau kamu harus membayar sekitar 80-ribuan untuk menikmati fiturnya tanpa hambatan, aplikasi ini tentu saja sangat ‘worth to buy’ lho.

iLovePDF juga memiliki banyak layanan keren seperti dapat mengecilkan ukuran PDF yang tadinya ratusan KB atau MB menjadi hanya puluhan kb saja hanya dalam hitungan menit.

File PDF dapat dikompres pada level yang beragam sesuai kebutuhan. Kamu bisa memilih dari tiga opsi kompresi mulai dari Extreme ke Low untuk mencapai ukuran file yang diinginkan.

Semua opsi ini memberikan kamu kualitas konten dari yang paling rendah ke tinggi dalam waktu yang sangat singkat.

Selain file dari memori smartphone, kamu juga dapat terhubung dengan Google Drive atau DropBox dan kompres file langsung dari cloud drive untuk menggunakan aplikasi kompresor PDF ini.

Aplikasi ini juga bisa disetting untuk digunakan kurang lebih dalam 25 bahasa. iLovePDF juga bisa kamu install di perangkat Android yang kamu punya.


2. Compress PDF

Kalau kamu butuh untuk mengompres file PDF dalam waktu singkat, aplikasi bernama Compress PDF ini adalah jawaban yang paling tepat.

Cukup pilih file PDF yang ada di perangkat kamu atau dari cloud untuk segera mengecilkannya.

Opsi kompresi gratis di aplikasi Compress PDF ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mengompres file PDF yang ada, lalu kegiatan kompresi akan berakhir dalam hitungan detik.

Aplikasi Compress PDF tidak menguras baterai perangkat kamu karena mereka melakukan seluruh proses pengompresan pada server yang kuat dan bukan menggunakan sumber daya baterai gadget kamu.

Compress PDF mendukung kompresi file yang ada di Gmail, Google Drive, Dropbox, Box, hingga OneDrive sekalipun.

Dalam setiap kompresi, kualitas dokumen PDF kamu tidak akan dibikin jelek kok. Bagusnya lagi, file-file PDF yang sudah tidak terpakai akan secara otomatis dihapus dari server setelah kompresi selesai.

Aplikasi yang memiliki ukuran sekitar 3MB ini juga gak akan ngabisin memori gadget kamu kok.

Jangan takut kesulitan saat menggunakan aplikasi ini karena tentu saja Compress PDF sangatlah mudah untuk digunakan.

Baca Juga : 7 Website dan Aplikasi Pembuat CV Terbaik 2019


3. PDF Tools – PDF Utilities

Mau edit dan kompres file PDF dengan cepat tanpa mesti ribet? Pakai aja PDF Tools – PDF Utilities yang punya lebih dari 20 fitur multifungsi.

Gak cuma berguna untuk kompres file PDF aja, PDF Tools – PDF Utilities ini juga bisa kamu gunakan untuk membagi file PDF menjadi beberapa halaman, menambahkan watermark sendiri di PDF yang kamu buat dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga hanya bisa digunakan untuk perangkat Android.

Baca Juga : Cara Edit File PDF Paling Mudah! (2019)


4. All PDF Reader

Aplikasi untuk kompres file PDF lainnya yang bisa kamu coba adalah All PDF Reader. Aplikasi ini bahkan bisa kamu gunakan untuk mengompres file PDF yang tadinya berukuran besar hingga cuma jadi puluhan KB aja.

Kerennya lagi, kamu bisa membaca file PDF apa pun dengan aplikasi ini tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan lainnya.

All PDF Reader ini juga punya tampilan yang sangat sederhana dan sangat mudah untuk digunakan. Kamu bisa langsung menginstall aplikasi ini di PlayStore yang tersedia di Android kamu.


5. PDF Compressor

PDF Compressor hadir dengan hampir lima opsi preset berbeda yang memungkinkan kamu mengompres PDF dengan kualitas sempurna.

Kamu bisa memilih dpi dari kisaran 10-600 dpi yang tersedia serta menentukan kualitas gambar yang tepat untuk ukuran file yang sedang dikompres.

Aplikasi PDF Compressor menghadirkan desain unik dengan inter-face inisiatif yang sangat sederhana.

Kamu dapat dengan mudah mengekspor dan mengimpor file PDF dari Mail, Safari, PDF Reader, GoodReader, Dropbox, dan lain-lain tanpa harus kesulitan.

Gak cuma itu aja, kamu juga bisa mengirimkan dokumen yang sudah terkompresi dalam bentuk lampiran email atau dikirim ke aplikasi lain.

Dengan bantuan aplikasi PDF Compressor pada perangkat iOS, kamu dapat memindahkan file PDF ke file .zip dan mencetaknya dengan printer yang mendukung AirPrint.

Kamu juga bisa mentransfer file PDF ke iTunes menggunakan USB file sharing untuk memindahkan file dengan cepat.

Baca Juga : 18 Aplikasi Terbaik untuk Presentasi (Anti-Mainstream)


6. PDF Tools

Aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengompresi dan mengurangi ukuran dokumen PDF ini bernama PDF Tools. PDF Tools menawarkan total 16 fitur yang dapat digunakan dalam satu PDF.

Kualitas dan kecepatan kompresi sepenuhnya tergantung pada konten yang ada di dalam file PDF.

PDF yang kaya konten dan grafis akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dikompres dibandingkan dengan yang sederhana atau biasa saja.

Kamu juga dapat mencoba versi lite dari aplikasi PDF Tools ini jika tidak mau menggunakan versi pro-nya.


Dengan peningkatan konten dan media grafik di dalam PDF, ukuran file bisa jadi semakin besar. Untuk memastikan bahwa ukuran PDF tidak terlalu besar (agar menghemat memori perangkat), aplikasi kompresor PDF yang sudah kami rekomendasikan di atas akan sangat membantu.

Jadi gimana nih? Kira-kira ada gak aplikasi lain yang biasanya kamu pakai untuk mengompres file PDF? Kalau iya, kamu bisa share pengalaman pengompresan file PDF kamu ke kolom komentar di bawah ini!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of