4 Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Ketika windows 10 mengalami kendala, safe mode sangat berguna untuk melakukan troubleshooting. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk dapat masuk ke safe mode windows 10, ini bisa dilakukan untuk beberapa merk laptop seperti lenovo, asus, hp dan masih banyak lainnya.

Kalau belum paham apa gunanya, safe mode sangat berguna saat PC atau laptop mengalami masalah seperti terkena virus ataupun program yang crash.

Pada safe mode, windows hanya akan menjalankan program yang penting, dan program yang bermasalah seperti crash ataupun terkena virus tidak akan berjalan sehingga anda bisa melakukan beberapa maintenance tanpa terganggu.

Berikut ini RuangLaptop akan memberikan beberapa cara untuk dapat masuk ke safe mode pada sistem operasi windows 10.


1. System Configuration

msconfig safe boot windows 10

Di dalam system configuration atau yang dikenal beberapa orang dengan msconfig anda bisa mengatur beberapa hal mulai dari start up hingga booting windows. Berikut ini adalah langkah langkah yang bisa anda lakukan untuk dapat masuk ke safe mode windows 10 melalui booting

Anda bisa mengakses System Configuration ini melalui dua cara. Cara pertama adalah dengan mengetikkan msconfig pada start menu, sementara cara kedua adalah dengan menekan tombol windows + R secara bersamaan, lalu ketik msconfig.

Di dalam System Configuration ada 4 macam safe boot yang bisa anda temukan dalam menu boot option. Penjelasan masing masing safe boot bisa di cek berikut ini.

  • Minimal: Safe mode akan berjalan hanya dengan driver dan services yang penting dan perlu saja. Tampilannya hanya menggunakan Windows GUI yang sangat minimal
  • Alternate Shell: Safe mode akan berjalan dengan menggunakan perintah Command Prompt saja dan tanpa menggunakan Windows GUI. Opsi safe mode ini membutuhkan pengetahuan mendalam mengenai command text.
  • Active Directory Repair: Safe mode akan berjalan dengan informasi mengenai hardware. Mode ini biasanya digunakan apabila hardware mengalami masalah.
  • Network: Safe mode akan berjalan dengan driver dan services yang penting untuk mengakses sebuah jaringan. Tampilannya hanya menggunakan Windows GUI yang sangat minimal.

Pilih opsi safe boot mana yang akan anda gunakan, setelah itu anda bisa klik OK. Akan muncul konfirmasi untuk melakukan restart sekarang atau nanti. Apabila ingin mengembalikan ke booting semula, anda bisa uncheck pilihan safe boot.

Lihat: Cara share wifi di Windows 10


2. Advanced Startup

advanced startup windows 10

Windows 10 menyediakan opsi Advanced Startup yang sering digunakan untuk melakukan troubleshooting saat windows bermasalah. Berikut ini adalah langkah langkah yang bisa anda lakukan untuk dapat masuk ke safe mode windows 10 melalui Advanced Startup.

  1. Masuk ke Settings melalui Start Menu
  2. Pilih opsi Update & Security
  3. Pilih opsi Recovery
  4. Klik Restart Now pada bagian Advanced Start Up
  5. Anda akan masuk ke Recovery Mode dengan tiga pilihan. Continue, Troubleshoot, dan Turn Off Your PC.
  6. Pada opsi ini anda bisa pilih Troubleshoot
  7. Pilih Advanced Options
  8. Pilih Startup Settings
  9. Akan ada pemberitahuan kalau windows akan direstart dan akan melakukan perubahan pada pengaturan.
  10. Setelah restart, anda akan masuk Startup Setting, disini anda bisa masuk ke safe mode
  11. Buka safe mode dengan menekan F4.

3. Recovery Mode

Tombol restart Windows 10

Cara ini mirip dengan Advanced Startup, perbedaannya ada di permulaan saja. Berikut adalah langkah langkah yang bisa anda lakukan untuk dapat masuk ke safe mode windows 10 melalui Recovery Mode.

  1. Klik start menu lalu pilih Power
  2. Tekan SHIFT + Restart
  3. Anda akan masuk ke Recovery Mode
  4. Selanjutnya anda bisa pilih Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > klik Restart.
  5. Setelah itu anda bisa masuk ke safe mode dengan menekan tombol F4.

4. Tombol F8

CMD WIndows

Ini adalah cara yang paling umum digunakan, dengan menekan tombol F8 berkali-kali saat sedang booting, otomatis anda akan masuk ke dalam safe mode. Namun sayang cara ini sudah tidak bisa digunakan di Windows 10 untuk mempercepat booting.

Namun anda bisa menggunakan sebuah trik untuk mengembalikan fitur ini:

  1. Masuk ke Command Prompt melalui Start Menu
  2. Tekan Yes apabila keluar peringatan.
  3. Setelah masuk ke Command Prompt (CMD), ketik bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy
  4. Tekan enter untuk mengaktivasi perintah ini dan restart pc atau laptop.
  5. Anda sudah bisa masuk ke dalam Safe Mode dengan menekan F8.
  6. Untuk menonaktifkannya lagi, anda bisa masukkan perintah bcedit /set {default} bootmenupolicy standard ke CMD
  7. Tekan enter untuk mengaktivasi perintah tersebut.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk dapat masuk ke dalam safe mode di windows 10. Pilih sendiri mana cara yang paling cocok dan mudah untuk anda ya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of