4 Tahap Membersihkan Kamera DSLR

Semestinya, Seorang fotografer harus tahu cara membersihkan kamera DSLR dengan benar.

Mengingat sulitnya menghindari kotoran debu atau minyak setelah menggunakan kamera, membersihkan tangan adalah wajib jika kamu ingin mulai memotret. Jika tidak, kamera akan berdampak terkena kotoran atau sejenisnya, hal itu salah satu menyebabkan komponen pada kamera menjadi rusak.

Lensa kamera DSLR yang bersih mempengaruhi kualitas dan keawetan dari kamera itu sendiri. Mulai dari bercak-bercak menyerupai jamur ukuran kecil sampai besar, hingga menyerupai kabut atau fog yang membuat hasil jepretan kamera susah fokus, gambar blur, atau bernoda.

Hal-hal diatas tidak boleh diabaikan, terutama jika kamu lebih sering menggunakannya di ruang terbuka dan berdebu. Tapi jangan ceroboh, membersihkan dengan cara yang salah justru bisa tambah merusak lensa dan bodi kamera.

Supaya kamera DSLR lebih tahan lama dan tak mudah rusak, kamu harus memiliki pengetahuan dan informasi tentang perawatan kamera. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkahnya dengan terperinci.

1. Bersihkan Lensa

Bersihkan Lensa DSLR

Langkah pertama dan paling penting dalam pembersihan kamera DSLR adalah membersihkan lensanya. Dalam membersihkan lensa DSLR, kamu harus membuka tutup lensa dan melepas filter lensa.

Jika dilepas, posisikan lensa menghadap ke bawah. Kemduian berhati-hatilah dalam membersihkan debu di kaca lensa, karena kalau sembarangan justru si debu itu bisa menggores kaca. Itulah kenapa kamu harus meniupnya terlebih dulu menggunakan blower.

Lalu gunakan kain microfiber untuk mengusap lensa dengan lembut, gerakan memutar mulai dari tengah lensa bergerak ke arah luar. Jika ada kotoran yang lengket, sebelum mengusap basahi kain dengan cairan pembersih lensa. Jangan pernah langsung menuangkan cairan pembersih ke kaca lensa.

Untuk itu jagalah kebersihan lensa kamera. Pasanglah selalu tutup lensa jika tidak digunakan, supaya mengurangi debu kotoran yang menempel. Bersihkanlah lensa kamera secara berkala, karena selain harganya mahal juga agar fungsi kinerjanya tetap maksimal.

2. Bersihkan LCD dan Viewfinder

Bersihkan LCD dan Viewfinder

Berikutnya adalah layar LCD dan Viewfinder yang turut dibersihkan. Caranya hampir sama dengan proses pembersihan lensa. Pada bagian ini perlu menggunakan cotton buds untuk mengangkat kotoran yang sulit terjangkau di sela-sela karet viewfinder.

Untuk tahap ini kamu bisa sedikit lebih rileks, karena bagian ini tidak terlalu krusial untuk hasil akhir foto DSLR. Kalaupun kamu menggoresnya, hanya tampilan saja yang akan rusak.

3. Bersihkan Bodi Kamera

Bersihkan Bodi Kamera

Kemudian juga bodi kamera pun harus dibersihkan. Permukaan bodi kamera dibersihkan dengan menggunakan kuas terutama pada bagian-bagian sambungan seperti tempat memasng lensa, tutup batere, pintu SD card, dan tombol-tombol.

Gunakan juga blower untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada di celah-celah, karena hanya menggunakan kuas saja seringkali malah mendorong kotoran semakin masuk kalau ia sudah berada di celah sempit.

4. Lap Seluruh Bodi Kamera

Lap Seluruh Bodi Kamera

Terakhir, lap bersih seluruh bodi kamera menggunakan kain yang lembut. Sebaiknya gunakan kain berbeda dari yang dipakai membersihkan lensa dan LCD, tadinya. Supaya lebih bersih, gunakan sedikit cairan pembersih lensa pada kain bersih.

Dari langkah-langkah di atas, pastinya kamu sudah memiliki gambaran tersendiri, cara membersihkan kamera DSLR harus dilakukan dengan sangat hati hati.

Ibaratnya, sebuah lensa adalah mata bagi kamera DSLR yang menangkap cahaya yang masuk lalu diproses prosessor sehingga menjadi hasil sebuah foto. Hasil jepretan foto yang sempurna tergantung dari kebersihan lensa kamera.

Terkait dengan cara membersihkan kamera DSLR, ada beberapa bagian pada kamera yang tidak bisa asal dibersihkan begitu saja, diantaranya adalah lensa. Memang sepele, namun pengaruhnya pada kualitas hasil bidikan foto.

Tentunya, dengan ulasan ulasan ini diharapkan menjadi informasi yang berguna buat kamu. Selamat mencoba!

Baca: Rekomendasi hp 1 jutaan terbaik

0 0 vote
Article Rating

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments