Tidak Bisa Logout? Ini Cara Logout LINE yang Mudah

LINE terkenal karena 3 hal: stiker yang ramai, aplikasi yang berat, serta tidak bisa logout.

LINE merupakan salah satu aplikasi pengirim pesan yang cukup populer terutama di kalangan anak muda. Hal ini tidak lain disebabkan karena LINE merupakan salah satu aplikasi chatting yang pertama menerapkan stiker.

Meskipun popularitasnya sedikit menurun, tapi aplikasi yang dikembangkan oleh Naver ini tetap jadi pesaing ketat Whatsapp sebagai aplikasi chatting terpopuler di dunia, setidaknya di asia tenggara.

Nah pertanyaannya, kok di LINE tidak bisa logout? Tentu saja bisa. Memang agak tricky karena LINE tidak mau kamu meninggalkan aplikasinya, tapi disini kami beberkan rahasianya.


Untuk Pengguna Android

Untuk logout dari LINE di ponsel Android, kamu tidak bisa melakukannya dari di dalam aplikasi melainkan harus menggunakan beberapa cara di bawah.

Hapus Data – Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan masuk ke dalam pilihan settings, lalu langsung masuk ke pengaturan manage apps.

Setelah itu kamu bisa langsung mencari aplikasi LINE yang ada di dalam menu pengaturan tersebut. Bila sudah menemukan aplikasi ini maka kamu langsung bisa klik pilihan clear data.

Dengan memilih clear data, otomatis kamu akan ter logout dari LINE. Data login, history chat, dan settingan didalam LINE pun akan hilang semua, kecuali app-nya akan tetap terinstal

Uninstall – Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk melakukan logout dari aplikasi ini adalah dengan menghapus aplikasi ini dari ponsel yang kamu gunakan saat ini.

Cara ini memang terbilang ekstrim tapi memang LINE sendiri tidak memiliki fitur log out yang merupakan salah satu cara untuk menjaga keamanan akun seluruh pengguna aplikasinya.

Pertanyaannya, apabila kamu uninstall aplikasi ini apakah seluruh data yang ada di dalam LINE akan terhapus? Jawabannya adalah iya. Sama dengan menghapus data di cara pertama, namun bedanya disini aplikasinya pun akan terhapus.

Agar Data Tidak Hilang – Berhubung seluruh cara yang kami berikan diatas akan menghapus riwayat chatting serta foto/video, tentu kami membagikan juga cara agar data tersebut tidak hilang.

Caranya sangat mudah kok, yakni kamu cukup melakukan back up data LINE sebelum melakukan log out. Ketika kamu mau login lagi dengan akun yang sama, tinggal kembalikan (restore) saja makan seluruh riwayat pesanmu tidak ada yang hilang.


Untuk Pengguna iOS

logout line di ios

Sama seperti pengguna Android, kamu yang menggunakan ponsel atau tablet berbasis iOS pun bisa melakukan logout dari akun LINE. Sayangnya sebelum melakukan logout kamu pun harus melakukan backup data.

Back Up Data – Salah satu fitur keamanan yang menurut kami cukup menarik dari LINE adalah, para user tidak bisa melakukan logout secara manual dari dalam aplikasi. Alih-alih para pengguna harus menghapus data aplikasi tersebut, atau uninstall LINE dari ponsel mereka apabila ingin logout.

Karena itu sebelum melakukan logout dengan cara-cara menghapus data atau bahkan menginstal aplikasi, kamu harus melakukan backup data agar ketika login lagi, data-data penting tidak hilang.

Uninstall LINE – Seperti yang telah kami Sebutkan sebelumnya satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk logout dari aplikasi LINE di ponselmu adalah dengan cara uninstall aplikasi ini.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah sebagaimana kamu melakukan instal aplikasi aplikasi lain yang berada di dalam ponselmu yang berbasis iOS. Setelah melakukan uninstall, secara otomatis kamu akan logout dari akun dari LINE.

Clear Data – Bagi kamu yang tidak rela menghapus LINE dari ponsel mu karena malas download ulang, tentu ada cara lebih praktis. Cara ini bisa kamu lakukan dengan menghapus data dari aplikasi LINE di menu settings yang ada dalam iPhone. Setelah menghapus semua data, secara otomatis akun dari LINE mu akan keluar.

Kamu bisa melakukan login kapanpun kamu mau dengan menggunakan akunmu tersebut. Namun perlu kamu ingat untuk selalu restore data-data yang telah di backup agar riwayat pesan kembali semua.


Log Out Akun LINE di PC

logout line di laptop

Salah satu kelebihan LINE yang dahulu belum dimiliki oleh WhatsApp adalah, LINE bisa dibuka secara bersamaan di perangkat komputer dan ponsel si penggunanya.

Namun berbeda dengan aplikasi LINE di ponsel, aplikasi LINE di PC justru memiliki fitur logout secara langsung. Hal ini barangkali karena memang sejak awal LINE merupakan aplikasi yang berbasis ponsel, sehingga aplikasi PC dianggap sebagai tambahan.

Selain itu dengan adanya fitur log out pada aplikasi LINE PC, pengembang aplikasi ini justru telah menjaga keamanan dari akun si penggunannya. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan log out akun LINE di PC adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu yang memiliki ikon gear di pojok atas.
  2. Setelah itu kamu bisa langsung klik Log Out.

Apabila kamu membuat akun di LINE PC, sama dengan akun yang berada di ponsel mu kamu juga bisa melakukan log out LINE PC melalui ponsel loh! Caranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Masuk ke aplikasi LINE yang berada di ponsel.
  2. Klik menu More dan lanjut klik menu Settings.
  3. Setelah itu cari pengaturan Account dan lalu pilihlah menu Device.
  4. Terakhir kamu cukup pilih pilihan Log Out.

Selain cara ini sebenarnya ada beberapa kondisi yang menyebabkan akun Line di PC mu logout dengan sendirinya. Beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Kamu login ke akun yang sama di beberapa PC. Kalau kamu tidak merasa login di PC lain, hal ini justru bisa menjadi penanda bahwa akunmu sedang dibuka (dihack) orang lain.
  2. Bila kamu mengganti email yang terdaftar pada akunmu menggunakan ponsel, maka secara otomatis LINE PC yang kamu gunakan akan logout.
  3. Bila kamu melakukan logout dari LINE di ponselmu, secara otomatis LINE PC juga akan melakukan logout.
  4. Bila kamu menghapus akun yang kamu gunakan di PC tersebut secara langsung dari ponselmu, maka secara otomatis akun tersebut akan logout dari LINE PC.
  5. Kamu tidak terhubung ke jaringan internet.
  6. Kamu tidak menggunakan aplikasi ini untuk waktu yang cukup panjang. Bila demikian maka secara otomatis LINE PC akan melakukan logout terhadap akun yang terdaftar tersebut.

Pada akhirnya sih memang tidak ada cara manual untuk melakukan log out akun LINE yang kamu miliki. Karena rata-rata caranya justru melibatkan penghapusan data LINE atau malah penghapusan aplikasi.

Meski demikian agar riwayat chattingmu tidak hilang, kamu bisa melakukan back up chatting sebelum melakukan log out ya! Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat!

5 1 vote
Article Rating

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments