Cara Mengganti Password WiFi Indihome, Huawei, ZTE, dan TP-Link

Wifi sekarang ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bahkan bagi kalangan menengah ke atas, punya wifi alias hotspot pribadi sudah jadi hal biasa.

Buktinya, penjualan modem wifi baik yang portable maupun rumahan saat ini amat meningkat pesat. Berbagai penyedia layanan wifi pun berlomba mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya darisini.

Nah untuk anda, yang kami duga adalah pemilik hotspot wifi personal, kami ingin sedikit memberikan tips keamanan yang amat mudah yakni mengubah password secara berkala!

Penggantian password secara berkala adalah tips sederhana dalam rangka mencegah kuota tiba-tiba habis karena para fakir wifi alias pencuri wifi. (cek cara irit kuota di ponsel android)

Berikut adalah 3 cara mengganti password WiFi dari beberapa modem yang umum digunakan, supaya anda bisa gonta-ganti password dengan mudah!

Baca juga: Cara mengubah laptop jadi hotspot


1. Ganti Password WiFi My Republic dan Indihome – Huawei HG8245A

WiFi My Republic dan Indihome - Huawei HG8245A

My Republic, meskipun merupakan pemain baru di dunia penyedia layanan internet, namun ia memiliki banyak peminat berkat layanannya yang amat menarik dengan bandrol harga yang murah.

Pertama kami akan menjelaskan cara ganti password My Republic, kemudian Indihome. Tentu saja khusus bagi anda yang masih menggunakan modem bawaan mereka.

Untuk mengubah password wifi My Republic anda harus membuka browser di perangkat anda, lalu masukkan alamat 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 ke dalam address bar yang terletak di atas. Kedua alamat itu bisa anda masukkan untuk memasuki wilayah pengaturan modem.

Pada beberapa kasus, anda mungkin tidak bisa masuk ke laman tersebut, coba 192.168.0.1 atau 192.168.100.1.

Nah jika anda memasukkan dengan benar, anda akan segera memasuki laman login, dan kemudian anda akan diminta untuk mengisi kolom akun dan password. Jika pada awal pembelian anda tidak mengutak atik kedua hal tersebut, anda bisa memasukkan akun root dengan password admin. Setelah memasukkan dengan benar, anda bisa segera klik login.

Khusus bagi pelanggan Indihome, anda bisa mengisi username admin dan password admin, atau username support dan password support. Jika masih tidak bisa login, coba isi username dengan isian support dan password theworldinyourhand.

Setelah klik login anda biasanya akan dimintai oleh sistem untuk mengubah password menjadi password baru yang anda kehendaki. Nah saran kami gunakanlah kombinasi huruf besar, huruf kecil, serta angka, dan jika memungkinkan karakter khusus seperti koma, titik, titik koma, dan sebagainya.

Password yang rumit menurut kami adalah nilai lebih, karena semakin rumit kombinasi password, semakin sulit pula para peretas mencuri wifi anda. Lagipula anda dan keluarga anda cukup sekali saja toh memasukkan password yang rumit ini. Setelahnya masing-masing perangkat sudah menyimpan password tersebut secara otomatis.

Kemudian pilihlah menu WLAN dan anda akan disini bisa ganti nama wifi anda menjadi nama yang anda inginkan. Penggantian nama SSID ini menurut kami tidak terlalu penting, jadi anda lewati pun tidak mengapa.

Cari pilihan WPA PreSharedKey dan kemudian ganti dengan password yang baru anda ubah. Voila! Password anda sudah berubah. Nah meski mudah, kami memberikan anda tips tambahan selain mengubah password wifi saja. Anda bisa mengatur jumlah perangkat yang bisa terhubung di wifi anda pada menu number of associated devices.

Setelah itu biarkan pilihan authentication mode pada pilihan default, dan encryption mode pada pilihan TKIP&AES. Kemudian klik apply, dan seluruh proses telah selesai anda lakukan.

Baca: Cara mengaktifkan WiFi di laptop


2. Ganti Password WiFi Telkom Indihome – ZTE F609

WiFi Telkom Indihome - ZTE F609

Selain modem Huawei diatas, Telkom Indihome juga doyan memakai modem ini: ZTE F609! Khusus untuk modem ZTE F609 ini anda sebenarnya harus ingat nama WiFi maupun password yang pertama kali anda isikan ketika melakukan instalasi modem.

Untuk nama dan password default, anda bisa membacanya di bawah modem. Di sana ada beberapa informasi yang menerangkan tanggal pembuatan, seri, MAC address, model, serta nama SSID dengan passwordnya.

Setelah menemukan keduanya anda bisa melakukan login dengan cara membuka browser di perangkat anda. Kemudian masukkan 192.168.1.1 di address bar browser. Bagi anda yang memang sudah terlanjur lupa password wifi anda, anda bisa cek secara manual melalui perangkat anda.

Setelah masuk ke dalam laman pengaturan modem, anda bisa masuk ke dalam pilihan administration. Setelah itu klik pilihan user management. Di sana anda akan diminta untuk memasukkan password, ketiklah dengan benar. Setelah itu anda juga diminta memasukkan password baru sesuai pilihan anda.

Nah password sudah selesai diganti! Mungkin anda bingung kenapa semudah ini. Sebenarnya belum 100% selesai, ada langkah selanjutnya yang masih harus anda lakukan. Silahkan logout dan kemudian anda bisa mengetes password baru anda dengan cara login. Seharusnya anda sudah dimintai password baru.

Anda harus kembali login dan kemudian masuklah ke dalam menu network dan pilihlah menu WLAN kemudian SSID Settings. Masukkan nama WiFi di kolom SSID Name dan klik submit.

Setelah itu anda bisa masuk ke pilihan security dan isi kolom WPA passphrase dengan password baru yang anda inginkan. Klik confirm dan voila, anda sudah selesai mengganti password wifi anda.


3. Ganti Password TP Link TD-W8961N

WiFi TP Link TD - W8961N

Terakhir, kami juga menyediakan cara mengubah password pada modem TP Link. Secara umum ketiga merk yang kami jabarkan di dalam artikel ini merupakan merk yang paling banyak digunakan dalam dunia perinternetan Indonesia.

Untuk penyedia layanan internet lainnya (biznet dll), selama merk modem yang digunakan adalah sama, anda bisa ganti passwordnya denngn langkah-langkah seperti diatas.

Nah untuk modem merk TP Link ini, anda bisa memulainya dengan masuk ke laman pengaturannya di 192.168.1.1 atau 192.168.1.254. Setelah itu anda harus memasukkan akun dan password bawaan dari modem ini. Seperti biasa anda bisa menemukannya di bagian bawah dari modem ini.

Khusus untuk modem ini, di bagian bawah modem selain terdapat akun dan password bawaan, anda bisa menemukan IP Address bawaannya. Jika kedua alamat IP diatas tidak bisa anda gunakan untuk mengakses laman pengaturan, maka anda bisa mencoba alamat IP yang tertera di bawah modem anda.

Setelah itu, anda bisa klik pilihan interface setup dan di dalamnya anda bisa klik menu wireless.

Jika anda tidak mau repot-repot mencari sub menu di dalam sini, anda bisa langsung ganti password wifi anda dengan mengetikannya di kolom pre-shared key. Kemudian anda tinggal menyimpannya dengan klik save di bawah laman pengaturan tersebut.

Nah untuk pengubahan password bawaan modem, anda bisa masuk ke menu maintenance dan masuklah ke dalam menu administrator. Kemudian isilah kolom new password, confirm password, dan username dengan isian yang anda kehendaki. Klik save dan seluruh pengaturan baru anda bisa segera anda coba.

Semua cara di atas pada dasarnya, sebagaimana yang telah kami jelaskan bisa dilakukan pada semua penyedia layanan internet, selama merk modem yang digunakan sama.

Anda bisa mencoba cara sesuai dengan masing-masing merk modem yang disediakan oleh si penyedia layanan internet.

Sebuah komentar dan share ke sosmed sangat berarti!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *