6 Cara Mudah Cek IMEI HP (bisa online)

Nomor IMEI jadi semakin penting karena aturan kemenperin yang mengharuskan setiap ponsel di indonesia memiliki nomor IMEI yang terdaftar.

Peraturan ini aktif di April 2020, dan artinya ponsel tanpa nomor IMEI, alias black market, tidak akan bisa mengakses jaringan telekomunikasi dari operator. Ponsel tanpa nomor IMEI juga dianggap benda ilegal, dan tentunya hanya bisa digunakan tanpa kartu SIM (bisa untuk wi-fi, foto, video, musik).

Untungnya, aturan ini hanya berlaku untuk ponsel black market yang masuk ke Indonesia setelah April 2020. Ponsel BM yang beredar sekarang tetap bisa digunakan seperti biasa.

Dengan ini tentunya anda perlu tahu cara cek nomor imei, dan mengecek keasliannya di situs Kemenperin. Berikut panduannya!

1. Cek Nomor IMEI dengan Dial Pad

Ketik *#06# lalu nomor IMEI beserta MEID akan muncul di layar. Nah kalau ponsel anda dual SIM, akan muncul 2 nomor IMEI di layar anda.

2. Cek IMEI dari pengaturan

Kamu bisa mendapatkan nomor IMEI dari menu Settings. Untuk Android, caranya adalah buka menu Settings > About Phone > Status > IMEI information

Cek IMEI dari pengaturan

Untuk iPhone, buka menu SettingsGeneralAbout, lalu cari nomor IMEI (iPhone)

3. Cek IMEI dari dalam ponsel

Nomor IMEI juga tertera di bagian dalam setiap ponsel. Biasanya anda bisa melihat nomor ini dengan membuka tutup belakang ponsel, buka baterai, lalu cari deretan 16 angka. Itulah nomor IMEI ponsel anda.

Seperti biasa, kalau ponsel anda dual SIM, maka akan ada dua nomor IMEI yang tertera.

imei didalam hp

4. Cek IMEI dari kardus ponsel

Kalau anda masih punya dus hp, lihat di semua bagiannya, dan anda akan menemukan angka 16 digit. Itulah nomor IMEI ponsel anda.

Seperti poin sebelumnya, kalau ponsel anda bisa dual-sim, maka seharusnya tertera 2 nomor IMEI di kardus.

Tapi bagaimana cara cek IMEI kalau kardus dan hp nya hilang? Anda bisa memanfaatkan iTunes untuk pengguna iPhone, dan Google Find My Device untuk pengguna Android.

5. Cek IMEI dari Google Find My Device

Pertama, masuk ke akun Google di browser, lalu masuk ke situs Google Find My Device lalu klik ikon info seperti berikut:

IMEI di Google Find My Device

Itulah semua cara yang bisa dilakukan untuk cek nomor IMEI hp. Selanjutnya anda perlu cek legalitas nomor IMEI tersebut untuk memastikan ponsel anda bukan barang ilegal.

6. Cek Status IMEI di situs Kemenperin

Untuk mengecek keaslian sebuah hp, caranya masuk ke situs Kemenperin, masukkan nomor IMEI yang sudah anda dapat tadi ke kolom “Cek IMEI”, lalu klik enter.

Kalau IMEI anda terdaftar, akan muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin” seperti berikut:

IMEI Terdaftar di kemenperin

Itulah panduan lengkap mulai dari mengecek IMEI ponsel, cek IMEI di hp yang hilang, sampai cek status IMEI di database Kemenperin. Di zaman yang semuanya serba digital, kita harus lebih membuka mata dengan hal-hal seperti ini. Karena kalau tidak tentunya akan kesulitan sendiri.

Jangan beli barang BM, jangan lupa cek keaslian ponsel, dan jangan lupa share artikel ini!

Cek juga:

0 0 vote
Article Rating

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments