Cara Melihat Status Whatsapp Tanpa Diketahui

Punya Whatsapp di smartphone adalah wajib hukumnya. Aplikasi ini sudah dianggap sebagai ‘standar’ chat diseluruh dunia, dan digunakan oleh hampir semua kalangan pengguna smartphone.

Dua fitur yang saat ini sedang naik daun adalah WhatsApp Web dan WhatsApp Status. Fitur status ini sering digunakan untuk berbagi cerita maupun informasi kepada orang lain yang berupa, teks, gambar maupun video dengan durasi tayangan selama 24 jam (persis snapgram).

Kalau kamu membuat sebuah status, kamu tentunya bisa mengetahui siapa saja orang yang sudah melihat statusmu itu. Begitu pula sebaliknya, orang lain akan tahu kalau kamu sudah melihat statusnya.

Tapi bagaimana kalau kamu mau kepo status seseorang tanpa ketahuan? Bikin akun baru di whatsapp itu tidak mudah karena perlu nomor baru, tapi untungnya ada beberapa trik rahasia yang bisa membuatmu melihat status seseorang tanpa ketahuan.

Selamat datang di RuangLaptop, dan berikut adalah cara melihat status WhatsApp tanpa ketahuan!

1. Nonaktifkan Read Receipts

Yang pertama adalah dengan menggunakan fitur bawaan yang terdapat pada aplikasi whatsaap di smartphone kamu, dan salah satu cara ini merupakan cara yang paling banyak digunakan pada tahun 2018 ini.

Berikut langkah menonaktifkan read receipts:

  • Buka Whatsapp.
  • Klik tiga titik di pojok kanan atas.
  • Klik Settings.
  • Klik Account.
  • Klik Privacy.
  • Nonaktifkan Read Receipts.

Kalau Whatsapp kamu berbahasa Indonesia, lakukan ini:

  • Buka Whatsapp.
  • Klik tiga titik di pojok kanan atas.
  • Klik Pengaturan.
  • Klik Akun.
  • Klik Privasi.
  • Nonaktifkan Laporan Dibaca.

Namun, yang perlu diketahui bahwa jika kamu mengaktifkan fitur tersebut, kamu juga tidak akan bisa melihat orang yang melihat status kamu. Kalau kamu mau tetap tahu siapa yang melihat statusmu, aktifkan kembali pilihan Read Receipts setelah selesai kepo.

Terus gimana kalau mau lihat statusnya lagi? Baca langkah berikut!

Baca: Cara menyadap hp pacar atau istri!

2. Gunakan File Manager

Langkah ini dilakukan setelah langkah pertama, dan bertujuan untuk menyimpan dan melihat lagi status yang sudah pernah kamu lihat.

Untuk melihat lagi status orang yang sudah dilihat tanpa harus mematikan read receipt, gunakan File Manager. Apabila di HP kamu tidak ada, maka kamu bisa mendownload File Manager di Google Play secara gratis.

Sebelum lanjut lebih jauh, kamu harus masuk ke Settings, lalu pastikan pilihan Show Hidden Files sudah aktif.

  • Buka File Manager.
  • Pastikan Show Hidden Files sudah aktif
  • Masuk ke Internal Storage
  • Buka folder Whatsapp
  • Buka folder Media
  • Buka folder .Statuses

Di folder .Statuses, kamu akan menemukan file video dan gambar dari status orang orang yang sudah pernah dilihat. Folder .Statuses ini tidak akan terlihat kalau kamu tidak mengaktifkan setting Show Hidden Files tadi.

File-file ini akan otomatis hilang dalam 24 jam, jadi kalau kamu mau menyimpannya, pindahkan mereka ke folder lain.

Ketika seorang pengguna WhatsApp melihat status dari pengguna lain, maka secara otomatis pengguna tersebut akan langsung masuk ke dalam daftar viewer pada status WhatsApp yang dapat dilihat oleh pembuat status.

Fitur ini memang akan bekerja secara otomatis. Namun, dengan menggunakan beberapa cara di atas, pengguna bisa melihat status yang dibuat atau dibagikan oleh pengguna lain tanpa diketahui oleh pembuatnya.

Cek juga: Cara melacak handphone dengan IMEI

Pada dasarnya, ketika pengguna melihat status whatsapp seseorang, maka secara otomatis pengguna juga akan mengunduh konten cerita tersebut dan menyimpan foto atau video ke lokasi folder penyimpanan perangkat HP tersebut.

Oleh sebab itu, pengguna hanya perlu untuk masuk ke tempat dimana terdapat konten-konten tersebut yang tersimpan di penyimpanan folder lokal agar dapat melihat konten-konten status pengguna lain tanpa diketahui oleh pembuatnya.

Hal yang kamu perlukan untuk melakukan hal tersebut adalah pengguna harus wajib memiliki aplikasi File Manager untuk dapat menampilkan file-file instalisasi dan juga bisa melihat file yang tersembunyi di penyimpanan perangkat seluler dan fitur ini biasanya disebut dengan fitur show hidden files.

Pada beberapa kondisi file manager bawaan dari sebuah HP, biasanya fitur show hidden files terkadang belum tersedia sebagai fitur yang untuk digunakan. Oleh Sebab itu, pengguna harus dapat menginstal secara manual aplikasi file manager dengan bantuan pihak ketiga yang tersedia dan dapat di unduh secara gratis di app store.

Artikel ini membantu? Share ke teman-teman! Tapi tetap rahasiakan dari orang yang mau kamu kepo-in ya.

Baca juga: Cara menghapus akun instagram selamanya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of