Cara Edit File PDF Paling Mudah! (2019)

Belakangan ini file dengan format PDF memang sangat digemari. Bukan hanya karena tampilannya yang unik, namun juga sistem proteksinya yang mumpuni.

Mengkonversi dokumen menjadi PDF dapat menjadikan file seaman mungkin walaupun dikirim lewat email atau media apapun. PDF juga mempunyai fitur proteksi berupa password dengan 3 lapisan yang hanya bisa dibuka oleh orang-orang dengan akses yang sudah diatur.

Salah satu kekurangan dari dokumen berformat PDF adalah susahnya menambah kalimat atau mengubah desain sembarangan.

Walaupun begitu, PDF tetap bisa dilihat dan diedit sama seperti dokumen pada umumnya. Namun tidak semua software bisa dipakai untuk mengedit file berjenis PDF.

Nah kebetulan, kali ini kami akan memberikan ulasan tentang cara mengedit file PDF tanpa mesti ribet. Yuk langsung aja disimak di bawah ini!

Lihat: Cara Print Bolak Balik di Word, Excel dan PDF


Cara Edit dan Ubah PDF ke Word

Edit PDF di Microsoft Word

Agar bisa mengedit file PDF di Microsoft Word, Anda perlu mengubah formatnya menjadi Word terlebih dahulu.

Anda hanya bisa mengedit PDF menggunakan Microsost Word 2013 dan 2016. Untuk mengedit file PDF, Anda perlu mengubah file menjadi format *.doc atau *.docx.

Berikut adalah tahapan mengedit dan merubah file PDF ke Word:

  • Buka website konversi pdf online (ilovepdf.com, smallpdf.com, freepdfconvert.com, pdf2doc.com, atau pdfonline.com)
  • Upload file pdf anda ke salah satu situs diatas.
  • Klik tombol konversi ke format MS Word
  • Download file yang sudah dikonversi
  • Buka dengan Microsoft Word, dan edit sesuka hati.

Meskipun bisa diedit, namun fitur yang disajikan di Microsoft Word tidak begitu lengkap dan memang dikhususkan hanya untuk pengeditan yang sederhana.

Baca juga: Cara menggunakan WhatsApp Web di PC


Cara Edit PDF di Adobe Acrobat

Edit PDF di Adobe Acrobat

Tak hanya menggunakan Microsoft Word, Anda juga bisa menggunakan layanan bernama Adobe Acrobat Pro. Mengingat format PDF merupakan format yang di ciptakan oleh Adobe, mengedit PDF menggunakan layanan ini jauh lebih mudah bahkan Anda pun tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukannya.

Sebelum memulai mengedit menggunakan fitur ini, Anda perlu mendownload aplikasi Adobe Acrobat Pro atau Adobe Acrobat Reader DC.

Adobe Acrobat Pro adalah software berbayar, sementara Adobe Acrobat Reader adalah versi gratisannya dan memiliki fitur yang lebih sedikit (hanya bisa coret text, underline, dan ganti warna text).

Anda bisa berlangganan Adobe Acrobat Pro seharga Rp202.300 perbulan dari situs resminya. Jangan download versi bajakannya di situs-situs torrent karena itu adalah perbuatan yang tidak bertanggungjawab dan melanggar hukum.

Berikut adalah tahap edit PDF di Adobe Acrobat:

  • Download dan install Adobe Acrobat Pro atau Reader
  • Klik kanan di file PDF yang ingin diedit.
  • Pilih Open With > Adobe Acrobat.
  • Setelah terbuka, klik opsi Tools > Edit PDF.

Setelah menyelesaikan tahap diatas, Anda akan menemukan toolbar yang bisa digunakan untuk mengedit PDF.

Dengan Adobe Acrobat Reader, anda bisa membuat coretan pada text, memberi garisbawah, dan membuat highlight pada text. Sementara di Adobe Acrobat Pro, anda bisa mengedit file PDF sesuka hati dan mengkonversinya menjadi dokumen Word.

Baca: Cara menghilangkan iklan di ponsel Android


Cara Edit PDF dengan Third Party App (Pihak Ketiga)

Jika Anda terlalu malas menggunakan aplikasi Adobe berbayar, Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi third party yang jauh lebih murah dan mudah.

Aplikasi ini bisa didownload dimanapun dan Anda hanya perlu mencari kata kunci ‘PDF editing software’ di Google lalu mendownload salah satunya yang paling direkomendasikan. Cara ini tentu saja gratis dan sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini diantaranya yang bisa Anda coba:

1. PDFescape

Edit PDF di PDFescape

Aplikasi ini merupakan salah satu yang berbasis web-only dan bisa digunakan di Firefox, Chrome hingga Safari sekalipun. Walaupun tampilannya cukup sederhana, namun tetap bisa digunakan untuk mengedit PDF Anda kok.

Sebenarnya, aplikasi ini lebih pantas digunakan untuk pengeditan file yang sudah ada (terbentuk). Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak fitur yang tidak terbatas ataupun terbebas dari serangan ‘iklan’ ketika sedang mengedit PDF, Anda bisa menggunakan aplikasi PDFescape yang berbayar.

Baca juga: Panduan membuat Google Form

2. PDFsam

Edit PDF di PDFsam

Aplikasi bernama PDFsam mungkin menjadi pengedit PDF yang paling banyak digunakan. Aplikasi ini biasa digunakan untuk mengedit PDF yang cukup sulit atau kompleks.

PDFsam juga memiliki banyak fitur yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan pada aplikasi lainnya.  Tampilannya juga begitu ringan dan tidak sulit untuk dimengerti.

Tak hanya itu saja, PDFsam juga dapat membantu Anda untuk membuat PDF dengan cepat dan se-menarik mungkin. Dengan fitur keren seperti alter colors, address spelling mistakes dan lainnya, Anda bisa membuat PDF super lengkap dan sempurna.

3. PDF Xchange Suite

Edit PDF di PDF Xchange Suite

PDF Xchange Suite menawarkan fitur-fitur yang lengkap yang dikhususkan untuk mengedit PDF. Bagi kami, Xchange Suite memberikan fitur yang jauh lebih lengkap ketimbang Adobe Acrobat.

Aplikasi ini mungkin agak sulit untuk digunakan karena tampilannya yang agak berantakan dan susah sekali untuk mencari tombol pengeditan yang tersebar di dalam aplikasi.

Namun, Xchange Suite pas banget untuk digunakan oleh Anda yang menginginkan fitur plugins untuk image embedding, Javascript engines, sampai working with Google Drive.

Anda juga bisa mendapatkan kendali penuh untuk mengedit PDF sepuasnya lho. Walaupun mungkin agak susah untuk menggunakannya, tetap tidak mengurangi sisi fungsional yang bisa diambil manfaatnya.

4. Preview pada Mac

Edit PDF di Preview Mac

Untuk Anda yang mempunyai Mac, Anda bisa juga lho mengedit PDF tanpa tambahan aplikasi yang memusingkan. Caranya sangat mudah kok, Anda tinggal membuka file PDF yang ingin diedit, lalu klik FileOpen. Setelah itu, Anda bisa membuka ToolsAnnotate pada menu Drop Down. Terakhir, Anda hanya perlu mengklik opsi Text. Nah tinggal lakukan pengeditan deh.

Kekurangan dari Preview Mac ini adalah Anda hanya bisa melakukan pengeditan sederhana seperti mengubah warna, bentuk dan ukuran teks, membuat signature dan lainnya. Jadi memang fitur pengeditannya sangat terbatas sekali, kira-kira mirip seperti Microsoft Word.

Nah itu dia cara-cara mudah yang bisa Anda coba untuk mengedit PDF Anda. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba salah satunya? Jangan lupa ceritakan pengalaman mengedit Anda di kolom komentar yaa!

1
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Siska
Guest
Siska

diRubah ke word dulu agak ribet tp daripada bayar acrobat hehe