Cara Daftar dan Langganan Netflix di 2021

Sejak Telkom menghapus blokiran ke Netflix, jumlah pelangganan Netflix pun jadi membludak. Yang tadinya ragu karena harus pakai VPN untuk nonton netflix, sekarang jadi bebas nonton dimanapun dan kapanpun.

Masalahnya, metode pembayaran dan biaya langganan Netflix selalu berubah-ubah. Ini seringkali bikin bingung netizen yang akhirnya batal berlangganan karena dikira harganya murah, tiba-tiba ketika mau langganan harganya berubah lagi.

Yang pasti Netflix masih memberikan gratis bulan pertama. Setelah itu kamu perlu bayar kalau mau lanjut, atau bisa juga stop sebelum satu bulan supaya tidak keluar uang sama sekali.

Tapi meski akses Netflix sudah dibuka, tetap banyak serial dan film yang tidak tersedia di Indonesia. Lagi-lagi kamu harus pakai VPN kalau mau nonton film yang hanya tersedia di beberapa negara.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah cara berlangganan Netflix! (cek kolom komentar untuk bantuan).


1. Buka Netflix

Buka situs netflix.com, maka akan muncul tampilan seperti ini:

Netflix homepage

Mau kan gratis langganan di bulan pertama? Untuk dapat gratis satu bulan, isi alamat email, lalu klik TRY 30 DAYS FREE seperti tombol merah diatas.

Kalau tidak ada, klik tombol merah yang sama tapi bertuliskan GET STARTED.


2. Cek Pilihan Paket

Cek pilihan paket Netflix

Klik tombol SEE THE PLANS untuk melihat paket langganan yang tersedia (ingat: gratis 1 bulan).


3. Pilih Paket yang Paling Mahal

Pilihan Paket Netflix

Di halaman ini kamu akan menemukan tiga pilihan paket, dengan harga termurah sampai termahal. Nah berhubung kamu akan mendapat paket gratis untuk satu bulan pertama, pilih saja paket paling mahal.

Kamu bebas cancel alias stop berlangganan kapan saja sebelum masa gratisnya selesai. Jadi selama kamu tidak lupa cancel sebelum satu bulan, uang kamu tidak akan diambil sepeserpun. Kamu juga bisa pindah jenis paket ditengah jalan kalau mau beralih ke yang lebih murah.

Beberapa pilihan paket Netflix:

  • Mobile: Rp 54.000 perbulan; Hanya bisa digunakan di 1 smartphone
  • Basic: Rp 120.000 perbulan; Bisa digunakan di 1 perangkat apapun
  • Standard: Rp 153.000 perbulan; Bisa digunakan di 2 perangkat apapun
  • Premium: Rp 186.000 perbulan; Bisa digunakan di 4 perangkat apapun

4. Buat Akun

Buat Akun Netflix

Meskipun dapat gratis, kamu tetap harus membuat akun di Netflix. Klik saja tombol CONTINUE seperti di gambar diatas.


5. Isi Email dan Password

Masukkan Email dan Password Netflix

Simpel saja. Masukkan email kamu dan buat password baru. Lalu klik CONTINUE.

Kalau kamu tidak mau diganggu email promosi dari Netflix, centang kotak disebelah tulisan “Please do not email me Netflix special offers.”


6. Atur Pembayaran

Pilih Metode Pembayaran Netflix

Pembayaran? Bukannya gratis?

Jangan panik dulu. Netflix tidak akan menarik uang atau membuat tagihan di kartu kredit kamu kecuali kamu lupa cancel langganan nya sebelum satu bulan.

Jadi yang harus kamu lakukan disini adalah, isi detil karti kredit/debit kamu. Untuk kartu kredit, jenis yang didukung adalah Visa, MasterCard, dan American Express. Kalau tidak punya kartu kredit, bisa gunakan VCN/ Virtual Credit Number.

Netflix tidak akan menarik uang sepeserpun di bulan pertama, tapi kalau sudah lewat satu bulan dan kamu lupa cancel langganannya, kartu kredit kamu akan otomatis dicas oleh Netflix.

Isi saja detil kartumu, dan jangan lupa untuk cancel sebelum satu bulan kalau kamu tidak mau bayar atau mau ganti jenis paket. Tidak perlu panik.

Baca juga:


7. Isi Detil Kartu Kredit / VCN

Isi detil kartu kredit netflix

Seperti telah dijelaskan diatas, kamu tidak akan dicas sepeserpun di bulan pertama, jadi isi saja kolom ini. Kalau tidak punya kartu kredit, beberapa bank kini sudah memiliki fitur debit online, yaitu kamu menginput detil karti debitmu, kemudian rekeningmu akan langsung dipotong saldonya sesuai tagihan. Salah satu bank yang mendukung fitur ini dengan lancar adalah Bank Permata.

Selain debit online, ada juga yang namanya VCN atau Virtual Credit Number, yaitu kartu kredit virtual dimana kamu me-request nomor kartu kredit virtual lewat SMS banking atau Mobile banking, dengan limit kartu yang kamu tentukan sendiri. Kemudian si bank akan mengirim detil kartu kredit virtual yang bisa kamu gunakan.

Pengguna BNI dulunya bisa kirim SMS ke 3346, dan ketik REQ<spasi>VCN<spasi>200000 untuk mendapat limit VCN 200 ribu. Berhubung jumlah tagihannya adalah 169.000 rupiah (lihat gambar), maka supaya aman, mintalah limit VCN yang lebih besar beberapa puluh ribu rupiah dari tagihan. Sayangnya, entah kenapa sejak tengah 2020 BNI menonaktifkan layanan VCN nya.

Trik lain adalah, pinjam kartu kredit teman, mulai langganan gratis satu bulan, lalu langsung cancel langganan. Dengan cara ini kartu kredit akan aman dari tagihan, namun kamu tetap dapat gratis satu bulan.


8. Mulai Nonton

Kalau sudah menyelesaikan tahap-tahap diatas, artinya pendaftaran Netflix kamu sudah berhasil. Kamu tinggal ikuti instruksi di tahap-tahap selanjutnya (yang tidak terlalu penting jadi tidak kami bahas disini).

Selain nonton dari PC atau Laptop, kamu juga bisa nonton Netflix lewat aplikasinya di perangkat mobile. Berikut link download-nya untuk Android, iOS, dan Windows Phone.

Netflix juga menyediakan subtitle yang bisa kamu pilih mulai dari bahasa inggris sampai Indonesia.

Lihat: Berapa gaji dan penghasilan youtuber sebenarnya?


9. Berhenti Langganan Netflix

Kalau sudah mendekati satu bulan, dan kamu tidak mau melanjutkan langganan, kamu tinggal berhenti saja. Uangmu tidak akan berkurang sepeserpun. Ini cara stop langganan Netflix:

  1. Login ke Netflix.
  2. Klik arah panah dipojok kanan atas, dekat nama profil.
  3. Klik Account.
  4. Dibawah Membership and billing, klik tombol Cancel membership berwarna abu-abu.
  5. Klik Finish cancellation untuk stop langganan.

Kalau kamu stop langganan sebelum satu bulan, kamu tetap akan bisa nonton Netflix sampai periode satu bulan gratisnya habis. Jadi supaya aman, kamu bisa saja registrasi lalu langsung stop, untuk mencegah lupa cancel di kemudian hari.

Di lain sisi, kalau ternyata kamu sudah tidak bisa hidup tanpa Netflix, silakan lanjutkan langgananmu atau ganti ke paket yang sesuai.

Share artikel ini, tinggalkan komentar dibawah, dan selamat menikmati!

Harus tahu:

Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4 based on 45 votes
Software Name
Netflix
Operating System
Microsoft Windows, MacOS, Android, iOS
Software Category
Movie
Price
IDR 49000

Dimas Bimawan

Digital marketer lulusan Fisika ITB. Mengerjakan SEO untuk beberapa perusahaan teknologi.

guest
47 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
aldo
aldo
1 tahun yang lalu

kalo gak punya kartu kredit gimana langganannya

Cucu
Cucu
1 tahun yang lalu

Kenapa sih kok saya pake atm mandiri gak bisa? Katanya angka angka nya itu gak terdaftar. Padahal di atm saya itu ada tulisannya visa kok. Bantu jawab please

Chaga
Chaga
1 tahun yang lalu

Sudah input vcn dri bni tpi ga bisa gan.

Teuku Roudmaidi
Teuku Roudmaidi
1 tahun yang lalu

Saya ingin berlangganan Netflix bagaimana carany …dirumah saya memakai Indihome

Thursina
Thursina
1 tahun yang lalu

Saya pake debit bca (mastercard) tapi permintaan tidak dapat diproses, sampai berulang kali saya coba tetap tidak bisa

Yanti
Yanti
2 tahun yang lalu

Kl udah ada account netflix di HP (punya temen), tp mau arrange langganan netflix baru (account milik sendiri), apakah harus uninstalled (account) Netflix yg sudah ada?

47
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x