Cara Membersihkan Layar Laptop Paling Efektif

Laptop merupakan barang penting yang banyak diandalkan untuk membantu pekerjaan kita. Tak jarang, karena perannya yang krusial, laptop juga masih kita gunakan ketika makan dan minum. Tentu saja noda dan kotoran apa pun bisa saja menempel di laptop tanpa kita sadari.

Salah satu aspek terbaik yang dimiliki laptop modern adalah fitur layar (monitor) yang jauh lebih mudah untuk dibersihkan ketimbang versi yang lama.

Namun, mau versi lama atau baru, layar laptop tentu saja sangat bisa menjadi kotor karena terkena sentuhan jari atau noda. Untuk itu, yuk langsung simak saja cara membersihkan layar laptop paling tepat di bawah ini!

Baca juga: Cara Menghapus Cache, History dan Cookie Browser


Bersihkan Noda Debu

Gunakan kain microfiber untuk membersihkan layar yang terkena debu. Kain microfiber memang di desain untuk membersihkan debu dan remah-remah tanpa menyebabkan goresan yang bisa merusak layar laptop Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan kain lembut yang berasal dari pakaian bekas.

Jangan pernah berpikir untuk menggunakan handuk atau tisu, mereka mungkin terlihat lembut namun, nyatanya bisa merusak permukaan layar pada laptop Anda.

Cara membersihkan debu menggunakan kain microfiber:

  • Matikan laptop dan sambungan apapun yang terhubung dengan listrik. Tak hanya mengurangi bahaya konsleting, mematikan laptop juga dapat membantu Anda untuk mempermudah pembersihan debu karena layarnya yang jadi gelap setelah dimatikan.
  • Gosok perlahan layar laptop menggunakan kain microfiber. Lakukan pembersihan searah dan jangan gosok atau menekan laptop dengan memutarnya. Cara ini hanya akan membuat debu berkumpul di titik tertentu dan akan semakin sulit bagi Anda untuk membersihkannya kembali.
  • Lakukan pembersihan dengan pelan. Bersihkan dengan pelan hingga layar bersih sepenuhnya dari debu maupun remahan yang mengganggu.

Bersihkan Noda Membandel

Terkadang tak hanya debu yang menempel di layar laptop Anda, tapi juga noda membandel yang sulit dibersihkan. Noda membandel ini juga tak bisa hanya dibersihkan menggunakan kain microfiber yang ditetesi air biasa, Anda harus menggunakan sponge (busa) untuk membersihkannya.

Anda membutuhkan busa yang telah ditetesi air distilasi atau pembersih layar khusus untuk mengangkat kotorannya. Hindari menggunakan air biasa untuk pembersihan karena air biasa mengandung banyak mineral yang dapat merusak layar laptop Anda.

Cara membersihkan noda membandel menggunakan busa:

  • Selalu matikan laptop dan sambungan listrik apapun untuk pembersihan. Anda juga perlu mencabut baterai laptop (jika memungkinkan).
  • Basahi busa dengan air distilasi atau cairan pembersih khusus layar laptop. Peras sampai airnya menetes semua, supaya tidak meninggalkan bercak air yang bisa merusak laptop.
  • Gosok perlahan layar laptop menggunakan busa. Segera peras busa apabila terlihat ada tetesan air yang menempel di layar laptop Anda.
  • Keringkan layar. Setelah dibersihkan, biarkan layar mengering terlebih dahulu sebelum laptop digunakan kembali.

Baca: Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 (Penting!)


Bersihkan Noda Lengket atau Minyak

Jika metode pembersihan menggunakan kain microfiber biasa atau busa tidak bisa diterapkan pada noda yang lengket atau noda minyak, mungkin ini saat yang tepat bagi Anda untuk menggunakan cairan pembersih khusus layar laptop.

Eits, tak harus jauh-jauh membelinya di supermarket. Anda juga bisa lho membuat cairan pembersih layar laptop sendiri di rumah.

Anda hanya perlu mencampurkan air distilasi dengan cuka putih dengan takaran yang sama atau membuat campuran air distilasi dan alkohol isopropil yang digadang-gadang memang mampu dijadikan pembersih yang handal.

Perlu diingat kembali, apa pun cairan pembersih yang Anda gunakan, Anda dilarang menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar laptop Anda.

Cara membersihkan noda lengket atau noda minyak:

  • Semprot atau aplikasikan cairan pembersih ke atas kain microfiber. Pastikan kain hanya setengah kering dan jangan terlalu basah.
  • Gosok perlahan area yang terkena noda lengket atau bahkan noda minyak sekalipun. Bersihkan dengan menggosoknya dan bentuk lingkaran kecil untuk mencegah keretakan atau tekanan yang terlalu keras yang bisa merusak monitor Anda.
  • Keringkan layar. Setelah selesai, tunggu layar sampai mengering sebelum mulai menggunakan laptop Anda.

Bersihkan Keyboard Laptop (BONUS!)

Tak hanya memberikan cara membersihkan layar, kami juga akan mencarikan solusi pembersihan bagi Anda yang sering makan atau minum di atas keyboard laptop.

Kunci dari pembersihan keyboard adalah jangan pernah biarkan cairan atau remah-remah makanan masuk ke celah di keyboard Anda. Kalau hal buruk tersebut terlanjur terjadi, gunakan sekaleng udara bertekanan (terkompresi) untuk menghilangkan remah dan sisa air yang bersembunyi di celah dan di sela tombol.

Setelah itu, tetesi kain bebas serat Anda menggunakan alkohol isopropil dan gosok keyboard Anda dengan perlahan dan lembut.

Anda mungkin dapat menghilangkan beberapa noda dengan campuran sabun dan air, tetapi menggunakan alkohol isopropil jauh lebih baik untuk digunakan karena dua alasan.

Satu, bahan kimia tersebut dapat menguap dengan cepat dan bisa mengurangi resiko cairan masuk ke dalam laptop Anda. Kedua, ini efektif untuk menghilangkan noda berminyak atau bahkan bekas sidik jari yang tertinggal di keyboard Anda.

Jika Anda sedang terkena flu dan sering bersin di depan laptop ketika sedang bekerja, Anda bisa kok membersihkan kuman dan bakteri yang menempel di laptop dengan mengelapnya menggunakan tisu disinfektan yang mengandung 0.5% hydrogen peroksida.

Terakhir, jika laptop Anda memiliki ventilasi di sisi kanan atau kiri laptop yang cukup besar, Anda mungkin perlu membersihkannya karena ventilasi jenis ini dapat menampung banyak debu.

Gunakan kembali sekaleng udara bertekanan untuk mengangkat debu yang bersemayam didalam ventilasi Anda. Dengan membersihkan bagian ventilasi, laptop Anda dapat mengontrol suhu dengan lebih baik supaya tidak cepat panas ketika digunakan.

Jika debu terlalu sulit untuk dibersihkan sendiri, Anda mungkin perlu membawanya ke spesialis pembersihan khusus laptop untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

Nah itu dia cara paling gampang buat membersihkan layar dan keyboard laptop. Gimana nih? Mulai tertarik untuk mengangkat kotoran yang sudah lama menempel di laptop Anda?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of