10 Aplikasi Perpustakaan Terbaik untuk Smartphone!

Pandemi corona memang membawa banyak perubahan pada gaya kehidupan kita. Selain membuat kamu harus lebih menjaga kebersihan dari biasanya, sekarang ini semua orang termasuk kamu juga wajib melakukan physical distancing alias jaga jarak.

Kamu mungkin udah ngelakuin banyak hal selama masa physical distancing yang sudah berlangsung lebih dari sebulan ini. Entah itu bikin tugas sekolah atau WFH atau kerja di rumah.

Tapi, kegiatan yang repetitif dan gitu-gitu aja udah pasti bikin kamu bosen. Tentunya, yang kamu butuhkan sekarang ini adalah sesuatu untuk membangkitkan semangat supaya bisa mengerjakan semuanya dengan baik seperti sedia kala.

Nah, kebetulan banget nih! Daripada bingung mau ngisi waktu pakai cara apa, lebih baik kamu menginstall aplikasi perpustakaan dan menambah ilmu baru. Untuk itu, yuk simak langsung ulasannya di bawah ini!


1. OverDrive

OneDrive merupakan aplikasi perpustakaan yang dikembangkan oleh developer dengan nama yang sama yaitu OneDrive, Inc. Dengan aplikasi ini, kamu bisa meminjam e-book apa pun dengan sangat mudah hanya dengan sekali klik saja.

Bukan cuma itu, OneDrive juga memungkinkanmu untuk menggunakan audiobook dan streaming video belajar yang ada di perpustakaan mereka.

Gak usah khawatir, OneDrive menyediakan lebih dari 40.000 perpustakaan dari seluruh dunia yang bisa kamu akses dengan bebas secara gratis!

Aplikasi ini tersedia 24 jam tanpa batas dan bisa kamu pakai kapan pun dimana pun. OneDrive juga selalu mengupdate perpustakaan yang mereka miliki sehingga kamu bisa membaca buku-buku baru tanpa mesti ketinggalan lagi.


2. Libby

Mau minjem ribuan e-book atau audiobook dengan cara yang gampang dan instan? Install aja aplikasi Libby! Di Libby, kamu bisa menemukan berbagai macam jenis e-book dan meminjamnya secara gratis.

Kamu hanya memerlukan beberapa ketukan untuk menemukan dan meminjam buku yang kamu suka lalu memasukkannya ke Kindle (penyimpanan buku) supaya bisa kamu baca dikemudian hari.

Kerennya lagi, Libby memiliki e-book built in yang inovatif serta audiobook yang informatif. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan interface yang unik dan interaktif. Cocok banget buat kamu yang masih pemula agar tidak kesulitan ketika menggunakannya.

Baca Juga : 8 Pilihan Aplikasi Untuk Baca Novel Online


3. Handy Library (Book Manager)

Belum pernah denger ada aplikasi buku yang bisa scan barcode lalu memunculkan detail buku seperti judul, pembuat, publisher, dan masih banyak lagi kan? Nah, pas banget nih, ternyata ada aplikasi bernama Handy Library yang bisa melakukan semuanya!

Aplikasi ini bukan kayak aplikasi lain yang bisa kamu pakai untuk baca e-book, tapi sebenarnya lebih ke memudahkan kamu supaya bisa mengetahui deskripsi buku yang kamu suka.

Handy Library buatan Lokyluck ini juga dapat kamu gunakan untuk mengatur penyimpanan buku di perpustakaan rumah yang kamu miliki.


4. My Library (Julien Keith)

Walaupun My Library punya interface yang pas-pasan dan kurang menarik, tapi jangan main-main sama fitur yang mereka tawarkan.

Aplikasi gratis yang satu ini memungkinkanmu untuk membuat perpustakaanmu sendiri hanya bermodalkan smartphone. Gak jauh beda sama aplikasi sebelumnya, My Library juga mampu dipakai untuk scan barcode supaya kamu bisa menemukan detail dan deskripsi buku yang kamu suka.

Bukan cuma bisa scan barcode buku, tapi akan secara otomatis menyimpan buku di perpustakaanmu sendiri supaya bisa kamu baca. Keren, kan?


5. BorrowBox Library

Aplikasi bernama BorrowBox Library yang dikembangkan oleh Bolinda Digital ini memang menunjukkan keunggulannya dalam mempermudahmu untuk mencari dan meminjam e-book atau audiobook apa saja dengan cepat.

BorrowBox Library akan membuat kegiatan pencarian buku semakin mudah karena setiap buku dikelompokkan berdasarkan genre atau daftar yang dikuratori khusus. Bukan cuma itu, ada juga pengelompokkan buku dari kategori umur pembacanya, lho.

Layaknya perpustakaan fisik pada umumnya, BorrowBox Library juga menerapkan sistem kadaluarsa apabila buku yang kamu pinjam sudah melewati batas waktu yang sudah ditentukan. Kerennya lagi, kamu juga bisa melakukan perpanjangan pinjaman kapan pun kamu mau.

Baca Juga : 20 Aplikasi Nonton Drama Korea di Android (2020)


6. Google Play Books

Kamu pasti sudah gak asing lagi sama nama yang satu ini. Ya, seperti gak mau kalah sama aplikasi lainnya, Google juga meluncurkan layanan perpustakaan online yaitu Google Play Books.

Pilihlah jutaan buku terlaris dari mulai komik, textbook, sampai audiobook. Download buku kesukaanmu untuk dibaca atau didengarkan saat bepergian.

Saat kamu sudah selesai membaca satu buku, cari buku selanjutnya untuk dibaca dari rekomendasi yang dipersonalisasi hanya untukmu.

Dengan Google Play Books, kamu bisa mengklik halaman dan baca komik atau manga favoritmu yang seakan-akan jadi hidup dengan fitur Bubble Zoom.

Gunakan pengaturan Night Light, kamu bisa secara otomatis menyesuaikan warna background dan kecerahan untuk memudahkan kamu untuk membaca sambil tiduran.


7. Amazon Kindle

Tambahkan semangat membacamu dengan menggunakan aplikasi perpustakaan bernama Amazon Kindle yang bisa kamu gunakan kapan pun dimana pun.

Amazon Kindle menyediakan lebih dari 1000 buku, majalah, dan komik apa pun untuk menambah ilmu dan mengisi waktu luangmu.

Aplikasi ini memungkinkanmu untuk membaca buku online sesuai dengan caramu. Misalnya kamu kepingin mengubah jenis font, ukuran font, atau orientasi bentuk seperti portrait dan landscape.

Kalau kamu tidak mengerti beberapa kata dari e-book yang sedang kamu baca, kamu hanya perlu mengetuk kata tersebut lalu tahan lama untuk melihat definisinya.

Lacak perkembangan bacaan kamu dengan jumlah persenan yang ada di buku tersebut dan berapa banyak waktu yang tersisa dalam bab berdasarkan kecepatan membacamu.


8. Home Library

Home Library adalah aplikasi yang sangat nyaman untuk membaca buku yang berisi lebih dari 2.400 karya klasik sastra Inggris dan mencakup hampir semua genre dari mulai fiksi, risalah filosofis, jurnalisme opini, memoar, buku anak-anak, dan masih banyak lagi.

Sekarang kamu tidak perlu kesulitan mencari buku sastra Inggris, cukup unduh aplikasi ini dan kamu akan selalu memiliki koleksi e-book paling lengkap.

Home Library menyediakan lebih dari daftar 370 penulis, kamu akan terkejut menemukan nama-nama terkenal seperti Charles Dickens, Arthur Conan Doyle, O. Henry, Jack London, Edgar Allan Poe, Robert Louis Stevenson, Mark Twain, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini memiliki interface yang sederhana dengan fitur dan opsi yang user-friendly untuk membuat proses bacaanmu nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga : 23 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik (Temukan Teman Hidupmu di Sini!)


9. Let’s Read – Digital Library of Children’s Books

Aplikasi perpustakaan bernama Let’s Read ini sangat cocok digunakan untuk anak-anak karena penuh dengan cerita berkualitas tinggi dalam berbagai macam bahasa.

Gak perlu takut kehabisan bahan bacaan, Let’s Read terus-menerus mengupdate buku baru ke perpustakaan mereka sepanjang waktu!

Jangan khawatir, semua buku 100% yang ada di sini gratis dan berlisensi secara terbuka. Untuk menghemat kuota, kamu bisa mendownload buku selagi ada Wi-Fi supaya kamu bisa membacanya secara offline.


10. Wattpad

Punya kisahmu sendiri untuk diceritakan? Bagikan kisah original di Wattpad dan jadilah penulis terkenal.

Di Wattpad kamu gak cuma bisa baca cerita aja, tapi juga menulis kisahmu supaya bisa dibaca oleh semua orang di seluruh dunia.

Wattpad akan menghubungkanmu dengan komunitas global yang memiliki 80 juta pembaca serta penulis dimana pun mereka berada.

Di Wattpad kamu bisa menemukan cerita dengan berbagai macam genre sesuai dengan preferensi pribadimu dari mulai romance, thriller, sci-fi, dan masih banyak lagi.

Bukan cuma itu, kamu juga dapat memberi tanggapan atau komentar terhadap cerita yang sedang kamu baca.

Aplikasi ini punya interface yang sangat enak diliat juga mudah digunakan. Warnanya juga pas dan gak terlalu ramai.

0 0 vote
Article Rating

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments