HP Hilang? Ini Cara Melacak HP Dengan IMEI!

Semakin lama, handphone semakin dilengkapi fitur-fitur canggih yang bikin kita ketinggalan. Beberapa fitur yang sedang trending sekarang adalah privasi, dan tentunya keamanan.

Semakin banyaknya smartphone yang beredar di masyarakat, semakin meningkat pula angka penjambretan dan maling hp. Untungnya berkat teknologi, kita sekarang bisa melacak hp hilang lewat internet menggunakan akun yang terhubung ke hp, seperti Google Account dan Apple ID.

Tapi, bagaimana kalau semuanya tidak berfungsi? Ada cara terakhir yang bisa dicoba yaitu dengan bantuan IMEI. Setiap HP yang ada bumi ini memiliki nomor IMEI yang berbeda, dan bisa jadi salah satu jalan alternatif melacak HP hilang.

Selamat datang di RuangLaptop, dan berikut adalah cara melacak hp hilang dengan IMEI!


Apa Itu IMEI?

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah 15 digit angka unik yang dimiliki setiap handphone GSM, dan tidak ada satupun hp di dunia ini yang punya nomor IMEI sama.

Banyaknya IMEI yang dimiliki sebuah handphone GSM pun bergantung pada jumlah kartu SIM yang didukung. Handphone dual-sim akan memiliki 2 IMEI, dan handphone single-sim memiliki 1 IMEI. Ponsel CDMA memiliki kode unik serupa namun bukan IMEI, melainkan MEID.

Nomor IMEI bisa berguna kalau ponsel anda hilang, namun bukan berarti dengan instan memberitahu keberadaan ponsel, melainkan nomor IMEI bisa digunakan untuk menonaktifkan jaringan seluler perangkat tersebut (blacklist dari semua operator).


Cara Mendapatkan Nomor IMEI

Untuk bisa melacak hp dengan IMEI, tentunya anda perlu tahu nomor IMEI nya. Berikut adalah beberapa cara cek IMEI hp:

  • Cari di kotak dus hp, biasanya ada semacam barcode beserta IMEI.
  • Dial *#06# dan nomor IMEI akan muncul di layar.
  • Buka baterai hp, lihat bagian dalamnya, dan cari 15 atau 16 digit angka IMEI.
  • Buka menu “Settings” > “About Phone” > “Status” > “IMEI information” (Android)
  • Buka menu “Settings” > “General” > “About”, lalu cari nomor IMEI (iPhone)

Cara Melacak HP dengan IMEI

Karena nomor IMEI ponsel anda terhubung dengan database kartu SIM operator seluler, anda membutuhkan surat keterangan dari pihak berwenang untuk meminta operator melacak HP hilang menggunakan nomor IMEI.

Siapa pihak berwenang yang dimaksud? Tak lain dan tak bukan pihak berwajib, oleh karena itu anda perlu memiliki koneksi dengan pihak-pihak tersebut untuk bisa melacak ponsel dengan IMEI.

Sebenarnya, kami lebih menyarankan untuk melacak hp dengan akun Google atau Apple ID (akan dijelaskan di poin 2, 3, dan 4).

Meskipun melacak HP dengan IMEI tidak kami anjurkan karena prosesnya yang ribet, butuh kewenangan dan ‘uang’, kami akan berikan tahap yang mungkin bisa anda lakukan:

1. Hubungi Operator

Cara pertama yang bisa anda coba adalah hubungi service center operator anda (operator kartu sim handphone yang hilang), dan informasikan bahwa anda ingin mencari ponsel hilang. Beritahu juga nomor IMEI nya kalau ditanya.

Seperti pembahasan diatas, pihak operator pasti akan meminta surat keterangan hilang dari Polisi. Maka dari itu, baiknya sebelum mendatangi operator, hubungi pihak yang berwenang (koneksi, keluarga, teman dll), dan buatlah surat keterangan untuk melacak dengan IMEI.

Operator bisa dengan akurat men-track lokasi handphone anda kalau handphone itu nyala dan ada kartu SIM didalamnya. Kartu SIM otomatis akan terhubung ke tower terdekat (nomor IMEI-nya tercatat), dan provider tentu bisa melacak lokasinya.

Kalau hp anda dicuri, dan si pencuri sengaja mengganti kartu SIM atau mematikan handphone, mungkin provider hanya bisa melacak lokasi terakhir saat kartu SIM anda belum dikeluarkan.

Nah tadi sebenarnya cara yang paling tidak kami anjurkan karena sangat ribet. Melacak hp yang paling efektif menurut RuangLaptop akan dijabarkan berikut ini.

2. Google Find My Device (Android)

Google Find My Device

Berhubung hampir semua smartphone sudah terhubung ke akun Google, maka kemungkinan besar anda bisa menggunakan cara ini.

Ini adalah metode yang paling kami anjurkan karena tidak membutuhkan nomor IMEI, dan bisa melacak ponsel android yang hilang dengan tepat. Ikuti langkah berikut:

  1. Buka situs Google Find My Device, maka akan tampil peta beserta lokasi handphone anda.
  2. Akan ada tiga opsi yaitu bunyikan suara, amankan handphone, dan hapus data.
  3. Langsung amankan handphone dengan klik “SECURE DEVICE”
  4. Handphone anda akan langsung terkunci dan otomatis sign-out akun google. Jangan khawatir, anda tetap bisa melacak lokasinya meskipun sudah di sign-out.
  5. Cari hp anda sesuai lokasi yang ditampilkan di peta.
  6. Ketika sampai di lokasi, anda bisa klik “PLAY SOUND” untuk membunyikan hp dan menangkap basah si pencuri.
  7. Kalau kedua cara diatas tidak berhasil, klik “ERASE DEVICE” untuk menghapus semua data didalam handphone.

Di zaman yang serba digital ini, kami rasa menghapus semua data adalah langkah yang tepat untuk mengamankan akun dan data pribadi anda. Kenapa? Karena hp bisa dibeli lagi, tapi sekalinya data pribadi tersebar, akan sangat sulit untuk mengatasinya.

Perlu diingat, untuk melacak hp dengan fitur Find My Device, anda butuh jaringan internet, dan handphone yang kecurian juga harus dalam keadaan aktif.

Nah tapi kalau si pencuri sengaja mematikan handphone dan menghapus semua data akun, fitur ini bisa memberitahu lokasi terakhir yaitu sebelum handphone dimatikan dan data dihapus (yang kemungkinan besar adalah rumah si pelaku).

Wajib tahu: Cara ganti password Gmail

3. Find My iPhone (iPhone)

Find My iPhone

Sebenarnya aplikasi ini mirip dengan Google Find My Device. Aplikasi ini bisa digunakan oleh anda yang punya iPhone iOS 5 keatas, memiliki Apple ID, sudah install aplikasi Find My iPhone, dan terkoneksi dengan internet.

Simak beberapa langkah yang harus dilakukan:

  1. Kunjungi situs iCloud
  2. Login dengan menggunakan Apple ID anda.
  3. Pilih menu Find My iPhone dan secara otomatis aplikasi ini akan melacak keberadaan lokasi iPhone anda secara akurat (kalau iPhone terhubung ke internet)
  4. Apabila iPhone tidak terhubung ke internet, anda bisa mengaktifkan pilihan untuk menerima email tentang lokasi iPhone pada peta, segera setelah iPhone kembali terhubung ke internet.
  5. Anda akan diberi empat pilihan, yaitu menderingkan suara, mengirim pesan, menghapus semua data pribadi, dan juga mengunci iPhone dari jarak jauh.

Nah itulah beberapa penanganan darurat yang bisa segera diterapkan untuk melacak handphone anda yang hilang, baik itu Android maupun iPhone. Jangan pernah menyimpan data sensitif, simpan handphone dengan baik, dan waspadai jambret di segala situasi.

Ada pertanyaan? Tinggalkan komentar dibawah!

Wajib tahu:

2.5 4 votes
Article Rating

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
14 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments