Cara Ganti Password WiFi First Media

Pengguna First Media? Selamat, anda lolos dari sebagian besar blokir yang tidak masuk akal seperti pemblokiran Netflix yang dilakukan IndiHome.

Meskipun First Media juga menerapkan blokir situs terlarang sesuai peraturan pemerintah, namun berdasarkan pengalaman kami provider ini lebih bersahabat dan punya koneksi yang relatif lebih stabil.

Semua keunggulan ini bukan berarti anda bisa lengah terhadap para pencuri atau hacker WiFI yang mungkin bersarang disekitar anda. Solusinya? Ganti password modemnya secara berkala, dan gunakan password yang kuat.

Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut adalah tutorial, tips, dan cara ganti password WiFi First Media yang bisa langsung anda terapkan!

1. Sambungkan ke First Media

Pertama, koneksikan perangkat anda ke jaringan WiFi First Media. Bisa gunakan PC, Laptop, maupun Smartphone, semua sama saja kok kecuali ukuran layarnya.

Kalau anda menggunakan PC atau Laptop, bisa koneksikan dengan wireless ataupun kabel LAN. Dan kalau anda menggunakan smartphone, tentunya harus pakai jaringan wireless alias WiFi.

2. Masuk ke Halaman Router: 192.168.0.1

login ke router dlink

Buka browser, lalu ketikkan 192.168.0.1 pada kolom URL dan tekan enter. Bisa pakai browser apapun, mulai dari Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, UC Web, atau bahkan Microsoft Edge kalau anda orangnya gagap teknologi.

3. Login ke Router

Di dashboard router, anda akan melihat tampilan seperti ini:

dlink login

Masuk dengan username admin dan password admin. Atau gunakan username dan password buatan anda sendiri kalau sudah pernah diganti.

4. Pilih Wireless Settings lalu Setup

Setelah masuk halaman web, silakan klik wireless setting dan pilih setup seperti gambar dibawah.

d link wireless settings setup

5. Ubah Password

Masukkan nama WiFi yang anda kehendaki di kolom Wireless Network Nama (SSID), dan buat password baru di kolom Network Key.

Nah, kalau anda akan melihat dua kolom SSID dan dua kolom password, astikan untuk mengisi nama WiFi yang berbeda di kedua kolom SSID. Passwordnya boleh sama.

Kalau sudah, klik Save Settings, dan password First Media anda telah berhasil diganti.

ganti ssid dan password d link

Sangat mudah kan? Komputer yang sudah tersambung ke WiFi ini akan ter logout dengan sendirinya sehingga harus login ulang. Dengan begini anda bisa memangkan orang-orang yang meng hack atau nebeng jaringan WiFi anda tanpa izin.

Kalau mengalami kendala, silakan langsung hubungi customer service First Media, atau tinggalkan komentar dibawah!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of