19 Aplikasi Pemutar Musik Online Terbaik (Android dan PC)

Siapa sih yang tidak suka dengerin musik? Ya, sudah pasti siapa pun itu, berapa usianya pasti suka denger musik. Musik memang dapat menenangkan kita, terutama jika musik diputar sesuai dengan momen yang tepat. Pasti akan sangat berkesan di hati.

Musik juga dapat membantu untuk mengurangi stress lho. Entah sebabnya karena masalah pekerjaan, urusan keluarga, hingga problematika diputusin pacar pas lagi sayang-sayangnya.

Pasti kamu juga suka dengerin musik kan? Entah itu dari gadget ataupun laptop, kebetulan banget kali ini kami akan memberikan informasi tentang 19 aplikasi pemutar musik online terbaik (Android, iOS, Windows, dan Mac) khusus buat kamu yang pengen denger lagu baru dan up-to-date.

Yuk langsung disimak saja ulasannya!


1. Spotify

Spotify

Siapa sih yang nggak kenal dengan pemutar musik online yang satu ini? Yup, Spotify namanya. Aplikasi yang diluncurkan pada tanggal 7 Oktober 2008 ini dibuat oleh Daniel Ek dan Martin Lorentzon.

Spotify menjadi sangat populer dan berhasil mendapat lebih dari 217 juta pengguna (terhitung dari bulan April 2019 hingga saat ini), juga sudah termasuk 100 juta pengguna yang membayar

Tak hanya itu saja, Spotify juga menyediakan berbagai macam musik lama maupun musik terbaru yang bisa diakses di seluruh dunia. Gak cuma musik, kamu juga bisa mendengarkan Podcast seru hingga membuat playlist musik kesukaan kamu.

Salah satu aplikasi pemutar musik online terbaik ini juga bisa di-install oleh smartphone Android, iOS, Mac, Windows, hingga Windows Phone lho.

Aplikasi ini ada yang gratis maupun berbayar. Ada juga fitur ‘paket keluarga’ yang bisa membuat harga langganan jauh lebih murah. Untuk kamu yang mau berlangganan spotify, baca langsung tutorial cara daftarnya di sini.


2. JOOX

JOOX

Gak cuma bikin game aja, Tencent juga punya aplikasi pemutar musik online bernama JOOX.

Aplikasi ini memiliki layanan keren dan menyediakan sebagian besar lagu lama atau baru secara gratis. Namun, beberapa lagu hanya tersedia untuk pengguna premium.

Kamu bisa menggunakan JOOX dengan langganan berbayar atau gratis tapi tidak bisa mendengarkan lagu-lagu tertentu. Aplikasi yang dirilis pada Januari 2015 ini memang memiliki tampilan unik dan juga user-friendly.

JOOX juga punya menyediakan lirik di layar smartphone ketika kamu sedang mendengarkan lagu. Cocok banget nih buat kamu yang pengen menghapal lirik lagu dengan cepat. Kamu juga bisa lho nonton MV (Music Video) idola kesukaan di aplikasi ini.

Lihat: Cara Cek Kecepatan Internet di PC dan Ponsel


3. SoundCloud

SoundCloud

Aplikasi yang diluncurkan pada bulan Oktober 2008 ini dibuat oleh dua musisi bernama Alexander Ljung dan Eric Wahlforss.

SoundCloud awalnya dibuat sebagai media perantara yang memungkinkan para musisi untuk berkolaborasi dengan berbagi dan diskusi tentang rekaman, tetapi kini berubah menjadi aplikasi untuk distribusi musik.

SoundCloud menyediakan berbagai macam fitur menarik yang bisa Anda gunakan untuk mendengarkan lagu. Aplikasi SoundCloud jug tersedia untuk Android juga iOS.

Tak hanya itu saja, buat kamu yang jago main alat musik atau jago bernyanyi, kamu juga bisa lho mengupload hasil rekaman kamu ke aplikasi ini supaya bisa didengarkan oleh user lainnya.

Cek juga: Berapa Penggunaan Internet di Game Online Android?


4. Musixmatch

Musixmatch

Musixmatch adalah platform yang tepat bagi kamu untuk mencari dan mendengarkan lagu favorit yang telah dilengkapi dengan lirik lagu serta terjemahannya.

Aplikasi yang ditemukan pada Januari 2010 ini merupakan salah satu platform pemutar musik online terbesar yang memiliki 73 juta pengguna dan 14 juta lirik lagu.

Musixmatch bisa menampilkan lirik yang disinkronkan dengan lagu yang sedang kamu putar. Aplikasi ini juga dapat memindai semua lagu yang tersimpan di smartphone kamu dan menyediakan lirik untuk  setiap lagu yang ada.

Musixmatch dapat diakses melalui website dari laptop / PC, serta tersedia aplikasinya di smartphone untuk perangkat iOS dan Android.


5. Deezer

Deezer

Aplikasi bernama Deezer ini mungkin masih terdengar asing ditelinga kamu. Deezer sendiri merupakan layanan streaming musik online yang berasal dari Perancis.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mendengarkan musik favorit yang populer dan terbaru. Dengan menggunakan Deezer, kamu gak cuma bisa ngedengerin lagu aja. Tapi juga bisa mendengarkan siaran radio kesukaan kamu lho.

Aplikasi yang diluncurkan pada 2007 ini memang memiliki banyak fitur menarik dan juga unik yang bisa menambah keseruan kamu ketika sedang mendengarkan musik.

Deezer memiliki 6 versi akun yang bisa kamu buat sesuai dengan kebutuhan seperti Deezer Student, Deezer Family, Deezer Annual dan lain sebagainya.

Jangan khawatir soal biaya, kamu juga tetap bisa menggunakan versi gratisnya yang memiliki fitur tak kalah lengkap dari versi premium-nya. Deezer dapat diakses dari website, Aplikasi Android, iOS, Windows Mobile, hingga BlackBerry OS.


6. Google Play Music

Google Play Music

Mungkin kamu juga sudah sering pakai aplikasi ini untuk nyetel musik. Yep, Google Play Music adalah layanan streaming lagu, podcast dan perpustakaan musik online yang dibuat oleh Google.

Selain menawarkan streaming musik untuk perangkat yang tersambung ke Internet, aplikasi Google Play Music dapat memungkinkan kamu untuk menyimpan musik dan mendengarkannya secara offline.

Langganan Google Play Music tersedia dalam versi gratis (standar) maupun berbayar. Versi berbayarnya memberikan keleluasaan kepada user untuk streaming lagu apa pun yang ada di katalog Google Play Music, serta akses ke YouTube Music Premium.


7. Jango Radio

Jango Radio

Salah satu aplikasi pemutar musik online terbaik saat ini yaitu Jango Radio. Jango Radio merupakan platform khusus streaming lagu yang tersedia hampir di seluruh dunia.

Jango Radio juga menyediakan fitur yang berbeda dari aplikasi yang lain seperti rekomendasi playlist sesuai dengan mood atau perasaan kamu. Kerennya lagi, Jango Radio juga memiliki banyak lagu dengan berbagai macam genre yang bisa kamu simpan supaya bisa didengarkan terus-menerus.

Jango Radio diluncurkan pada tahun 2007 dan sekarang telah memiliki lebih dari 8 juta pengguna yang aktif. Aplikasi ini bisa diakses melalui aplikasi di smartphone maupun di PC atau laptop.


8. TuneIn

TuneIn

Kalau kamu suka mendengarkan siaran radio, TuneIn merupakan aplikasi yang tepat untuk kamu unduh. Aplikasi ini memfasilitasi kamu untuk mendengarkan berita paling up-to-date mengenai olahraga, musik, berita terbaru dan masih banyak lagi.

Tak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan radio, aplikasi ini juga sangat bermanfaat untuk streaming lagu terbaru dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi yang ditemukan pada tahun 2002 ini memang menawarkan banyak fitur menarik, terutama untuk mendengarkan radio atau musik. TuneIn telah digunakan oleh hampir 70 juta user dan aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai bahasa lho.


9. Shazam

Shazam

Kamu pernah dengerin lagu enak di suatu tempat dan nggak tau judul lagunya apalagi penyanyinya tapi pengen denger lagu itu lagi? Caranya gampang banget, install aja Shazam.

Shazam adalah aplikasi yang dimiliki dan dikembangkan oleh Apple Inc. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi musik, film, iklan, bahkan sampai acara televisi, hanya berdasarkan sampel pendek yang direkam menggunakan mikrofon pada perangkat.

Perangkat lunak yang diluncurkan pada Juli 2008  ini bisa dijalankan pada berbagai macam sistem seperti Android, iOS (termasuk Apple Watch), BlackBerry OS, dan Windows Phone.

Shazam juga tersedia untuk Mac, dan berfungsi sebagai aplikasi desktop yang ketika diaktifkan, tetap bekerja di latar belakang dan secara otomatis mengenali lagu apa pun yang diputar di dekat komputer. Wah keren banget kan?


10. LiveXLive

LiveXLive

Aplikasi yang dulunya bernama Slacker Radio ini merupakan layanan streaming musik online yang tersedia hampir di seluruh dunia. Tak hanya tersedia via aplikasi mobile, LivexLive juga bisa kamu akses di web PC atau laptop kamu.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat dan berbagi playlist musik sesuai keinginan dengan menyesuaikan pengaturan seperti genre lagu apa saja yang kamu sukai dan masih banyak lagi.

LiveXLive tersedia dalam beberapa versi seperti LiveXLive Basic Radio, LiveXLve Radio Plus (berbayar) dan LiveXLive Radio Premium (berbayar).

LiveXLive dapat digunakan untuk iPhone, iPod touch, WebOS, Android, BlackBerry, dan Windows Phone. Aplikasi ini juga telah memberikan kesempatan kepada para penggunanya untuk terhubung melalui Twitter, Instagram, serta Facebook.


11. Spinrilla

Spinrilla

Spinrilla adalah aplikasi terbaik untuk kamu yang menyukai musik hip-hop. Kamu dapat mendengarkan lagu langsung dari aplikasi atau mengunduhnya supaya bisa didengarkan secara offline, dan ada beberapa fitur untuk mencari lagu kesukaan kamu.

Di bagian atas aplikasi terdapat kolom yang dikhususkan untuk musik baru, lagu-lagu populer, dan single terbaik.

Tidak seperti beberapa aplikasi streaming musik lainnya, Spinrilla memungkinkan kamu untuk mix lagu apa pun, meninggalkan komentar di setiap lagu, membuat playlist sendiri dari lagu kesukaan, hingga menyimpan musik ke perangkat kamu.

Spinrilla juga menyediakan fitur radio yang memungkinkan Anda mendengarkan lagu-lagu top, musik instrumental, dan siaran radio sesuai dengan lokasi tinggal kamu. Kamu bisa mendapatkan aplikasi streaming musik ini di iOS maupun Android.


12. LangitMusik

Langit Musik

Salah satu aplikasi pemutar musik online terbaik kali ini berasal dari Indonesia. Yep, LangitMusik namanya. Aplikasi yang dirilis pada Januari 2010 ini merupakan kerjasama dari Telkomsel dan PT.MelOn Indonesia.

LangitMusik menjadi aplikasi pemutar musik pertama di Indonesia yang berhasil mengurangi pembajakan karya musik yang biasanya marak terjadi di Indonesia.

Tak hanya bisa digunakan untuk streaming lagu terbaru saja, aplikasi ini juga menyediakan fitur download untuk menyimpan lagu favorit ke perangkat kamu.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk smartphone dengan sistem Android, iOS hingga Blackberry.


13. Apple Music

Apple Music

Apple Music adalah layanan streaming musik dan video yang dikembangkan oleh Apple Inc.

Dengan aplikasi ini kamu bisa memilih fitur streaming lagu baru dan populer untuk didengarkan di smartphone kamu, kamu juga bisa membuat playlist berisi lagu-lagu favorit yang dapat menjadi moodbooster untuk menjalani hari yang berat.

Aplikasi yang diluncurkan pada Juni 2015 ini memungkinkan kamu untuk streaming hingga lebih dari 50 juta lagu pada setiap perangkat.

Kerennya lagi, Apple Music menawarkan playlist yang dibuat oleh para pakar musik dan rekomendasi yang disesuaikan dengan preferensi musik yang kamu suka.

Walaupun dibuat dan dikembangkan oleh Apple Inc, aplikasi ini bisa juga didownload oleh kamu yang punya smartphone dengan sistem Android.


14. Musi Stream

Musi Stream

Musi merupakan aplikasi sederhana yang memungkinkan Anda menambahkan video dari YouTube dan SoundCloud ke playlist khusus milik kamu sendiri.

Aplikasi ini juga bisa bekerja di belakang layar sehingga kamu dapat mendengarkan lagu dengan santai tanpa harus membuat aplikasi terus-terusan terbuka.

Kamu dapat secara manual mencari musik atau menelusuri lagu-lagu populer yang lagi trending, serta melihat video berdasarkan genre atau mengimpor playlist yang sudah dibuat langsung dari SoundCloud.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur Timer yang bisa kamu atur kapan  tepatnya musik akan mati, fitur yang sempurna jika kamu suka mendengarkan lagu kalau mau tidur.


15. Youtube Music

Youtube Music

YouTube Music adalah salah satu aplikasi pemutar musik terbesar di dunia. Aplikasi ini bisa kamu akses dengan gratis tapi mungkin ada beberapa iklan yang agak mengganggu.

Kalau kamu nggak pengen ribet dengan ngedengerin iklan yang kadang rese atau pengen mendengarkan lagu secara offline, maka kamu akan perlu berlangganan YouTube Music Premium, yang biayanya $ 10 per bulan.

Gak cuma bisa dipakai untuk dengerin lagu aja, aplikasi ini juga bermanfaat untuk memanjakan mata kamu yang suka melihat video klip bagus.

Baca Juga : Cara Download Video YouTube Paling Mudah!


16. Amazon Music

Amazon Music

Kamu mungkin udah nggak asing dengan nama yang satu ini. Yep, Amazon! Selain membuat platform untuk berbelanja, Amazon juga berhasil meluncurkan aplikasi khusus streaming musik online yang bernama Amazon Music.

Amazon Music memiliki tampilan yang menarik serta fitur streaming-nya yang cukup bagus. Aplikasi ini juga memberikan akses ke banyak lagu secara gratis, dan kamu bisa membuat playlist yang berisi lagu favorit kamu sendiri.


17. 8tracks

8tracks

Aplikasi pemutar musik online lainnya adalah 8tracks yang hanya bisa kamu unduh melalui perangkat dengan sistem iOS.

Kamu bisa mendapatkan akses ke banyak playlist secara gratis dan semuanya dibuat oleh orang yang ahli di bidang musik.

Meskipun aplikasi gratis ini tapi kamu harus siap terganggu dengan iklan yang bisa muncul kapan saja. Jika kamu berniat untuk buang-buang uang, kamu bisa mencoba untuk berlangganan paket 8tracks Plus, yang memiliki fitur mendengarkan musik tanpa iklan dan tanpa batas yang tentu saja ini berbayar setiap bulannya.


18. Stingray Qello Concert

Stingray Qello Concert

Stingray Qello Concert merupakan salah satu aplikasi andalan dari ranah streaming yang bisa kamu coba.

Stingray Qello Concerts memungkinkan kamu untuk melihat banyak sekali lagu yang dibawakan dalam versi ‘langsung’.

Aplikasi ini juga memberi kamu akses on-demand ke konser musik dan film dokumenter memukau dari orang-orang seperti Pink Floyd, Nirvana, Lady Gaga, dan masih banyak lagi.

Stingray Qello Concert juga menyediakan lebih dari 2000 konser langsung dari artis favorit kamu. Aplikasi ini memang sangat cocok buat kamu yang low-budget tapi pengen merasakan sensasi nonton konser.


19. AudioMack

AudioMack

Buat kamu yang suka banget musik dengan genre Rap atau EDM, aplikasi bernama AudioMack ini sepertinya patut kamu coba.

Pada dasarnya, aplikasi ini adalah layanan musik yang dipersonalisasi dan berisi algoritma yang bisa men-switch musik tanpa henti untuk kamu yang bisa diatur dengan memasukkan suka dan tidak suka ke dalam akun pribadi saat kamu mendengarkan lagu.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mendengarkan karya The Chainsmokers, Martin Garrix dan DJ kelas dunia lainnya.

Gak cuma memfokuskan ke genre Rap atau EDM saja, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam lagu dengan genre yang beragam.

AudioMack juga tersedia dalam 2 versi, gratis atau berbayar. Kurangnya dari aplikasi gratis adalah adanya iklan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of