7 Website dan Aplikasi Membuat CV Terbaik 2019

Baru lulus sekolah atau sudah lama ‘nganggur’ dan pengen segera dapat kerja? Yuk bikin CV yang bagus dan menarik.

CV sendiri adalah singkatan dari Curriculum Vitae yang merupakan komponen utama atau langkah pertama dalam pencarian kerja.

Mengapa Anda CV yang bagus itu penting? Ya tentu saja untuk menarik perhatian HRD di tempat Anda melamar kerja. Karena sudah pasti yang melamar bukan cuma Anda, dan CV juga dapat memberitahu pihak HRD apa yang telah Anda capai di masa lalu, serta apa yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan.

Kalau dulu Anda membuat CV dengan cara menulis diatas kertas atau membuatnya menggunakan Microsoft Word, kini tak perlu repot. Ada berbagai aplikasi dan website yang bisa Anda gunakan untuk membuat CV secara online.

Cara ini jauh lebih mudah dan tidak makan banyak waktu, selain itu CV juga bisa dibuat lewat HP lho! Daripada makin penasaran, yuk langsung aja disimak ulasannya di bawah ini.


1. Canva

Canva adalah salah satu pembuat CV online terbaik untuk menuangkan kreativitas Anda. Jarang sekali Anda bisa menemukan pembuat CV online yang gratis serta menawarkan begitu banyak keunikan dalam segi desain dan bentuk.

Canva menyediakan banyak template, background dengan berbagai gaya dan tata letak. CV pun sangat mudah untuk diedit atau dikustom dari mulai mengganti ukuran font, model, garis, hingga penspasian paragraph pun dapat Anda ubah.

Canva juga menyediakan berbagai format unduhan CV dari mulai pdf, docx dan jpeg serta memberikan fitur share jika Anda mau membagikan CV.

Canva dapat membawa CV Anda ke level yang lebih tinggi. Jika Anda terhubung dengan profesi seperti menulis, fotografi, atau apa pun yang berhubungan dengan kreatifitas, Canva adalah pilihan yang tepat yang bisa dicoba.


2. Visual CV

Visual CV adalah website yang menawarkan beberapa template dan pilihan desain untuk CV Anda. Sebelum mulai untuk membuat CV, Anda harus membuat akun terlebih dahulu.

Di Visual CV, Anda dapat menambahkan bagian sesuai dengan pilihan Anda, atau mengganti bagian yang ada sesuai dengan preferensi Anda.

Cek: Cara membuat google form!

Visual CV juga hanya menawarkan model dasar dari pembuatan CV. Tidak banyak penyesuaian atau pilihan desain yang tersedia secara gratis di sini. Namun, Visual CV tetap kami sarankan untuk dicoba karena cocok bagi Anda yang mau membuat CV simpel dalam waktu singkat.


3. Resume.com

Jika menyangkut soal tampilan, Resume.com akan mengalahkan sebagian besar pesaingnya dengan mudah. Itu karena website pembuat CV ini menawarkan banyak template dan metode pengeditan yang bagus. Resume.com juga mudah digunakan.

Anda harus membuat akun sebelum dapat membuat CV. Resume.com memperlihatkan semua bagian CV yang ada dalam satu gambar, dan Anda dapat mengedit setiap bagian dengan mengkliknya.

Anda dapat menambah atau mengubah hingga mengganti setiap bagian yang ada. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memindahkan kolom atau tulisan ke atas atau bawah sesuai dengan kebutuhan.

Resume.com adalah salah satu pembuat resume online terbaik dan yang paling penting, mereka bisa digunakan secara gratis. Walaupun template yang ada cukup standar. Namun, tetap terlihat elegan dan menarik.

Anda juga bisa membagikan, mencetak, atau mengunduh resume Anda dalam berbagai format.


4. Enhancv

Enhancv adalah situs yang menawarkan banyak fitur pembuatan CV secara gratis. Banyak template dan desain yang tersedia. Anda juga dapat mengunduh CV yang Anda buat dalam format pdf, tetapi Anda harus membuat akun terlebih dahulu.

Enhancv adalah salah satu pembuat CV online terbaik. Versi premium mereka tentu saja lebih baik dan lebih lengkap, tetapi Anda tetap bisa kok membuat CV yang keren hanya dengan menggunakan versi gratisnya saja.

Ketika Anda membutuhkan CV yang terlihat profesional, Enhancv menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.


5. Standard Resume

Seperti namanya, layanan pembuat CV online ini cukup standar dan sederhana. Mereka tidak menawarkan sesuatu yang luar biasa dalam hal desain, tata letak, atau fitur.

Standard Resume hanya cocok untuk Anda yang menyukai desain minimalist tapi tetap terlihat profesional. Anda harus membuat akun sebelum menggunakan layanan mereka.

Kami merekomendasikan Standard Resum karena pembuat CV ini menawarkan opsi ‘impor data’ dari LinkedIn, dan Anda tidak perlu menghabiskan waktu hanya untuk mengetik semua detail yang diperlukan untuk membuat CV.

Ketika Anda perlu membuat CV tapi juga sedang terburu-buru, Standard Resume dapat bermanfaat bagi Anda.


6. Easy Resume Builder

Aplikasi ini dapat membantu Anda membuat CV professional dalam hitungan menit saja dan sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kalinya membuat CV.

Easy Resume Builder mempunyai tampilan yang sederhana dan tentu saja sangat mudah untuk digunakan. Menariknya, semua fitur dalam Easy Resume Builder ini bisa Anda gunakan dengan gratis.

Baca juga: Cara efektif melakukan penilaian terhadap karyawan


7. Cake Resume

Seperti yang lainnya, Cake Resume juga mengharuskan Anda membuat akun sebagai langkah pertama. Saat Anda melanjutkan, kotak dialog muncul di layar, dan Anda harus mengisi formulir online tentang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan detail lainnya.

Dengan Cake Resume, Anda dapat mengunduh resume Anda secara gratis dalam versi pdf, mengubah desain, dan menggunakan beberapa template gratis. Walaupun ada layanan berbayar, pembuat CV online ini juga menawarkan banyak fitur secara gratis.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of