Cara Melacak HP Hilang Dalam Keadaan Mati!

Melacak hp hilang dalam keadaan aktif itu relatif gampang. Bisa lewat telpon biasa, Find My Device, Family Locator dan lain lain. Tapi apa jadinya kalau hp anda kecurian, tapi si maling langsung mematikan hp sesampainya ia dirumah?

Ada beberapa solusi dan upaya terakhir yang bisa dicoba untuk menemukan kembali gadget tercinta anda. Meskipun begitu, kami rasa tidak ada satupun cara di artikel ini yang bisa langsung menunjukkan lokasi ponsel. Melainkan, anda bisa gabungkan/kolaborasikan beberapa cara dibawah untuk menganalisa dan mencari jejak keberadaan ponsel.

Selamat datang di RuangLaptop, dan tanpa basa-basi lagi langsung kita bahas beberapa metodenya!


1. Google Location History

Google location history

Kalau fitur Find My Device cocok untuk melacak hp hilang dalam keadaan nyala, Location History ini adalah fitur Google yang mencatat setiap pergerakan anda, dan bisa digunakan untuk memberitahu posisi terakhir ponsel sebelum ia mati. Kecuali anda pernah dengan sengaja mematikan location tracking, fitur ini pasti berfungsi.

Pertama, buka browser, lalu login ke akun google, lalu kunjungi Google Maps Timeline. Didalamnya anda akan bisa mengatur jejak lokasi berdasarkan tanggal.

Mulailah dari tanggal terbaru (hari ini), kalau tidak ada data, berarti si maling sudah mematikan hp, atau mencabut kartu SIM, atau mematikan GPS. Jangan panik, cek lagi ke tanggal kemarin, dan seterusnya.

Biasanya, maling tidak akan bongkar-bongkar hp sebelum sampai ke tempat persinggahannya. Bayangkan anda jadi maling hp, kemudian langsing oprek-oprek sebelum kabur jauh dan tiba di tempat yang aman. Bahaya tertangkap kan? Nah itulah kenapa kalaupun si maling mematikan semua fitur di hp, data lokasi terakhir tetaplah rumah singgahnya.


2. CCTV

Depan DPR MPR

Seperti kami sebut diawal, semua tips di artikel ini adalah upaya terakhir, bisa berhasil bisa juga tidak. Dan untuk CCTV, ia bisa digunakan bersama google location history untuk mendapat informasi lebih lengkap mengenai keberadaan ponsel.

Mungkin tiba-tiba, data Location History terputus, yang artinya si maling membongkar ponsel. Anda bisa cari CCTV terdekat dengan lokasi yang diberikan oleh Location History. Yang perlu anda ketahui adalah, di kota-kota besar Indonesia sekarang sudah ada CCTV di berbagai penjuru jalanan.

CCTV bukanlah satu metode lengkap yang bisa langsung memberitau keberadaan ponsel, namun ia bisa jadi tambahan atau bantuan untuk dikolaborasikan dengan metode-metode lain.


3. Kontak Operator

TRI CS

Apa hubungannya dengan operator? Semua hp pasti ada kartu SIM nya, dan kartu SIM anda selalu terhubung ke tower-tower pemancar jaringan telekomunikasi.

Lokasi ponsel juga bisa dilacak dengan yang namanya triangulasi. Ini adalah ketika kartu SIM terhubung ke 3 tower, data jarak SIM ke masing masing tower dan posisi setiap tower bisa diolah untuk menunjukkan posisi ponsel.

Seperti yang telah dibahas di poin pertama, kemungkinan besar kalaupun si maling mencabut kartu SIM, itu adalah di rumahnya. Jadi anda tetap bisa melacak lokasi rumahnya.

Nah, dengan pengetahuan diatas, siapa lagi yang punya data itu selain operator? Anda bisa coba hubungi operator, dan tentunya responnya akan berbeda beda. Tidak ada salahnya mencoba.


4. Lapor Polisi

Susno Duadji

Kenapa polisi? Karena mereka punya kewenangan untuk melacak ponsel dari menggunakan cara yang tidak umum, misalnya melacak hp dengan IMEI. Setiap ponsel punya satu IMEI (atau 2 tergantung berapa slot SIM), meskipun si maling mengganti akun Google, ganti kartu SIM, dan reset ponsel, nomor IMEI nya tidak akan pernah berubah.

Nah data IMEI ini terhubung dengan apapun kartu SIM yang ada didalamnya. Yang punya data ini lagi lagi adalah operator, namun sebagai rakyat jelata, kemungkinan besar pihak operator tidak mau memberikan bantuan dengan cara ini, kecuali diminta oleh pejabat atau pihak berwenang.

Kalaupun IMEI tidak bisa, mungkin polisi bisa membantu anda menemukan ponsel asalkan anda memberi sejumlah imbalan. Polisi punya kewenangan atas banyak hal dan berbagai macam data, jadi bisa anda percayakan.

Sejauh ini, baru 4 tips diatas yang bisa kami berikan untuk melacak hp hilang dalam keadaan mati. Jujur saja, sangat sulit melacaknya kalau dalam kedaan mati, anda harus cerdik dan pintar menggabungkan beberapa metode untuk menarik benang sampai ke lokasi presisi posisi ponsel anda.

Selain 4 cara diatas, jangan lupa coba gunakan Google Find My Device, karena kita tidak tahu kapan ponsel akan nyala lagi, atau apakah ternyata masih terhubung dengan akun Google (tidak ada ruginya mencoba)

Akhir kata perbaiki untuk kedepannya, jangan pernah simpan data-data pribadi didalam ponsel, selalu siapkan metode pencegahan kalau hilang atau dicuri, dan kunci dengan aman semua akun media sosial dan email anda. Tinggalkan komentar dibawah untuk cari saran lain!

Baca juga: Cara cek nomor IMEI HP

Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Software Name
Google Location History
Operating System
Android
Software Category
GPS

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of