5 Aplikasi Launcher Terbaik di Android! (2020)

Jika Anda ingin mendapatkan tampilan ponsel android yang lebih keren, salah satu jenis aplikasi yang wajib ada dan Anda download di adalah aplikasi launcher.

Aplikasi launcher sejatinya merupakan sebuah aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengubah tampilan menu di android. Untuk anda yang mulai bosan dengan tampilan android yang itu-itu saja, 5 aplikasi berikut ini bisa menjadi pilihan Anda.

Selamat datang di RuangLaptop, dan berikut adalah 5 aplikasi launcher terbaik untuk android!

Baca: Cara memperpanjang usia baterai anda


5 Aplikasi Launcher Terbaik di Android

Mulai dari nomor 1:

1. Nova Launcher

Aplikasi yang bernama Nova Launcher merupakan sebuah aplikasi yang hadir dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Nova Launcher dapat semakin mempercantik tampilan smartphone Anda agar lebih nyaman dipandang.

Nova Launcher menghadirkan berbagai pilihan modus untuk tampilannya. Beberapa pilihan modus pada Nova Launcher yaitu light mode dan dark mode.

Kelebihan lain dari Nova Launcher juga sangat ringan sehingga tidak akan memberatkan kinerja ponsel, termasuk untuk anda yang punya ponsel dengan memori RAM kecil.

Cek juga: 9 Aplіkasі Cuaca Androіd Paling Berguna!

2. Microsoft Launcher

Aplikasi Microsoft Launcher tentu bukan launcher sembarangan. Walaupun namanya Microsoft, akan tetapi launcher yang satu ini tidak hanya untuk smartphone Microsoft saja, melainkan juga bisa didownload dan digunakan di semua ponsel android.

Microsoft memang sengaja mengembangkan aplikasi launcher yang satu ini, khusus untuk memberikan berbagai macam kemudahan untuk anda yang bosan dengan tampilan ponsel yang polos. Ukurannya hanya 26 MB sehingga tidak akan membuat memori Anda penuh.

Launcher yang satu ini memiliki fitur dapat menghubungkan ponsel dengan PC berbasis windows, sehingga Anda bisa melihat foto dari ponsel di layar PC secara lebih besar dengan mudah.

Baca juga: 3 Aplіkasі Weddіng Androіd Yang Bisa Anda Download

3. Zero Launcher

Aplikasi launcher selanjutnya adalah Zero Launcher. Aplikasi yang satu ini merupakan sebuah aplikasi yang ringan. Zero Launcher juga hadir dengan dukungan ukuran file yang sangat kecil.

Kemudian soal tampilannya, tampilan pada Zero Launcher terlihat simple dan rapi. Selain berfungsi sebagai launcher, terdapat fitur keren lain yaitu pengunci aplikasi dan RAM Booster yang bisa dimanfaatkan.

Lihat: Daftar Aplіkasі Androіd yang Memberatkan Ponsel Anda

4. Action Launcher

Aplikasi Action Launcher merupakan aplikasi yang memiliki ukuran sangat kecil yaitu sekitar 14 MB. Meskipun kecil, Action Launcher dapat mengubah tampilan smartphone menjadi seperti Google Pixel.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena aplikasi Action Launcher memang ingin menjadi sebuah aplikasi yang dapat menghadirkan Pixel Launcher kepada smartphone masing – masing penggunanya.

5. Smart Launcher 5

Aplikasi launcher terbaik di android yang terakhir adalah Smart Launcher 5. Smart Launcher 5 terbukti menghadirkan suasana baru sebagai launcher kepada smartphone penggunanya. Smart Launcher 5 kini kembali dengan versi kelima dimana tampilannya lebih menarik.

Smart Launcher 5 menjadi salah satu aplikasi launcher yang sudah mendukung smartphone dengan layar full HD dan juga mendukung berbagai macam fitur adaptive icons untuk OS Android 8.0 Oreo.

Meskipun ukurannya kecil, namun tidak semua launcher itu ringan, jadi sebelum Anda memasang aplikasi launcher yang sudah kami rekomendasikan diatas, sebaiknya Anda pahami dulu beberapa tips dalam pemilihan aplikasi launcher!

Cek juga: Cara membuat foto jadi kartun di ponsel


3 Tips Memilih Aplikasi Launcher

Berikut tips memilih aplikasi launcher di android agar tidak salah pilih, diantaranya :

1. Pilih launcher dengan fitur lengkap

Jika Anda merasa tidak puas dengan fitur bawaan smartphone android, Anda harus bijak jika memang ingin menambah fitur launcher pada android Anda. Aplikasi launcher biasanya didukung dengan beberapa fitur seperti application lock, battery saver, RAM booster dan clean memory.

2. Perhatikan berapa ukuran filenya

Banyak pengguna android yang suka mengunduh berbagai macam aplikasi ke dalam smartphonenya. Padahal tidak jarang aplikasi-aplikasi itu hanya memakan memori dan jarang digunakan.

Agar aplikasi tersebut tidak berpotensi memenuhi memori ponsel, sebaiknya Anda pilih launcher dengan ukuran file yang paling kecil.  Dengan menggunakan launcher berukuran kecil, smartphone Anda jauh lebih ringan ketika dioperasikan.

3. Pahami tema dan kustomisasinya

Salah satu aspek yang menjadi alasan mengapa banyak orang menggunakan launcher adalah untuk mengubah tampilan ponsel android yang dimiliki.

Karenanya, dalam hal pemilihan launcher, launcher yang perlu Anda pilih adalah launcher yang dapat menyediakan berbagai macam tema. Selain itu, ada baiknya untuk Anda benar – benar memilih launcher yang dapat mempermudah Anda dalam mengotak – atik berbagai tema yang ada dan tersedia didalamnya.

Terakhir, Anda perlu pastikan bahwa aplikasi launcher yang Anda pilih adalah aplikasi yang hemat RAM sehingga tidak memberatkan ponsel Anda.

Itulah informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang aplikasi launcher terbaik di android yang bisa Anda download beserta tips memilihnya. Tinggalkan komentar dibawah!

Lihat juga: 10 Aplikasi Desain Rumah untuk HP Android

Dimas Bimawan

Digital marketer lulusan Fisika ITB. Mengerjakan SEO untuk beberapa perusahaan teknologi.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x