Besarnya Penggunaan Internet di Game Online PC

Teknologi informasi yang terus berkembang dewasa ini membuat dunia game juga berkembang dengan pesat dimana game online semakin meningkat pesat dimana game semakin “berat” dan membutuhkan respon tinggi saat bermain online untuk menciptakan pengalaman terbaik dalam bermain game.

FIFA 19, PUBG, Dota 2, hingga game online legendaris: Counter Strike Global Offensive adalah game yang saat ini sedang populer dan bisa dimainkan secara multiplayer. Dengan pesatnya kemajuan seperti ini, tentunya kamu bertanya-tanya berapa besarnya penggunaan internet di game online pc?

Simak jawabannya dibawah!

Baca juga: Besarnya Penggunaan Internet di Game Online Android


Besar penggunaan internet di game online PC

Sebenarnya penggunaan kuota internet untuk gaming tidaklah sebesar yang dibayangkan. Walaupun sebenarnya penilaian ini sangat relatif, namun tidak sebesar mendengarkan musik atau nonton youtube kok, jadi kamu bisa sedikit bernafas lega.

Sebagai contoh untuk mendengarkan musik audio dengan kualitas HQ selama 1 jam kamu akan menghabiskan kuota internet sebesar 125MB dan kalau kamu melakukan streaming video 4K selama 1 jam kamu akan menghabiskan kuota internet sebesar 7GB.

Sekarang kita buat perbandingannya dengan game online, rata rata kamu hanya mengeluarkan kuota internet sebesar 10MB sampai 100MB saja untuk bermain game online selama 1 jam.

Sebelum ngebet ingin menghemat kuota internet di game online, sebaiknya lihat dulu data penggunaan internet untuk setiap game-game online populer dibawah:

  1. Destiny 2, data yang digunakan adalah sekitar 300 MB data per jamnya.
  2. League of Legends, data yang digunakan adalah sekitar 45 MB data setiap jamnya.
  3. PUBG, data yang digunakan adalah sekitar 50 MB data setiap jamnya.
  4. Dota 2, data yang digunakan adalah sekitar 120 MB data setiap jamnya.
  5. Overwatch, data yang digunakan adalah sekitar 135 MB data setiap jamnya.
  6. Counter Strike: Global Offensive, data yang digunakan adalah sekitar 250 MB data per jamnya.

Semakin banyak jumlah pemain yang bermain dalam satu game, kuota yang digunakan akan semakin besar dibandingkan kalau kamu bermain sendirian.

Ambil contoh game open world PC seperti GTA V, saat sedang sepi kamu hanya membutuhkan kuota data sebesar 30-50 MB saja setiap jam nya, namun saat pemain lain sudah datang dan mencapai 50 orang dalam satu server yang sama dan saling berinteraksi satu sama lain maka kebutuhan kuota internet kamu adalah 150 MB setiap jamnya

Sama juga dengan PUBG, dimana kamu akan bermain dengan 100 orang dalam setiap match. Disaat kamu bermain tidak terlalu bertemu banyak lawan selama 30 menit, dibandingkan dengan berain selama 10 menit dan kamu sudah bertemu dengan 20 orang lawan maka kuota penggunaan internet kamu sudah pasti akan jauh berbeda.


Total Penggunaan Kuota Internet

Penjelasan diatas hanyalah untuk penggunaan kuota selama bermain yang tidak terlalu memakan kuota internet. Namun sebenarnya game online yang ada di PC ataupun smartphone sebenarnya memiliki satu musuh utama.

Satu musuh utama yang merupakan sumber penyedot kuota internet terbesar adalah DLC atau downloadable content. Akan sangat terasa kalau kamu mengaktifkan fitur auto download patch.

GTA V ukuran patch 2gb

Kita bisa melihat game yang sudah digabungkan dengan DLC.

  1. GTA V total data yang digabungkan dengan DLC adalah 66 GB.
  2. Gears of War 4 total data yang digabungkan dengan DLC adalah 350 GB.
  3. Watch Dogs 2 total data yang digabungkan dengan DLC adalah50 GB.
  4. Halo 5 total data yang digabungkan dengan DLC adalah 100 GB.
  5. Call of Duty Infinite Warfare total data yang digabungkan dengan DLC adalah 70 GB.

Inilah yang harus diantisipasi sebenarnya, karena patch patch inilah yang akan menyedot kuota internetmu. Contoh lain lagi adalah PUBG online yang setiap patch nya mengharuskanmu untuk download sebesar 200MB hingga 500MB.

Bijaklah dalam bermain game online, karena akan sangat menyedot kuota internet kamu secara signifikan. Selain itu yang harus kamu ketahui, berlama lama bermain game tidak hanya akan menghabiskan kuota internet kamu. Tapi juga akan mengganggu kehidupanmu yang sesungguhnya di dunia nyata.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of