Cara Bayar Pajak Kendaraan Online

Karena adanya pandemi corona yang mengharuskan kita untuk banyak berdiam diri di rumah, kamu pun jadi tidak bisa melakukan berbagai macam hal yang biasanya mudah dilakukan, contohnya bayar pajak kendaraan.

Eh tapi jangan khawatir, kalau dulu kamu harus datang langsung ke Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) untuk bayar pajak motor atau mobil, sekarang pemerintah sudah meluncurkan layanan Samolnas atau Samsat Online Nasional untukmu yang mau bayar pajak atau cek info plat nomor online.

Mau tau informasi lengkap tentang cara bayar pajak kendaraan secara online? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!


Cara Bayar Pajak Kendaraan Lewat Samsat Online

  1. Download aplikasi Samsat Online Nasional atau e-Samsat di Playstore.
  2. Klik ‘Mulai‘ dan pilih ‘Daftar‘.
  3. Kamu wajib mengisi data seperti nomor polisi kendaraan, NIK, dan 5 digit nomor rangka terakhir kendaraanmu pada kolom yang tersedia.
  4. Klik ‘Lanjutkan‘.
  5. Kalau sedang tidak error, sistem akan memproses data selama kurang dari satu menit.
  6. Kamu akan mendapatkan data lengkap mengenai kendaraanmu sekaligus besaran pajak yang wajib kamu bayarkan. Lebih tepatnya kamu akan mendapat kode bayar dan SKKP (Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran) yang berlaku selama 2 jam.
  7. Proses pembayaran bisa dilakukan lewat bank atau di tempat lainnya dan biasanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.000.
  8. Untuk pembayarannya sendiri, Samsat Online Nasional sudah bekerja sama dengan beberapa bank seperti Mandiri, BCA, BNI, BRI, BTN, Permata Bank, dan CIMB Niaga. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan lewat e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak.
  9. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan e-TBPKB (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan e-Pengesahan STNK yang berlaku selama 30 hari.
  10. Kamu akan mendapat TBPKB/SKPD serta stiker pengesahan STNK yang dikirimkan oleh Samsat lewat jasa ekspedisi ke alamat rumah yang sesuai dengan alamat pada STNK. Proses pengiriman ini bisa makan waktu selama 7 hari atau lebih.

Jika alamat wajib pajakmu tak sesuai dengan yang ada di STNK, kamu perlu menelpon call center wilayahmu untuk melakukan konfirmasi.

Oh ya, layanan Samolnas ini juga hanya berlaku untuk perpanjangan STNK dengan keterlambatan pembayaran pajak yang tidak lebih dari setahun ya. Kalau keterlambatan bayar pajakmu udah lebih dari setahun, kamu wajib datang ke Samsat langsung untuk melakukan pembayaran pajak.

Sebagai informasi, tak jauh berbeda dengan aplikasi keluaran pemerintah lainnya, aplikasi Samolnas ini juga seringkali sulit diakses atau mengalami error. Jadi, persiapkan diri untuk bersabar ketika menggunakan aplikasi ini, ya.

Nah, itu dia ulasan tentang cara bayar pajak online. Semoga informasi ini bisa berguna bagi kamu dan jangan lupa untuk terus bayar pajak supaya Indonesia bisa jadi lebih baik 🙂

bayar pajak kendaraan online

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

guest
3 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Yusuf
Yusuf
8 hari yang lalu

Halahhh,, situs samolnas ni jelek bingit dan gak jelas. Gmna mau jd negara maju klo bkin situs gini sj gk bisa??? Payah

Anto
Anto
5 hari yang lalu

Situsnya jelek, eror mulu. Pemerintahannya juga korup mulu, coba deh bikin sistem dan website yang bener. Masa bikin situs ginian doang gk becus

3
0
Komen apa aja.... Bebas!x
()
x