6 Cara Melacak HP Hilang! (Android dan iPhone)

Hal yang paling menyebalkan dari memiliki sesuatu adalah kehilangan. Barang elektronik seperti ponsel tentunya menjadi langganan hilang apabila pemiliknya ceroboh. (cek juga cara menyadap hp pacar atau istri)

Jangan panik kalau ponsel anda hilang, kalau ponsel yang anda miliki kebetulan adalah ponsel pintar atau smartphone, maka kalian tidak perlu khawatir karena kemungkinan besar smartphone ini sudah terhubung ke akun milik anda.

Android terhubung ke akun Google, dan iPhone terhubung ke akun iCloud. Akun tersebut memiliki fungsi yang sangat penting sebagai langkah awal dalam menemukan ponsel kalian yang telah hilang:

  • Mengunci dan menghapus ponsel kalian dari jarak yang jauh.
  • Membuat ponsel kalian berdering.
  • Mengirim pesan khusus ke ponsel anda, untuk dibaca si penemu ponsel.

Ada beberapa tips dan cara agar handphone kalian dapat ditemukan kalau terjadi kehilangan. Simak ulasan berikut!

Baca: Cara hacker mengetahui password instagram anda


1. Melacak HP Android dengan Google Find My Device

Beberapa tipe handphone saat ini sudah banyak yang menggunakan fitur-fitur canggih, dan ponsel jenis Android memiliki fitur untuk menemukan ponsel kalian yang hilang.

Kalian termasuk golongan orang yang beruntung apabila memiliki ponsel berbasis Android, mengapa? Karena ponsel Android sudah dibekali fitur Find My Device yang tersedia diberbagai macam tipe ponsel berbasis Android.

Meskipun banyak yang meremehkan fitur ini karena fitur ini hanya untuk melacak ponsel Android dan mencari keberadaan ponsel ketika hilang, namun pada kenyataannya tidak seperti itu, karena fitur ini kalian bisa memanfaatkannya untuk keperluan lainnya.

Cara menggunakan fitur Find My Device di ponsel Android yang kalian miliki, kalian harus melakukan mendownload aplikasi Google Find My Device di Google Play terlebih dahulu.

Setelah mengunduhnya, kalian lakukan aktivasi akun email Google kalian. Ketika ponsel kalian sudah terpasang akun email Google, kalian beranjak ke menu Settings kemudian, pilih menu Google, selanjutnya pilih menu Security. Pilih menu Find My Device.

Android setting > find my device

Setelah menu Find My Device dipilih, maka kalian akan diarahkan untuk memasuki akun email Google, agar kalian dapat terhubung ke lokasi tempat dimana ponsel berada melalui maps.

Terhubung ke maps dari find my device

Apabila kurang puas hanya dengan melihat melalui maps yang tertera, maka, kalian dapat menekan tombol menu Play Sound, Secure Device dan Erase Device. Ketika kalian menekan Play Sound maka yang terjadi adalah ponsel kalian akan mengeluarkan suara nada dering selama lima menit, ini berguna bagi kalian yang lupa menaruh ponsel.

play sound - find my device

Selanjutnya, apabila dengan Play Sound tidak cukup, masih ada pilihan menu Secure Device, metode ini bertujuan untuk mengirimkan informasi berupa pesan ke layar ponsel yang hilang dan mengunci ponsel kalian yang hilang agar tidak bisa digunakan bagi yang menemukan.

Baca juga: Cara membuat lokasi palsu di android

Menu Erase Device memiliki kegunaan untuk menghapus semua data dan konten yang ada di ponsel kalian dari jarak jauh.

telepon ponsel dari find my device


2. Melacak HP Android Melalui Browser Internet

Apabila kalian tidak memiliki ponsel lainnya selain ponsel yang hilang, maka salah satu jalan keluarnya ialah dengan melalui browser internet yang ada pada laptop atau komputer kalian. Simak beberapa langkah berikut terkait bagaimana pencarian ponsel yang hilang dengan menggunakan browser internet.

Pertama-tama buka browser yang ada pada laptop atau komputer kalian yang sudah terhubung ke internet.

Selanjutnya, ketik https://www.google.com/android/devicemanager, kemudian kalian masuk dengan akun email Google.

Perlu diingat dan diketahui, akun email yang akan kalian masukkan harus sama seperti akun email yang ada pada ponsel yang ingin ditemukan.

Pastikan kalian hafal password nya, karena apabila kalian lupa password-nya maka kalian tidak bisa menggunakan cara ini dan hampir bisa dipastikan ponsel yang akan kalian cari akan benar-benar hilang. (Baca: Cara ganti password Gmail)

Agar mudah dimengerti, silahkan kalian mengganti Bahasa terlebih dahulu menjadi Bahasa Indonesia.

Selanjutnya kalau sudah berhasil memasukkan akun email kalian ke browser internet, maka kalian tinggal mengaktifkan dan menggunakan fitur Find My Device yang fungsinya sama dengan aplikasi yang ada di ponsel Android kalian.

login google - find my device

Menu-menu seperti Putar Suara, Amankan Perangkat dan Hapus Perangkat memiliki kegunaan yang sama dengan aplikasi Find My Device yang ada pada perangkat Android pada ponsel kalian.


3. Melacak HP Android dengan Family Locator

Setelah aplikasi Find My Device yang merupakan pilihan paling banyak digunakan dalam hal pencarian ponsel yang hilang, kini ada beberapa opsi lain yang mungkin perlu kalian pertimbangkan untuk dicoba.

Yap, Family Locator namanya, Aplikasi Family Locator ini dirilis oleh Life360, dengan aplikasi ini kalian dapat terbantu dalam melacak kebedaraan orang-orang terkasih, termasuk bisa memantau kegiatan apa saja yang dilakukan secara tidak langsung.

Kalian pun membuat grup pribadi sendiri, atau yang biasa disebut Circle dari orang yang kalian cintai, rekan kalian, atau siapapun yang paling berarti dan berbincang dengan mereka secara cuma-cuma.

Kemudian, aplikasi ini memiliki fitur untuk menjaga orang-orang terkasih kalian dari bahaya. Fitur ini ialah berupa notifikasi langsung kepada ponsel kalian apabila orang-orang terkasih kalian memasuki atau melewati wilayah yang berbahaya.

Selain itu, Family Locator memiliki fitur yang dapat mengetahui riwayat kunjungan dari orang-orang terkasih kalian selama 7 hari terakhir. Sehingga, keberadaan ponsel dari orang-orang terkasih kalian dapat dilacak melalui aplikasi ini.

Dari berbagai macam fitur unik yang ditawarkan, Family Locator dapat menjadi opsi atau pilihan kalian untuk bisa menemukan ponsel kalian yang hilang.


4. Melacak HP Android dengan Cerberus Anti Theft

Aplikasi pencari ponsel dari Cerberus ini menawarkan berbagai fitur pengendali jarak jauh atau remote control yang mengesankan kalau kalian menemukan ponsel yang hilang atau dicuri. Apabila ponsel kalian hilang atau dicuri, kalian masih dapat mengunci, menyembunyikan atau menghapus ponsel kalian.

cerberus anti theft

Beberapa itur lainnya, kalian dapat mengakses kamera pada ponsel kalian yang hilang dari jarak yang jauh atau mengontrol dan membunyikan alarm yang keras dari ponsel kalian, meskipun pada saat kehilangan ponsel kalian masih dalam mode senyap.

Fitur-fitur canggih lainnya yang memungkinkan kalian menyembunyikan aplikasi Cerberus di File Manager, sehingga tidak dapat terdeteksi kalau ponsel kalian hilang atau dicuri.

Cara kerjanya ketika ponsel kalian hilang, ponsel kalian akan mengirimkan data ponsel melalui situs web Cerberus atau melalui teks SMS dari ponsel lain dengan aplikasi Cerberus yang telah diunduh.


5. Melacak HP Android dengan Prey Anti Theft

Aplikasi Prey Anti Theft sangat mengesankan bagi para penggunanya karena memiliki tiga fungsi utama dalam satu aplikasi.

Kalian akan memiliki kemampuan untuk menyembunyikan alarm dari ponsel kalian yang hilang, selanjutnya Prey Anti Theft dapat melakukan screenshot kalau ponsel yang hilang sedang digunakan, dan yang terakhir Pray Anti Theft dapat mengunci perangkat ponsel kalian pada saat ponsel kalian hilang.

prey anti theft

Setelah mengunduh aplikasi Prey Anti Theft, kalian dapat mengikuti dan meniru langkah-langkah nya secara jelas melalui serangkaian tutorial untuk menunjukkan cara bagaimana menggunakan akun Prey kalian untuk melacak ponsel yang hilang.

Aplikasi ini tidak memungut biaya apapun dan tidak memerlukan pembelian tambahan untuk mengakses berbagai fitur canggih didalamnya.


6. Melacak iPhone dengan Find My iPhone

Handphone saat ini bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga sudah menjadi kebutuhan pokok demi menunjang produktifitas yang tinggi dalam bekerja.

Untuk berjaga-jaga agar ponsel yang kalian gunakan tidak hilang karena dicuri atau kalian lupa menaruhnya dimana, maka simak cara terbaik demi mengembalikan ponsel yang kalian miliki ke tangan kalian.

Untuk kalian yang menggunakan ponsel dengan perangkat iOS maka cara terbaik adalah dengan melalui fitur asli Apple, yaitu Find My iPhone.

Aplikasi ini sudah terpasang sebelumnya di setiap perangkat iOS dan dapat menampilkan perangkat kalian yang hilang di tampilan peta untuk membantu kalian menemukan dan mengaturnya dengan mudah.

temukan iphone hilang

Untuk mengaktifkan aplikasi Find My iPhone ini buka Settings di iPhone kalian, kemudian kalian scroll ke bawah dan pilih Find my phone, selanjutnya, centang semua pilihan yang ada disana, dan selesai sudah fitur Find My iPhone dapat aktif.

Selanjutnya, untuk menggunakan fitur Find My iPhone ini, kalian cukup masuk ke iCloud dan buka fitur Find My Phone. Layanan Apple akan mencari ponsel kalian di peta dan memberikan kalian beberapa pilihan untuk memutar suara pada ponsel kalian, mengirimkan pesan atau dapat menghapus data-data yang berada di dalam ponsel kalian yang hilang.

Semua cara ini mirip seperti cara yang diterapkan di ponsel berbasis Android. Hanya saja fitur Find My iPhone ini dapat terhubung juga ke Macbook, iPod, dan iPad kalian. Hal ini sangat efektif untuk melacak ke hampir semua perangkat berbasis iOS.

Selain fitur Find My iPhone, Apple sebagai salah satu produsen barang elektronik terbesar juga menggunakan jenis keamanan lain yang terhubung ke perangkat iOS.

Jenis keamanan ini dikenal sebagai Kunci Aktivasi, yang berguna untuk menjaga iPhone kalian aman dari pencurian. Kunci aktivasi mengharuskan kalian untuk memasukkan akun Apple sebelum kalian dapat menonaktifkan Find My iPhone, menghapus perangkat kalian atau mengaktifkannya kembali.

Baca juga: Cara melacak hp dengan IMEI

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of