Cara Melacak Handphone Dengan IMEI

Generasi millennial saat ini sangat banyak yang menggunakan handphonedengan berbagai macam fitur-fitur canggih, salah satu fitur canggih yang istimewa saat ini adalah fitur keamanan.

Smartphone saat ini pada umumnya terhubung dengan akun Google, maka dari itu apabila ponsel kalian mengalami kehilangan dan pembajakan yang dilakukan oleh segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab, kalian bisa memanfaatkan fitur aplikasi yang diunduh dari Google Play.

Apabila ponsel kalian mengalami kehilangan, saat ini banyak sekali cara untuk menemukan kembali ponsel kalian. Pada umumnya kalian bisa melacaknya dengan menggunakan GPS dengan memanfaatkan akun Google.

Baca: Cara melacak ponsel hilang

Tapi, bagaimana apabila GPS kalian tidak berfungsi, jangan risau jangan panik, kalian bisa menggunakan nomor imei. Setiap ponsel yang ada dunia ini pasti memiliki nomor imei yang berbeda dan sangat berguna untuk menemukan ponsel yang hilang.

Simak beberapa ulasan berikut ini tentang bagaimana caranya melacak ponsel yang hilang dengan menggunakan imei.


Melacak Ponsel Android Yang Hilang Menggunakan IMEI

 Dalam menggunakan Imei untuk melacak ponsel android kalian, ada beberapa syarat yang harus dilakukan, berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dilakukan untuk menggunakan Imei di ponsel android kalian.

Syarat Melacak Handhone dengan IMEI

  • Anda harus tahu nomor Imei di ponsel android kalian yang hilang. Kalau lupa, bisa cari di kotak dus ponsel itu.
  • Ponsel yang kalian lacak sedang dalam keadaan mati.
  • Mengaktifkan mode lokasi, sebenarnya ini optional saja, tidak usah mengaktifkan mode lokasi juga bisa-bisa saja.

Cara Melacak Ponsel Dengan IMEI

Apabila kalian sudah memahami persyaratannya, maka kalian akan masuk ke tahap tutorialnya. Simak langkah-langkah tutorial dalam melacak ponsel kalian yang hilang melalui Imei.

  1. Pertama-tama yang harus dilakukan untuk mengetahui nomor kode Imei pada ponsel kalian bisa mengecek dengan melakukan panggilan nomor dial di *#06#
  2. Selain cara tersebut, kalian juga dapat masuk ke menu pengaturan pada ponsel kalian di Settings > About Phone > Status, dan arahkan kursor ke halaman bawah kalian akan menemukan data MEID dan catatlah nomor tersebut.
  3. Setelah kalian mendapatkan nomor kode Imei yang tertera pada ponsel kalian yang hilang, kalian masuk ke situs Find My Phone Google. Perlu diingat, cara ini memerlukan akses internet, jadi siapkanlah kuota paket data kalian atau bisa juga menggunakan wifi.
  4. Kemudian, masukkanlah nomor kode Imei dari ponsel kalian yang hilang, atau bisa lebih mudahnya apabila ponsel kalian sudah terhubung atau tersinkron dengan akun Google.
  5. Selanjutnya, tunggulah beberapa menit dan tekan tombol tanda seru di pojok kanan atas sebelah keterangan nama merk ponsel kalian.
  6. Ketika kalian telah terhubung dengan nomor kode Imei ponsel kalian yang hilang, deringkan atau bunyikanlah ponsel kalian dengan menekan menu fitur dering pada Find My Device. Fitur ini bisa diakses dalam kondisi apapun pada ponsel kalian, bahkan pada saat ponsel kalian dalam keadaan mati pun ponsel kalian masih bisa berdering. Ketika ponsel kalian berdering, kalian bisa menentukan dimana keberadaan ponsel kalian yang hilang dari suara.
  7. Setelah menderingkan ponsel, sekarang kalian tinggal mendekati sumber suara. Kalau kemungkinan sedang dicuri orang lain, kalian tinggal melakukan pengintaian dan jangan terlalu sering menderingkan ponselnya agar terhindar dari kecurigaan orang yang mencuri ponsel kalian.
  8. Apabila kalian telah tiba pada titik lokasi tempat dimana ponsel kalian berada, deringkanlah ponsel kalian sesering mungkin agar bisa mengetahui dimana ponsel kalian berada.

Melacak iPhone Yang Hilang Menggunakan IMEI

 Pada dasarnya, melacak ponsel berbasis iPhone dengan Android dengan menggunakan nomor kode Imei hampir mirip-mirip langkahnya, namun kali ini akan membahas tentang bagaimana cara melacak ponsel berbasis iPhone, ada dua cara melacak ponsel iPhone dengan menggunakan nomor kode Imei, berikut diantaranya:

Melacak tanpa menggunakan aplikasi

Maksudnya tanpa menggunakan aplikasi disini yakni kalian harus bergerak sendiri tanpa menggunakan ponsel yang lain untuk melacak keberadaan ponsel kalian. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Segera hubungi provider SIM Card kalian untuk memblokir nomor ponsel kalian.
  2. Langsung lakukan pengecekan buku panduan model ponsel iPhone kalian untuk melihat nomor kode Imei. Perlu diingat, nomor kode Imei sangatlah penting, maka dari itu simpan dan hafalkan baik-baik nomor kode Imei kalian, karena apabila kalian tidak hafal dan buku panduan kalian hilang, maka kalian tidak bisa melanjutkan dan segera hentikan tutorial ini.
  3. Selanjutnya, kalian datanglah ke kantor polisi terdekat untuk melaporkan laporan kehilangan ponsel iPhone kalian yang hilang, dan jangan lupa sertakan nomor kode Imei-nya
  4. Yang terakhir, surat laporan dari polisi tadi bisa digunakan sebagai syarat untuk menghubungi provider iPhone dan mereka akan melacak dengan menggunakan nomor kode Imei dan memblokir ponsel iPhone yang hilang agar tidak bisa digunakan oleh orang yang menemukan atau mengambil ponsel kalian.

Melacak dengan menggunakan aplikasi pelacak

Melacak tanpa menggunakan aplikasi memang agak sedikit rumit dan membuat banyak mengeluarkan tenaga dan uang karena harus berurusan dengan pihak berwajib dan provider iPhone.

Cara kedua ini mungkin bisa membantu kalian yang tidak ingin mengeluarkan tenaga dan tidak ingin dibuat ribet. Berikut ini ada dua aplikasi yang dapat membantu kalian apabila iPhone kalian hilang.

Find My iPhone

Sebenarnya aplikasi ini mirip seperti aplikasi yang ada pada ponsel berbasis android. Aplikasi ini dianjurkan untuk pengguna iPhone iOS 5 keatas, memiliki Apple ID, mengunduh aplikasi Find My iPhone dan terkoneksi dengan internet. Simak beberapa langkah yang harus dilakukan:

  1. Yang pertama, pilih menuSettings > iCloud > Find My iPhone.
  2. Selanjutnya, kunjungi situs iCloud kemudian login dengan menggunakan Apple ID kalian.
  3. Kemudian, pilih menu Find My iPhone dan secara otomatis aplikasi ini akan melacak keberadaan lokasi iPhone kalian secara akurat dan pastikan terhubung dengan internet.
  4. Apabila tidak terhubung ke internet, kalian bisa mengaktifkan pilihan agar kalian menerima email tentang lokasi iPhone pada peta dengan segera setelah iPhone kembali terhubung ke internet.
  5. Jika kalian pilih pada bagian titik lokasi iPhone di peta, kalian akan diberi tiga pilihan, kalian bisa memutar suara, mengirim pesan dan menghapus semua data pribadi dan juga kalian bisa mengunci iPhone dari jarak yang jauh.

iHound

Aplikasi ini berfungsi ketika kalian sudah mengunduhnya, aplikasi ini sangat berguna ketika iPhone kalian mengalami kehilangan diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Aplikasi ini akan mengirimkan peringatan secara otomatis melalui email yang menyatakan bahwa iPhone kalian sedang berada di suatu tempat setiap kali pencurinya menghubungkan iPhone ke komputer mereka. 


Kesimpulan

Nah itulah beberapa langkah yang telah dirangkum bagi kalian yang ingin melacak ponsel kesayangan kalian, mau itu berbasis Android maupun iPhone, semoga bisa membantu bagi kalian yang sedang melacak dan mencari dimana ponsel kalian berada. Tetap hati-hati dalam menyimpan barang berharga kalian.

Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *