6 Pilihan Aplikasi Piano untuk PC & Laptop Terbaru

Windows 10 dan Mac OS adalah sistem operasi serba guna yang sangat cepat. Kamu dapat memakai ini untuk menjalankan aplikasi apapun dari mulai pendidikan, pekerjaan, game, dan belajar alat musik!

Gak heran kalau banyak musisi yang menggunakan keduanya untuk menciptakan aransemen musik, salah satunya adalah lewat piano virtual.

Mengapa menggunakan piano virtual? Tentunya aplikasi piano virtual punya banyak keunggulan ketimbang piano tradisional. Pertama, kamu gak perlu buang-buang uang untuk membeli piano atau keyboard mahal karena software piano untuk Windows 10 dan Mac biasanya tersedia gratis.

Selain itu, piano virtual memungkinkanmu untuk merekam hasil kreatifitasmu sendiri dengan lebih mudah.

Jadi, jika kamu calon musisi yang sedang mencari aplikasi piano terbaik untuk PC, maka kamu datang ke tempat yang tepat. Mau tau aplikasi piano apa saja yang masuk ke daftar rekomendasi kami? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!


1. Adobe Audition

Di Internet, ada banyak perangkat lunak piano virtual yang bisa kamu pilih. Tapi, gak ada yang semenarik Adobe Audition.

Adobe Audition memang bukan aplikasi piano biasa, ini dilengkapi dengan fitur dan plugin yang biasa ditemukan di studio musik lengkap!

Aplikasi ini menyediakan lusinan fitur pengeditan audio yang menghemat waktu dan efek yang kuat termasuk Doppler Shifter dan Graphic Phase Shifter.

Selain itu, tampilan yang user-friendly dalam menyediakan work room panel, alat analisis suara, dan panel Mixer membuat aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh pemula.

Lihat fitur utama paling menarik yang disertakan dalam alat pengeditan audio ini:

  • Fitur restorasi audio yang sangat efektif.
  • Browser Medianya menjamin manajemen sesi yang efisien.
  • Mendukung berbagai format file audio dan codec.
  • Penyesuaian beberapa trek sekaligus.

Sayangnya aplikasi ini berbayar. Ya gak apa-apa sih berbayar kalo udah terjamin kualitasnya. Setuju gak?


2. A73 Piano Station

A73 Piano Station nampaknya tidak kekurangan fitur-fitur hebat untuk menciptakan musik terbaik. Aplikasi ini memiliki satu hal yang membuatnya menonjol dari yang lain. A73 Piano Station punya tampilan interface yang sangat estetik dan mudah digunakan.

Bahkan, tampilannya persis seperti keyboard profesional di dunia nyata, lengkap dengan tampilan informasi dan kontrol slider.

Tentu saja, perangkat lunak piano virtual ini tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga dikemas dengan fitur luar biasa.

Sebagai permulaan, ada keyboard enam oktaf berukuran cukup besar yang tidak hanya memungkinkanmu untuk mengeluarkan ide kreatif, tapi juga bisa memainkan lebih dari 100 alat musik virtual, termasuk drum, gitar, dan bass.

Salah satu fitur paling berguna dari aplikasi piano ini adalah kamu mampu memainkan tiga instrumen berbeda secara bersamaan.

Ada juga opsi untuk menyimpan musik yang sedang dibuat. Ini berarti kamu gak perlu mendownload software pihak ketiga untuk menggabungkan dan merekam komposisi musikmu.

A73 Piano Station juga menyediakan dokumen terperinci yang dapat membantu penggunaan jika kamu tidak tahu cara mengoperasikan fungsi aplikasi tertentu.

Secara keseluruhan, A73 Piano Station adalah salah satu yang terbaik dalam piano virtual yang kompatibel dengan OS Windows 10.

Baca Juga: 13 Aplikasi Edit Audio dan Lagu di PC


3. Sweet Little Piano

Aplikasi bernama Sweet Little Piano ini memang agak menipu karena terlihat sederhana tetapi sebenarnya kaya akan fitur.

Sweet Little Piano pada dasarnya adalah piano virtual, namun juga dapat digunakan sebagai seruling virtual, gitar, akordeon, dan alat musik lainnya.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengubah interface pengguna dan tata letak keyboard agar sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa mengubah nada menjadi tajam atau datar.

Hal unik tentang perangkat lunak ini adalah ia memiliki tombol keyboard yang telah dipetakan sebelumnya yang menghasilkan catatan MIDI. File audio MIDI sangat bagus untuk musisi, karena dapat dengan mudah direkam dan diedit.

Jadi, kalau kamu mencari aplikasi yang mudah digunakan dan kaya akan fitur, maka kamu harus mencoba Sweet Little Piano.


4. My Piano Phone

My Piano Phone merupakan aplikasi piano virtual yang cukup penting. Ini memiliki berbagai macam lagu terintegrasi, yang dapat kamu gunakan untuk remix dan belajar menambah musik baru.

Ada fitur lain di aplikasi ini yang memungkinkanmu untuk menggunakan satu atau dua keyboard secara bersamaan. Ada juga drum kit, yang dapat kamu gunakan untuk membantu menjaga irama permainan atau untuk menambah instrumen pada musik buatanmu.

Aplikasi ini juga memiliki instrumen virtual lainnya, seperti gitar elektrik, gitar akustik, terompet, biola, piano elektrik, dan lainnya.

Satu-satunya kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak ada opsi untuk merekam. Sebagian besar pengguna biasanya menggunakan aplikasi ini murni untuk belajar membuat musik saja.

Baca Juga: 15 Aplikasi DJ Terbaik untuk PC


5. Virtual MIDI Piano Keyboard

Virtual MIDI Piano Keyboard sangat ideal untuk pemain piano profesional atau musisi yang menginginkan program piano tanpa fungsi yang tidak perlu.

Interface yang dihadirkan aplikasi ini memang bukan sesuatu yang membuatmu terkesan, tetapi cukup jelas dan mudah digunakan. Desainnya jelas lebih mengutamakan kepraktisan daripada estetika, yang sekali lagi ideal untuk para profesional.

Penting untuk dicatat bahwa program ini tidak bisa menghasilkan suara apa pun. Jadi, kamu memerlukan synthesizer MIDI untuk menghasilkan musik.

Kamu dapat menampilkan catatan dari instrumen lain yang terhubung ke port MIDI PC atau laptopmu. Kamu juga bisa mengubah suara dengan menyesuaikan opsi Transpose atau Base Octave.

Kontrol lain yang tersedia di aplikasi ini mencakup phaser depth, expression, dan modulasi. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menghasilkan berbagai macam suara beberapa alat musik dari mulai piano biasa, akordeon tango, sampai grand piano.

Virtual MIDI Piano Keyboard memang aplikasi piano serbaguna yang sangat cocok digunakan oleh para profesional.


6. Everyone Piano

Everyone Piano mampu menghasilkan suara yang secara akurat mensimulasikan piano asli. Faktanya, suara dari Everyone Piano terdengar begitu autentik, bahkan seperti mensimulasikan pedal piano.

Selain bisa membuat suara piano terasa sangat nyata, aplikasi ini memungkinkanmu untuk merekam (record), menyesuaikan keyboard, memutar ulang (replay), memainkan halftone, dan masih banyak lagi.

Uniknya lagi, kamu bisa mendownload berbagai plugin yang dapat meningkatkan tampilan estetik di aplikasi ini. Fitur lainnya di Everyone Piano adalah dukungan untuk keyboard MIDI eksternal dan VSTI.

Ada juga 3 mode berbeda: mode Anak, mode Dewasa, dan Mode Tua. Ketiga mode tersebut memiliki materi yang berbeda dari kemampuan merekam hingga pengajaran. Keren, kan?

Nah, itu dia beberapa aplikasi piano terbaik untuk PC atau laptop yang bisa kamu coba. Semoga ulasan ini bisa membantumu menentukan aplikasi paling pas supaya kamu bisa jadi pemain piano profesional atau membuat instrumen musikmu sendiri. Selamat mencoba!

Ashya Ravika

Kreator konten profesional dengan banyak pengalaman di perusahaan digital seperti Tokopedia, Kompas, Asmaraku, dan Hijup.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x