8 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Smartphone

Video adalah media elektronik untuk memutar, menyiarkan, dan menampilkan visual (gambar) yang bergerak.

Video tentu saja berbeda dengan foto. Video biasanya memiliki ukuran file yang jauh lebih besar ketimbang foto. Semakin bagus kualitas videonya, semakin besar pula ukuran file yang akan kamu dapatkan.

Kalau menyimpan foto kebanyakan bisa mengabiskan memori, apalagi file video. Kuota internet juga akan cepat habis kalau kamu suka kirim video lewat sosial media.

Untuk mengatasinya, kamu perlu memperkecil atau mengkompres ukuran video supaya bisa muat disimpan di ponsel tanpa mengurangi kualitas video itu sendiri.

Mirip dengan aplikasi kompres foto, hanya saja kali ini file video-lah yang dikecilkan ukurannya. Kira-kira, aplikasi kompres video terbaik apa saja yang paling kami rekomendasikan? Yuk simak informasinya di bawah!


1. Video Dieter 2

Aplikasi kompres video pertama yang wajib kamu coba ini bernama Video Dieter 2. Aplikasi ini bisa membantu kamu mengecilkan ukuran video hanya dalam waktu singkat.

Video Dieter 2 akan memudahkan kamu untuk memotong bagian video yang tidak diinginkan. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk transcode file dengan sangat cepat.

Kamu bisa menetapkan resolusi dan kualitas yang kamu inginkan sebelum proses kompresi dimulai.

Dengan tampilan inter-face yang interaktif, aplikasi buatan Outplay Lab ini sangat mudah digunakan apalagi kalau kamu masih agak bingung soal cara pakainya.

Gak cuma itu aja, kamu juga bisa mengompres ukuran video tanpa harus khawatir kualitas video yang dikecilkan bakal rusak.

Aplikasi ini bisa kamu install di smartphone kamu dengan ukuran yang hemat alias hanya sekitar 3 MB saja.


2. VidCompact

VidCompact adalah aplikasi untuk memotong, mengompres, atau mengonversi video apa pun yang ada di perangkat kamu ke format MP4.

Aplikasi ini kompatibel dengan format yang paling umum seperti AVI, MKV, FLV, RMVB, 3GP, MPEG, WMV, dan MOV.

Tak perlu cemas akan merasa kesulitan, aplikasi VidCompact ini sangat mudah digunakan. Kamu bisa memilih salah satu dari tiga opsi utama yaitu Trim and Compress, Batch Compression, dan Convert to MP4.

Opsi pertama dapat memungkinkan kamu untuk memotong cuplikan video dan mengurangi ukurannya secara signifikan.

Fitur kedua bisa membantu kamu melakukan hal yang sama, tetapi dengan dua atau lebih video sekaligus. Dan opsi terakhir akan memudahkan kamu mengonversi video apa saja ke format MP4.

Opsi mana pun yang kamu pilih, tampilan inter-face pada aplikasi VidCompact membuat pengerjaan kompres video menjadi sangat mudah dikerjakan.

Hanya dengan dua atau tiga ketukan pada layar, kamu dapat mengurangi ukuran video yang ada di perangkat. Setelah selesai, kamu bisa share hasilnya langsung melalui aplikasi jejaring sosial apa pun yang kamu punya.

Baca Juga : Penjelasan Berbagai Resolusi Layar (HD sampai 4K)


3. Panda Video Compressor

Apakah kamu bertanya-tanya bagaimana cara mengompres video dengan cara yang mudah dan cepat? Atau apakah kamu memikirkan cara berbagi video dengan ukuran yang pas?

Kebetulan banget, aplikasi Panda Video Compressor merupakan aplikasi yang patut kamu install.

Panda Video Compressor adalah aplikasi komprehensif yang sangat mudah digunakan terutama untuk mengurangi ukuran video tanpa menghilangkan kualitas aslinya.

Kamu dapat mengunggah video ke sosial media atau mengirimkannya melalui email dengan sangat mudah.

Kamu juga bisa mengompres video dan film tanpa harus merasa khawatir akan kehilangan kualitas aslinya. Gak cuma itu saja, kamu juga bisa menghemat ruang pada ponsel dan cloud, serta mengurangi penggunaan kuota internet yang kamu punya.


4. YouCut

Salah satu aplikasi kompres video terbaik yang kami rekomendasikan ini bernama YouCut. Sebenarnya YouCut ini banyak dikenal sebagai aplikasi edit video sih, tapi tetap bisa digunakan untuk kompres video berukuran besar kok.

Aplikasi ini juga digadang-gadang mampu mengurangi ukuran video hingga 80% lho.

Gak cuma itu aja, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur keren lainnya yang bisa kamu pakai untuk edit video seperti Video Speed Control, Cutter & Trimmer, Slideshow Maker dan masih banyak lagi.


5. Video Compress

Video Compress merupakan aplikasi pengecil ukuran video yang sangat populer. Aplikasi ini dapat mengkompres video dari kualitas rendah, normal hingga tinggi sekalipun.

Video Compress juga punya tampilan inter-face yang friendly dan sangat mudah digunakan. Tak hanya itu saja, aplikasi ini mendukung kompres video dalam berbagai macam format.

Kerennya lagi, aplikasi ini bisa membantu kamu untuk meng-convert file video ke format MP3 atau file audio.

Setelah selesai mengompres video, hasilnya akan otomatis tersimpan di galeri perangkat kamu. Kamu juga bisa share video lewat e-mail, YouTube dan berbagai macam platform lainnya.


6. Video Compressor by Sunshine

Dengan Video Compressor by Sunshine kamu bisa mengkompres banyak video dan menghemat hingga 90% memori ponsel kamu.

Kamu bisa mengkompres beberapa video berukuran besar dengan fitur bernama ‘The Patty Squeeze’ tanpa harus takut hasil video jadi jelek atau rusak.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengkompres video dalam berbagai macam format. Video Compressor by Sunshine juga memiliki tampilan inter-face yang lucu dan tentu saja sangat mudah digunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Subtitle Film/Video (Cuma Perlu Notepad!)


7. Smart Video Compressor and Resizer

Mau download file video berukuran besar di ponsel, tapi memori  penyimpanan semakin hari semakin sedikit? Tenang aja, Smart Video Compressor dan Resizer dapat membantu kamu untuk menghemat penggunaan memori di ponselmu.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengubah dimensi video, mengatur kualitas video, dan memilih kecepatan proses kompresi.

Kamu juga bisa memotong bagian mana pun dari video untuk dikompres menggunakan fitur canggih yang bisa kamu gunakan hanya dengan klik ikon ‘gunting’ untuk mulai memotong video.

Aplikasi ini bisa kamu install di Play Store dan gunakan secara gratis. Gak usah khawatir, aplikasi ini sangat mudah dipakai dan kamu bisa mengompres berbagai macam format video dalam waktu singkat.


8. Video Compressor – Fast Compress Video & Photo

Aplikasi lainnya yang bisa kamu pakai untuk mengecilkan ukuran video adalah Video Compressor – Fast Compress Video & Photo.

Aplikasi yang dibuat oleh MobileIdea Studio ini memang sangat cocok dipakai untuk membuat ukuran video menjadi sesuai keinginan kamu.

Kamu bisa mengompres video dari yang berkualitas rendah hingga tinggi. Gak cuma itu aja, buat kamu yang males nunggu lama, kamu juga bisa menggunakan fitur Batch Compressor untuk mengompres beberapa video dalam satu waktu yang sama.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of