Cara Mudah Hard Reset Xiaomi (Semua Tipe)

Kali ini Ruang Laptop akan memberikan tutorial cara hard reset xiaomi untuk semua tipe. Selama kamu mengikuti langkah yang sudah kami berikan, hard reset pasti bisa kamu lakukan dengan mudah.

Xiaomi merupakan salah satu hp yang saat ini memiliki banyak peminat. Namun walapun begitu saat handphone kamu mulai eror akan muncul banyak permasalahan seperti aplikasi yang sering force stop, launcher berhenti, freeze, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan hard reset kamu akan mengembalikan setingan handphone xiaomi ke pengaturan pabrik.

Ada beberapa cara untuk melakukan hard reset, cara pertama adalah melalui pilihan reset yang bisa kamu temukan di setting. Dan cara kedua dengan menggunakan recovery mode.

Sebelum melakukan hard reset pastikan kamu sudah mengamankan data penting seperti foto, nomer telpon dan beberapa pesan penting di sms ataupun aplikasi pesan singkat lainnya.


Hard Reset Xiaomi melalui Recovery Mode

Cara ini biasanya dilakukan saat kamu tidak bisa masuk ke dalam launcher. Biasanya karena brick, bootloop, lupa pola atau password. Teknik ini bisa digunakan di hampir semua jenis Xiaomi, mulai dari redmi 3, 4x, 4a, redmi 4, redmi 4x, note 3, dan banyak lainnya.

Untuk mulai, kamu harus masuk ke dalam Recovery Mode Xiaomi. Caranya sebagai berikut:

  1. Matikan handphone Xiaomi kamu, lalu hidupkan dengan metode seperti ini. Tekan Volume Up + Power pada waktu yang bersamaan. volume up power xiaomi
  2. Tahan sampai handphone kamu bergetar dan muncul logo Mi.
  3. Kalau proses kamu benar maka kamu akan masuk ke menu Recovery Mode.
  4. Untuk menavigasi kamu tidak bisa mengguakan layar sentuh kamu, namun kamu harus menggunakan tombol volume up untuk naik, volume down untuk turun dan tombol power untuk OK atau Confirm.
  5. kalau diminta untuk memilih bahasa, pilih English.
  6. Pilih Wipe Data/Factory Reset.
  7. Pilih Wipe All Data.
  8. Pilih Confirm untuk memulai prosesnya. wipe data xiaomi recovery mode
  9. Proses akan mulai berjalan dan selama proses pastikan baterai handphone kamu penuh, atau kamu bisa charge handphone kamu supaya tidak mati saat proses hard reset berlangsung.
  10. Proses ini berlangsung selama beberapa menit lamanya.
  11. Setelah proses selesai kamu pilih Back to Main menu lalu pilih Reboot dan terakhir Reboot to System.
  12. Handphone kamu akan restart.
  13. Terakhir masukkan data data kamu seperti saat kamu pertama kali membeli.

Itu tadi cara hard reset kalau kamu tidak bisa mengakses hp alias tidak bisa masuk ke sistem operasi android. Kalau kamu masih bisa menyalakan dan menggunakan hp seperti biasa, namun mau hard reset, ikuti langkah dibawah.

Baca juga: Cara Keluar dan Masuk Fastboot Xiaomi (Semua Tipe)


Hard Reset Xiaomi Semua Tipe melalui Setting

Cara ini cocok kalau kamu masih bisa masuk ke menu handphone (android). Ini juga relatif lebih mudah untuk dilakukan karena kamu bisa mengaksesnya melalui menu.

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi permasalahan handphone kamu selama tidak mengalami bootloop ataupun brick. Caranya sebagai berikut:

  1. Untuk melakukan hard reset ini kamu bisa masuk ke dalam pengaturan.
  2. Di dalam pengaturan kamu pilih Setelan tambahan lalu pilh Cadangkan & setel ulang. setel ulang telepon xiaomi
  3. Setelah masuk, cek bagian bawah kamu akan menemukan Kembalikan ke setelan pabrik.
  4. Hati hati dengan pilihan format kartu SD, karena semua data yang ada di kartu SD kamu akan terhapus. Pilih pilihan pertama Data pribadi.
  5. Pilih Setel ulang telepon. 
  6. Kalau kamu sudah login ke akun Mi, maka kamu akan diminta untuk memasukkan password akun Mi kamu.
  7. Terakhir akan muncul konfirmasi untuk melakukan hard reset, pilih Hapus untuk memulai prosesnya.
  8. Selama proses ini pastikan baterai handphone kamu penuh, atau kamu bisa charge handphone kamu supaya tidak mati saat proses hard reset berlangsung.
  9. Tunggu prosesnya, biasanya akan memakan waktu beberapa menit lamanya.
  10. Setelah proses selesai handphone akan restart dan masukkan data data kamu seperti saat kamu pertama kali membeli.

Nah itulah cara hard reset xiaomi yang bisa kamu lakukan sendiri. Cukup mudah bukan? Selama kamu mengikuti langkah langkah diatas dengan tepat maka kamu pasti bisa melakukannya sendiri.

Baca juga:

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Ikut berkomentarx
()
x