Cara Membuat Hotspot di Laptop (2019)

Sudah tahu bahwa bahwa anda bisa merubah laptop jadi hotspot? Caranya sangat mudah, dan memungkinkan anda untuk menghubungkan perangkat lain ke internet melalui laptop.

Ini sangat berguna jika router tua anda sudah melemah. Sebagian besar laptop memiliki adapter Wi-Fi didalamnya, dan dengan menghubungkan laptop ke internet, anda bisa membuat jaringan Wi-Fi yang menjangkau seluruh ujung rumah anda.

Jika sedang diluar negeri, dan hotel memiliki koneksi internet yang hanya bisa disambung ke laptop, anda tinggal membuat hotspot baru lalu menyambungkannya ke smartphone. Ini memungkinkan anda untuk menelusuri internet tanpa biaya roaming. Berikut panduannya!


Buat Hotspot Dengan Fitur Mobile Hotspot

Mobile Hotspot Windows 10

Cara ini bisa dilakukan kalau anda punya PC dengan sistem operasi Windows seri terbaru.

  1. Klik Start.
  2. Buka Setting.
  3. Di dropdown Share my internet connection from, pilih jaringan yang akan di-share.
  4. Untuk merubah nama SSID (Nama WiFi) dan password, klik Edit
  5. Klik Save.
  6. Tap slider untuk mematikan dan menyalakan hotspot.

Kalau sudah menyelesaikan semua tahap diatas dengan baik, anda tinggal koneksikan gadget atau perangkat lain dengan WiFi yang baru saja dibuat tadi.

Kalau cara diatas masih juga tidak berhasil, mungkin itu disebabkan Windows anda sudah lama tidak update. Untuk mengatasinya, anda bisa coba lakukan beberapa tahap dibawah yang melibatkan membuat Hosted Network dan menggunakan sedikit Command Prompt.


Buat Hotspot Dengan Hosted Network

Kalau memang Windows yang anda gunakan masih versi lama alias jarang diupdate, anda perlu lakukan beberapa tahap dibawah.

Pertama: Cek Apakah Adapter Mendukung Hosted Network

Sebagian besar adapter jaringan sekarang sudah mendukung Hosted Network (bisa share WiFi), tapi untuk memastikan laptop anda mendukung fitur ini, lakukan langkah berikut:

  1. Klik logo windows, ketik “cmd“, lalu klik aplikasi Command Prompt yang muncul
  2. Ketik NETSH WLAN show drivers didalam CMD, lalu tekan enter
  3. Kalau muncul tulisan Hosted network supported: Yes, berarti laptop anda mendukung fitur share WiFi

Kedua: Buat Hosted Network 

Setelah memastikan kalau laptop/PC anda mendukung fitur share WiFi, lakukan tahap tahap berikut untuk membagikan jaringan internet:

  1. Masih didalam CMD, ketik NETSH WLAN set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA key=PASSWORD 
  2. Ganti NAMA dengan nama yang anda inginkan, dan ganti PASSWORD dengan password yang anda inginkan (minimal 8 karakter).
  3. Setelah sukses membuat Hosted Network, ketik command NETSH WLAN start hostednetwork lalu klik enter, dan anda akan sukses membuat Hosted Network.

Untuk password, buatlah password yang sulit ditebak, tapi tidak terlalu sulit untuk diketik. Pastikan ia memiliki delapan karakter atau lebih untuk mencegah hacker wifi yang bisa menghabiskan kuota.

Baca: Cara Ganti Password WiFi Indihome, Biznet, FirstMedia, dan MyRepublic

Ketiga: Bagikan Jaringan Internet

Sampai tahap ini, anda sudah sukses membuat jaringan Hosted Network, namun belum ada perangkat yang bisa terhubung ke jaringan ini.

Anda perlu melakukan langkah yang mirip dengan yang sudah dibahas sebelumnya diatas yaitu sebagai berikut:

  1. Tekan secara bersamaan Windows + X untuk membuka menu Power User.
  2. Klik Network Connections.
  3. Klik kanan pada adapter jaringan yang punya koneksi internet (bisa Ethernet atau WiFi). Di halaman ini, anda akan melihat jaringan yang baru dibuat tadi dengan label Microsoft Hosted Virtual Adapter dibawahnya. Network Connections Windows 10
  4. Klik Properties.
  5. Klik Sharing.
  6. Ceklis Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection.
  7. Dari menu drop-down Home networking connection, pilih Hosted Network yang sudah dibuat tadi.
  8. Klik OK, dan jaringan internet sudah dibagikan.

Nah, kami cukup yakin kalau dengan semua panduan diatas, anda bisa membagikan jaringan WiFi dari Windows 10. Namun, kalau karena suatu hal apapun anda masih saja tidak berhasil membagikan konektivitas internet, berikut ada satu cara terakhir yang hampir tidak pernah digunakan namun mungkin bisa membantu.


Buat Hotspot Dengan 3rd Party App: Virtual Router

Kalau cara-cara sebelumnya masih tidak berhasil karena alasan apapun, mungkin bisa coba cara yang satu ini yaitu dengan aplikasi pihak ketiga.

1. Download Software

download virtual router

Untuk menggunakan laptop anda sebagai hotspot wifi, kami akan menggunakan software gratis Virtual Router. Untuk mendownload program ini, masuk ke websitenya, lalu klik tombol ‘download’ besar dibagian kanan layar.

Save program di lokasi yang anda inginkan, setelah selesai mendownload, klik ‘Run’.

2. Install Virtual Router

install virtual router

Setelah meng-klik ‘Run’ anda akan diarahkan ke setup Virtual Router. Klik ‘Next’ dan anda akan diminta menentukan lokasi instalasi. Anda bisa memilih sendiri lokasinya atau biarkan di lokasi default.

Anda dapat memilih apakah semua user bisa menggunakan program ini atau hanya anda saja. Jika tidak ingin user lain menggunakannya, pilih ‘Just me’.

3. Namai jaringan baru anda

Namai jaringan baru anda

Setelah Virtual Router terinstal, sebuah window akan muncul dimana anda bisa menamai jaringan anda (juga disebut SSID).

Nama defaultnya adalah VirtualRouter.codeplex.com, tapi bisa diganti. Sebaiknya beri nama yang mudah diingat, karena anda akan sering mencarinya dengan gadget anda.

4. Tentukan password

Tentukan password

Dibawah kolom SSID anda akan melihat kolom untuk mengisi password. Penggunaan password sangat penting, kalau tidak semua orang akan bisa mengakses hotspot anda yang dapat menyebabkan masalah.

5. Pilih jaringan yang akan di-share

pilih jaringan yang akan di-share

Kolom berikutnya berupa pilihan jaringan yang bisa di share. Secara default akan tampak ‘None’ jadi klik dropdown box untuk melihat list koneksi yang dapat di-share.

Biasanya anda akan melihat pilihan untuk Wi-Fi, jadi klik ini untuk men-share wifi anda.

Baca: Cara Menghemat Kuota Internet di Game Online

6. Jalankan virtual router

Jalankan virtual router

Sekarang klik ‘Start Virtual Router’ untuk mengaktifkan jaringan baru anda. Laptop anda akan berfungsi sebagai hotspot Wi-Fi yang dapat digunakan oleh perangkat lain. Dibagian bawah window anda akan melihat ‘Virtual Router Started’

Kotak yang bertuliskan ‘Peers Connected’ akan kosong sampai anda mulai menghubungkan perangkat lain dengan hotspot baru ini.

7. Hubungkan ke hotspot

Hubungkan ke hotspot

Sekarang laptop anda telah menjadi hotspot wifi. Metode untuk menghubungkannya akan beragam disetiap gadget, tapi biasanya buka Settings dan pilih Wi-Fi network.

Klik di nama jaringan anda dan masukkan password. Anda akan terhubung ke hotspot. Di window Virtual Router, anda dapat melihat perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan anda.

8. Akses Internet

Akses Internet

Ketika sedang terhubung ke wifi, tetap pantau kotak ‘Peers Connected’, dan pastikan tidak ada perangkat asing yang terhubung ke hotspot anda.

Pastikan semua orang yang menggunakan wifi anda tahu bahwa jika laptop dimatikan, hotspot juga akan mati. Jika anda ingin mematikan hotspot, cukup klik ‘Stop Virtual Router’.

4
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Muchlis Nopq
Guest

kalau saya pake connectify me gan. tapi itu berbayar dan pake baja*an hehee.
saya mau ngetes dulu nih virtual routernya. makasih gan

Fatih Daffa
Guest

Nice post gan, baru tahu saya, kalau laptop juga bisa memancarkan Wi-Fi.

Langsung dipraktekin.

Haqi
Guest

Kemarin ane sempet cari2 ini gara2 router belum dateng. Tapi ane pake my wifi router sih.

Nice info gan

Reza
Guest

Tutorial yang sangat sederhana dan mudah dimengerti. Saya pikir selama ini Wi-Fi adapter di laptop hanya bisa menerima saja, tidak bisa memancarkan.