Cara Membersihkan Laptop Paling Aman!

Sama seperti handphone, laptop kini jadi benda penting yang tidak bisa diremehkan keberadaannya. Ada banyak sekali kegiatan Anda yang membutuhkan laptop setiap harinya, dan hal ini tentu saja lambat laun bisa membuat laptop Anda bertambah kotor dan kusam karena sering sekali digunakan.

Membersihkan laptop terdengar sederhana namun, nyatanya ya tidak semudah itu. Alih-alih mau mendapatkan laptop yang bersih, laptop Anda bisa mengalami kerusakan karena tidak dibersihkan dengan cara yang tepat.

Nah kebetulan sekali, kali ini kami akan mengulas tentang cara cepat membersihkan laptop tanpa perlu khawatir rusak. Yuk langsung saja disimak caranya di bawah ini!


1. Bersihkan Bagian Dalam

Jika Anda berpikir hanya bagian luar laptop yang perlu dibersihkan, Anda salah besar. Faktanya, Anda juga perlu membersihkan bagian dalam laptop terutama di celah atau sela ventilasi untuk mencegah penumpukan debu atau kotoran.

Yang pertama kali wajib Anda lakukan adalah mematikan laptop dan segala sambungannya yang terhubung dengan listrik. Tak lupa juga untuk melepaskan baterai laptop (jika bisa).

Anda bisa memulai pembersihan menggunakan semprotan angin. Gunakan alat ini untuk menghilangkan semua debu yang menempel ke setiap celah yang ada.

Penumpukan debu bisa merusak sistem ventilasi dan membuat laptop cepat panas. Maka dari itu Anda perlu membersihkannya dengan seksama.

Setelah selesai membersihkan bagian dalam laptop, baru deh Anda bisa membersihkan bagian luarnya. Berhubung laptop memiliki bagian luar yang variatif dan berbeda fungsi, Anda juga perlu mengetahui cara paling tepat untuk membersihkan tiap-tiap bagiannya.


2. Bersihkan Casing

Untuk membersihkan casing laptop, Anda memerlukan sponge (busa), deterjen pencuci pakaian, kain bebas serat, dan cotton buds. Jangan lupa untuk selalu mematikan laptop sebelum memulai pembersihan untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan terjadi.

Campur deterjen dengan 5 gelas air putih sampai merata (Dilarang menggunakan deterjen yang terlalu kuat seperti ammonia atau pemutih). Masukkan busa kedalam cairan pembersih tersebut lalu peras sampai tidak ada cairan yang masih menempel. Gosok bagian luar laptop dengan perlahan menggunakan busa yang tadi.

Setelah itu Anda bisa mengelapnya dengan kain bebas serat. Kalau dirasa masih ada kotoran yang menempel, Anda bisa membersihkannya menggunakan cotton buds.

Jangan pakai metode ini untuk membersihkan bagian layar atau keyboard pada laptop ya. Karena cara ini bisa saja merusak kedua bagian penting tersebut.


3. Bersihkan Layar

Semua layar laptop menggunakan monitor LCD yang sangat sensitif terhadap cairan apapun. Anda pun dilarang menggunakan alat maupun pembersih yang korosif. Sebaliknya, ada cara-cara khusus untuk membersihkan layar laptop.

Anda memerlukan kain microfiber dan cairan pembersih buatan seperti campuran cuka dan air suling dengan takaran yang sama untuk membasmi noda minyak, sidik jari maupun debu yang menempel di layar Anda.

Bersihkan layar dengan mengusap kain microfiber yang telah ditetesi cairan pembersih tadi hingga kotoran terangkat sempurna.

Baca artikel kami yang khusus membahas cara membersihkan layar laptop.


4. Bersihkan Keyboard

Kadang kala tombol keyboard jadi kurang enak ditekan, itu semua disebabkan oleh kotoran yang menumpuk di bagian bawah keyboard.

Sebelum memulai pembersihan, ada baiknya Anda mematikan laptop terlebih dahulu, kemudian gunakan penghapus pensil untuk menghilangkan kotoran yang menempel di sela keyboard.

Untuk membersihkan bagian dalam keyboard laptop, gunakan vacuum cleaner portabel. Dengan menggunakan pengaturan terkecil dari vacuum, hisap semua rambut dan remah-remah yang bersembunyi diantara tombol laptop.

Jika Anda ingin membersihkan permukaan keyboard, gunakan kain microfiber yang telah disemprot cairan pembersih khusus.

Beberapa orang menggunakan udara terkompresi untuk membersihkan keyboard. Meskipun udara  ini bisa membersihkan debu dan kotoran, itu juga dapat meniup kotoran lebih dalam ke laptop.

Catatan: untuk setiap pembersihan, Anda dilarang untuk menyemprotkan atau menetesi cairan pembersih langsung ke laptop Anda. Karena tentu saja hal ini dapat merusaknya.


5. Hilangkan Aroma Tidak Sedap

Jika Anda mencium aroma tidak sedap yang muncul dari laptop Anda, Anda bisa menghilangkan bau ini menggunakan pasir (terutama yang biasa digunakan untuk menampung kotoran kucing) atau arang.

Kedua bahan ini memang memiliki kemampuan untuk menetralisir bau. Penggunaannya pun terbilang mudah, Anda hanya perlu menyimpan laptop keatas pasir dan diamkan selama sehari atau dua hari. Semakin lama didiamkan, semakin hilang juga baunya.

Bagaimana? Ternyata Anda bisa membersihkan laptop dengan sangat mudah tanpa harus takut laptop mengalami kerusakan. Yuk sharing pengalaman membersihkan laptop yang paling berkesan di kolom komentar!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of