Cara Cek Kecepatan Internet di PC dan Ponsel

Jaman sekarang internet sangat penting untuk kebutuhan sehari hari, baik itu untuk bermain game online ataupun melakukan pekerjaan sehari hari.

Tapi kadang kamu pasti merasakan kenapa internetnya terasa sedikit lemot. Kalau kamu penasaran berapa kecepatan internet yang kamu dapatkan, ada kok cara cek kecepatan internet yang bisa kamu lakukan sendiri.

Dari hasil pengecekan ini kamu bisa mengambil tindakan, kalau memang saat itu kecepatannya sedang turun kamu bisa melaporkan ke internet provider kamu supaya segera dilakukan pengecekan.

Namun kalau tidak, berarti ada yang membuat kenapa internet kamu terasa sangat lemot sekali, mungkin ada orang dalam jaringan yang sama sedang download ataupun melakukan streaming.

Selamat datang di RuangLaptop, dan berikut adalah cara cek kecepatan internet yang bisa kamu lakukan sendiri!

Baca: Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android


Cara Cek Kecepatan Internet di PC

1. Ping-test.net

cara cek kecepatan internet Ping-test.net

Web ini bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan kecepatan internet baik itu kecepatan download dan kecepatan upload sekaligus melakukan tes ping ke 7 server yang berbeda untuk melihat stabilitas koneksi internet.

Cara penggunaanya cukup mudah, kamu bisa langsung mengunjungi situs http://ping-test.net/ untuk melakukan ping test. Untuk melakukan tes kecepatan kamu bisa memilih pilihan start Speed Test atau bisa kunjungi situs http://ping-test.net/speed_test

Tunggu prosesnya dan hasil yang diberikan akan cukup mendetail dan memberikan banyak informasi yang kamu butuhkan.

2. Speedtest.net

cara cek kecepatan internet Speedtest.net

Situs ini adalah situs pengecekan speed internet yang paling populer dan banyak digunakan. Yang membuat speedtest banyak digunakan adalah pengguna bisa memilih server mana yang akan digunakan test.

Cara penggunaanya cukup mudah, kamu bisa langsung mengunjungi situs https://www.speedtest.net/, setelah itu kamu bisa klik tombol GO yang ada di tengah untuk memulai test.

Kamu bisa menuggu prosesnya hingga selesai untuk mendapatkan hasil yang akurat mengenai kecepatan internet dan juga Ping.

Lihat: Cara Ganti Password WiFi Indihome, Biznet, FirstMedia, dan MyRepublic

3. Meter.net

cara cek kecepatan internet

Cara untuk cek kecepatan internet selanjutnya adalah menggunakan Meter.net yang sudah digunakan sejak tahun 2001. Tampilannya cukup sederhana dan dengan warna yang nyaman dimata.

Cara penggunaanya cukup mudah, kamu bisa langsung mengunjungi situs https://www.meter.net/, setelah itu kamu bisa klik Start test untuk memulai test. Kamu juga bisa memilih server mana yang akan kamu gunakan dalam test.

Tunggu sampai prosesnya selesai untuk mendapatkan hasil berapa kecepatan internet kamu termasuk downrate, uprate dan juga pingnya. Kamu juga bisa melihat rating koneksi internet kamu apabila dibandingkan dengan pengguna lain

4. CBN Speedtest

cara cek kecepatan internet CBN Speedtest

Cyberindo Aditama adalah provider internet dan tv kabel yang juga menyediakan fasilitas pengecekan kecepatan internet. Menggunakan server hosting lokal, diklaim bisa memberikan hasil yang akurat.

Cara penggunaanya cukup mudah, kamu bisa langsung mengunjungi situs https://speedtest.cbn.net.id/, setelah itu kamu bisa klik GO untuk memulai test.

Tunggu sampai prosesnya selesai dan kamu akan mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Baca: Cara Nonton Netflix di Jaringan Indihome!

5. Bandwidth Place

Bandwidth Place

Dengan menggunakan Bandwidth Place kamu bisa mengeset sendiri server yang akan kamu gunakan dalam pengecekan supaya hasilnya bisa akurat dan maksimal.

Cara penggunaanya cukup mudah, kamu bisa langsung mengunjungi situs https://www.bandwidthplace.com/. Kamu bisa memilih server yang akan kamu gunakan terlebih dahulu dengan memilih fastest server ataupun memilih melalui map. Kalau kamu merasa terlalu ribet, kamu bisa juga mengikuti pilihan auto select.

Tunggu prosesnya dan kamu bisa mendapatkan hasil downrate, uprate dan juga ping koneksi internet kamu.

6. Indihome speedtest

Indihome speedtest

Kalau kamu menggunakan Indihome, maka cara cek kecepatan internet ini adalah yang terbaik buatmu. Karena menggunakan server yang sama dengan server indihome, jadi hasilnya sesuai dengan kondisi internet kamu sekarang.

Cara penggunaanya cukup mudah, kamu bisa langsung mengunjungi situs http://www.indihomesolution.com/p/speedtest.html. Setelah itu kamu tinggal klik GO untuk melakukan test kecepatan internet.

Tunggu hasilnya dan kamu akan mendapatkan hasil lengkap kecepatan internetmu. Kalau kamu merasa kecepatanmu dibawah yang seharusnya kamu bisa langsung komplain melalui kolom komentar yang sudah tersedia


Cara Cek Kecepatan Internet di Android

1. Speed Test by Cheetah Mobile

Speed Test by Cheetah Mobile

Aplikasi kembangan Cheetah Mobile ini bisa kamu gunakan pada smartphone Android. Dengan menggunakan aplikasi ini pengecekan kecepatan internet di smartphone kamu akan lebih mudah.

Cara penggunaanya cukup mudah, kamu bisa langsung download aplikasi ini di Playstore dan segera cek kecepatan internet kamu setelah selesai download.

Cek juga: Cara Menghemat Kuota Internet di Game Online

2. Internet Speed Test

Internet Speed Test

Aplikasi ini dibuat oleh Yuhi Development,LLC dan bisa kamu gunakan untuk melakukan pengetesan kecepatan internet di smartphone Android kamu.

Cara penggunaanya cukup mudah, kamu tinggal download dan install aplikasi ini melalui Playstore. Ikuti petunjuk yang ada di dalamnya untuk melakukan pengecekan kecepatan internet.

3. Speedtest By Ookla

Speedtest By Ookla

Selain menggunakan situs Speedtest.net, kamu juga bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan aplikasi speedtest By Ookla. Tidak ada perbedaan, hanya mempermudah penggunaan di smartphone karena dalam bentuk aplikasi.

Cara penggunaanya cukup mudah, kamu tinggal download saja melalui Playstore dan klik pada Begin Test untuk melakukan pengecekan sampai selesai.

Demikian cara cek kecepatan internet yang bisa kamu lakukan sendiri baik menggunakan PC ataupun menggunakan smartphone Android. Tidak terlalu sulit bukan?

Kalau kamu sering menggunakan koneksi internet kamu untuk bermain game online, ada baiknya kamu melakukan test dengan menggunakan server luar. Kalau kamu hanya menggunakan untuk kebutuhan sehari hari kamu bisa menggunakan server lokal untuk pencekannya.

Selamat mencoba, dan jangan lupa share artikel ini!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of