6 Cara Melacak HP Android dan iPhone yang Hilang!

Hal yang paling menyebalkan dari memiliki sesuatu adalah kehilangan. Barang elektronik seperti hp tentunya menjadi langganan hilang apabila pemiliknya ceroboh.

Jangan panik kalau hp anda hilang, karena sebagian besar smartphone sekarang sudah terhubung ke akun Google atau Apple, yang tentunya bisa memudahkan pencarian hp hilang.

Android terhubung ke akun Google, dan iPhone terhubung ke akun iCloud. Kedua akun tersebut memiliki fungsi yang sangat penting sebagai langkah awal dalam menemukan handphone yang hilang, yaitu:

  • Melacak lokasi hp.
  • Mengunci dan menghapus data di hp dari jarak jauh.
  • Membuat hp anda berdering.
  • Mengirim pesan khusus ke hp anda, untuk dibaca si penemu hp.

Ada beberapa tips dan cara agar handphone kalian dapat ditemukan kalau terjadi kehilangan. Simak ulasan berikut!

Cek juga: Cara menyadap hp pacar atau istri!


1. Melacak HP Android Hilang dengan Google Find My Device

Beberapa tipe hp saat ini sudah banyak yang menggunakan fitur-fitur canggih, dan hp jenis Android memiliki fitur untuk menemukan hp kalian yang hilang.

Kalian termasuk golongan orang yang beruntung apabila memiliki hp berbasis Android. Mengapa? Karena handphone Android sudah dibekali fitur Find My Device yang sangat berguna di saat genting.

Meskipun banyak yang meremehkan fitur ini karena dianggap hanya bisa melacak HP Android dan mencari keberadaan handphone yang hilang, namun pada kenyataannya Google Find My Device memiliki fitur-fitur yang jauh lebih penting.

Fitur penting itu antara lain menelepon ponsel, mengunci, melacak lokasi, sign out akun google, sampai menghapus semua data ponsel.

Berikut adalah cara menggunakan fitur Find My Device untuk melacak handphone hilang dari browser laptop ataupun smartphone lain:

  1. Buka google.com di browser, kemudian klik Sign in dan masuklah ke akun anda (bisa dari ponsel ataupun laptop). sign in akun google
  2. Ketik Find my device di kolom pencarian google, lalu tekan enter.
  3. Google akan menampilkan box berisi informasi lokasi ponsel terkini beserta tindakan yang bisa dilakukan. find my device google
  4. Kalau anda memilih Ring, maka yang terjadi adalah handphone anda akan mengeluarkan suara nada dering selama lima menit, ini berguna bagi kalian yang lupa menaruh handphone.
  5. Kalau anda memilih Recover, anda akan diminta untuk memilih ponsel yang ingin dilacak, lalu disuruh login lagi.
  6. Setelah login lagi, akan ada pilihan Lock your phoneSign out on your phone, dan Consider erasing your device.
  7. Kalau anda memilih Lock your phone, anda akan diminta mengisi kolom password, pesan, dan nomor yang dapat dihubungi. Ini bertujuan untuk memunculkan pesan di layar handphone yang hilang, dan mengunci handphone agar tidak bisa digunakan oleh si penemu ponsel.Lock your phone
  8. Kalau anda memilih Sign out on your phone, si pemegang ponsel tidak akan bisa mengakses akun google anda lagi. Ini adalah tahap yang harus segera dilakukan agar akun google beserta data didalamnya tidak disalahgunakan. Anda akan tetap bisa membuatnya berdering, melacak, mengunci, dan menghapus isi ponsel.sign out on your phone
  9. Kalau anda memilih Consider erasing your device, anda akan menghapus semua data didalam ponsel sehingga aman dari penyalahgunaan si pencuri atau penemu ponsel.
  10. Untuk melakukan ini, ponsel harus dalam keadaan online. Dan setelah dihapus, Find My Device tidak akan bisa lagi melacak, menderingkan, atau mengunci ponsel anda.erase your device

Lihat: Tips berselancar di internet yang aman


2. Lacak HP Android Hilang Dengan Akun Google (Location History)

Seperti yang kita semua tahu, Google menyimpan semua data anda, tidak terkecuali data setiap lokasi yang pernah anda kunjungi.

Dengan ini, Anda bisa menemukan lokasi ponsel yang terhubung dengan akun Google, kecuali anda pernah sengaja mematikan fitur tracking lokasi di google activity control.

Syarat supaya fitur ini bisa bekerja adalah ponsel harus terhubung dengan akun google, dan anda bisa masuk ke akun google itu. Berikut tahap-tahapnya:

  1. Buka google.com dan klik Sign in (disarankan dari laptop) sign in akun google
  2. Klik kotak-kotak disebelah kiri logo akun, dan pilih Account pengaturan akun google
  3. Lihat bagian Take the Privacy Checkup, lalu klik Get started cek privasi google
  4. Pilih Manage Location History atur sejarah lokasi
  5. Pilih tanggal yang ingin dicek lokasinya, maka akan muncul tampilan sebagai berikut: cek sejarah lokasi

Idealnya adalah, google menampilkan data lokasi untuk saat sekarang, yaitu tanggal ini, jam ini dan detik ini. Namun kalau karena beberapa hal misalnya akun di log-out oleh pencuri, atau tracking lokasi dimatikan, anda hanya akan bisa melihat lokasi terakhir sebelum logout atau trackingnya dimatikan.

Baca: Cara hacker mengetahui password instagram anda


3. Melacak HP Android dengan Family Locator

Setelah aplikasi Find My Device yang merupakan pilihan paling banyak digunakan dalam hal pencarian handphone yang hilang, kini ada beberapa opsi lain yang mungkin perlu kalian pertimbangkan untuk dicoba.

Yap, Family Locator namanya, Aplikasi Family Locator ini dirilis oleh Life360, dengan aplikasi ini kalian dapat terbantu dalam melacak kebedaraan orang-orang terkasih, termasuk bisa memantau kegiatan apa saja yang dilakukan secara tidak langsung.

Kalian pun membuat grup pribadi sendiri, atau yang biasa disebut Circle dari orang yang kalian cintai, rekan kalian, atau siapapun yang paling berarti dan berbincang dengan mereka secara cuma-cuma.

Kemudian, aplikasi ini memiliki fitur untuk menjaga orang-orang terkasih kalian dari bahaya. Fitur ini ialah berupa notifikasi langsung kepada handphone kalian apabila orang-orang terkasih kalian memasuki atau melewati wilayah yang berbahaya.

Selain itu, Family Locator memiliki fitur yang dapat mengetahui riwayat kunjungan dari orang-orang terkasih kalian selama 7 hari terakhir. Sehingga, keberadaan handphone dari orang-orang terkasih kalian dapat dilacak melalui aplikasi ini.

Dari berbagai macam fitur unik yang ditawarkan, Family Locator dapat menjadi opsi atau pilihan kalian untuk bisa menemukan handphone kalian yang hilang.


4. Melacak HP Android dengan Cerberus Anti Theft

Aplikasi pencari handphone dari Cerberus ini menawarkan berbagai fitur pengendali jarak jauh atau remote control yang mengesankan kalau kalian menemukan handphone yang hilang atau dicuri. Apabila handphone kalian hilang atau dicuri, kalian masih dapat mengunci, menyembunyikan atau menghapus handphone kalian.

cerberus anti theft

Beberapa itur lainnya, kalian dapat mengakses kamera pada handphone kalian yang hilang dari jarak yang jauh atau mengontrol dan membunyikan alarm yang keras dari hp kalian, meskipun pada saat kehilangan hp kalian masih dalam mode senyap.

Fitur-fitur canggih lainnya yang memungkinkan kalian menyembunyikan aplikasi Cerberus di File Manager, sehingga tidak dapat terdeteksi kalau handphone kalian hilang atau dicuri.

Cara kerjanya ketika handphone kalian hilang, handphone kalian akan mengirimkan data handphone melalui situs web Cerberus atau melalui teks SMS dari hp lain dengan aplikasi Cerberus yang telah diunduh.


5. Melacak HP Android Hilang dengan Prey Anti Theft

Aplikasi Prey Anti Theft sangat mengesankan bagi para penggunanya karena memiliki tiga fungsi utama dalam satu aplikasi.

Kalian akan memiliki kemampuan untuk menyembunyikan alarm dari handphone kalian yang hilang, selanjutnya Prey Anti Theft dapat melakukan screenshot kalau handphone yang hilang sedang digunakan, dan yang terakhir Prey Anti Theft dapat mengunci perangkat hp kalian pada saat handphone kalian hilang.

prey anti theft

Setelah mengunduh aplikasi Prey Anti Theft, kalian dapat mengikuti dan meniru langkah-langkah nya secara jelas melalui serangkaian tutorial untuk menunjukkan cara bagaimana menggunakan akun Prey kalian untuk melacak handphone yang hilang.

Aplikasi ini tidak memungut biaya apapun dan tidak memerlukan pembelian tambahan untuk mengakses berbagai fitur canggih didalamnya.


6. Melacak iPhone Hilang dengan Find My iPhone

Handphone saat ini bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga sudah menjadi kebutuhan pokok demi menunjang produktifitas yang tinggi dalam bekerja.

Untuk berjaga-jaga agar handphone yang kalian gunakan tidak hilang karena dicuri atau kalian lupa menaruhnya dimana, maka simak cara terbaik demi mengembalikan handphone yang kalian miliki ke tangan kalian.

Untuk kalian yang menggunakan handphone dengan perangkat iOS maka cara terbaik adalah dengan melalui fitur asli Apple, yaitu Find My iPhone.

Aplikasi ini sudah terpasang sebelumnya di setiap perangkat iOS dan dapat menampilkan perangkat kalian yang hilang di tampilan peta untuk membantu kalian menemukan dan mengaturnya dengan mudah.

temukan iphone hilang

Untuk mengaktifkan aplikasi Find My iPhone ini buka Settings di iPhone kalian, kemudian kalian scroll ke bawah dan pilih Find my phone, selanjutnya, centang semua pilihan yang ada disana, dan selesai sudah fitur Find My iPhone dapat aktif.

Selanjutnya, untuk menggunakan fitur Find My iPhone ini, kalian cukup masuk ke iCloud dan buka fitur Find My Phone. Layanan Apple akan mencari handphone kalian di peta dan memberikan kalian beberapa pilihan untuk memutar suara pada handphone kalian, mengirimkan pesan atau dapat menghapus data-data yang berada di dalam handphone kalian yang hilang.

Semua cara ini mirip seperti cara yang diterapkan di handphone berbasis Android. Hanya saja fitur Find My iPhone ini dapat terhubung juga ke Macbook, iPod, dan iPad kalian. Hal ini sangat efektif untuk melacak ke hampir semua perangkat berbasis iOS.

Selain fitur Find My iPhone, Apple sebagai salah satu produsen barang elektronik terbesar juga menggunakan jenis keamanan lain yang terhubung ke perangkat iOS.

Jenis keamanan ini dikenal sebagai Kunci Aktivasi, yang berguna untuk menjaga iPhone kalian aman dari pencurian. Kunci aktivasi mengharuskan kalian untuk memasukkan akun Apple sebelum kalian dapat menonaktifkan Find My iPhone, menghapus perangkat kalian atau mengaktifkannya kembali.

Baca juga: Cara melacak hp dengan IMEI

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of