3 Cara Kompres Gambar (Online dan Offline)

Kamu sekarang sedang mengalami kesulitan untuk mengecilkan (kompres) ukuran gambar? Atau sedang mencari cara melakukan perubahan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitasnya? Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan (kompres) ukuran gambar tanpa harus mengurangi kualitas gambar atau foto kamu.

Dengan menggunakan cara ini kamu bisa kok mengecilkan ukuran gambar sampai 100KB. Cara yang akan diberikan kali ini adalah dengan menggunakan smartphone, laptop/pc dan menggunakan layanan online yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu.


Kompres Gambar Online

Optimizilla

Ini adalah cara yang termudah karena kamu tidak perlu download dan install aplikasi apapun. Terlebih lagi kamu bisa menggunakan cara ini di smartphone ataupun di pc. Caranya cukup mudah, berikut ini adalah langkah langkah yang harus kamu lakukan.

  1. Langkah pertma untuk mengecilkan ukuran gambar secara online adalah dengan mengunjungi situs https://imagecompressor.com/id/ melalui browser.
  2. Klik pada opsi unggah file yang terdapat pada layar. Kamu bisa memilih sendiri gambar yang ingin di kecilkan ukurannya, atau kamu bisa menggunakan fasilitas drag and drop.
  3. Kamu bisa mengecilkan ukuran hingga 20 gambar sekaligus dalam satu kali proses.
  4. Tunggu sampai gambar berhasil di upload, dan proses kompres selesai.
  5. Setelah proses upload dan kompress selesai, file siap untuk didownload. Namun kamu masih bisa juga untuk merubah level kompressnya apabila merasa hasilnya masih kurang maksimal.
  6. Ada slider yang mengindikasikan gambar sebelum dan sesudah di kompress. Kamu bisa menaikkan atau turunkan level sesuai dengan keinginan
  7. Download file yang kalian inginkan ke PC ataupun smartphone kamu.

Kompres Gambar Dengan Aplikasi Android

Photo compress 2 ad free

Cara ini cukup efektif untuk mengecilkan ukuran gambar yang ada di smartphone kamu supaya tidak memakan memori smartphone kamu. Kamu juga tidak perlu menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop untuk melakukannya. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi yang didownload melalui playstore saja kok. Berikut langkah langkahnya:

  1. Download aplikasi Photo Compress 2.0 – Ad Free dari Playstore.
  2. Buka aplikasi Photo Compress 2.0. Tidak terlalu sulit untuk mempelajarinya karena aplikasi ini memiliki user interface yang cukup sederhana.
  3. Pilih Gallery dan pilih mana foto atau gambar yang akan kamu kecilkan. Pilih OK apabila kamu sudah selesai dengan pilihanmu.
  4. Kamu akan diberikan beberapa pilihan seperti Compress Image, Resize Image, dan Crop Image. Pilih Compress Image untuk mengecilkan ukuran gambar.
  5. Pilih kualitas kompres yang kamu inginkan pada menu drop down yang ada disana. Atau kamu bisa juga menggunakan slider, kami sarankan setidaknya 60% untuk mendapatkan hasil terbaik.
  6. Klik Compress.
  7. Aplikasi akan memproses gambar yang ingin kamu kecilkan, dan setelah proses selesai kamu akan mendapatkan informasi hasil akhirnya.

Kompres Gambar Dengan Aplikasi PC

Microsoft Photos

Cara ini bisa kamu gunakan kalau kamu berada dalam kondisi bekerja di depan komputer yang tidak terhubung dengan internet. Kamu tidak perlu kok download aplikasi apapun, karena kamu hanya menggunakan aplikasi Microsoft Photos yang merupakan aplikasi bawaan Windows.

  1. Cari gambar yang ingin kamu kecilkan ukurannya, klik kanan pada gambar, pilih open with, dan pilih opsi Photos.
  2. Klik titik tiga yang ada di kanan atas.
  3. Pada menu dropdown yang ada, pilih Resize.
  4. Akan muncul 3 opsi pilihan, yaitu Small, Medium dan Large. Pilih ukuran yang kalian inginkan lalu Save As gambar kamu di tempat yang diinginkan.
  5. Setelah proses selesai, buka folder penyimpanan dan lihat foto yang sudah dikompres.

Cukup mudah bukan cara mengecilkan (kompres) ukuran gambar sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan? Kalau kamu punya cara lain, bisa share di kolom komentar ya!

Baca juga:

0 0 vote
Article Rating

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments