Cara Ampuh Membersihkan RAM Android!

Selain kehabisan storage, kehabisan RAM adalah permasalahan yang sering ditemui para pengguna handphone Android. Akibatnya banyak aktivitas yang terganggu, termasuk aktivitas multitasking yang sering dilakukan seperti gaming, chatting, browsing, streaming dan masih banyak lagi.

Namun jangan kuatir, karena kali ini kami akan memberikan tips cara membersihkan ram android supaya aktivitasmu lancar kembali.

Tapi sebelum membahas mengenai cara membersihkan ram android, kamu harus tahu terlebih dahulu berapa kapasitas RAM yang dimiliki handphone kamu. Karena bisa jadi kapasitas RAM tidak imbang dengan aplikasi dan game yang kamu install, karen akan mempengaruhi secara langsung performa Android kamu.

Cek juga: Pilihan smartphone dengan RAM terbesar!


1. Bersihkan RAM Lewat Pengaturan

Membersihkan RAM android dari pengaturan

Cara paling mudah untuk membersihkan RAM di Android adalah dengan tahap sebagai berikut:

  • Masuk ke Settings
  • Pilih Device maintenance
  • Pilih Memory
  • Klik CLEAN NOW

Kalau sudah, maka ponsel android anda akan otomatis menghapus semua isi RAM yang tidak berguna. Tapi ini bukan menyelesaikan akar masalahnya. Akar masalah yang perlu anda atasi adalah, kenapa RAM selalu kepenuhan? Tahap tahap berikut akan memandu anda supaya RAM tidak selalu kepenuhan.


2. Rutin membersihkan cache

Membersihkan cache android

Tidak semua handphone dilengkapi dengan aplikasi pembersih bawaan, hanya pada tipe tipe tertentu. Kalau kamu tidak memilikinya kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu download di Playstore.

Cache ini sangat berguna untuk membuat proses jalannya aplikasi menjadi lebih cepat. Tapi permasalahannya kalau lama tidak dibersihkan cache akan menumpuk, termasuk cache aplikasi yang tidak terlalu kamu gunakan.

Akibatnya handphone akan terasa sangat berat saat digunakan. Bersihkan cache ini secara rutin untuk membersihkan RAM Android supaya terasa lebih ringan. Cara ini akan sangat efektif untuk membuat handphone terasa segar kembali.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah dengan masuk ke Settings > Device maintenance > Storage, lalu klik CLEAN NOW. Cara ini sangat efektif dalam membersikan cache dan membebaskan sejumlah memori penyimpanan sehingga kamu bisa lebih leluasa dalam menggunakan handphone. Selain itu kamu bisa juga menghapus sampah pada handphone Android kamu.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan RAM Laptop Paling Efektif!


3. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

cara membersihkan ram android - Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Aplikasi walapun tidak digunakan akan menguras RAM, apalagi kalau aplikasi yang jarang digunakan atau malah tidak digunakan sama sekali sampai menumpuk di handphone. Akan mengakibatkan RAM menjadi penuh dan membuat kinerja handphone Android kamu menjadi sangat lambat.

Dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan kamu akan membersihkan sekaligus membebaskan RAM handphone Android kamu, apalagi kalau handphone yang kamu gunakan termasuk handphone dengan spek rendah alias handphone kentang.


4. Jangan Terlalu Banyak Menginstall Aplikasi

Ini cukup berkaitan dengan poin diatas, dimana kalau menginstall aplikasi terlalu banyak maka akan banyak juga aplikasi yang tidak terlalu sering alias jarang digunakan. Jadi akibatnya akan menumpuk dan akan RAM menjadi penuh dan malah memperlambat handphone.

Sesuaikan aplikasi dengan RAM handphone yang kamu miliki, apalagi kalau RAM kamu relatif kecil dibawah 2GB. Jadi kalau kamu mendadak sering mengalami aplikasi yang force close, maka ini adalah salah satu penyebabnya. Install aplikasi yang penting dan yang benar benar dibutuhkan saja supaya tidak membebani handphone.


4. Kurangi Penggunaan Widget

Kurangi Penggunaan Widget

Widget memang bisa mempercantik tampilan handphone, kamu bisa menambahkan banyak widget baik dari bawaan handphone ataupun download dari Playstore. Tapi penggunaan widget ini juga akan membebani RAM.

Semakin banyak widget yang digunakan, maka akan semakin banyak pula RAM yang digunakan. Akhirnya akan membuat handphone akan terasa berat dan lambat. Sebaiknya kurangi penggunaan widget, kalaupun menggunakan pilih yang benar benar penting dan sering digunakan.


5. Hapus Aplikasi Bawaan

Hapus Aplikasi Bawaan

Setiap handphone pasti akan disertai dengan aplikasi bawaan. Beberapa aplikasi bawaan itu berguna dan sering kita gunakan, namun permasalahannya tidak jarang juga aplikasi bawaan sama sekali tidak kita gunakan. Untuk itu kamu bisa menghapus aplikasi bawaan supaya tidak terlalu membebani handphone kamu, terutama yang tidak pernah digunakan.

Apabila kamu mendapati aplikasi bawaan yang tidak bisa di uninstall maka kamu bisa downgrade saja aplikasi tersebut dengan menguninstall updatenya dan membuatnya menjadi versi bawaan pabrik. Namun hati hati dalam melakukannya, pastikan yang kamu hapus adalah aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan dan tidak mempengaruhi sistem.


6. Gunakan Custom Rom

Gunakan Custom Rom

Ini bisa kamu lakukan kalau kamu sudah expert alias ahli dalam mengutak atik handphone kamu. Karena sebelum kamu melakukan install custom rom kamu diharuskan melakukan root terlebih dahulu untuk membuka semua akses. Baru setelah itu kamu bisa mengganti rom yang kamu gunakan sekarang dengan rom yang lain.

Custom rom sendiri adalah rom buatan pihak ketiga atau pengembang di luar pengembang resmi dengan tujuan memodifikasi rom yang sudah ada. Bisa menjadi lebih baik namun ada juga rom gagal yang malah membawa virus. Tapi ada juga kok custom rom yang jauh lebih ringan karena menghilangkan hal hal yang tidak berguna pada rom bawaan.

Resiko? Jelas tetap ada, karena bukan pengembang resmi maka ada banyak resiko yang mengintip dibalik custom rom. Kamu bisa kok menyiasatinya dengan melihat custom rom yang memiliki paling banyak review.

Demikianlah 6 cara membersihkan ram android yang bisa kamu jadikan rekomendasi untuk menangani handphone kamu. Sesuaikan antara aplikasi dan RAM yang dimiliki supaya handphone kamu tetap berada pada kondisi yang optimal.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of