Cara Hard Reset Oppo (Semua Tipe)

Mungkin hp Oppo kamu tidak bisa dinyalakan, atau kamu perlu membersihkan semua datanya untuk alasan keamanan. Apapun sebabnya, hard reset adalah metode yang semua pengguna smartphone wajib tahu, tidak terkecuali kamu pengguna Oppo.

Tidak jarang handphone mengalami error yang membuatmu kesal. Hang, lemot, hingga bootloop alias tidak bisa masuk ke sistem operasi Android. Dalam kondisi seperti ini ada baiknya handphone kamu dikembalikan ke kondisi pabrikan seperti saat kamu pertama membelinya.

Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk hard reset oppo, mulai dari a37, f1s, r1001, a37f, a11w dan semua tipe lainnya. Kamu bisa mempergunakan fasilitas factory reset yang disediakan oleh Oppo, atau kamu bisa juga masuk ke recovery mode untuk melakukan hard reset.

Namun sebelum melakukan keduanya, benar-benar pastikan bahwa data data penting kamu sudah diamankan!


Hard Reset Oppo melalui Recovery Mode

Kalau kamu tidak bisa mengakses sistem operasi (sering disebut bootloop), masuk ke Recovery Mode adalah satu satunya jalan. Berikut tahapannya:

  1. Dalam kondisi mati, hidupkan handphone Oppo dengan menekan tombol Volume Bawah + Power disaat bersamaan sampai handphone kamu bergetar dan muncul logo Oppo. oppo power button
  2. Kamu akan masuk ke Recovery Mode Oppo dengan bahasa inggris.
  3. Dalam Recovery Mode, kamu tidak bisa menggunakan layar sentuh. Untuk memilih menu kamu bisa menggunakan volume up untuk naik, volume down untuk turun dan tombol power untuk OK atau Confirm.
  4. Pilih Wipe Data and Cache.
  5. Pilih lagi pilihan Wipe Data and Cache, pilih Yes untuk menghapus semua data yang ada didalamnya.
  6. Pilih reboot.
  7. Proses ini akan berlangsung beberapa menit. Pastikan baterai berada dalam kondisi penuh atau colok terus ke charger.
  8. Setelah proses selesai, handphone akan restart otomatis.
  9. Masukkan data-data kamu seperti saat pertama kali menggunakan.

Baca juga: Rekomendasi hp oppo terbaru


Hard Reset Oppo melalui Setting

Metode ini bisa kamu gunakan saat handphone kamu mengalami kendala, namun kamu masih bisa mengakses handphone. Dalam metode ini kamu akan menggunakan fasilitas hard reset yang sudah ada di dalam menu setting. Caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke dalam Setting.
  2. Pilih Backup and Reset.
  3. Pilih menu Reset Phone.
  4. Setelah memastikan semua data sudah ter backup, pilih Erase Everything.
  5. Pada pilihan selanjutnya pilih Yes.
  6. Proses ini akan berlangsung selama beberapa menit, dalam proses ini pastikan baterai berada dalam kondisi penuh atau colok terus ke charger.
  7. Setelah proses selesai, handphone akan restart dengan sendirinya.
  8. Langkah terakhir adalah memasukkan data-data kamu seperti saat pertama kali menggunakan.

Nah itulah cara melakukan hard reset Oppo yang simpel dan mudah. Tidak ada perbedaan dari kedua metode ini, hanya saja penggunaanya tergantung dari kondisi handphone Oppo kamu.

Kalau kamu tidak bisa masuk kedalam OS maka kamu bisa menggunakan metode kedua, namun kalau kamu masih bisa mengakses OS maka kamu bisa menggunakan metode pertama. Selamat mencoba ya!

Baca juga: Cara hard reset xiaomi

0 0 vote
Article Rating

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments