4 Cara Melacak HP Hilang Lewat Internet

Hal yang paling menyebalkan dari memiliki sesuatu adalah kehilangan. Barang elektronik seperti hp tentunya menjadi langganan hilang apabila pemiliknya ceroboh.

Jangan panik kalau hp anda hilang, karena sebagian besar smartphone sudah terhubung ke akun Google atau Apple, yang tentunya bisa memudahkan pelacakan lokasi.

Android terhubung ke akun Google, dan iPhone terhubung ke akun iCloud. Kedua akun tersebut memiliki fungsi yang sangat penting sebagai langkah awal dalam menemukan handphone hilang, yaitu:

  • Melacak lokasi hp
  • Mengunci dan menghapus data di hp dari jarak jauh
  • Membuat hp berdering
  • Mengirim pesan khusus ke hp, untuk dibaca si penemu hp

Ada beberapa tips dan cara agar handphone anda dapat ditemukan kalau terjadi kehilangan. Simak ulasan berikut!


1. Lacak HP Android dengan Google Find My Device

Beberapa tipe hp saat ini sudah banyak yang menggunakan fitur-fitur canggih, dan hp jenis Android memiliki fitur untuk menemukan hp anda yang hilang.

Anda termasuk golongan orang yang beruntung apabila memiliki hp berbasis Android. Mengapa? Karena handphone Android sudah dibekali fitur Find My Device yang sangat berguna di saat genting.

Meskipun banyak yang meremehkan fitur ini karena dianggap hanya bisa melacak HP Android dan mencari keberadaan handphone hilang, namun pada kenyataannya Google Find My Device memiliki fitur-fitur yang jauh lebih penting.

Fitur penting itu antara lain bisa untuk cek nomor IMEI, menelepon ponsel, mengunci, melacak lokasi, sign out akun google, sampai menghapus semua data didalam ponsel.

Berikut adalah cara menggunakan Find My Device untuk melacak handphone hilang (bisa dari laptop dan smartphone).

  1. Buka Google Find My Device di browser, kemudian login akun google.
  2. Google akan menampilkan box berisi informasi lokasi ponsel terkini, beserta tindakan yang bisa dilakukan. Google Find My Device ruanglaptop 2
  3. Kalau anda memilih PLAY SOUND, maka handphone anda akan berdering selama lima menit, ini berguna bagi anda yang lupa menaruh handphone.
  4. Kalau anda memilih SECURE DEVICE, ponsel akan terkunci dan di sign-out dari akun Google. Ada juga opsi untuk meninggalkan pesan dan nomor yang dapat dihubungi. Secure Device GFMD
  5. Kalau anda memilih ERASE DEVICE, anda akan menghapus semua data didalam ponsel sehingga aman dari penyalahgunaan. Ponsel harus dalam keadaan online, dan kalau ponsel offline, penghapusan data akan dilakukan setelah ponsel online. Setelah dihapus, Find My Device tidak akan bisa lagi melacak, menderingkan, atau mengunci ponsel anda.

2. Lacak HP Android dengan Location History

Google Location History adalah salah satu fitur yang bisa digunakan untuk melacak hp hilang dalam keadaan mati.

Seperti yang kita semua tahu, Google menyimpan semua data anda, tidak terkecuali data setiap lokasi yang pernah anda kunjungi. Dengan ini, Anda bisa menemukan lokasi ponsel yang terhubung dengan akun Google, kecuali anda pernah sengaja mematikan fitur tracking lokasi di google activity control.

Syarat supaya fitur ini bisa bekerja adalah ponsel harus terhubung dengan akun google, dan anda bisa masuk ke akun google itu. Berikut tahap-tahapnya:

  1. Buka google.com dan klik Sign in (disarankan dari laptop)sign in akun google
  2. Klik kotak-kotak disebelah kiri logo akun, dan pilih Account pengaturan akun google
  3. Lihat bagian Take the Privacy Checkup, lalu klik Get started cek privasi google
  4. Pilih Manage Location History atur sejarah lokasi
  5. Pilih tanggal yang ingin dicek lokasinya, maka akan muncul tampilan sebagai berikut: Google location history

Idealnya adalah, google menampilkan data lokasi untuk saat sekarang, yaitu tanggal ini, jam ini dan detik ini. Namun kalau karena beberapa hal misalnya akun di log-out oleh pencuri, atau tracking lokasi dimatikan, anda hanya akan bisa melihat lokasi terakhir sebelum logout atau trackingnya dimatikan.

Lihat:


3. Lacak iPhone Hilang dengan Find My iPhone

Untuk anda yang menggunakan iPhone atau iPad, cara terbaik melacaknya adalah dengan fitur asli Apple, yaitu Find My iPhone.

FInd My iPhone bisa membantu anda melacak perangkat Apple, baik itu iPhone, iPad, iPod touch, atau Mac asalkan perangkat itu terhubung ke internet. Tidak hanya melacak lokasi, Find My iPhone juga bisa menghapus data pribadi di perangkat anda dari jarak jauh. Kalau anda tidak tahu cara mulainya, ikuti tahap berikut.

Cara mengaktifkan Find My iPhone di iPhone atau iPad

  1. Buka Settings
  2. Tap ID Apple anda dibagian atas
  3. Tap iCloud
  4. Scroll kebawah dan pilih Find My iPhone
  5. Tap tulisan off supaya ia jadi aktif cara mengaktifkan find my iphone

Cara menggunakan Find My iPhone dari browser

Anda cuma perlu browser internet untuk melacak perangkat Apple yang hilang

  1. Buka iCloud di browser apapun
  2. Login ke akun iCoud anda
  3. Klik Find iPhone di menu utama
  4. Masukkan Apple ID dan password kalau diminta
  5. Klik All Devices di bagian atas menggunakan find my iphone di browser
  6. Pilih nama perangkat yang mau anda lacak
  7. Anda bisa zoom petanya dan perhatikan dengan seksama lokasinya
  8. Anda juga bisa pilih 3 pilihan yaitu Play sound, Lost mode, atau Erase
  9. Kalau pilih Play sound, ponsel akan berdering meskipun di-silent. Cocok digunakan kalau ponsel hilang didalam rumah
  10. Kalau pilih Lost mode, anda akan diminta mengisi sebuah nomor, yang akan ditampilkan di layar iPhone yang hilang. Semoga saja si penemu ponsel terpanggil untuk menghubungi nomor yang muncul di layar.
  11. Kalau pilih Erase, semua data didalam iPhone akan dihapus. Ini tepat digunakan kalau anda sudah pasrah, dan yakin tidak bisa menemukan perangkatnya.

4. Lacak HP Android dengan Life360

Selain Find My Device, Location History, dan Find My iPhone, ada beberapa opsi lain yang mungkin perlu anda pertimbangkan.

Yap, Life360 namanya, Aplikasi ini dapat membantu anda melacak lokasi orang orang terdekat. Anda bisa membuat grup chat berisi orang-orang dekat atau keluarga, lalu setiap anggota didalam grup itu bisa melihat lokasi anggota lainnya secara real-time.

Anda juga bisa memasang notifikasi kalau salah satu atau beberapa anggota keluarga masuk ke area yang ditandai “berbahaya” (baca cara menyadap hp pacar atau istri).

Untuk memulainya, instal Life360 dari Google Play, dan invite anggota keluarga anda. Setelah terdaftar, setiap anggota keluarga akan muncuk sebagai ikon unik di peta navigasi Life360, sehingga anda tahu persis dimana mereka semua berada. Family Locator juga bisa menampilkan riwayat kunjungan dari orang-orang terkasih anda selama 7 hari terakhir.

Itulah tadi 4 cara melacak hp hilang melalui internet. Yang paling penting memang bukan hpnya, melainkan data pribadi yang tersimpan didalamnya. Untuk itulah kami sangat menyarankan untuk tidak pernah menyimpan password atau data sensitif didalam gadget, atau setidaknya janga tanpa proteksi.

Meskipun demikian, jangan lupa hubungi pihak berwajib karena mereka punya wewenang untuk melacak atau mengamankan ponsel hilang, misalnya melacak hp dengan IMEI. Tetap semangat!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of