Cara Blokir Kartu SIM XL yang Hilang

Musibah kemalingan kartu SIM bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja, dimana saja, dan tentunya pengguna operator apa saja. Mulai dari pemakai Tri, pengguna XL, hingga pemuja Telkomsel, semuanya berpeluang sama kemalingan kartu SIM.

Salah satu kartu SIM yang paling banyak dilaporkan kehilangan adalah XL, ini tentu saja berhubungan dengan banyaknya pengguna XL di penjuru Indonesia, tidak seperti Telkomsel yang hanya digunakan oleh kalangan menengah keatas.

Sebelumnya kami juga telah mengulas cara blokir kartu SIM Axis. Karena Axis dan XL adalah perusahaan yang sama, caranya pun mirip-mirip, tapi ada tentu saja nomor Call Center dan akun sosmednya berbeda. Langsung saja!


4 Cara Blokir Kartu SIM XL

Ketika sadar kartu SIM XL kamu hilang, ini adalah langkah pertama yang wajib dilakukan tanpa menunda-nunda. Berikut beberapa caranya:

Hubungi Call Center XL

  1. Hubungi Call Centel XL di 817 (dikenai biaya, aktif 24 jam).
  2. Sampaikan bahwa kartu XL kamu hilang dan mau blokir.
  3. Pihak XL akan melakukan verifikasi, beberapa data yang sering diminta adalah tempat tanggal lahir, 5 nomor kontak yang pernah dihubungi, 5 panggilan / SMS terakhir, atau nominal isi pulsa / kuota terakhir.
  4. Kalau verifikasi berhasil, nomor kamu akan langsung diblokir oleh pihak XL.

Selain memblokir nomor kartu SIM, kalau kamu kemalingannya paket lengkap sekaligus hp-nya, cek juga cara melacak hp hilang yang melibatkan berbagai metode, mulai dari Location History, akun khusus dari brand smartphone, Find My Device, hingga Find My iPhone.

Melalui Email

Cara yang satu ini tidak kami rekomendasikan karena prosesnya bisa lama. Kamu cuma perlu kirim email ke [email protected] berisi permintaan blokir, dan sertakan juga data-data yang mungkin akan dibutuhkan untuk verifikasi semacam foto KTP, beberapa panggilan terakhir, nominal isi pulsa terakhir, atau data apapun yang bisa kamu ingat untuk mempercepat proses verifikasi.

Kalau sudah dikirim, kamu tinggal menunggu dengan cemas dan berharap nomor kamu tidak disalahgunakan.

Lewat Twitter

Cara ini lebih baik ketimbang email, tapi masih lebih lambat ketimbang telepon Call Center. Ini tahapannya:

  1. Kirim pesan ke akun twitter @myXLCare, nyatakan bahwa kartu SIM kamu hilang dan mau blokir.
  2. Pihak XL akan melakukan verifikasi data (tempat tanggal lahir, nomor kontak, panggilan terakhir, isi pulsa terakhir).
  3. Kalau verifikasi data berhasil, nomor kamu akan langsung diblokir.

Proses ini bisa memakan 15 menit hingga 1 jam, tergantung se-sibuk apa admin twitter XL. Cara ini bisa jadi alternatif kalau kamu sudah coba telpon Call Center namun tidak ada respon.

Lewat Facebook Fanpage

Mirip dengan Twitter, kamub harus menghubungi admin facebook dengan cara berikut:

  1. Buka facebook.
  2. Entah kenapa kamu diwajibkan like dulu fanpage myXLCare.
  3. Masuk ke fanpage myXLCare dan klik tombol “Send Message”
  4. Nyatakan bahwa kartu SIM kamu hilang dan mau blokir.
  5. Admin akan minta verifikasi data. Kalau verifikasi sukses, nomor kamu akan langsung terblokir.

Lihat juga: Cara cek nomor XL sendiri


Cara Mengaktifkan Kembali Nomor XL

Setelah selesai memblokir, pastinya dong kamu mau nomor hp mu balik. Bisa kok, tapi caranya tidak cukup lewat call center atau sosmed, melainkan kamu harus langsung datang ke XL Center yang tersebar di penjuru Indonesia.

Dimana saja lokasi XL Center? Cara mengetahuinya mudah, buka aplikasi Google Maps (atau akses https://www.google.com/maps/), lalu ketik XL CENTER di kolom pencarian.

Google Maps akan menunjukkan lokasi XL Center terdekat. Saran kami telpon dulu sebelum berangkat, karena dari pengalaman yang sudah-sudah, banyak gerai sejenis ini yang jam buka-tutupnya tidak sesuai maps, bahkan tak jarang juga yang sudah tutup permanen tapi tidak diupdate di Google Maps.

Rasanya sudah cukup lengkap informasi mengenai cara blokir kartu SIM XL yang hilang. Lain kali lebih hati-hati lagi!

Dimas Bimawan

Digital marketer lulusan Fisika ITB. Mengerjakan SEO untuk beberapa perusahaan teknologi.

guest
2 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Endah
Endah
1 bulan yang lalu

Trims tadi kartu xl sy hilang beserta hp nya , minta diblokirkan

2
0
Tulis komentar.... Bebas!x